Friday, 16 February 2018

Mengunjungi Kota Impian di Indonesia, Suatu Saat Pasti (Make a Wish)


Bahagia itu, saat bisa menghabiskan masa tua di kampung halaman nan sejuk dan damai jauh dari keriuhan. Agaknya hal ini menjadi impian hampir setiap orang.
Pun dengan saya yang sejak dulu ingin kembali tinggal di Wonosobo, kota kecil tempatku dilahirkan. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, ternyata Wonosobo selalu ngangenin terutama pemandangan alam dan rayuan goyang lidahnya. Ah ya, Wonosobo memang cocok untuk program penggendutan karena kalau di sana dijamin akan lahap makan dan nyemil. Udara yang sejuk cenderung dingin, siapa yang bisa menolak segelas kopi yang masih mengepul dan aneka penganan pendampingnya?.

Selain Wonosobo, sejak dulu saya ingin tinggal di Kota Solo. Padahal saya baru beberapa kali berkunjung ke Solo dan bahkan belum mengeksplore tempat wisatanya. Baru pernah ngubek-ubek pasar kliwon buat kulakan gamis waktu Hasna baru berumur berapa bulan. Kenangan manis yang tak terlupakan banget, panas-panasan gendong bayi sampai dikomentarin banyak orang, katanya 'bayi ko diajak ke pasar'. Ya gimana dong, itu bagian dari ikhtiar survival :P
Dan menurut teman-teman saya yang pernah tinggal di Solo, Solo adalah kota yang dinamis tapi masih terasa tradisionalnya. Ini sih yang jadi alasan saya ingin di Solo. Dinamis, ramah, dan tidak sepanas Semarang.
Hm...  Tapi yang diminta sama MaraSolehah dan Erina Julia di #ArisanGandjelRel adalah tentang Kota Impian untuk Dikunjungi ya? Iya deh, emang kalian berdua suka jalan-jalan makanya ngasih tema ini. Hihi.
Saya pun, sebenarnya inginnya tiap pekan bisa ngider kemana-mana, tapi sekarang belum bisa. Sekarang travelingnya via dunia maya dulu, baca-baca kisah perjalanan lewat blog walking (kalau sempat), atau lihat-lihat foto tempat wisata menarik sambil berharap suatu saat bisa ke sana.
Btw, Mara dan Erina ini #JomloHighQuality loh! Masih muda tapi sudah jadi pengusaha. Mara dengan produksi bawang gorengnya (yang kata teman-teman namanya Bagor Asmara-Bawang Goreng Asli Mara Solehah) dan Erina dengan bisnis online-nya. Semoga sukses semuanya ya Say! Ya usahanya ya ngeblognya 😘
Lanjut lagi tentang kota impian untuk dikunjungi, ya Temans.
Kota impian paling utama adalah Makkah dan Madinah untuk ibadah haji/umroh. Ini sih yang kata suami saya maunya pertama kali ke luar negeri (yang bukan tugas kerja misalnya) ya ke Mekkah dan Madinah, aamiin...
Dan sejak SMP waktu baca-baca novel/cerpen, kota impian di luar negeri jadi bertambah mulai dari kota-kota di Jepang, Venesia dengan gondola dan suasana romantisnya, Mesir dengan peninggalan budayanya, dan sederet kota lainnya.
Kadang merasa geli sendiri sih, wong menjelajah wilayah Jawa Tengah saja belum tuntas. Jangankan Jateng, Semarang dan Wonosobo saja belum semuanya dikunjungi.
Meski begitu, teteup lah saya punya list kota-kota impian yang ingin dikunjugi di Indonesia tercinta.

Lombok
Impian mengunjungi Lombok adalah karena rayuan pesona pantainya yang menggoda. Saat masih kuliah dulu pernah terpikir untuk backpacker-an ke Bali-Lombok-Flores. Tapi jangankan untuk piknik, untuk biaya kuliah saja sudah ngos-ngosan jadilah mimpi ini terkubur pelan-pelan.
Akhir tahun 2017 kemarin dapat hadiah nge-trip ke Labuan Bajo tapi sayang belum rejeki. Kondisi juga belum memungkinkan untuk berangkat karena baru melahirkan baby Salsa.
Alhamdulillah, semoga nanti kalau sudah pindah ke Bali bisa jalan-jalan ke Lombok juga, kan sudah lebih dekat dibanding dari Semarang. Aamiin...
Karimunjawa
Kepulauan kecil di pulau Jawa ini masuk ke wilayah kabupaten Jepara. Sayang, meski tinggal di Semarang dan tak begitu jauh dari Karimunjawa, saya belum pernah berkunjung ke sana.
Pernah, nyaris ke Karimunjawa namun batal karena kurang manajemen keuangan. Waktu itu berencana jalan-jalan ke sana bersama teman-teman kuliah, tapi akhirnya batal dan hanya beberapa orang yang berangkat.
Sering sih, bahas sama teman-teman mau ke sana dan nginap di salah satu teman yang asalnya dari karimunjawa, tapi ya gitu deh, semuanya bilang ‘ayok-ayok’ tapi belum terlaksana juga apalagi banyak yang sedang disibukkan dengan bayi dan balita.
Makassar
Kota ini membuatku kepincut karena ada taman Bantimurung, konservasi dan museum kupu-kupu. Yes, I'm butterfly lover.
Apalagi dulu ada teman kos yang mahasiswa S2 dan sering cerita tentang Makassar, kota asalnya. Beliau pernah juga ngajakin ke Makassar naik kapal. Sayang dulu saya belum berani pergi jauh selain ongkosya juga belum punya. Hehe.
Bandung
Kota kembang ini menjadi kota impian ke sekian. Pernah sekali mengunjungi Bandung tapi bukan dalam rangka jalan-jalan sehingga harus cukup puas dengan beberala jam keliling daerah Cibaduyut. Selainnya hanya numpang lewat saja.
Bandung yang dinamis dan selalu ngehits seakan tak pernah berhenti memukau untuk dikunjungi. Ada saja daya tarik baru yang muncul di Kota kembang itu. Mulai dari wisata alam kekinian, kuliner, tempat nongkrong baru, dll. Asyik banget kan? Warga Bandung pasti betah banget nih tinggal di sana, apalagi cuacanya juga cukup dingin ya dibanding Semarang (ish.kenapa malah banding-bandingin panas sih).
Pulau Derawan
Ingin ke Pulau ini karena obrolan bersama teman kuliah menjelang lulus, (lagi-lagi) tentang backpacker-an yang belum kesampaian. Ada adik kelas yang berasal dari sekitar pulau Derawan dan selalu mengiming-imingi kami untuk berwisata ke sana.
Lebih-lebih saat membaca novel Trinity The Naked Traveler tentang Danau Kakaban, danau endemik ubur-ubur yang terkenal dan berada di Pulau Derawan. Duh, rasanya sudah ingin nyebur dan main-main sama si Jelly fish yang nggak beracun itu. Apalagi kata Trinity berenang di sana seperti berenang di cendol! Uwaaa! Pengen ngerasain sensasinya.
Sebenarnya, inginnya sih berkunjung ke banyak tempat di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Namun jika dibahas di sini satu persatu, entah kapan akan selesai. Apalagi kalau melihat tayangan televisi tentang betapa indahnya kekayaan alam Indonesia, selalu dalam hati terbersit keinginan untuk mengunjunginya. Pantai, gunung, kebudayaan, sejarah, dan semuanya.
I love You, Indonesia.


5 comments:

  1. Aku Alhamdulillah mekkah dan madinah juga Bandung udah, yang lainnya belum 😀

    ReplyDelete
  2. Baru kecentang di Bandung aja nih, yang lainnya nyusul juga lah. Hehe

    ReplyDelete
  3. Toss dulu, Rin.. Kita sama2 pengen ke Lombok rupanya.. hehe..
    Semoga kita bisa wujudkan impian kita yaa.. Aamiin..

    ReplyDelete
  4. dripada bali aq lebih pilih lomboook
    😍😍 bule nya bersih2 hehehe..

    ReplyDelete
  5. Dari lima centang dua, Lombok dan Bandung udah..yang lain pengin..Derawan pengin banget. Tapi ya gitu deh..jaman dulu pengin pergi, enggak punya dana, eh sekarang giliran Alhamdulillah biaya ada, waktu yang susah nyarinya...manusia oh manusia hiks!

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam