Monday, 30 September 2019

Tips untuk Tingkatkan Produksi ASI


Tips untuk Tingkatkan Produksi ASI

ASI Tidak Keluar? Yuk, Cari Solusinya
Menyusui bayi adalah fitrah seorang perempuan (baca:ibu). Meskipun memberikan ASI untuk bayi bukanlah pekerjaan mudah, namun merupakan satu kebahagiaan tersendiri bagi seorang ibu. Saat menyusui dan merengkuh bayi dalam dekapan, ada rasa hangat yang menyelusup ke dalam hati, rasa cinta yang alamiah seorang ibu kepada anaknya.
ASI eksklusif adalah asupan terbaik bagi bayi usia 0 – 6 tahun. ASI mengandung nutrisi yang paling sempurna sesuai dengan kebutuhan bayi. Oleh karena itu, banyak ibu yang berjuang dengan berbagai cara supaya produksi ASI-nya lancar dan bisa menyusui hingga anak umur 2 tahun. Asupan gizi ini selain memang satu-satunya makanan utama yang bisa diberikan pada bayi yang baru lahir. Bahkan juga mempererat hubungan Ibu dan anak secara psikologi.

Saturday, 28 September 2019

Senja di Taman Indonesia Kaya


Senja di Taman Indonesia Kaya

Sore itu, saat rindu masih memenuhi kalbu. Meski telah sepekan kembali ke kampung halaman, namun rasa hati masih enggan untuk kembali ke perantauan. Apa daya, jatah libur suami hampir habis, mau tak mau harus kembali ucapkan selamat tinggal. ‘Sampai jumpa lagi’, mungkin lebih terasa nyaman.
Taman Indonesia Kaya, menjadi tujuan kami untuk melepas rindu. Rindu pada jalanan yang dulu akrab menyapa, pada gedung-gedung yang kini terpoles indah, juga pada rekan-rekan yang lama tak bersua. Taman yang dulu dikenal dengan Taman KB kini telah disulap menjadi Taman Indonesia Kaya yang menyuguhkan nuansa berbeda.

Friday, 20 September 2019

Dini.id hadir sebagai Startup yang membantu Orang Tua Menangani Speech delay Anak

Startup Dini.id hadir untuk membantu Orang Tua Menangani Speech delay Anak



“Ayah! Ayah!”
“Mamamama!”
“Papapapapa!”
Hingga usianya sampai 23 bulan, Baby Salsabila masih bubling, belum bisa mengucapkan kata-kata dengan jelas. Hanya kata ‘Ayah’ saja yang sangat jelas berikut intonasinya saat memanggil. Hal ini tentu membuat saya sebagai ibunya merasa khawatir, jika dia mengalami speech delay, sesuatu yang menjadi momok bagi orangtua.

Thursday, 19 September 2019

Tak Lagi Risau Soal Memori di Smartphone Berkat USB OTG Sandisk


Tak Lagi Risau Soal Memori di Smartphone Berkat USB OTG Sandisk

"Yank, itu tuh kalau mau divideoin, anak-anak lagi asyik main. Ceria banget!" kata suami saya saat sedang berada di tempat wisata.
Saya pun buru-buru menyiapkan gawai dan membidik aktivitas mereka. Tak mau kehilangan momen, hanya sedikit jepret langsung saya alihkan ke video.
'Penyimpanan penuh. Alihkan atau hapus sebagian'
Duh! Rasanya seperti hendak menelan makanan tiba-tiba jatuh meski sudah di ujung lidah. Nyesek!
Sambil menahan kesal, saya pilih opsi 'alihkan ke micro SD'. Rupanya micro SD pun sudah penuh. Oh Tuhan! Sudah jatuh tertimpa tangga! Rasanya ingin kukunyah saja HP itu saking geregatannya.
"Gimana sih Yank, katanya mau belajar bikin video malah HP nggak dikosongin dulu!" ujar suami bersungut-sungut.

Wednesday, 18 September 2019

Waspada Penipuan Berkedok Penawaran Kontrak Rumah Murah


Waspada Penipuan Berkedok Penawaran Kontrak Rumah Murah

16 September 2019
Terminal Domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali
Meja no. 13 gerai Solaria

“Gimana? Udah ada perkembangan?” tanyaku pada teman yang tengah menunggu seseorang. kami sengaja duduk di meja yang berbeda untuk menyamarkan dan demi keamanan.
X, teman saya ini melakukan janji temu dengan Y, seseorang yang belum pernah ditemuinya namun membuat hidupnya sebulan terakhir menjadi lebih ruwet.
“Belum, katanya masih otw. Nanti kalau sudah jam 11 langsung masuk aja. Pasrah,” ujarnya pias.
Kami kembali menunggu dalam resah.
Pukul 11, tak ada tanda-tanda Y akan datang, kami pun menuju terminal keberangkatan.
“Ini betul-betul perjalanku pulang/pergi Bali yang paling menyiksa. Nggak menikmati perjalanan sama sekali, justru gemetaran dan degdegan terus. Biasanya lihat mural-mural gini udah pengen selfie,” ujarnya sembari mencoba bercanda.
Saya pun mengiyakan, mencoba memahami perasaannya. Dia telah kehilangan uang beberapa juta rupiah (X tidak mengizinkan saya menyebut nominalnya), tiket PP Balikpapan-Bali, dan biaya akomodasi selama di Bali.

Tuesday, 10 September 2019

Kenangan Merancang Pernikahan dengan Budget Minim


Kenangan Merancang Pernikahan Sederhana dengan Low Budget

“Saya mau jujur, nih. Waktu saya kirim proposal menikah, di biodata saya tuliskan penghasilan saya sekian. Tapi, saat ini saya sedang collaps, usaha saya bangkrut. Bagaimana? Nikahnya mau dipending, dibatalkan, atau lanjut? Silakan dipertimbangkan matang-matang.”
Kuhela napas panjang begitu sambungan telepon darinya usai. Seperti sarannya, aku kembali meminta petunjuk lewat sujud-sujud istikharahku. Tak lupa berdiskusi dengan bapak dan mamak, sebagai orangtua yang tentu telah makan asam garam pernikahan.

Thursday, 5 September 2019

Mengenal Budaya Bali dalam 5 Jam di Kampung Langit The Keranjang Bali

Mengenal Budaya Bali dalam 5 Jam di Kampung Langit The Keranjang Bali
Mencoba kostum tari Bali di Kampung Langit The Keranjang Bali
Credit: Fotografer Kampung Langit 

Saat kecil dulu, saya selalu terkagum-kagum melihat keindahan ragam busana dan rumah adat seluruh Nusantara. Seingat saya, dulu kami bisa melihat gambar busana dan rumah adat lewat buku pelajaran sekolah dan kartu-kartu hadiah dari jajanan. Busana adat Bali dan Sumatera Barat (Minang) selalu menjadi favorit saya setiap bermain kartu bersama teman. Kagum dengan baju adat Bali dan Minang yang mewah dan berwarna serta unik. Kekaguman ini juga lantaran jika melihat penari Bali yang melenggak-lenggok dan matanya menyerupai burung.
Tuhan memang selalu memiliki cara ajaib untuk mengaitkan masa lalu dengan sekarang. Lebih dari 20 tahun berlalu setelah masa SD itu, saya tinggal di Bali dan berhasil mencoba salah satu busana adat Bali yang dipakai dalam tari, tari Jangek namanya. Well, itu bukan baju yang saya impikan saat kecil, tapi tetap saja saya amazed dengan cara Allah untuk hal kecil seperti ini. MasyaAllah walhamdulillah....
Di mana saya mencoba kostum tari itu bersama anak saya? Jawabannya di Kampung Langit The Keranjang Bali.