Wednesday, 8 May 2019

Menu Buka Puasa Simpel: Creamy Skippy Fruit Salad






Assalamu’alaikum, masak apa hari ini Buibu?
Saya nggak masak, karena kebetulan sedang kedatangan ‘tamu’ dan suami kerja shift siang, tidak akan buka puasa di rumah. Lumayanlah, bisa leyeh-leyeh sambil ngopi sementara waktu *ups!
Kemarin saya sempat kebingungan untuk memasak menu buka puasa di hari pertama. Akhirnya kepikiran untuk mencoba membuat fruit salad. Entah kenapa, saat di supermarket dan melihat deretan buah segar, langsung terbayang enak dan segarnya salad buah sebagai hidangan buka puasa. Kami memang jarang beli salad buah, lebih suka makan buah langsung dan suami juga kurang suka makanan yang terlalu creamy. Sesekali ingin mencoba membuat salad sendiri menyesuaikan selera.
Saya pun mencoba mencari cara agar salad buahnya nanti tetap lezat tapi tidak bikin eneg. Saat melihat SKIPPY peanut butter di rak supermarket, saya langsung tertarik untuk mencoba membuat salad buah dengan si-Skippy ini.

Well, sebenarnya ini salad buah perdana yang saya buat dan langsung saya modifikasi dengan Skippy. Siapa sih yang nggak kenal selai kacang Skippy? Hihi.
Awalnya saya agak ragu, terlebih saya juga kurang suka kombinasi kacang tanah dengan makanan manis. Olahan kacang tanah, saya lebih suka yang gurih seperti rempeyek, kacang bawang, kacang Thailand, dll. Tapi begitu mencoba selai kacang Skippy, saya langsung tertarik dan yakin akan cocok dipadukan dengan aneka buah.
Sebelum saya ekseskusi dengan buah-buahan untuk membuat salad, malam sebelumnya saya coba buat salad dressing-nya dan tes rasa. Pak suami ternyata suka, jadi esoknya saya lanjutkan membuat dengan resep sebelumnya.
So, inilah resep buka puasa dengan Skippy peanut butter yang super simpel.
Bahan-bahan yang dbutuhkan untuk membuat salad
(bahan lain ke-skip foto:P)
Bahan yang dibutuhkan:
Buah-buahan sesuai selera, yang saya gunakan:
- 1 buah apel
- 1 buah pear
- 1 buah kiwi
- segenggam kelengkeng yang telah dikupas dan buang bijinya
- 1 potong semangka
- 1 potong melon.
Niatnya saya tambahkan strawberry supaya warnanya makin cantik, tapi di supermarket sedang kosong. Untunglah pagi-pagi Bapak penjual buah potong lewat, jadi beli semangka dan melon.
Buah-buahan yang telah dipotong
Bahan untuk salad dressing:
- 5 sdm Skippy peanut butter creamy
- 4 sachet susu kental manis
- 4 sdm mayonais
- 1 sdm air pesaran lemon/jeruk nipis
- keju cheddar secukupnya

Step by step membuat Salad buah dengan dressing Skippy 

Cara membuat:
- kupas dan cuci bersih buah-buahan yang diperlukan, lalu potong dadu. Untuk pear dan apel, setelah dipotong rendam segera dalam air yang diberi sedikit perasan jeruk nipis/lemon
- siapkan wadah untuk salad buahnya. Setelah semua buah terpotong, campur lalu masukkan ke dalam wadah
- siapkan salad dressing: campurkan SKM, Skippy peanut butter, mayonais, dan perasan lemon dalam satu wadah
- tuang salad dressing ke dalam buah dalam wadah
- taburi dengan keju cheddar parut secukupnya
- hias dengan sedikit potongan kiwi
- masukkan ke dalam lemari pendingin minimal 15 menit
- keluarkan dan siap dihidangkan
Catatan:
Resep ini untuk kurang lebih 5 porsi. Jika berencana untuk menyimpan salad buah untuk esok hari, sebaiknya skip semangka supaya tidak makin banyak airnya.
Fruit salad with Skippy dressing siap dinikmati
Alhamdulillah... Salad buah dengan Skippy peanut butter creamy yang saya buat ludes dimakan kami bertiga untuk buka puasa. Hasna berkali-kali minta nambah. Si Ayah pun bilang enak dan minta nambah juga selepas salat magrib.
Selain rasanya yang lezat_paduan manis-creamy-dan asin-nya pas banget dan nagih_ Skippy juga kaya akan protein sehingga cocok untuk dijadikan tambahan makanan untuk seluruh anggota keluarga. Selalu sedia Skippy di rumah, maka urusan sarapan, camilan, dan bekal anak akan lebih mudah.
Semoga bermanfaat,
Salam,

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam