Friday, 24 May 2019

Amalan di Bulan Ramadhan yang Dianjurkan


Amalan di Bulan Ramadhan yang Dianjurkan
Amalan Selama Blan Ramadhan dan Tips Target Tilawah

Bulan Ramadhan adalah saatnya kita memperbanyak amal ibadah baik wajib maupun sunnah. Sebenarnya tak hanya di bulan Ramadhan kita berlomba dalam ibadah, namun ketika bulan ini kita tetap selow dan tidak mau ‘marathon’ untuk ibadah, rasanya sungguh merugi.
Allah sudah menjanjikan berbagai kemuliaan di bulan ini, maka jika tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan memperbanyak amalan Ramadhan, kapan lagi kita punya kesempatan? Belum tentu tahun depan kita bisa kembali bertemu dengan bulan mulia ini.
Sayangnya, sekarang Ramadhan hampir memasuki penghujungnya. Terlambatkah untuk memperbaiki? Tentu terlambat, namun akan sangat jauh lebih baik daripada tidak sama sekali. 

Thursday, 23 May 2019

Mudik, Perjuangan untuk Bertemu Keluarga Tercinta


Mudik, Perjuangan untuk Bertemu Keluarga Tercinta
Kisah mudik dan tips mudik jalur darat dengan kendaraan pribadi

“Kapan mudik, Mbak?” “nggak mudik tahun ini? nggak kangen keluarga di Jawa?”
Beberapa waktu yang lalu saya baper ketika ada orang yang menanyakan hal ini. jawaban saya masih sama, tahun ini kemungkinan besar saya tidak mudik ke Jawa karena satu dan lain hal. Faktor yang paling utama karena harga tiket yang melangit sementara budget kami masih sedikit. Selain itu, suami juga terikat aturan tidak boleh cuti selama idulfitri sampai H+30. Artinya, baru bisa mengajukan untuk cuti awal Juli. Masih memungkinkan untuk mudik, karena si Kakak masih libur. Tapi, lagi-lagi kami juga harus mempertimbangkan banyaknya biaya yang harus dikeluarkan untuk perjalanan dan bunga rampai selama mudik hingga kembali ke perantauan.

Wednesday, 22 May 2019

Kenangan Ramadhan saat Masa Kecil di Kampung


Kenangan Ramadhan saat Masa Kecil di Kampung
Kisah Ramadhan saat Masa kecil


Kaki-kaki kecil itu berjalan beriringan. Udara pagi selepas salat subuh masih menggigit, namun tak dihiraukan. Mereka berjalan masih dengan mukena menempel di badan. Ya, begitu salam salat subuh, mereka bergegas. Tak takut dengan gelap dan cahaya yang minim sepanjang jalan.
Tujuan mereka adalah sebuah kolam sumber air hangat, sekitar 500 meter dari masjid. Suara kodok dan jangkrik masih bersahutan saat melewati persawahan. Bintang-bintang di langit pun masih menampakkan diri sebelum tersapu mega.

Tuesday, 21 May 2019

Kelebihan Membayar Zakat, Infak, Sodaqoh lewat Lembaga Amil Zakat


Kelebihan Membayar Zakat, Infak, Sodaqoh lewat Lembaga Amil Zakat
Membayar Zakat, Infaa, Sodaqoh lewat LAZ, Zakat/infak/sedekah

Assalamu’alaikum, Temans.
Sudah membayar zakat belum, nih? THR sudah turun, yuk buru-buru belanja, eh maksudnya keluarkan zakat dan sodaqohnya. Jika yang menjadi kewajiban kita sudah tertunaikan, pasti hati akan lebih tenang dan harta menjadi suci serta berkah.
Zakat yang sudah pasti dikeluarkan saat bulan Ramadhan adalah zakat fitrah, sebagaimana hadits Rasulullah:

Monday, 20 May 2019

Inilah 3 Alasan Harus Memilih Wardah Lip Cream


Inilah 3 Alasan Harus Memilih Wardah Lip Cream

Lipstik dan lipcream atau liptint dan apapun jenisnya, pemulas bibir telah menjadi benda wajib bagi perempuan. Tak cukup sebiji, pemulas bibir aneka warna selalu bisa ditemukan di meja rias maupun pouch kosmetik.
Adakah yang tidak punya lipstik sama sekali? Hm.. Saya dulu termasuk perempuan yang tidak suka menggunakan lipstik.
Saya baru niat membeli lipstik menjelang menikah, setelah berpikir ribuan kali. Niatnya karena berdandan di hadapan suami akan jadi ibadah ((niat yang mulai sekali. Ekekekek)).

Sunday, 19 May 2019

Bijak Kelola THR agar Cashflow Pasca Lebaran Tak Jebol


Bijak Kelola THR agar Cashflow Pasca Lebaran Tak Jebol

Siapa yang hari ini sudah terima THR alias Tunjangan Hari Raya? Selamat ya... semoga berkah dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kalau gitu, yuk kita belanja bareng! *ups!
Kalau habis gajian, penyakit pertama memang tangan gatal ingin segera membelanjakan uang itu. Eits! Meskipun ada uang THR, jangan lupakan bahwa kebutuhan untuk Ramadhan dan lebaran itu menguras biaya yang tak sedikit. Terlebih jika termasuk pengeluaran untuk mudik ke kampung halaman dan harus membeli tiket transportasi sendiri, tidak dibayarkan dari kantor. Untuk itu, harus benar-benar cerdas mengelola dana THR yang diterima agar nanti setelah lebaran tidak gigit jari karena cashflow kacau lagi.

Saturday, 18 May 2019

Gaya Rambut Muslimah yang Diperbolehkan

Gaya Rambut Muslimah yang Diperbolehkan

"Designed by freepic.diller / Freepik"


Rambut, bagi perempuan adalah mahkota yang keberadaannya melengkapi keindahan maha karya Tuhan yang tak ternilai itu. Untuk itu berbagai macam model rambut pun tak ubahnya fashion yang berkembang dan happening pada saat tertentu. Ada kalanya rambut panjang lurus menjadi idola, di masa yang lain rambut pendek/pop digemari orang di seluruh dunia. Rambut ikal dan keriting pun tak kalah penggemarnya.
Bolehkah seorang muslimah juga mengikuti perkembangan gaya rambut? Tentu saja boleh dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Utamanya, sebagus apapun gaya rambut seorang muslimah, ia harus tetap menutupnya dari pandangan selain mahram. Artinya, rambut indahnya hanya boleh dinikmati keindahannya oleh suami, anak, dan para mahram dalam keturunan nasab dan pernikahannya.
Dalam beberapa sumber, islam membolehkan seorang muslimah memotong rambutnya.

Friday, 17 May 2019

Cara Memakai Hijab Segiempat Lebar nan Simpel ala Saya

Cara Memakai Hijab Segiempat Lebar nan Simpel ala Saya
Cara Memakai Hijab Segiempat Lebar dengan praktis asnti ribet

Assalamu’alaikum..!
Kita sudah hampir memasuki setengah perjalanan di bulan Ramadhan, apa kabar semangatnya, Temans?  semoga selalu gaspol panen pahala di bulan ini, yes! Aamiin..
Ngomong-ngomong sebentar lagi akan sampai di hari raya idulfitri, pasti kita juga disibukkan dengan agenda mudik dan hari raya. Berkumpul dengan keluarga di hari istimewa pasti menyenangkan sekali bukan? Atau mungkin ada yang masih disibukkan dengan urusan outfit untuk hari raya? Masih sibuk browsing tutorial hijab untuk hari raya? Atau cara memakai hijab yang benar? Sok, diselesaikan sebelum lebarannya besok banget. Hihi.

Thursday, 16 May 2019

Memasak Praktis dengan Panci Presto

Memasak Praktis dengan Panci Presto
Cara memasak ketupat dengan panci presto

Memasak adalah aktivitas rutin dalam kehidupan rumah tangga. Entah istri atau suami yang bertugas memasak pasti menginginkan proses memasak yang praktis dan hasilnya memuaskan sehingga bisa membahagiakan seluruh anggota keluarga.
Terkadang, bagi emak-emak rempong semacam saya, aktivitas memasak yang sebenarnya menyenangkan berubah menjadi menjengkelkan ketika ada masalah. Salah satunya adalah lamanya memasak. Bayangkan saja, hidup di rantauan dan jauh dari keluarga dengan 2 balita tanpa ART. Bisa rutin memasak sudah merupakan prestasi luar biasa bagi saya (tentu berbeda setiap orang, ya!). terpaksa, makan pun harus seadanya makanan yang mudah dimasak karena belum memungkinkan mengolah makanan yang membutuhkan waktu lama untuk memasaknya. Kecuali jika punya dan mengetahui cara memasak menggunakan panci presto untuk menghemat waktu.

Wednesday, 15 May 2019

Bau Mulut saat Puasa? Membaca Alquran Bisa Mengurangi Baunya


Bau Mulut saat Puasa? Membaca Alquran Bisa Mengurangi Baunya
pahami penyebab bau mulut saat puasa dan cara mengatasinya

Apa sih peyebab bau mulut saat puasa?
Pertanyaan ini sering terlintas di kepala banyak orang. Pasalnya, saat puasa ternyata mulut bau naga (padahal belum pernah tahu juga ya, bau naga seperti apa :P). Otomatis rasa percaya diri untuk berbicara dengan orang lain sedikit memudar, takut mengganggu lawan bicara.
Ternyata, penyebab utama bau mulut saat puasa adalah karena adanya bakteri di dalam mulut yang berkembang biak lebih banyak saat puasa. Sisa makanan, kotoran yang masih menempel di gigi dan rongga mulut, menyebabkan mulut semakin bau dibanding hari-hari biasa.

Tuesday, 14 May 2019

Bolehkan Sikat Gigi saat Puasa?


Bolehkan Sikat Gigi saat Puasa?
Sikat Gigi Saat Puasa


“Ayo, habis makan sahur langsung sikat gigi, nanti siang nggak boleh sikat gigi pakai pasta gigi,” ujar Mamak saya ketika kami masih kecil dan tengah belajar puasa. Waktu itu kami ogah-ogahan berdalih dingin menusuk tulang di desa kami yang berada di lereng gunung.
“Tapi boleh nggak pakai odol, kan?” kami berusaha mencari celah.
“Boleh, tapi nggak boleh sering-sering, nanti bablas malah airnya keminum."

Monday, 13 May 2019

Cara Efektif Menghilangkan Jerawat


Cara Efektif Menghilangkan Jerawat


Wajah berjerawat itu, bikin keki, ya Temans!
Seperti saya nih, sejak kemarin muncul jerawat merah-merah di pipi, besar lagi. Parahnya, posisinya dekat hidung, bukan dekat telinga sehingga tidak bisa disembunyikan di balik jilbab.
Kali ini jerawat yang muncul karena perubahan hormon. Biasanya memang sebelum dan sesudah masa menstruasi selalu muncul 1-2 jerawat di jidat atau pipi. Sayang, kali ini munculnya lebih banyak.
Saya juga pernah punya pengalaman buruk tentang jerawat. Waktu itu saya mencoba salah satu merk kosmetik dan tidak cocok, ditambah stress menyiapkan pernikahan, muncullah jerawat besar-besar dan berisi seperti nanah di seluruh wajah. Sakiit kalau ingat itu, karena sampai sekarang masih menyisakan bekas hitam-hitam dan kulit tidak rata.

Sunday, 12 May 2019

Cara Mengatasi Ketombe secara Alami

Cara Mengatasi ketombe secara alami


Ketombe (juga disebut sindap dan kelemumur; dengan nama ilmiah Pityriasis capitis) adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Penyebabnya adalah kerontokan/mati sel kulit kepala yang terlalu cepat. Adanya kelainan kelenjar yang memproduksi minyak berlebihan di kulit kepala juga menjadi penyebab lainnya.
Ketombe menyebabkan rasa gatal dan ruam di kulit kepala. Hal ini tentu sangat tidak nyaman, terlebih dalam kondisi mengenakan jilbab dan tengah berada di luar ruangan. Saat panas, kulit kepala terasa sangat gatal dan lembab. Bisa dibayangkan rasa gatal yang sangat namun tidak bisa menggaruknya. Uh!
Saya mengalami gangguan kepala berketombe sudah sejak lama. Namun akhir-akhir ini semakin meningkat dan muncul rasa gatal berlebih. Saat mencoba menggaruk, justru mendapati ruam-ruam dan benjolan mirip jerawat.

Saturday, 11 May 2019

Perhatikan Hal Ini Sebelum Tergiur Promo Belanja Online Jelang Lebaran


Prinsip sebelum tergiur promo belanja online jelang lebaran

Bulan Ramadhan, selain surga bagi yang mengejar pahala ibadah, juga surga bagi penjual berbagai barang perlengkapan lebaran. Permintaan bertambah, penjual pun berusaha menarik pembeli dengan berbagai iming-iming diskon maupun promo lainnya. Tak terkecuali di toko online, penjual berusaha memberikan promo belanja online semenarik mungkin supaya meraup pembeli sebanyak-banyaknya.
Siapa sih yang tak tertarik dengan diskon terutama ketika harga-harga bahan pokok terus meningkat? Diskon ibarat setetes air dingin yang masuk kerongkongan saat tengah dahaga. Nggak berlebihan, tapi itulah yang saya rasakan.

Friday, 10 May 2019

Nasi Goreng Rendang Maknyus

Ilustrasi


Assalamu’alaikum, Temans!
Rendang dan nasi goreng, adalah dua makanan Indonesia yang paling terkenal dan diminati hingga mancanegara. Bagaimana jika kita menggabungkan keduanya? Pasti nampol deh rasanya. Setuju?!
Saya termasuk jarang makan rendang, terutama karena belum pernah mencoba masak rendang. Paling juga kalau beli daging sapi hanya sedikit, rasanya terlalu ribet jika masak rendang. Lain kali mungkin ya, ketika beli daging sapi cukup banyak, bisa dimasak rendang. Supanya nggak nanggung rempongnya.
Kalau ingin makan rendang, bisa beli di warung penjual lauk dan sayur yang mangkal tiap pagi di pojokan gang. Sesekali juga dapat rendang dari teman. Alhamdulillah... nah, berhubung kami kurang cocok makan pedas, jadi kuah rendang yang kental itu sering tersisa. Sayang banget kan, kalau kuah rendang nan lezat itu harus terbuang sia-sia. Jadinya, saya manfaatkan untuk membuat nasi goreng rendang untuk sarapan.

Thursday, 9 May 2019

Resep Soto Ayam Bening Menggugah Selera

Resep Soto Ayam Bening Rumahan yang Lezat dan Segar


Assalamu’alaikum, Temans!
Sejak tinggal di Semarang, saya jadi penggemar soto ayam. Saat badan terasa kurang enak, menikmati semangkuk soto ayam panas dengan tempe goreng kriuk dan sate, ditemani segelas es jeruk sangat ampuh memulihkan badan dan mengembalikan mood. Terlebih saat hamil anak pertama trimester awal, saya sering mengalami morning sickness. Soto ayam selalu menjadi andalan saya meredakan mual ketika makanan lain tidak bisa masuk. Namun saya belum pernah masak soto sendiri, karena ibu mertua kurang suka. Sesekali jika ingin makan soto ayam, cukup beli di warung soto terdekat yang rasanya mantap.
Setelah pindah ke Denpasar dan belum menemukan soto sesuai selera, barulah saya mencoba masak soto. Saya trial and error mencoba berbagai macam resep hingga menemukan yang pas. Yuk, kita intip resepnya

Wednesday, 8 May 2019

Menu Buka Puasa Simpel: Creamy Skippy Fruit Salad






Assalamu’alaikum, masak apa hari ini Buibu?
Saya nggak masak, karena kebetulan sedang kedatangan ‘tamu’ dan suami kerja shift siang, tidak akan buka puasa di rumah. Lumayanlah, bisa leyeh-leyeh sambil ngopi sementara waktu *ups!
Kemarin saya sempat kebingungan untuk memasak menu buka puasa di hari pertama. Akhirnya kepikiran untuk mencoba membuat fruit salad. Entah kenapa, saat di supermarket dan melihat deretan buah segar, langsung terbayang enak dan segarnya salad buah sebagai hidangan buka puasa. Kami memang jarang beli salad buah, lebih suka makan buah langsung dan suami juga kurang suka makanan yang terlalu creamy. Sesekali ingin mencoba membuat salad sendiri menyesuaikan selera.
Saya pun mencoba mencari cara agar salad buahnya nanti tetap lezat tapi tidak bikin eneg. Saat melihat SKIPPY peanut butter di rak supermarket, saya langsung tertarik untuk mencoba membuat salad buah dengan si-Skippy ini.

Tuesday, 7 May 2019

Buka Puasa di Batik Restaurant, Seminyak Bali




Tempat  Buka Bersama Favorit di Sekitar Denpasar, Bali



Assalamu'alaikum, Temans!
Hari ke-2 puasa, badan sudah mulai beradaptasi, bukan? Setidaknya sedikit berbeda dari hari pertama.
Kemarin, jam 14.30 saya sudah gliyengan, mata berat dan badan lemas. Maklum, masih menyusui Baby Salsabila. Alhamdulillah setelah istirahat sebentar, bisa fresh lagi dan bisa masak untuk buka puasa.
Ngomong-ngomong, adakah yang sedang mencari tempat buka puasa di Denpasar dan sekitarnya? Sini nih, saya bisikin.. Ada restoran yang asyik banget untuk gathering, party, dan kegiatan bareng lainnya termasuk buka puasa.
Yes! Tempat ini bisa jadi tempat buka puasa favorit Temans setelah mencobanya.

Monday, 6 May 2019

Kelebihan dan Kekurangan Mengadakan Buka Bersama di Rumah


Plus minus mengadakan acara buka bersama di rumah, kelebihan dan kekurangan buka puasa bersama di rumah

Assalamu'alaikum, Temans!
Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, yes! Semoga lancar hingga penghujung nanti.
Kemarin saat puasa belum mulai, pasti sebagian besar dari kita sudah mengantongi jadwal buka bersama. Iya apa iya?! Hihi.
Saya dong, sudah punya 2 jadwal buka puasa bersama, dengan teman-teman pengajian pekanan dan wali murid TK si Kakak. Alhamdulillah, bisa jadi masih akan bertambah ya daftarnya, mengingat puasa juga baru mulai hari ini.
Buka bersama biasanya dilakukan di warung makan, restoran hotel, panti asuhan (sekaligus memberikan santunan), atau tempat lainnya yang memungkinkan.