Tuesday, 8 March 2016

Must Have Fashion Items For Muslimah

Assalamu’alaikum, Teman
Pernahkah mengalami kebingungan di depan lemari saat memilih pakaian untuk datang ke suatu acara? Comot satu baju, belum cocok. Ambil yang lain lagi, baru dipakai di acara sebelumnya. Tarik yang lain, kurang match dengan tema acara. Yang ini kurang nyaman, yang itu membuat penampilan terlihat tua, terlihat gemuk, dan sederet alasan lainnya yang membuat kita kembali lagi memakai baju favorit yang itu lagi-itu lagi.
Pernah?! Aku juga pernah, Teman... tapi terbilang jarang karena koleksi baju yang tak seberapa dan kebanyakan gamis, jadi tinggal memadukan warna dan jilbab untuk membedakan acara resmi dan santai. Malah terkadang pakai gamis yang sama untuk acara yang berbeda hanya dengan mengganti model jilbab dan sandal/sepatu.
Nah, supaya tidak perlu lagi galau di depan lemari dan bolak-balik ke depan cermin, kita bisa menyiapkan beberapa item dasar yang bisa di mix & match dengan berbagai gaya, warna maupun motif. Apa sajakah item itu?!

Aneka Ciput Ninja, Sumber gambar: google
Pertama, Ciput Ninja
Ciput ninja ini akan membuat penampilan rapi dan tertutup di area kepala hingga dada. Ada berbagai model ciput arab mulai dari model ciput yang bagian dahinya biasa saja, kreasi kerut, layer, sampai yang bertabur swarowski. Panjangnya pun bermacam-macam, dari yang menutup kepala saja, kepala dan leher, dan kepala hingga dada. Sebaiknya, pilih yang lebarnya hingga dada karena lebih aman saat memakai kerudung/shawl yang tipis.
Pilih ciput ninja dengan bahan yang nyaman,  menyerap keringat dan tidak mudah kendur. Jika bisa mencobanya saat memilih pastikan juga bagian kepalanya pas, tidak mudah bergeser, tapi tidak terlalu ketat agar tidak pusing saat memakainya.   

Basic Gamis by sunrise label *bukan iklan*
Kedua, Basic Gamis 
Basic gamis atau gamis polos dengan simple cutting. Pilih warna netral agar match dipadukan dengan berbagai warna dan corak lainnya. Pilih basic gamis dari bahan yang nyaman. Untuk acara santai bisa menyiapkan basic gamis dari bahan spandek atau kaos, sedangkan bahan katun jepang/katun ima/baloteli dan ceruti bisa menjadi pilihan tepat untuk dipakai di acara santai maupun resmi. Bahan satin/velvet akan lebih cocok digunakan dalam acara formal.


Ketiga, outer
Outer. sumber: margaw.com
Akhir-akhir ini outer sedang menjadi trend, banyak orang memilih memadukan pakaiannya dengan outer untuk mempermanis. Bahkan outer pun bisa memunculkan kesan feminin atau maskulin tergantung selera pemakainya. 
Rumus untuk memilih outer bagi muslimah adalah dengan panjang minimal 75 cm, supaya menutupi bagian belakang. Sedangkan untuk dipadukan dengan basic gamis bahan kaos/spandek/jersey lebih aman memakai outer yang lebih panjang karena karakter bahan ini umumnya nempel di kulit sehingga menampakkan bentuk. Sedangkan outer yang sangat cocok untuk acara formal atau pun untuk kerja di kantor tentu saja blazer.
Pilihlah warna pastel dan warna netral seperti putih, abu-abu, coklat susu, krem, peach, biru dongker, marun, dan coklat tua. Outer berlengan atau tanpa lengan bisa menyesuaikan dengan koleksi baju lainnya.

Celana hamil. sumber, tokopedia.com 
Keempat, Celana Panjang/kulot 
Celana panjang/kulot seringkali dipakai untuk dalaman gamis atau rok. Saya pun lebih senang memilih kulot dibanding legging untuk dalaman karena lebih aman terutama saat memakai baju yang agak menerawang .
Jika memakai kulot untuk difungsikan sebagai dalaman sekaligus luaran, pilih kuot dari bahan katun atau jersey yang longgar. Kulot/celana hamil tak ada salahnya untuk dipakai bukan saat hamil, daripada tergeletak dan mubadzir di lemari.




Pashmina, sumber gambar: cha-cha shop



Kelima, Pashmina/ Shawl/ Kerudung Selendang Polos 
Sebenarnya, pashmina adalah jenis bahan dari serat alami, tetapi sudah jamak dikenal orang bahwa pashmina adalah kerudung panjang seperti selendang. Pashmina sangat multifungsi, selain bisa menjadi jilbab bisa juga digunakan sebagai selendang, kreasi di kerudung, shawl, atau dibuat rompi untuk mempercantik penampilan. Berbagai tutorial pemanfaatan pashmina bisa dicari di internet. Pilih pashmina polos dengan warna netral untuk basicnya, sedangkan untuk paduan tambahan bisa memilih berbagai warna dan motif sesuai karakter masing-masing.

Itulah lima item yang wajib dimiliki oleh muslimah versi saya. Teman-teman punya versi yang lain? Sharing yuk J  

20 comments:

  1. Aku rasa memang harusnya punya kayak gitu..., cuma sekarang belum punya outer nih aku..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ika.. aku jg blm punya outer nih.. mau beli batal2 mulu,
      tapi udah pesen sih, di tempat sepupu.. dia bikin sendiri, jadi model sama size nya bisa custom, harga sesuai bahan sama kerumitan. mau ikut pesan juga Mba? heheheh

      Delete
  2. Jadi membayangkan kalau baju-baju tadi dipakai bersamaan pasti kelihatan modis sekali ya mbak Arina, outernya itu bikin kesan glamour dan menambah percaya diri :)

    ReplyDelete
  3. Gamisnya cantik ya, outernya juga. Akkk mupeng *dasar mak2*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba.. ayo koleksi. hahahah *kompor

      Delete
  4. jadi sadar belum punya basic gamis :') tapi ya kayaknya emang perlu banget yah hihi makasih ya mbak udh sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Retno... semoga bermanfaat :)

      Delete
  5. aku belum punya basic gamis mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jual lho Mba... eh?! hehe piss Mba.. :D

      Delete
  6. Replies
    1. :D
      ga apa2 ko Mba.. menurut orang lain juga bisa bukan outfit wajib ko :)

      Delete
  7. wahh lengkap ya mba Arina artikelnya, berguna banget bahkan buat saya yang belum pake jilbab :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Zata, semoga bermanfaat :)

      Delete
  8. Aku lebih suka jilbab instan, mbk..apalagi kalo lagi buru2 tinggal pluung cepet makenya hehee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mba, saya pakai pashmina/segiempat kalau buat acara resmi aja ^^
      emak-emak kek saya mah lebih enak yg praktis

      Delete
  9. sebenarnya sy suka outer tp agak susah dipake di jakarta dsk yg panas apalagi klo harus comline-an setiap hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi. dilema ya Mba..

      mungkin pakai outernya yang tipis Mba.. hehe

      Delete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam