Thursday, 17 December 2015

Cara Mudah Memeram Alpukat


Suka makan alpukat, tapi malas beli karena sering salah dan kecewa?! Saya pun sebelumnya begitu. Sikecil sih, tepatnya yang doyan buah satu ini. Apalagi waktu mbah nya bawa alpukat mentega sekardus dari Maumere NTT sana. Hm... tiap hari makannya alpukat terus karena waktu itu memang masih awal MPASI dan belum makan nasi.
Saking banyaknya alpukat yang dibawa Bapak mertua itu, jadi sisa-sisa meskipun sudah sibagi ke teman dan tetangga. Jadi ngerasa sedih banget, sayang kan alpukat mentega yang rasanya manis gurih legit itu terbuang sia-sia karena busuk. Ya, masalahnya ada pada cara memeram yang salah.
Suatu hari ada yang ngeshare cara memeram alpukat yang hasilnya nggak mengecewakan, buahnya bisa matang sempurna dan dagingnya tetep kuning kehijauan, menggiurkan deh. Akhirnya mencoba cara itu juga meskipun awalnya ragu.
Yang kubaca dulu di facebook, butuh kertas roti atau tisu dan kebetulan dirumah tidak ada kertas roti, tisu pun habis lupa belum beli. Pakai kertas aja deh, batinku. Nggak niat banget, namanya juga coba-coba.

Hasil percobaan pertama, dok.pribadi
Bismillah... dua malam didiamkan (lebih oke lagi dimasukkan ke dalam beras) tapi di suhu ruang kalau di Semarang sudah panas jadi nggak kumasukkan ke beras, susah juga masukin ke gentong berasnya. Dipegang udah empuk dan pas dibuka taraaa!! Kuning kehijauan merata, matang semua. Alhamdulillah.. ternyata percobaan pertama berhasil. Nggak perlu bingung lagi kalau mau beli alpukat. Caranya simpel banget ko,
Sumber Gambar
Pertama, siapkan barang yang diperlukan yaitu: tisu/kertas roti, pisau, gunting, dan lakban bening. Caranya, potong pangkal alpukat menggunakan pisau, ambil sekitar 3 lembar tisu, lipat dan tutupkan ke bagian pangkal alpukat yang sudah dipotong sampai tertutup rapat, rekatkan dengan lakban lalu masukkan ke dalam beras. Tunggu sekitar 2 malam dan lihat hasilnya. Jika masih kurang empuk bisa diperam lagi dalam beras. Tapi jangan sampai lupa ya, bisa-bisa busuk dan malah berasnya jadi kotor.  Jika sudah matang dan belum akan dikonsumsi, bungkus rapat dengan kertas koran lalu masukkan ke kulkas.

Selamat mencoba, semoga berhasil dan bermanfaat J   

27 comments:

  1. Mumpung lg banyak alpukat berseliweran di pasar boleh nih dicoba

    ReplyDelete
  2. Sering bgt kebeli alpukat mentah efek ga bs milih. Kayanya nti bs ku coba..
    Btw bbrp typo ya nulis alpukatnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuh... jd malu.. efek ngetik sambil diawasin bocil nih mba.. *ngeles*

      Aku jg dulunya gitu mba, jd males kalo mau beli. Beli mahal ujung2nya kebuang *nangis*

      Delete
  3. Aku suka alpukat. Iya, pernah liat tips ini di fb. Tapi blm pernah coba sih. Dulu tuh peram sering gagal. Belum mateng aku iket lagi pake karet. Hasilnya makin parah deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cara ini Mba, insyaAllah berhasil :)

      Delete
  4. Kalo aku nggak pakai motong pangkal alpukat dulu, makanya lama banget masaknya, tx ya Rina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama Mba..
      kayaknya itu rahasianya, tapi harus ditutup rapat juga biar angetnya merata

      Delete
  5. makasih tipsnya ya... amat membantu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Fifi.. moga berhasil ya kalo nyoba :)

      Delete
  6. Tips ini lagi viral banget di Fbya, Mbak. Saya kira cuma boax, ternyata beneran. Hehehe ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, viral lagi ta mba?
      aku lihat itu pas ada yg ngeshare d fb juga tapi udah lama, kalo nggak salah akunnya orang negeri jiran :)
      awalnya juga nggak percaya, tapi pas nyoba ternyata 3 buah alpukat berhasil semua ^^

      Delete
  7. Oh begitu caranya hahaha... Baru tahu saya. Patut dicoba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe. silakan mencoba.. moga berhasil ya :)

      Delete
  8. Replies
    1. Sama-sama Mba Eva, semoga bermanfaat :)

      Delete
  9. Ternyata beneran berhasil ya Mba? Saya nih kapok beli alpukat karena ya itu tadi..ngga bisa memeramnya. Padahal dulu belinya alpukat mentega juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, alhamdulillah beberapa kali berhasil.

      sedih banget ya, kalo beli alpukat mentega mahal2 malah busuk :(

      Delete
  10. Oo.. baru tau rahasianya.. selama ini sih meramnya langsung blesekin ke beras aja. Trus abis itu lupa kalo meram alpukat. Hehe... buyar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba, Mba Dini.. Semoga berhasil :)

      Delete
  11. Wah, Kak Ghifa juga suka bgt sama alpukat mbak. MPASI pertamanya ya alpukat. Iya nih kalau Abinya yg beli kan gak milih ya jadinya banyak yg masih mentah. Dicoba deh tipsnya ini. Makasih Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Moga berhasil ya Bunda.. Biar kak Ghifa makin lahap makannya :)

      Delete
  12. Waaaahh patut dicoba ini, gagal mulu klo meram alpuket.. aku meram di beras jg sih, tp bungkusnya pake plastik krn takut beras jd basah klo alpuketnya busuk, dan beneran aja, alpuketnya busuk.. hiks..
    Selanjutnya mau coba cara ini ah, makasi mamarin :)

    ReplyDelete
  13. Waaaahh patut dicoba ini, gagal mulu klo meram alpuket.. aku meram di beras jg sih, tp bungkusnya pake plastik krn takut beras jd basah klo alpuketnya busuk, dan beneran aja, alpuketnya busuk.. hiks..
    Selanjutnya mau coba cara ini ah, makasi mamarin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mamanin... Moga berhasil ya, biar Abian senang :)

      Delete
  14. wah, itu alpukat mentega..dulu kami punya pohonnya. klo memeramnya cukup dimasukin ke dalam karung yang berisi beras, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, malah punya pohonnya.. Asyik ya Mba..
      Btw kalo alpukat mentega pakai ada musim 'panen' ulat dulu sebelum berbuah ga mb?

      Enak ya kalo punya pohon sendiri gampang ga takut busuk. Kalo beli, salah pilih trus malah busuk tuh sakitnya disini
      ... Hehe

      Delete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam