Wednesday, 16 March 2016

Teman Nge-Blog Bikin Hepi



Assalamu’alaikum, 
Teman - teman mungkin sering mendengar banyak ungkapan mengenai dahsyatnya kebersamaan dan kerjasama. Together we are the best, together we are one, Bersama Kita Bisa, Bersama lebih baik, dan banyak lagi ungkapan serupa tentang togetherness.
Yuk, simak video dari youtube ini


Terbukti, kerjasama yang baik dalam sebuah tim akan melahirkan karya yang go extra miles dan menciptakan individu yang berkualitas.
Ah, sepertinya prolognya terlalu serius untuk sebuah ungkapan ‘saya butuh teman, saya butuh komunitas’.
Ehm! Sudah dapat teman dan komunitasnya?

Jawabannya memang sudah. Komunitas blogger yang pertama kali kuikuti adalah Komunitas blogger perempuan Semarang Gandjel Rel yang baru merayakan milad pertamanya bulan Februari lalu. Masuk komunitas ini karena sudah ada semacam ikatan batin dengan beberapa orang member-nya, dan karena merasa butuh untuk mengikuti komunitas yang tak hanya ada di dunia maya.

Bagi teman-teman di Ibu Kota bisa jadi tak masalah mau pilih komunitas manapun karena sebagian besar acara blogger berlangsung disana sehingga tak akan kehabisan agenda. Bagi kami di daerah, adanya komunitas lokal sangat membantu gerak dan menjadi moodbooster terutama saat kopdar dan rumpi cantik.

Ada banyak kepala di gandjelrel.com, banyak karakter dan beragam aktivitas member-nya tapi setiap kopdar selalu mengasyikkan dan berbagai obrolan pun menjadi segar. Hampir semua orang disana adalah sumber inspirasiku, tapi ada beberapa orang yang lebih sering chat. Siapakah dia?! Eng..ing..eng..!!

Mba Ika Puspitasari. Beliau lah yang sering sekali menjadi tempat bertanya tentang blog mulai dari istilah perbloggeran yang belum kuhapahami sampai masalah setting dan template blog. Mba Ika selalu sabar menanggapi dan menjawab setiap pertanyaanku. Tak jarang menyemangati dan memberikan info serta masukan untuk blog.

Hm.. sangat bersyukur bisa mengenal beliau yang ramah dan humoris itu. Tak sekedar tips ngeblog, beliau juga sering berbagi info lomba dan giveaway. Bahkan saat kami bersama dalam suatu event dan kesulitan mengambil gambar (lebih tepatnya hasil jepretan kurang baik karena kamera HP belum mendukung) maka setelah acara akan bermunculan gambar-gambar masuk ke whatsApp dengan pesan “Ini gambarnya, pilih sendiri aja ya buat postingan *emot senyum dan kiss*”

Terkadang hanya sekedar curhat pun beliau layani.
“Mbak, lagi nggak semangat nulis nih..”
Dan setelahnya lebih sering mendapat pencerahan untuk bersiap kembali di depan komputer atau berkutat dengan kertas dan pulpen membuat outline dan mencatat ide.

Orang kedua adalah Mba Hidayah Sulistyowati yang akrab disapa Mba Wati. Sebelum bertemu langsung dengan beliau aku sering berselancar mengunjungi blognya. Selalu terkagum-kagum karena beliau rajin update dan selalu cepat saat membuat liputan acara.
Mba Ika dan Mba Wati
Paling menarik adalah setelah membaca kisah inspiratifnya tentang pengalaman beliau menunaikan ibadah haji, lalu ngobrolin topik itu sepanjang jalan saat menghadiri sebuah acara. Semangat dan keyakinannya membuatku tertular aura yang sama untuk berazzam menunaikan rukun islam ke lima dan menyiapkan sekuat tenaga setelah itu menyerahkan semuanya kepada Allah. Meski sampai sekarang belum bisa mendaftarkan diri, semangat itu masih membara dan semoga menjadi do’a dihadapanNya.

Aku pun sangat tersentuh membaca kisah resign-nya dari karier yang belasan tahun digeluti untuk fokus menulis dan menjadi blogger. Setidaknya, hal ini menjadi penyemangat saat rasa bosan menghampiri, saat keinginan untuk berkarya di luar rumah begitu besar. Ia pun tak jarang berbagi hasil fotonya saat acara blogger.

Bersama mereka berdua, aku merasa menjadi seorang adik bungsu *obsesi anak sulung*. Tak jarang setelah obrolan kami, merasa ditampar dan diingatkan bahwa aku punya tanggung jawab yang lebih besar yaitu Hasna. Di rumah bukan berarti 100%  jobless karena masih banyak karya yang bisa diciptakan. Terlebih  pekerjaan Ibu rumah tangga mengurus rumah, menjadi istri dan seorang ibu adalah pekerjaan yang tak ada habisnya.

Setiap ada Giveaway, lomba atau setor posting liputan seolah ada yeng terngiang di kepala : “AYO, SEMANGAT! MANA BLOGPOST MU?! KEBURU DEADLINE LHO!” begitu selesai membaca tulisan mereka berdua. Terimakasih.. *sungkem* *peluk*

Orang ketiga *hush! Bukan yang ketiga adalah setan lho..* adalah Nuniek K R. Beliau bukan member komunitas blogger Semarang. Aku ‘kenal’ dengan ummu Fathir ini lewat sebuah komentar yang membawaku untuk blogwalking juga ke blognya. Pertama kali membaca tulisan-tulisannya di blog, langsung tertarik karena topik yang diangkat ringan, up to date, tulisannya renyah dan enak dibaca dan selalu kutemukan kejutan disana.
Nuniek Ummu Fathir
Kagum juga dengannya yang hampir setiap hari update blogpost, bahkan tak jarang blogpost bulanannya melebihi jumlah hari *waaa! gigitjari*. Padahal aktivitasnya pun banyak mulai dari bekerja hingga menjadi ibu rumah tangga. Dua jempol deh buat Teh Unik.
Teteh yang usianya masih muda ini pun sudah menerbutkan beberapa buku. Nah... keren banget kan?! Ih.. bikin iri deh. Setelah saling blogwalking lalu menjadi teman di facebook, meski tak begitu intens berbalas komentar. Maklumlah, kami belum lama kenal meski sejak pertama kali langsung klik. Hihi *emang kunci?!*

Masih banyak teman ngeblog yang lain dan menjadi inspirator buatku, seperti Mba Muna Sungkar dengan momtraveler-nya, *sebutlah namanya Mawar* yang tulisannya inspiratif, Melati yang namanya sering nyantol saat kontes blog, dan banyak lagi yang semuanya indah.  
Berempat dengan Mba Muna Sungkar 
Terimakasih telah menjadi teman yang menyenangkan dan mau mendengar curhat dan pkebingunganku seputar blogging.  Semoga makin menginspirasi banyak orang, dan selalu menjadi teman ngeblog yang menyenangkan.


"Tulisan ini diikutkan dalam Irly Diah's GA Collaboration: Teman Nge-Blog" 


Irly Diah's GA Collaboration

25 comments:

  1. Ahahah, bisa aja ini..ketawa-ketawa aku bacanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kikikik. kabur Ah!
      Maaf ya Teh... aku nyomot foto di blog ga izin *punten..*

      Delete
  2. Dari 3 Cuma kenal Mbak Ika itupun jarang2 mampir. Harus lebih sering BW nich biar mengenal lebih banyak blogger inspiratif. :)

    Sukses GA nya Mbak :)

    ReplyDelete
  3. Ish..ish..ish..ish...ada namaku disebut-sebut wkwk...
    makasiiih juga sudah mau berteman dengankuu ya *big hug

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... sama2 Mba Ika..

      *peluknya jangan kenceng2.. ga bisa nafas :P

      Delete
  4. Teman ngeblog, kadang juga jadi lawan saat kontes blog... tapi tetep peluk cium... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul... saingan tapi tetep sharing foto. hihi

      Delete
  5. banyak manfaat dari kegiatan ngeblog ini yah Mbak, salah satunya mendapatkan teman :)

    sukses untuk GA-nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, nambah saudara.

      Aamiin.. :)

      Delete
  6. Mbak Arina inget pernah ketemu saya gak sih? Saya baru inget, pantesan ngrasa gak asing :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rosa.. Ingat, kita ketemu di bookfair di Gd. Wanita Semarang. waktu itu ketemunya sama Mba Susi dan Mba Jiah :D

      Delete
  7. kapan ya mbak kita bisa ketemu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, kalo ngampus mampir lah kerumah, deket ini dari kampus :)

      Delete
  8. Ishhh...pantas aja berasa geli, ada yang colekin dakuw. Senangnya bisa bertemu dengan Rina, mb Ika dan Muna. Juga semua blogger Semarang , love u full deh

    ReplyDelete
  9. Waw muantappp ada blogger lagi ngumpul.

    ReplyDelete
  10. memang ngeblog sendirian itu nggak enak, enaknya rame-rame :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba.. nggak ada MBa Marita Nggak Rame lho.. :)

      Delete
  11. Hari ini saya BW banyak banget untuk melihat tulisan teman-teman peserta GA "Teman Nge-Blog" tapi gak pernah bosan dengan kisah-kisah yang diceritakan.

    Semoga langgeng persahabatannya.. bahkan nambah sahabat lagi!^^

    Terima kasih sudah ikut GA ini dan salam kenal^^

    ReplyDelete
  12. Bener banget yah Mbak, komunitas itu bs jd moodbooster. Secara ada yg bs dilihat dan dijadikan motivasi utk bisa dan mau maju jg, orang lain bisa kita pun harus bisa jg doong yah ;)

    Moga persahabatannya langgeng selamanya yah Mbak ;)

    ReplyDelete
  13. Waah seru ya mba, kopdarnya :)

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam