Thursday, 25 August 2016

Kelebihan Model Baju Batik Terbaru

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum, Temans..
Apa kabar nih?
Betewe setelah lebaran masih ada yang nyari baju baru buat acara khusus? Nikahan saudara, pertemuan keluarga besar, arisan keluarga, atau khusus buat kondangan ke sahabat dekat, mungkin? Bisa juga bagi yang ingin sekali-kali kompak bersama pasangan, atau datang ke wisuda sahabat? Hm..

Baju batik sarimbit
Untuk mendapatkan model pakaian yang cocok pastinya kita akan menemukan beberapa pilihan yang memang menarik, salah satunya adalah batik. Batik yang merupakan warisan kekayaan nasional sekarang menjadi kebanggaan Indonesia dan telah diaplikasikan dalam berbagai macam barang. Yang paling populer tentu pakaian. Setiap tahunnya selalu ada model baju batik terbaru yang akan menjadi jawaban bagi mereka pecinta batik nusantara. Pastinya dengan menggunakan model yang baru alias up to date, pemakainya akan menjadi trend setter karena jelas berbeda dengan model pada umumnya.
Nah, ada beberapa kelebihan jika kita memakai model baju batik terbaru, yaitu:

Lebih Percaya Diri
ingin tampil lebih percaya diri? Punya baju model terbaru bisa menjadi salah satu cara. Meskipun rasa percaya diri itu tergantung masing-masing orang, ada orang yang pede dengan memakain pakaian yang disukai banyak orang, ada juga tipe orang yang lebih percaya diri saat mengenakan pakaian yang diproduksi dalam jumlah terbatas.
Model baju batik terbaru juga bisa membuat pemakaianya menjadi pusat perhatian, iya.. karena jadi banyak yang ingin mencontoh modelnya. Hihi.
Tapi semoga saat berpakaian kita dijauhkan dari niat menjadi pusat perhatian. Kalau tiba-tiba ada yang kagum lalu memperhatikan model pakaiannya aja sih no problemo, artinya kita menjadi trend setter yang baik. Semoga.





Pastinya Menggunakan Motif Terbaru
Batik model baru dengan motif terbaru. Seperti racikan chef andal hotel bintang lima! Siapa yang tidak ingin berebut, coba?! Bisa jadi para kolektor batik langsung memborong untuk menambah koleksi pribadinya.
Oia, di setiap daerah di Indonesia sekarang ini banyak sekali masyarakat yang memproduksi batik sesuai dengan daerahanya masing-masing. Motif batik terbaru selalu bermunculan. Meskipun di luar pakem corak batik pada masa keraton, biasanya masyarakat membuat motif baru sesuai dengan legenda atau ciri khas suatu daerah. Misalnya Semarang dengan batik corak daun asam, tugu muda, lawang sewu, Blengok (angsa yang hidup di pohon),  dll. Batik khas Wonosobo motif carica, ikan di waduk Menjer, Candi Dieng, dll.
Harga Memang Berbeda
Ups! Ini kelebihan apa kekurangan ya? Hihi. Intinya Cuma ngingetin sama Teman-teman yang mau mengoleksi baju batik model terbaru biasanya memang harga akan sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan model yang lama. Wajar ya? Biar terus up to date, yang lama mah biasanya di-sa­le. Hehe
Berpotensi Penjualan Tinggi (Untuk yang Mempunyai Toko)
Kalau kamu punya toko dan beli barang grosiran untuk dijual lagi, tak ada salahnya merogoh modal lebih tinggi untuk mendapatkan model terbaru ini, karena biasanya penjualannya pun cukup tinggi. Orang pastinya akan berebut model baru di awal, sebelum model yang sama dipakai banyak orang alias pasaran.

