Thursday, 26 May 2016

[REVIEW] MNC Play Fiber Internet

Assalamu’alaikum,
Teman-teman, sepakat nggak kalau saya bilang sekarang ini internet menjadi sarana paling penting untuk berkomunikasi? Nggak masalah punya pulsa telepon/SMS sedikit asal data internet penuh. Mau berkabar dengan teman/keluarga bisa melalui berbagai aplikasi yang sudah terpasang di smartphone. Ada BBM, WhatsApp, Telegram dengan fasilitas chatting, berbagi gambar dan voice call. Ada juga line atau aplikasi semacamnya yang menfasilitasi video call.
Saya sendiri baru mulai akrab dan benar-benar merasakan pentingnya kemudahan akses internet sejak bekerja dan harus membuat laporan online setiap harinya. Berbagai macam provider kucoba mulai dari telkomsel, IM3 dan M2, XL, smartfren, 3, dll. Beberapa masih sering kugunakan dan lainnya sudah dadah-byebye sejak lama. Oia, tentang pengalaman berinternet pernah kuceritakan dalam blogpost tentang Internet Cepat Indosat Ooredopengalaman sejak awal bersahabat dengan internet dan diikutkan kontes blog.
Kalau tulisan ini murni pengalaman (eh, yang paket freedom combo IM3 Ooredoo juga pengalaman pribadi, tapi sengaja brand lain disensor, hehe) menggunakan MNC Play. Sebelum suami kehilangan lalu menemukan kembali dan harus menebus HP yang dulu hilang, semua smartphone dan modem di rumah diisi paket AON 3. Sebagai emak-emak yang sering terlupa update masa berlaku kartu dan paket data, kartu seperti 3 ini sangat membantu karena masa kadaluarsanya sampai satu tahun. Meskipun harus diakui di beberpa tempat sering tidak dapat sinyal atau kalaupun dapat lemotnya minta ampun. Tapi sampai sekarang masih aja pakai itu untuk dipakai saat keluar rumah. hihi

Setelah suami mendaftarkan paket freedom combo Indosat, dari HP itu dithetering ke tab dan komputer agar internet makin lancar. Masalah datang ketika suami lebih membutuhkan HP 4G LTE-nya. Tukaran HP (lagi) itu solusinya, jadilah saya hanya bisa menikmati paket freedom combo itu saat suami di rumah. Uring-uringan banget lho, setelah bisa dengan mudahnya akses internet tiba-tiba harus kembali lagi seperti sebelumnya.
Suatu saat suami bersilaturrahim ke temannya yang menggunakan fasilitas internet fiber dari MNC Play. Karena tergiur dengan kecepatan dan unlimited-nya, ia pun mencari informasi seputar layanan tersebut. Setali tiga uang, tetangga yang pernah sharing tentang internet dengan suami ternyata lebih dahulu memasang dan mengatakan puas dengan pelayannya.
Hm.. suami makin penasaran, saya mah asyik aja ya kalau suami mau daftarin internet fiber, ngeblog dan lain-lain jadi makin wuswus kan?! hihi.
Ternyata cara daftarnya juga mudah, lho
Pertama, hubungi marketing atau kantor cabang MNC Play terdekat. Kalau di Semarang ada di Jl. Majapahit. Biasanya setelah menghubungi pihak marketing akan membuat janji bertemu dengan klien dan menyampaikan paket-paket yang tersedia.
Kami mengambil paket paling bawah (kecepatan upto 7mbps) dengan harga normal Rp. 250.000 (setelah ditambah PPN 10% dan administrasi Rp.7.500 totalnya Rp. 282.500), harga yang mahal menurut kacamata emak-emak. Tapi baiklah, demi akses internet yang lebih baik (kata suami) dan support pekerjaan (sambilannya) serta aktivitas menulisku akhirnya aku manut-manut saja meski jatah bulanan harus terkuras untuk itu. 6 bulan pertama ada harga promo sebesar Rp.150.000 (sudah termasuk PPN dan administrasi), kalau tidak salah sih promo potongan sebesar 50%.
Kedua, setelah deal dengan marketing, klien menyerahkan fotocopy identitas diri untuk didaftarkan ke kantor.
Ketiga, dari kantor akan menghubungi untuk pemasangan oleh tim teknisi. Jika sudah ada instalasi di sekitar tempat tinggal, tidak menunggu lama akan segera diproses oleh teknisi. Setelah dipasang, mendapatkan password dll internet akan langsung bisa dinikmati.
Keempat, membayar tagihan pertama sekaligus menyelesaikan administrasi. Dulu, pembayaran pertama ini bisa dititipkan lewat marketer, tetapi peraturan sekarang harus melalui kantor. Pembayaran bisa juga dilakukan lewat transfer.

tes sekitar jam 11 siang
tes sekitar jam 9 malam
















Alhamdulillah selama beberapa waktu ini menggunakan fasilitas internet dari MNC Play lebih banyak lancarnya daripada tidak. Sempat sih mengalami trouble tetapi setelah kami menghubungi call center, tidak sampai 24 jam sudah normal lagi.
Tetapi, sekitar seminggu yang lalu tiba-tiba internet drop dan ada yang aneh. Ditunggu berjam-jam tidak ‘sembuh’ juga, akhirnya telepon ke call center ternyata memang ada trouble. Sampai esok harinya masih belum bisa padahal di tempat tetangga tidak ada masalah akhirnya menghubungi call center lagi. Kalau tidak salah sampai 4 kali kami menelepon, sampai desperate karena tiga hari kesulitan akses internet. Teknisi yang datang dan memeriksa pun memberikan jawaban yang kurang memuaskan dan tidak bisa menjanjikan berapa lama masa perbaikannya. Ternyata, masalahnya adalah karena kabel yang melewati salah satu rumah yang sedang direnovasi dipindahkan ‘paksa’ ke tiang darurat yang dibuat oleh tukang di sana, sialnya kabel yang menuju tempat kami lah yang putus.
Sempat membayangkan masa perbaikan sampai kurang lebih sebulan dan artinnya masa itu kami harus ‘puasa’ internet lagi.
Tiba-tiba esok harinya ada teknisi yang lain datang ke rumah dan menyampaikan bahwa tim sedang memperbaiki dan saya diminta untuk menunggu sejenak untuk mengecek. Tak sampai 10 menit setelah teknisi itu datang, internet kembali normal dan bisa dipakai untuk sambungan wifi gadget kami. Alhamdulillah, setelah urusan administrasi selesai dan petugasnya keluar, saya pun ber-hore-hore sendiri. Senang sekali karena pelayanannya cepat.
Doakan semoga rejeki kami mudah lancar sehingga bisa lancar terus internetnya. Hehe. Aamiin..

6 comments:

  1. Mungkin dalam hal pemakaian internet saya termasuk beruntung ya mbak Arina. Karena kalau di kantor otomatis nyambung Wifi kantor dan saat di rumah nyambung Wifi tetangga, tapi tetangga sendiri lho yang mempersilahkan pakai dan tidak ada passwords nya lagi hehe

    Semoga internet MNC Play-nya lancar terus ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya Mba.. :)

      Aamiin.. makasih doanya Mba..

      Delete
  2. Saat ini masih setia dgn speedy jadul dgn kecepatan 512kbps hehe.. Pengen ganti yg my republic tp blm nyampe Klipang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake modem Mifi-nya andromax bukannya oke Mba? hehe

      Delete
  3. pelayanannya cepat banget yah Mba *jempol*
    saat ini kalo ngeblog saya masih pake internet kantor, hihihi sedang kalo di kost saya jarang main internetan, saya kalo dah di rumah banyakan nontonnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ira..
      sdh kepikiran mau cabut aja kmrn, eh ternyata pelayannya oke. jadi masih lanjut.. moga2 berkah dan manfaat aja :)

      Delete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam