Thursday, 29 October 2015

Semangat Sumpah Pemuda Ala Blogger

Selamat Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2015

Soempah Pemoeda
Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Membayangkan saat diproklamasikannya sumpah pemuda ini, rasanya dada bergemuruh tersihir semangat para pemuda Indonesia pada waktu itu, yang bersatu padu demi kemerdekaan Indonesia dan mengusir penjajah. Setelah 87 tahun, semoga semangat itu masih menggebu di dada para pemuda Indonesia saat ini. *sambil ngelirik anak-anak alay di sekitar.

Eniwey baswei, mungkin karena jarak waktu yang sudah semakin jauh, tentu perjuangannya berbeda dengan waktu itu. Saat ini pemuda (kalo saya emak-emak tapi umur masih muda nih.. *timpuk) menghadapi tantangan global yang lebih berat dibanding perjuangan fisik. Bukan menyepelekan perjuangan para pahlawan pada masa kemerdekaan, maksudnya kalau sekarang bukan eranya perjuangan fisik, gitu.. piss Bro!

Tantangannya adalah sesuatu yang tidak tampak alias maya. Ya, dunia maya banyak meracuni otak masyarakat Indonesia, meskipun kegunaan dan kelebihannya sangat banyak tentu tak bia dipungkiri efek negatif dari internet. Berbagai kasus kriminalitas, pornografi, trafficking, pelecehan, dll bisa terjadi ‘hanya’ karena internet. Untuk itu masing-masing kita harus pandai-pandai memanfaatkan tanpa harus terjerumus ke dalam sisi negatifnya. Terlebih anak-anak yang notabene adalah generasi penerus kita.

Banyak juga pemuda yang berhasil memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk membuka lapangan kerja bagi ribuan orang. Contohnya ya ojek online yang sedang nge-hits itu, atau situs dagangan online yang setiap orang bebas ngelapakin dagangannya, bisa juga menyediakan berbagai sarana penunjang pendidikan, dan seabrek peluang lainnya yang bisa diambil agar bermanfaat bagi banyak orang.

Selamat Hari Sumpah Pemuda, semoga semangat juang para pendahulu kita terus membara dalam dada. Hal ‘sepele’ yang bisa kita lakukan antara lain disiplin menjadi pegawai baik pemerintah maupun swasta, jujur menjadi pengusaha, menyuarakan kebenaran bagi para penulis lewat karya-karyanya, belajar dan berinovasi bagi mahasiswa dan pelajar, mendidik anak dengan hati bagi para ibu, dll. 

Kalau blogger?! Hm... blogger bisa semuanya lah.. ada blogger yang karyawan swasta, PNS, pengusaha, mahasiswa, pelajar, ibu rumah tangga, apalagi penulis. Semoga apa yang dituliskan oleh para blogger dalam postingannya adalah kebenaran agar tulisannya bisa menginspirasi para pembaca dan menjadi amal jariyah jika kebenaran dan kebaikannya ditiru oleh orang lain lalu diikuti oleh orang lain lagi, dan seterusnya. 

Ngomong-ngomong tentang blogger, pengen banget deh jadi blogger profesional. Hehe. Maklum, emak-emak yang butuh pengalihan dan ‘me time’ setelah berkutat dengan pekerjaan yang tak mengenal waktu. Halah!  

Belum lama memang memutuskan untuk menjadi bagian di dunia perbloggeran. Awalnya hanya karena penasaran dengan blog dan banyak teman yang sudah memulainya, lalu mencoba membuat dan akhirnya ingin beneran ngeblog setelah mata dan telinga terbuka lebar bahwa blog bisa menjadi sarana nyari duit. *mataijo

Aduh, berasa jadi emak-emak matre gitu dwehh..!! tapi di dunia ini masa ada sih emak-emak yang nggak butuh duit? Hehe. Yah, ini semacam usaha aja biar jadi emak-emak kece berduit meskipun dirumah. *mimpibangeet.

Hm.. tapi dapat advantages dari ngeblog ini bukan tujuan utamanya. Tujuan utamanya ya buat ibadah dan berbagi tulisan agar bisa bermanfaat untuk banyak orang. Tapi, beneran lho, ngeblog bisa jadi sarana dapat penghasilan misalnya dengan review produk, ikut lomba dan menang, dll meskipun itu belum berlaku bagi blogger pemula macam aku ini.

Meskipun baru memulai, alhamdulillah sudah ngerasain banget #berkahngeblog. Dapat teman dan kenalan baru, ini yang paling utama. Apalagi setelah gabung komunitas blogger perempuan Semarang Gandjel Rel, jadi bertemu dengan para blogger senior yang kece badai. Selain nambah teman baru yang bisa sharing tentang blog juga dapat ilmu dari mereka.

Sekarang ini blogger sering diundang untuk mengikuti acara launching produk, resto baru, atau press release program baru, dan berbagai even dalam bentuk kerjasama. Asyik kan, kalau bisa datang ke acara beginian trus pulangnya dikasih goodiebag. Hehe *lagi-lagi maunya gretongan.

Pernah juga sih, ikutan lomba blog trus menang, dapat piagam, hadiah, dan  uang meskipun hanya selembar merah pak Karno, tapi rasanya itu masyaAllah senang. Pernah juga dapat hadiah kecil seperti paket buku dan tutorial dari rajin ikut giveaway yang diadakan blogger lain. Iya, saya ini emak-emak yang suka ikut lomba tapi jarang menang apalagi untuk lomba yang gede tingkat nasional beuh! Masuk nominasi aja belum pernah. Ketahuan banget ya, ikutan lomba biar blognya tetep keisi terutama pas lagi nggak ada ide mau nulis apa. 

Dengan ngeblog juga jadi sarana untuk belajar nulis dan termotivasi untuk terus menulis. Berbagai program harian atau pekanan di komunitas blogger seringkali memaksa kita untuk terus menulis. Saya sih, masih nulis yang asal-asalan bahkan sering banget masih perlu edit sana-sini tapi sudah keburu diposting karena kejar-kejaran sama baby yang sudah bangun dari bobo siangnya. *curhat

Kalau sudah begini, biasanya ya posting dulu, edit belakangan. Yang ini jangan ditiru ya guys! Harusnya sebelum posting sudah memastikan benar-benar tidak ada typo, kalimat yang nggak efektif, istilah yang kurang tepat, dll. Semuanya bisa dipejari dan makin mahir seiring jam terbang nulis yang meningkat. 

Masih banyaaaak... #berkahngeblog yang saya rasakan. Tapi segitu dulu ya, sikecil bangun tuh... yang mau memulai blogging, sok atuh. Banyak domain gratis yang bisa dijajal untuk awalan.
Dan meskipun telat, Selamat Hari Blogger Nasional, 27 Oktober 2015.  Tanggal ini akan selalu diingat karena barengan sama tanggal lahir adik ipar kesayangan (yaiyalah, wong adik iparnya cuma sebiji) plus hari ultahnya PLN tempat si adik mengabdi. Yuhuuu!! Met ultah buat semuanya dah! 

8 comments:

  1. Happy blogging mb Arina....semangat menuju blogger pro... :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuu!!
      Sama2 Mba Ika.. yuk sama2 jadi blogger pro. Etapi mba ika udah mulai duluan ding (y) :)

      Delete
  2. Waaah

    Makin semangat nih nge blog setelah baca postingan ini.

    Caiyoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caiyoo!! "saling menyemangati Mba.. :)

      Delete
  3. selamat hari blogger nasional, selamat hari sumpah pemuda! mari kita terus berkarya untuk bangsa!

    ReplyDelete
  4. Ngeblog dab bergabung dengan komunitas blogger itu memang penting banget ya, Mbak. Saya juga merasakan manfaatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak Akhmad, sepertinya apapun memang jadi lbh cepat berkembang klo ikut komunitas ya:)

      Delete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam