Friday, 10 May 2019

Nasi Goreng Rendang Maknyus

Ilustrasi


Assalamu’alaikum, Temans!
Rendang dan nasi goreng, adalah dua makanan Indonesia yang paling terkenal dan diminati hingga mancanegara. Bagaimana jika kita menggabungkan keduanya? Pasti nampol deh rasanya. Setuju?!
Saya termasuk jarang makan rendang, terutama karena belum pernah mencoba masak rendang. Paling juga kalau beli daging sapi hanya sedikit, rasanya terlalu ribet jika masak rendang. Lain kali mungkin ya, ketika beli daging sapi cukup banyak, bisa dimasak rendang. Supanya nggak nanggung rempongnya.
Kalau ingin makan rendang, bisa beli di warung penjual lauk dan sayur yang mangkal tiap pagi di pojokan gang. Sesekali juga dapat rendang dari teman. Alhamdulillah... nah, berhubung kami kurang cocok makan pedas, jadi kuah rendang yang kental itu sering tersisa. Sayang banget kan, kalau kuah rendang nan lezat itu harus terbuang sia-sia. Jadinya, saya manfaatkan untuk membuat nasi goreng rendang untuk sarapan.

Ternyata, pak suami suka banget! Wkwkwkwk. Padahal cuma memanfaatkan supaya nggak terbuang aja. Irit sama pelit tuh memang beda tipis yak! *ups
Cara bikinnya juga mudah banget,
Bahan yang diperlukan:
- nasi putih secukupnya, sesuaikan dengan kuah rendang yang ada
- kuah rendang
- 1-2 butir telur ayam
- 1 batang bawang daun/onclang, iris tipis
- garam secukupnya
- merica secukupnya
- penyedap rasa secukupnya
- bawang untuk taburan
- minyak untuk menumis
Cara membuat:
-siapkan penggorengan, lalu panaskan minyak
-kocok lepas telur ayam, lalu orak-arik
- masukkan irisan bawang daun, aduk rata
- tambahkan kuah rendang, aduk rata
- masukkan nasi putih, aduk rata
- tambahkan garam, merica, dan penyedap rasa lalu koreksi rasanya
- aduk terus sampai rata
- hidangkan dengan taburan bawang goreng, daun selada, irisan mentimun, tomat, serta kerupuk
Hm... saya nulis ini malah jadi lapar membayangkan lezatnya nasi goreng rendang. Karena menggunakan kuah rendang asli (bukan hanya bumbu rendang), rasanya benar-benar nampol, terasa rendangnya.
Kebetulan nasi goreng juga salah satu makanan favorit kami, jadi cukup sering masak nasi goreng apalagi saat kehabisan lauk dan ide masak. Nasi goreng paling digemari adalah nasi goreng Jawa dengan aroma terasi-nya yang menggoda penciuman. Ingin tahu resepnya? Ada di sini: Resep Nasi Goreng Jawa Simpel.
Semoga bermanfaat ya,
Yuk makan nasi goreng bareng-bareng!
Salam,

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam