Sunday, 6 May 2018

Paket Internet Murah GSM atau CDMA? Ketahui Dulu Bedanya Berikut Ini Agar Tak Salah Pilih!



Assalamu’alaikum,
Temans, nostalgia yuk! Ponsel apa yang kamu punya pertama kali?
Sebagian pasti masih ingat bagaimana perjuangannya supaya bisa beli ponsel yang harganya masih sangat mahal dan barangnya pun terbatas. Untuk mendapatkan nomor/SIMcard juga bukan perkara mudah, bahkan biasanya harus pesan dulu ke agen. Tak ada kartu perdana seharga sebatang eskrim seperti saat ini, adanya kartu perdana dengan harga ratusan ribu rupiah. Kemasannya eksklusif, terkesan mewah. Sinyal masih belum menjangkau semua tempat, dan untuk membeli pulsa/isi ulang tidak selalu tersedia di konter. Ribet sekali, bukan? Itulah seninya memiliki ponsel pada waktu itu. Maka tak perlu heran jika banyak orang masih mempertahankan nomor kartu perdana yang dimiliki sejak pertama kali.

Saya? Punya ponsel sudah tahun 2007, sudah di bangku kuliah semester 4. Ponsel termasuk barang mewah bagi keluarga saya, sehingga saya pun baru bisa memiliki ponsel setelah mengumpulkan uang sekian lama. Ponsel tersebut juga sangat sederhana, dengan harga yang paling terjangkau untuk tabungan saya. Fungsinya hanya untuk telpon dan SMS, tanpa ada fitur kamera dll. Untuk kartu perdana, saya memilih kartu GSM yang menyediakan isi ulang pulsa untuk paket SMS. Harap maklum ya, waktu itu masih mahasiswa dengan uang saku pas-pasan bahkan sering kurang.
Saat ini, seiring dengan perkembangan teknologi, ponsel atau ponsel pintar menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang.
Kebutuhan akan internet agaknya menjadi semakin tinggi belakangan ini, semenjak jaringan yang ditawarkan oleh para perusahaan provider semakin cepat sampai dengan akses 4G, sehingga tak jarang diantaranya membuat aksesnya memakan biaya yang lebih mahal dan cepat habis. Apalagi dengan banyaknya hadir produk-produk ponsel pintar terbaru yang dibekali berbagai macam dukungan fitur unggulan. Agaknya jika tidak pintar-pintar dalam memilih paket internet murah, akan banyak biaya bulanan yang harus dikeluarkan hanya untuk akses dunia maya .
Anggap saja di rumah setidaknya ada 4 orang anggota keluarga yang kesemuanya memegang ponsel pintar sebagai kebutuhan komunikasi maka bisa diperkirakan berapa jumlah biaya yang nantinya harus dikeluarkan. Untuk itulah tak jarang diantaranya masyarakat yang memutuskan untuk pasang wifi, karena memang biaya yang harus dikeluarkan sudah pasti jumlahnya dan dapat dipakai secara bersamaan dengan orang-orang yang lainnya. dengan cara ini, tidak harus mendanai paket internet setiap anggota keluarga, cukup untuk yang banyak beraktivitas di luar rumah.
Namun cara ini juga ada beberapa keterbatasannya, diantaranya adalah wifi tidak bisa dinikmati setiap waktu, karena ada keterbatasan jangkauan, hanya sampai jarak tertentu saja. untuk mendapatkan free wifi di tempat umum pun, tidak semua tempat menyediakan layanan tersebut.  Karena itu mau tidak mau tetap harus membeli paket internet murah untuk menunjang kebutuhan akses dunia maya dimana saja dan juga kapan saja. Umumnya ada 2 buah jaringan yang banyak dipakai oleh masyarakat di dalam negeri, diantaranya adalah GSM dan juga CDMA. Lalu manakah yang paling murah dan berikan layanan terbaik, sebelumnya ketahui dulu perbedaannya berikut ini:
1. Akses jaringan, tidak bisa dipungkiri jika seandainya kartu atau jaringan GSM ini jauh lebih unggul masalah aksesnya, karena tidak terbatas tempat, baik itu di kota besar sampai dengan pelosok daerah sekalipun jaringan sudah pasti ada (untuk beberapa provider). Sedangkan berbeda halnya dengan CDMA. Karena memang penggunanya adalah kalangan-kalangan tertentu sehingga tidak bisa dipungkiri jika seandainya akses jaringan juga tidak akan selancar GSM apalagi untuk kawasan pedesaan atau pelosok.
2. Kartu GSM tak membutuhkan roaming , yaitu sebuah kondisi dimana aktivitas seluler tersebut nantinya memerlukan nomor lokal yang akan beroperasi di daerah tersebut, tidak seperti CDMA, maka GSM tidak memerlukan adanya roaming sehingga bisa dipakai dimanapun.
3. Biaya paketan, jika berbicara mengenai harga paketan dari kedua jenis jaringan provider tersebut, maka CDMA lebih unggul karena kebanyakan diantara harga paketannya ditawarkan dengan nilai yang murah dibandingkan dengan paketan dari GSM. Harga bisa 30 bahkan 50% lebih murah dibandingkan dengan paket internet dari kartu GSM.
4. Pemakaian jaringan provider CDMA ini lebih menjamin keamanan dibandingkan dengan GSM, diantaranya adalah karena nomor tersebut memang sangat mudah untuk dibobol para hacker dibandingkan dengan kartu CDMA.
5. Kartu GSM juga sering kali mengalami gangguan. Memang tidak bisa dipungkiri jika kondisi cuaca atau sejenisnya sering kali menyebabkan adanya timeslot. Hal ini sering kali membuat jaringan sangat mudah terganggu untuk waktu-waktu tertentu, bahkan sampai provider tak mampu menemukan jaringan sama sekali.
Pertimbangkan baik-baik jika memang ingin menggunakannya, apalagi masalah biaya paket internet murah, jadi pengeluaran juga tak kian membengkak hanya untuk hal yang satu ini. Konsumen wajib berhemat karena semakin kedepan nantinya kebutuhan akan internet bisa jadi semakin besar dan harga juga kian mahal. Jadi mulailah membatasi pemakaiannya dari sekarang juga.
Kalau saya sih lebih memilih menggunakan GSM, dengan alasan yang sederhana, supaya lebih mudah dan bisa sering ganti kartu, hehe. Kalau kamu pilih apa, temans?

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam