Saturday, 20 August 2016

Tips Sederhana dalam Memilih Logam Mulia Asli




Assalamu’alaikum, Temans..
Happy weekend, All!
Teman-teman, untuk menyiapkan masa depan (cieh serius amat!) biasanya kan kita punya investasi ya, baik yang berupa tabungan, investasi, ataupun cara lain yang disukai oleh amsing-masing orang. Pernah dengan nabung emas? Pasti ya, akhir-akhir ini investasi logam mulia menjadi trend yang cukup aman dan menggiurkan dibandingkan bentuk investasi lainnya. Hal ini karena emas lebih stabil dibandingkan investasi lain.
Emas menjadi salah satu hal yang paling banyak dijadikan investasi ini, jangan khawatir karena dengan adanya investasi ini maka kita bisa menabung dengan cara lainnya yang pastinya akan tetap menjadi unggulan. Logam mulia menjadi salah satu logam yang paling berharga sekali untuk kita yang akan membuat kita jadi lebih mudah dan akan membuat investasi jadi lebih berharga. Ada banyak sekali memang jenis dari logam ini yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan investasi kita.

Teman-teman ada yang sudah investasi emas? Bagi yang belum terkadang memang bingung bagaimana memilih emas yang asli. Biasa kan ya, kalau sesuatu banyak diminati orang jadi muncul orang-orang yang mencari kesempatan dengan memalsukannya. 

emas batangan, ilustrasi pixabay.com

Bagi Teman-teman yang saat ini memiliki niat yang sangat besar untuk melakukan investasi ini maka bisa melakukan dengan mudah. Cara pertama adalah dengan membeli logam nya terlebih dahulu, akan tetapi ada beberapa cara dalam memilih logam ini yang pastinya akan berbeda dengan cara pemilihan logam lainnya. Berikut ini adalah tips yang bisa kita terapkan antara lain:
  1. Menggunakan magnet, kita bisa menggunakan magnet yang memiliki kekuatan yang besar jangan menggunakan magnet yang biasanya hanya menjadi pajangan kulkas. Ketika menggunakan magnet ini, maka logam pastinya tidak akan tertarik karena logam ini tidak memiliki nilai magnetic yang tinggi.
  2. Melakukan uji densitas, ini merupakan salah satu cara terbaik agar kita bisa mengetahui apakah logam ini merupakan logam terbaik yang akan kita dapatkan. Uji ini bisa kita lakukan dengan mudah hanya dengan mendatangi beberapa pusat emas yang biasanya menyediakan uji ini sehingga kita akan tahu jenis logamnya asli atau tidak.
  3. Goreskan ke keramik, ini juga merupakan salah satu cara sederhana lagi untuk melihat apakah logam yang dijual asli atau tidak. Jika kita menggoreskan ke keramik dan terdapat bekas goresan hitam maka dapat dipastikan bahwa ini adalah logam yang palsu. Sementara itu jika tidak ada bekas hitam berarti ini merupakan logam yang asli.
Cara membedakan logam mulia (Sponsored post: Disclosure) yang asli dan yang tidak ini memang harus kita pahami karena jika kita memilih logam yang salah akan berdampak juga pastinya pada kita. Jadi pada saat membeli juga sudah harus dipastikan bahwa ini merupakan logam yang asli. Karena saat ini sering sekali muncul beberapa penipuan logam yang akan membuat mereka yang membelinya menjadi rugi.
Emas Antam
Salah satu merk dagang terkenal dari logam ini adalah merk Antam yang sudah banyak dicari orang saat ini. Mengenai harga sendiri pastinya juga sudah ada beragam sekali harga yang bisa berubah sewaktu-waktu. Ada beberapa harga yang saat ini ditawarkan antara lain:
  1. Logam Antam 3 gram dijual dengan harga sekitar 1,7 juta.
  2. Logam Antam 50 gram dijual dengan harga sekitar 29,6 juta.
  3. Logam Antam 0,5 gram dijual dengan harga sekitar 350 ribu.
  4. Logam Antam 10 gram dijual dengan harga sekitar 5,7 juta.
Ketika membeli logam ini maka kita tidak boleh takut dengan harga yang ditawarkan, karena memang harga ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi yang ada. Jadi pada saat melakukan investasi kita juga harus bisa membaca kapan harga logam ini meningkat. Pada saat meningkat maka kita bisa menjualnya. Pada saat harga turun maka kita bisa membeli kembali sehingga sudah dapat untung.
Jika saat ini Anda tertarik dalam membeli logam mulia ini maka pastikan bahwa logam yang dibeli merupakan asli. Pastikan juga bahwa surat-surat yang diberikan juga aman dan tidak ada kesalahan cetak pada surat logam yang Anda miliki.
Bagaimana, Teman? Sudah mantap kan untuk investasi emas? Kalau diantara teman-teman sudah melakukan investasi ini, sharing yuk pengalamannya supaya bisa menjadi pertimbangan untuk yang masih bimbang untuk memulai.
Semoga bermanfaat,
Salam, 

36 comments:

  1. Itu digores ke keramik beneran gak apa kalo yang asli?
    Wkwkw, takutnya yang kita beli di toko emas, gak taunya item pas digores ke keramik...hicks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba aja Teh.. kalo misalnya item.. minta ganti aja sama Bang Roll.. wekwkwkwk :P

      Delete
  2. alhamdulillah, saya sudah nabung emas di pegadaian. sedikit demi sedikit. tapi saya belum berniat mencetaknya. soalnya kalau di rumah juga malah resiko. terima kasih artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barakallah Mba, nabung sedikit-sedikit juga jadi solusi yang asyik ya Mba :)

      Delete
  3. Logam mulia bisa menjadi alternatif untuk investasi kecil ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, bisa dikelola sendiri, belajar dari orang yang sudah pengalaman.
      saya malah masih maju-mundur nih, sebagian besar karena dananya belum cukup :D

      Delete
  4. Pengen investasi logam mulia, insyaAllah mulai sedikit demi sedikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. sedikit-demi sedikit lama-lama jadi bukit, InsyaAllah :)

      Delete
  5. Wahh baru tau mba uji emas digoresin ke keramik. Mau coba cicin emasku ah.hehe

    ReplyDelete
  6. Baru tau macam2 uji untuk emas. Taunya digigit aja hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, lebih yakinnya sih kalau saya tanya ke penjual emas aja :)

      Delete
  7. Pengen sih mbak tapi uangnya buat lunasin rumah ma mobil dulu, tabungan belum ada nih hehe, baru dapet 10gram aja hadiah dari 8 taun karyawan kantor suami aja hee, semoga dari hadiah di nambah ntar disimpan buat masa depan, memang mending nabung emas batangan daripada deposito uang katanya ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..

      iya Mba, karena emas inflasinya kecil :)

      Delete
  8. Pengen lah bisa inveatasi emas dr dulu tp klo liat duit tu yg kepikiran pertama kali jalan2 #ehh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss Mba!! wkwkwkwk trus kapan kita nabung emasnya yak? :P

      Delete
  9. Aku mau buka tabungan emas aja gak jadi2, mesti disisihkan dana nih mulai sekarang :)

    ReplyDelete
  10. TFS, informatif bingitz...
    Investasi yg meski ndak liquid, tp aman utk jangka panjang plus warisanable.

    BW dr Lombok..^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yang penting ya Bunsal.. warisanable. hihi.

      pilihan sekarang kalau mau invest memang lebih aman emas dan tanah ya :)

      Delete
  11. Pengen bgt investasi emas batangan mbak, cm memang masih bingung dan ragu-ragu saat mau beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, harus hati-hati, sertifikatnya jelas, dll

      semoga tips-nya bermanfaat ya :)

      Delete
  12. Artikelnya pas banget nih. Kebetulan kemarin suami lagi mau beliin LM tapi masih ragu soalnya belinya online dan takutnya nggak asli atau murni. Makasih tipsnya ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mba, kalau online memang harus dipastikan banget terutama surat-suratnya juga, supaya tidak ketipu. Yang penting juga kudu jelas track record olshopnya :)

      Delete
  13. Logam Antam ini yang bagus ya, mba. Banyak yang nyaranin juga buat beli. Biar ada tabungan emasnya.

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. Sama-sama Mba Avy, semoga bermanfaat ya

      Delete
  15. aku waktu itu pernah dapet logam mulia dari dooprize XD
    alhamdulillah asli sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew! keren sekali mba, dapat Emas :D lumayan buat tabungan ya

      Delete
  16. emas ..bisa jadi tabungan..dg harga stabil..n ga akan jatuh nilainya..

    ReplyDelete
  17. Salah sati pilihan dalam berinvestasi. Yang menurut saya terbilang aman.

    ReplyDelete
  18. Mau juga ah nabung emas, resiko inflasinya lebih kecil kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Niek, banget. lebih aman, kalau disimpan lama juga harganya stabil malah cenderung naik :)

      Delete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam