Friday, 21 July 2017

Traveling: Kebutuhan atau Sekadar Gaya Hidup?


Assalamu’alaikum, sering merasa bosan bin galau di rumah atau dengan rutinitas yang ada lalu menyalahkan ‘kurang piknik?’ kalau kata teman saya mah bukan kurang piknik tapi kurang bersyukur dan kurang berdzikir. Nahloh! Makjleb banget kalau buat saya.
Pergeseran gaya hidup manusia tentunya dipengaruhi oleh banyak hal. Jika pada masa sebelumnya orang mengalami kesulitan untuk melakukan perjalanan karena keterbatasan moda transportasi, saat ini ingin menggunakan apa tinggal pilih dan menyesuaikan dengan isi kantong. Berbagai informasi mengenai destinasi wisata dan kemudahan dalam mengaksesnya juga keleluasaan dalam menentukan dan memilih akomodasi membuat orang semakin banyak melakukan perjalanan.

Wednesday, 19 July 2017

Ayam Serundeng Lengkuas, Sajian Istimewa di Hari Raya

                        
 

Assalamu'alaikum,  idul fitri sudah berlalu tapi masih boleh kan belum move on dari suasana gembiranya? Hihi.
Ngomong-ngomong tentang idul fitri pasti identik dengan makanan enak. Memang idul fitri juga semacam moment-nya 'berbuka' setelah sebulan lamanya menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan.Opor ayam dengan lontong dan sambal goreng ati plus kerupuk udang,  perfect banget kan untuk menemani hari raya?
Tapi di tempat saya beda lho, Temans.  Di Wonosobo khususnya di kampung saya kebanyakan orang memasak daging sapi,  ayam dan ikan air tawar untuk hidangan di hari raya.  Namun masaknya bukan dibuat opor melainkan dimasak (entah apa namanya) dengan bumbu dapur komplit lalu setelah hampir matang ditambahkan kecap manis. Mirip seperti semur hanya saja dibuat tanpa kuah dan rasa manisnya tidak dominan. Sebagian memilih untuk membuat serundeng kelapa untuk campuran daging sapi atau ayam. Sajian lain umumnya sayur pedas dan ditambah lalapan atau pecel. Tidak semua orang membuat ketupat seperti tradisi di tempat lain, jadi ketupat bukan hidangan wajib di sana.

Monday, 17 July 2017

Kreasi Masak Ayam Potong So Good: Ayam Pepes Bumbu Garang Asem




Bismillahirrahmanirrahim..  Assalamu'alaikum,  Happy Monday,  Temans!
Hari baru semangat baru.  Yuhuuu!! 
Weekend kemarin ngapain nih?  Kalau saya cuma di rumah aja.  Eh,  ada acara keluarga sebentar ding,  cuma meluncur ke Ungaran aja sih nggak jauh-jauh. 
Berhubung suami saya sekarang hari liburnya Jumat,  jadi ceritanya tiap jumat saya mau memanfaatkan hari dengan sebaik-baiknya (baca: me time,  baca buku,  ngetik,  jalan-jalan,  dll). Ini juga kalau sempat sih,  karena kadang hari libur pun tetap banyak agenda.
Oia, Jumat kemarin saya berhasil memanfaatkan dengan belanja dan masak bareng.  Horeee...!  Eh alhamdulillah.. Meskipun agak gagap karena sudah lama nggak 'masuk' dapur.  Iya,  sekarang lebih sering ibu mertua yang masak,  saya kebagian jadi asisten chef bagian kupas bawang,  iris-iris dan cuci sayur-piring. 
Ceritanya tiba-tiba saya pengen masak Ayam garang asem, makanan favorit sejak kuliah.  Garang Asem memang salah satu makanan khas daerah Jawa Tengah khususnya wilayah pesisir,  dengan kuah santan segar dan rasa asam-pedas yang berpadu lezat.  Nah kan jadi ngiler lagi. 
Dulu waktu masih kuliah hidangan ini termasuk istimewa karena jarang bisa makan ayam,  apalagi harga garang asem juga lumayan mahal untuk kantong mahasiswa kere sepertiku.
Eh tapi saya juga pengen makan ayam pepes gara-gara pas ramadhan kemarin ada teman yang share gambar ayam pepes dan sukses bikin saya ngiler kebayang lezatnya *elusperut.  Nggak ngidam sih, saya memang suka ileran kalo lihat makanan lezat *ups.
'Yaudah daripada bingung dan susah masak dua kali,  kenapa nggak nyoba masak pepes bumbu garang asem aja?' tiba-tiba kalimat ini 'cring' begitu saja muncul di kepala.  Hm..  Boleh juga nih..  Oia kalau waktu masih kuliah dulu sih suka masak ayam bumbu garang asem tapi nggak pakai dibungkus daun pisang, jadi ayamnya cukup direbus dengan bumbu garang asem sampai matang.

Friday, 14 July 2017

Waspadai Penyebab Anyang-anyangan


Assalamu’alaikum, Temans.
Pernah mengalami anyang-anyangan? Gangguan yang terjadi di saluran kemih ini sangat merusak hari. Inginnya sering-sering buang air kecil tapi keluar sedikit dan  terasa panas. Menyakitkan sekaligus menjengkelkan bukan? Terlebih saat harus antri panjang di depan toilet dan ternyata saat buang air kecil hanya sedikit yang keluar.
Menurut penelitian, perempuan lebih rentan terkena ayang-ayangan dibanding laki-laki. Anak-anak dan orang dewasa pun bisa terkena resiko anyang-anyangan, terlebih ibu hamil yang sudah memasuki trimester ke dua atau lebih.

Monday, 10 July 2017

20 Hari di Penjara Suci


1 Ramadhan,  17 Tahun silam
Hari Kedua libur sekolah.
Bertiga dengan bapak dan kakak sepupu kami bertolak menuju Muntilan, Magelang. Sehari sebelumnya saya tak bisa memejamkan mata karena membayangkan bagaimana nanti hidup di pesantren selama 20 hari. Persiapan dan perbekalan telah disiapkan, hanya beberapa lembar pakaian muslimah dan kerudung seadanya yang kubawa. Bukan karena memilih membawa sedikit baju,  tapi karena memang adanya hanya itu dan lagi di sana tentu kami bisa mencuci pakaian setiap harinya.
Kami menumpang bis jurusan Magelang, hanya berbekal informasi nama kecamatan dan kyai pengasuh pesantren. Pengetahuan bapak tentang Magelang dan sekitarnya cukup baik