Pastikan model dan ukurannya sesuai dengan badan kita

Tips Memilih dan Merawat Baju Batik
Pada saat membeli batik model yang sesuai ini kita juga harus pastikan bahwa model ini sudah sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya untuk acara pengajian biasanya kita pilihnya yang lengan panjang dong, ya. Hehe
Ukuran baju juga perlu diperhatikan. Kalau bisa, sebelum memutuskan untuk membeli baju secara online, lihat dulu detail ukurannya. Biasanya sih standar yang diberikan oleh penjual hanya keterangan ukuran lingkar dada (LD) dan panjang pakaian. Hal lain seperti lingkar lengan sering dianggap sepele dan dipukul rata semua ukuran. Padahal ada juga baju ukuran standar yang lengannya kecil, atau ada orang yang lengannya besar sehingga tidak muat dengan ukuran pakaian standar. Jadi pastikan bahwa model baju batik terbaru ini memiliki lengan yang pas dan sesuai dengan badan. Atau kalau memang nasib ya beli baju online dan rela harus merombak bagian lengan dan panjang pakaian. Hihi. Saya sering sekali nih, tapi nggak kapok juga belanja online.
Kecuali kita ingin mendapatkan model terbaru dari toko langganan kita, tak perlu bingung dengan detail ukuran dan sebagainya karena bisa langsung mencobanya.
Setelah kita memilih model terbaru dan corak terbaru batik, jangan lupa pilih bahan yang nyaman untuk kita. Menyerap keringat, tidak gerah saat dikenakan, tidak kekecilan dan tidak kedodoran (kecuali memang penyuka pakaian ‘kebesaran’ seperti saya, maksudnya tidak suka pakaian yang pas dibadan, tapi pas terasa longgar *apaansih*)
Seperti biasa, setelah membeli pakaian pastinya kita prewash dulu. Btw kalau zaman saya kecil dulu, nggak ada istilah prewash, karena baju baru itu ya baju yang masih bau dari toko. Kalau sudah dicuci artinya bukan baru lagi. Hihihi. Sekarang sih nggak lagi, itu kan waktu kecil dulu karena hanya setahun sekali punya baju barunya. Jangan ditiru, ya. Memcuci pakaian sebelum dikenakan tujuannya adalah untuk menghilangkan residu dari pabrik atau toko. Dan lagi, ditakutkan ada bahan kimia yang membahayakan kalau langsung kita pakai.
Gunakan sedikit detergen, jangan kebanyakan agar tidak merusak serat kain dan membuatnya mudah pudar. Jika batik tulis, sebaiknya dicuci dengan biji lerak yang biasanya tersedia di toko batik. Saat penjemuran pun sebaiknya jangan langsung terkena sina matahari langsung. Cukup diangin-anginkan saja.
Terakhir, pilihlah untuk memcucinya dengan tangan, tidak dengan mesin cuci. Namanya juga batik apalagi batik tulis, pastinya cara perawatannya pun berbeda. Umumnya, bahan batik juga lebih tipis sehingga jika dicuci menggunakan mesin cuci ditakutkan akan lebih cepat rusak.
Bagaimana, Temans?! Sudah menemukan pakaian yang sesuai? Masih belum? Bingung karena terlalu banyak pilihan?! Hm.. Selamat berburu model baju batik terbaru ya, dan pastikan mendapatkan model yang paling up to date, serta sesuai dengan diri kamu sendiri. Jangan hanya karena ingin menjadi trend setter dan pusat perhatian, kita malah mengenakan pakaian yang sebenarnya tidak sesuai dengan diri kita.
So, tidak perlu takut untuk menampakkan diri kita apa adanya. Semangat!

Salam,

36 comments:

  1. Batik, baju segala masa segala acara.
    Suka banget pakai batik ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mba Diah, batik emang sering jadi pakaian andalan buat kemana-mana :)

      Delete
  2. pengen sarimbitan ma suami dan anak jg mba rin..ada ndak ?he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok Cha, cek aja langsung ke link-nya kali aja berjodoh sama sarimbitan bertiga-nya :)

      Delete
  3. Baru denger biji lerak. Itu apa dan cara pakainya pegimane y mbak? Taunya leak *halah*

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha *leak*

      bijinya hitam Mba, direndam air sama campuran apa gitu.. aku juga belum pernah pegang biji lerak, tapi pernah baca seputar lerak ini di FB'nya bu DK Wardani.
      bisa digunakan untuk pembersih macam-macam juga..

      Delete
  4. Oke banget tips nya mbak, kalo saya cuci baju batik punya suami biasanya pake sabun khusus yang beli di butik2 batik. Apa itu dari lerak yah? Ga ada bisanya cm wangi aja tapi warna tetap cemerlang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Ade..

      wah, kurang tahu mba itu dari apa.. bisa jadi mungkin sabun tapi ada kandungan leraknya ya :)

      Delete
  5. Aku jg suka pake batik skr pa lg llo ngajar. Model n warnanya jg cantik2 sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bu Dosen ngajarin cinta batik ke mahasiswa ya? (y) (y)

      Delete
  6. Sebagai warga semarang, aku juga punya batik dengan corak pohon asem, warak ngendog, tugu muda, berasa bawa ikon kota di tubuh, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah belum punya Mba, pengen sekali-kali ntar main ke kampung batik Semarang ^^

      Delete
  7. itu sarimbit paling atas motif daerah mana mba?kece bangeeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tahu Mba.. sepertinya sih songket Lampung, tapi nggak yakin juga, saya ga hafal corak kain khas kecuali beberapa daerah :)

      Delete
  8. aku juga suka batik , dan abtik sekarang juga bisa dipakai dengan suasana santai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, bisa dipakai di segala suasana, tinggal menyesuaikan modelnya aja ya :)

      Delete
  9. Baju batik sekarang model dan coraknya bagus-bagus ya mbak, dan bisa dipakai untuk segala usia. Anak-anak muda sekarang juga mulai suka pakai batik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, dari bayik juga ada ya baju batik. hihi. aku cinta batik!

      Delete
  10. Hidup batik! Berasa mencintai Indonesia kalo pakai batik ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul! tapi aku belum pernah punya batik yang tulis Mba.. ehehe

      Delete
  11. Model2 baju batik lho udah ga sejadul dulu. Batik formal maupun casual tinggal pilih.
    Aku juga suka pake batik. Berasa lebih Indonesia gitu deh.

    Salam kenal, mbak. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju! sekarang beragaaam banget model batik dan kita bisa pilih sesuak hati dan sesuka kantog :P

      Delete
  12. Aduh, kalo uda disodorin list kek gini bisa berjam-jam bingung milih yang mana. Apalagi motif batik yang makin ngehits

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih semua aja Mba, buat koleksi #eh

      Delete
  13. Suamiku juga kalau nyici baju pakai lerak. Biar awet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, apalagi batik tulis ya :) sayang kalau karena salah nyuci jadi cepat rusak

      Delete
  14. Waduh..slama ini nyuci batik pake detergen. Makasih infonya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mba, saya jg pakai detergen, tapi takarannya dikurangin dari nyuci baju biasa (((kalau ingat)))

      Delete
  15. Batik biru yang sarimbit lucu ih, haha *salah fokus*. Btw, aku kalau untuk baju batik memang biasa nyuci pakai tangan soalnya kalau batik entah mengapa suka luntur. Jadi, daripada melunturi baju lainnya mending kalau nyuci dipisahin aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa...! naksir sama sarimbit biru itu, kali aja tiba-tiba ada yang ngasih hadiah :D


      Huum Mba, dulu pernah tuh kejadian adikku nyuci batik dicampur sama rok warna khaki. jadilah rok yang masih baru itu blontang-blanteng kelunturan :'(

      Delete
  16. Aku suka batik dengan model terbaru mba. Tapi warnanya juga yang cerah. kayaknya skarang jadi tren ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum, sekarang lagi ngehits yang warna cerah keknya ^^

      Delete
  17. Batik sekarang motif dan desainya keren2 ya mbak. Jd makin bangga pakai batik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali, selain di keraton sudah nggak ada pakem-pakem pakai batik motif ini-itu ya :)

      Delete
  18. Ah jadi semangat diet biar bisa pake batik sarimbit lagi sama suami dan anak2...hihihi...

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam