Thursday, 19 September 2019

Tak Lagi Risau Soal Memori di Smartphone Berkat USB OTG Sandisk


Tak Lagi Risau Soal Memori di Smartphone Berkat USB OTG Sandisk

"Yank, itu tuh kalau mau divideoin, anak-anak lagi asyik main. Ceria banget!" kata suami saya saat sedang berada di tempat wisata.
Saya pun buru-buru menyiapkan gawai dan membidik aktivitas mereka. Tak mau kehilangan momen, hanya sedikit jepret langsung saya alihkan ke video.
'Penyimpanan penuh. Alihkan atau hapus sebagian'
Duh! Rasanya seperti hendak menelan makanan tiba-tiba jatuh meski sudah di ujung lidah. Nyesek!
Sambil menahan kesal, saya pilih opsi 'alihkan ke micro SD'. Rupanya micro SD pun sudah penuh. Oh Tuhan! Sudah jatuh tertimpa tangga! Rasanya ingin kukunyah saja HP itu saking geregatannya.
"Gimana sih Yank, katanya mau belajar bikin video malah HP nggak dikosongin dulu!" ujar suami bersungut-sungut.

Kalau terjadi di rumah, pasti saya sudah makin KZL dan bisa-bisa ikut 'bertanduk' juga.
"Kemarin sudah aku hapus sebagian, ko.." ujarku beralasan.
"Memori HP-ku sudah kosong, kemarin sudah aku pindahin ke sini." katanya sambil menunjukkan benda kecil yang mirip flashdisk.
"HP Kamu bawa ke sini deh, aku simpanin ke OTG ini, kamu bisa foto atau videoin pakai HP-ku dulu."
"Siap, Bos! Jadi ini OTG yang diceritain waktu itu?"
"Yup! USB OTG Sandisk 32 GB"
"Kemarin nggak bilang-bilang dulu.... "
"Sudah aku kasih tahu kan, Kamu-nya aja nggak ngeh..."
Untunglah saya segera menyingkir dan menuju anak-anak yang masih asyik bermain. Jika tidak, akan makin panjang perdebatan. Bisa mengalahkan labirin gulungan perkamen di Lorong Sloka Kampung Langit. Wkwkwkwkwk.
Kejadian di atas baru-baru ini saya alami saat sedang mengajak anak-anak menghabiskan hari libur dan kebetulan ayahnya libur saat weekend.
Mengingat itu membuat saya kembali geregatan, karena hal sepele seperti itu saya melewatkan momen berharga saat anak sangat antusias di salah satu pojok tempat wisata.

Sudahkah Rajin Back up Data di Smartphone?

Setiap kali akan melakukan perjalanan baik dekat maupun jauh, biasanya saya sangat perhatian dengan kapasitas penyimpanan ponsel saya. Pastinya Temans pun melakukan hal yang sama bukan?
Waktu itu saya pikir tidak memerlukan banyak ruang penyimpanan, sehingga saya hanya menghapus sebagian foto. Saya juga malas sekali untuk memindahkan ke laptop dengan kabel data. Sudahlah repot pasti akan direcokin si Kecil juga. Padahal saya sangat membutuhkan memori smartphone yang besar.
Sejak dulu saya memang sangat menyukai fotografi, meskipun belum serius mendalami dan saat ini hanya memiliki perangkat berupa kamera smartphone.
Sebelum kamera smartphone makin canggih seperti sekarang, saya biasa meminjam kamera digital dari teman. Dulu tidak ada masalah dengan ruang penyimpanan karena hanya sesekali menggunakan kamera.
Saat ini, banyak sekali aktivitas saya yang mengandalkan ponsel. Membuat konsep tulisan, mencatat to do list, mengambil foto/video, mengedit foto, membuat video untuk IG dan atau Youtube, membuka media sosial, posting tulisan di blog, chat di aplikasi, dll. Banyaknya aplikasi yang terpasang, foto/video yang tersimpan, membuat ruang penyimpanan HP semakin menyempit.
Terlebih saat traveling atau sekadar jalan-jalan bersama anak, sembari 'menggiring' mereka saya juga asyik memgabadikan hal-hal menarik yang saya dapatkan di sekitar. Ini juga semakian membuat memori HP cepat penuh. Sebelum kejadian ini, saya sudah pernah kehilangan hampir setengah memori HP. Pasalnya, saya menggunakan aplikasi memory cleaner, saat sedang membersihkan ‘sampah’, tanpa sengaja terpencet opsi ‘clear all’ jadilah foto dan video yang tersimpan di galeri harus saya relakan. Kesal?! Tentu! Bukan kesal lagi, tapi marah tak jelas. Yatapi mau marah sama siapa coba?! Akhirnya cuma bisa meratapi.
Sudah pernah kejadian, rupanya belum membuat saya jadi lebih hati-hati dan rajin memindahkan file penting ke laptop.

Infografis hasil survei pengguna smartphone oleh Western Digital


Ternyata Orang Indonesia Kurang Aware untuk Back up Data

Rupanya, berdasarkan hasil survei dari Western Digital, 67% orang Indonesia pernah mengalami kejadian serupa, kehilangan data yang tersimpan di memori smartphone dan berujung kesal. Sebenarnya, 80% responden telah menyadari pentingnya back-up data, tetapi tidak melakukannya karena berbagai alasan. Survei tersebut dilakukan pada Februari 2019 dengan mengambil 1.120 responden dari 6 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Makassar.
Penasaran dengan hasil surveinya? Silakan, berikut saya ‘geret’ ke sini:
  • Sebanyak 97% responden mengandalkan smartphone sebagai gawai utama dalam keseharian mereka. Responden yang lebih muda cenderung lebih banyak menggunakan smartphone mereka untuk lebih banyak fungsi, mulai dari gaming, navigasi, video streaming, atau berbelanja online. Menariknya, survei ini juga menunjukkan bahwa smartphone sudah menjadi pengganti ‘kamera’. Lebih dari 90% responden yang memiliki smartphone mengatakan bahwa mereka lebih sering menggunakan smartphone untuk mengambil gambar daripada untuk menelepon (87%) atau chatting (72%). Akibatnya, data yang ada pada smartphone hampir seluruhnya terdiri dari foto (98%) dan video (79%).
  • Umumnya, masyarakat Indonesia menggunakan smartphone dengan memori internal 16 - 32 GB (56% responden). Namun, tentu kapasitas ini tidak akan cukup untuk menampung simpanan foto dan video yang terus bertambah di smartphone. Survei membuktikan bahwa lebih dari setengah responden mengatakan bahwa mereka hanya memiliki sisa memori 1-3 GB di smartphone mereka. Kapasitas terbatas ini menyebabkan para responden terpaksa menghapus data untuk mengosongkan kapasitas penyimpanan — dan hampir semua responden yang mengalami masalah ini mengaku merasa kesal saat ponsel mereka kehabisan kapasitas memori.
  • Ada banyak faktor yang menyebabkan para pengguna smartphone kehilangan data mereka. Beberapa di antaranya adalah memori yang penuh sehingga mereka harus menghapus data, perangkat yang rusak, virus, file yang rusak, atau kehilangan perangkat. Walaupun sebanyak 67% responden pernah mengalami kasus kehilangan data sebelumnya, hanya sepertiga dari mereka yang rutin melakukan pencadangan atau back up data sebulan sekali (atau lebih). Ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden belum memiliki rencana atau jadwal back-up yang teratur, padahal back-up merupakan hal yang vital untuk dilakukan di era serba digital ini.

Ternyata ‘kita’ banget ya hasil survei-nya. Ada yang merasakan hal yang sama juga? mulai dari penggunaan maksimal smartphone untuk berbagai hal termasuk sebagai kamera untuk mengabadikan setiap momen, sampai harus rela kehilangan data karena memori penuh.
 
USB OTG Sandisk

Solusi Mobile Storage dengan Sandisk Dual Drive

Supaya tidak terjatuh ke lubang yang sama dalam urusan back-up data, Western Digital menawarkan solusi lengkap mobile storage dengan brand SanDisk, yaitu SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives.
USB On The Go (OTG) ini semacam flashdisk yang bisa kita gunakan tanpa penambahan kabel. Jika dulu ada USB OTG kabel untuk memudahkan kita memindah data dari smartphone/kamera ke komputer/laptop atau perangkat lainnya, kini tanpa perlu kabel lagi kita bisa langsung memindahkannya ke flashdisk. 

Beberapa tips ditawarkan oleh Western Digital bagi pengguna smartphone di Indonesia:

1. Bebaskan Memori Penyimpanan di Smartphone dengan Mudah

Seringkali merasa kekurangan memori di smartphone? Solusi mobile storage SanDisk dirancang untuk membantu pengguna dengan mudah membebaskan memori smartphone, dengan sangat mudah di manapun dan kapanpun.
Dengan sekali langkah kita bisa menyambungkan smartphone USB OTG SanDisk Dual Drive (Android) atau iXpand Flash Drive (iPhone). Bagi yang ingin mengganti smartphone, perangkat ini juga menjadi solusi yang mudah untuk memindahkan data.

2. Plug and Play yang Praktis tanpa Ribet

Malas back-up data karena ribet? Toss dulu kita! Sama ya, dengan hasil survei dari Western Digital. Solusinya, jika menggunakan USB OTG Sandisk, kita bisa memasang aplikasi mobile SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive. Dengan aplikasi tersebut kita bisa mengaturnya supaya otomatis memindahkan data foto dan video begitu USB OTG disambungkan dengan smartphone.
Back-up data menjadi praktis, bukan?

3. Bisa juga untuk Back-up Konten Media Sosial

Selain menyimpan dan melindungi data di smartphone, aplikasi SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive App juga dapat menyimpan dan mem-back up berbagai konten dari media sosial, seperti foto dan video, ke USB OTG SanDisk Dual Drive atau iXpand Flash Drive.

4. Khususnya Gamer dan Vlogger, Upgrade Smartphone untuk Menambah Kapasitas

Kalau smartphone kita sudah terlalu lelah untuk diajak bekerja apalagi untuk urusan gaming dan fotografi, artinya memang harus upgrade smartphone yang kapasitas penyimpanannya lebih besar. Selain itu, tambahan kartu memori SanDisk Extreme® microSDTM dengan spesifikasi A23 mendukung penggunaan terutama game dan aplikasi lainnya.
 
Tips dari Western Digital

Setelah Kesal Kehilangan Data, Saya juga Sedih Kehilangan Momen

Sebagai seorang perantauan yang jauh dari orangtua dan keluarga, tentu merasa ada semacam kewajiban tak tertulis untuk selalu mengabarkan kondisi kepada keluarga di kampung halaman. Utamanya lagi, kakek dan nenek yang selalu merindukan cucu-cucunya.
Hal ini juga yang menyebabkan ruang penyimpanan semakin cepat penuh, karena saya harus ‘melaporkan’ perkembangan dan hal-hal kecil yang dilakukan anak-anak. Media foto dan video hampir setiap hari dikirimkan melalui grup WhatsApp keluarga.
Sedihnya, saat ada momen si Kecil yang menggemaskan dan tak terduga, saya terpaksan kehilangan momen tersebut karena memori smartphone penuh. Kesalnya berlipat-lipat kan? Karena belum tentu mendapatkan momen menakjubkan lagi dari si Kecil.


Langsung jatuh cinta dengan USB OTG Sandisk

Pengalaman Menggunakan Sandisk Dual Drive

Seperti yang saya ceritakan di awal, ‘perkenalan’ saya dengan Sandisk Dual Drive ini dari suami saya yang sebelumnya telah membeli USB OTG Sandisk. Sewaktu beliau memamerkan USB OTG itu, saya hanya menanggapi sambil lalu. Rupanya, justru saya sangat membutuhkannya dan menjadi penyelamat saat saya tengah kesal kehabisan memori di smartphone.


Beberapa alasan yang membuat saya makin mantap menggunakan USB OTG Sandisk:

1. USB OTG Sandisk Menjawab Tantangan Milenial

Smartphone middle/high end keluaran terbaru sebagian dibuat dengan slot kartu hybrid, bahkan sebagian tidak lagi menggunakan slot micro SD karena kapasitas memori internalnya sangat besar. Kapasitas internal (ROM hingga 512 GB) dan RAM smartphone keluaran terbaru umumnya besar, rata-rata 4-8 GB (bahkan ada yang RAM 12 GB).
Hal ini selain membantu kinerja sistem smartphone menjadi lebih cepat, juga memudahkan pengguna karena tidak lagi repot memasukkan micro SD.  
Dengan OTG, kita tidak lagi membutuhkan micro SD yang ditanam di dalam HP. Slot tersebut bisa digunakan untuk memasang SIM Card. Jika butuh ruang penyimpanan tambahan, ada OTG dual drive sebagai solusi praktisnya.


2. Praktis

Setiap saat terutama saat sedang traveling atau mengabadikan momen lalu memori penuh, kita bisa langsung menghubungkan USB OTG dengan smartphone. Proses pemindahan data pun cepat (mencapai 150 MB/s) apalagi jika telah memasang aplikasi SanDisk Memory Zone atau  iXpand Drive App.
Jika memilih untuk memindahkan ke laptop pun, bisa dengan satu langkah saja seperti USB drive pada umumnya. Praktis!

3. Ukuran Kecil Mudah Dibawa

Ukuran USB OTG Sandisk yang kecil sangat memungkinkan untuk dimasukkan ke dalam kantong/pouch serbaguna yang kita bawa, maupun diselipkan ke dalam kantong yang tersedia di tas. Praktis, nggak makan tempat.


4. Kapasitas Penyimpanan Besar

USB OTG SanDisk/SanDisk Ultra Dual Drive memiliki tiga varian yaitu:

  • SanDisk Ultra Dual Drive 3.0
  • SanDisk Ultra Dual Drive m3.0
  • SandDisk Ultra Dual Drive Type C (khusus untuk smartphone dengan konektor tipe C)


#SanDiskAPAC menyediakan beberapa pilihan kapasitas USB OTG Sandisk. Kapasitas paling kecil yang bisa kita pilih mulai 16 GB hingga 125 GB. Wow! Bisa banget dong ya memilih sesuai kebutuhan. Kalau untuk saya sih sepertinya 32 GB sudah cukup asal rajin mindahin ke laptop juga. kalau untuk konten kreator yang levelnya sudah hampir ((hampir)) pro, pastinya ukuran paling besar menjadi pilihannya.
Kalau emak-emak seperti saya sih lebih banyak menyimpan file karena alasan #DibuangSayang. Padahal setelah diteliti satu persatu, banyak juga foto atau video nggak jelas yang memenuhi memori smartphone.


5. Mudah digunakan

Biasanya kalau kita mau memindahkan data dari smartphone ke laptop, pasti malas karena alasan ribet. Dengan USB OTG ini, kita tak perlu lagi memikirkan urusan ribet, karena bisa langsung tersambung. Pastikan smartphone sesuai dengan jenis dual drive-nya ya... bisa ditanyakan langsung saat membeli.


Nah, sekarang tak risau lagi kan urusan memori smartphone penuh. Dengan ini, setiap pengguna bisa berkarya seluas-luasnya. OTG-nya bisa disimpan di tempat yang terjangkau dan bisa dibawa sekaligus bersama charger maupun powerbank. Sewaktu-waktu membutuhkan bisa langsung memindahkan data tanpa ribet!
Terima kasih, Sandisk! Kini saya temukan solusi mobile storage untuk permasalahan memori limit di smartphone saya.
Semoga bermanfaat!
Salam,

30 comments:

  1. Aku juga pake loh, mbak Rin. Wajiiiib itu mah buat manusia-manusia milenial punya USB otg. Lha dikit2 difoto, dikit2 direkam hahaha
    Membantu banget kalo menurut aku 😍

    ReplyDelete
  2. Setiap pekan saya harus hapus atau pindahkan data foto le dalam netbook. Tidak asemua sempat diperiksa apakah layak simpan karena merupakan hasil tangkapan layar, juga berkaitan dengan pekerjaan sebagai admin Indonesia Saling Follow yang harus simpan data. Ada saja foto yang dobel karena terbawa dari ruang penyimpanan ponsel untuk media sosial. Jadinya bikin komputer saya penuh serta akan butuh waktu khusus untuk memilahnya padahal saya sibuk banget.
    Pengen juga punya sandisk agar bisa simpan atau back up data dari ponsel tanpa rasa khawatir. Saya bisa langsung bersihkan ponsel lalu jika ada saat senggang bersihkan yang dari komputer untuk foto tidak perlu khawatir karena ada cadang data dari USB OTG SanDisk. Semoga ada rezeki untuk memilikinya. Khawatir dengan nasib komputer saya karena se;lalu beroleh "sampah" dari ponsel. Maklum saya pelupa dan kadang bikin dobel, sih. Hi hi.

    ReplyDelete
  3. Yes, sekarang itu yang namanya kesiapan berangkat ke mana-mana adalah kesiapan dalam mempersiapkan slot data untuk foto/video, ya Mbak. Nah USB OTG Sandisk ini membantu banget pastinya.

    ReplyDelete
  4. Hm..langsung mo nyari Sandisk ini deh..coz memori penuh sering banget kejadian padaku..hehe..

    ReplyDelete
  5. Back up data mutlak diperlukan, terlebih untuk content creator seperti kita ya Mba
    USB OTG adalah ide yang sangat brilian!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Iya pernah juga nge hang saat ambil video karena memori penuh. Duh ketinggalan moment berharga.

    Btw berapa sih harga otg san disk

    ReplyDelete
  7. USB OTG Sandisk juga jadi andalan untuk back up data.
    Ukurannya pas dengan kapasitas maksimal. Ga perlu ragu lagi memori ponsel bakal penuh saat moto2 dgn hp.

    ReplyDelete
  8. Aq sering banget nih dipusingin soal storage yg penuh, mau hapus beberapa file kan syg banget apalagi foto2, hmm pengen coba pake Sandisk nih

    ReplyDelete
  9. Saya juga ngalamin hilang seluruh Poto dan video di hp karena hp eror. Padahal kalau segera dibackup gak akan kehilangan semua ya.
    Adanya USB flashdisk OTG ini sangat membantu. Saya juga mau menggunakannya

    ReplyDelete
  10. Aku belum punya ini kak, kayaknya harus punya juga deh biar foto di HP di backup gitu dan gampang pindahin juga ke laptop.

    ReplyDelete
  11. Aku jaman dulu kurang aware backup data di hape. Sekarang sih selalu backup data, jadi misal mendadak mau nambah foto baru di tempat wisata gitu, tinggal hapus aja. Nah kalo USB OTG Scandisk ini justru anak-anakku yang udah kenal. Mereka pakai di hapenya, aku aja yang kudet waktu mereka bilang mau beli Scandisk ini

    ReplyDelete
  12. Aku belum nyoba flashdisk ini mba. Tapi pengen juga punya karena aku pernah kehilangan memori di hape dan ini sungguh nggak nyaman banget dan bikin nangis bin nyesel

    ReplyDelete
  13. Aku penasaran dengan USB Flashdisk OTG ini. Pengen punya juga deh karena memori hapeku cepat penuh.

    ReplyDelete
  14. Wahhh aku baru tau! Yaampun kemana aja yah...soalnya paling males mindahin data sih yg pakai kabel..kdg kabelnya gatau nyelip dimana huhuhu....kalo ada usb gini kan jd ringkes yaaa *bbrrr langsung searching

    ReplyDelete
  15. Aq pernah nih beli usb otg Mba, tp baru beberapa kali pake, jd gak konek gt. Boleh nih dicoba yg otg sandisk. Jd gak perlu khawatir lg klo g bisa konek

    ReplyDelete
  16. Bagi saya ini perlu banget mbak untuk mem-back up semua data di smartphone. Apalagi kalau melakukan perjalanan ke luar dan butuh memori tambahan.

    ReplyDelete
  17. Aku pun pakai ini, karena cara penggunaannya mudah dan mempermudah Dewi yang suka foto-foto travelling😍

    ReplyDelete
  18. Sudah lama saya butuh alat penyimpanan sejenis ini Mbak. Baru mgeh sekarang pas teman-teman blogger menuliskannya. Beli ah.

    ReplyDelete
  19. Berkah banget ya mba punya OTG sandisk
    aku punya 2 yang FD punya 6 kalo ga salah wkwkwk
    wes langganan puas

    ReplyDelete
  20. Aku lagi butuh nih mak jadi pengen beli sandisksandisk.mau nyari ah buat kerjaan

    ReplyDelete
  21. Bagus banget nih buat referensi aku nanti. Karena sering banget deh memori hp tiba2 penuh. Apalagi bentuknya praktis dan mini kaya gitu ya.

    ReplyDelete
  22. Asik banget ya traveling bawa SanDisk terlebih ukurannya kecil jadi mudah untuk dibawa. Perangkat yang wajib banget dibawa, gak boleh ketinggalan

    ReplyDelete
  23. Aku sadar untuk mulai back up data sejak kuliah.. jadi Alhamdulillah data aman.. hanya yg sebelum itu data hilang entah kemana

    ReplyDelete
  24. Aku juga pakai sandisk ini nih, lumayan ngebantu banget saat memori hape udah full, dan lebih praktis ga harus ke pc dulu

    ReplyDelete
  25. wah praktis banget deh pakai sandisk ini, gaperlu hapus2 data lagi kalau memori penuh

    ReplyDelete
  26. Bagi aku tuh perlu banget membackup data data dan aku pun juga pakai sandick karena ngebantu memori

    ReplyDelete
  27. berhubung menyesal diakhir nggak ada gunanya ya kak. data nggak balik ehh malah galau jadi mending update pake sandisk ya

    ReplyDelete
  28. penting banget emang backup data. biar data nggak hilang dan nggak sesek diujung2 nya

    ReplyDelete
  29. SanDisk terbaik memang
    Aku jadi lebih mudah klo jalan ke alam bebas. aku pakai yg dual drive m3.0 32GB
    kerasa emang manfaatnya USB OTG SanDisk

    ReplyDelete
  30. Asyik emang dg USB OTG SanDisk, kecil dan praktis bisa dibawa kemanapun, dan backup kapanpun mbak heee

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam