Monday, 4 December 2017

Tips Cerdas untuk Menyulap Gunting yang Tumpul Agar Tajam Lagi


Assalamu’alaikum, Temans.
Setiap kita pasti membutuhkan berbagai macam peralatan yang wajib tersedia di rumah untuk menunjang berbagai aktivitas rumah tangga maupun kantor. Salah satunya adalah gunting. Tentu saja semua orang akan mengetahui fungsi penting dari alat yang satu ini yang mana gunting  ini digunakan untuk membantu berbagai kegiatan kecil dalam keseharian kita. Beberapa pekerjaan bahkan menjadikan gunting sebagai ‘alat tempur’ utama, seperti penjahit.
Di rumah, biasanya selalu tersedia gunting di laci meja kerja, di kotak perkakas, dan di dapur. Alat ini memiliki fungsi utama untuk menggunting, dan biasanya juga berfugsi untuk memotong berbagai macam barang. Karena itulah di rumah biasanya tersedia lebih dari 2 gunting. Gunting untuk memotong kertas, untuk memotong selotip, untuk mencukur rambut, untuk memotong sayuran dan bahan makanan, untuk memotong kabel, memotong kawat, dan sebagainya.
Sayangnya, seringkali kita tidak memperhatikan urusan perawatan gunting yang benar sehingga alat kecil yang memiliki banyak fungsi ini menjadi lebih mudah rusak dan tumpul.

Apabila alat penggunting ini sudah terlanjur tumpul, maka kita pun wajib untuk melakukan cara agar gunting tersebut kembali tajam. Jika alat yang satu ini tumpul maka ia tidak akan bisa bekerja dengan baik. Inilah pentingnya melakukan perawatan yang tepat dan rutin. Karena setiap alat yang kita gunakan setiap harinya akan mengalami aus atau berkurang fungsinya jika semakin lama dan semakin sering digunakan.
Perawatan pada gunting ini pun dapat untuk dilakukan dengan cara yang mudah, cepat dan tanpa mengeluarkan banyak biaya. Berikut beberapa tips yang dapat dicoba untuk mengembalikan fungsi gunting yang telah tumpul menjadi tajam kembali.
1. Persiapkan segala peralatan yang nantinya akan digunakan, misalnya seperti botol minuman maupun botol bekas kecap yang terbuat dari bahan kaca.
2, Kemudian buka pada jepitannya dan guntinglah pada bagian leher botol kaca yang sudah dipersiapkan tadi.
3. Lakukan hal ini berkali-kali sampai alat penggunting dapat kembali tajam.
Selain cara sederhana yang ada di atas, juga dapat untuk melakukan cara seperti yang ada di bawah ini:
1. Ambil daun serai sebanyak 10 sampai 10 helai.
2. Kemudian cuci daun serai dan keringkan.
3. Potong-potonglah daun serai satu persatu menggunakan alat penggunting yang tumpul.
4. Lakukan berulang-ulang hingga alat penggunting tersebut dirasa sudah kembali tajam.
Apabila alat gunting kembali tumpul, maka jangan khawatir lagi, karena kita masih tetap bisa untuk melakukan cara yang satu ini.
Bagaimana, Temans? simpel sekali bukan? Tidak perlu bersusah payah menyediakan bahan yang rumit. Cukup dengan menggunakan bahan yang tersedia di sekitar kita, gunting pun akan kembali tajam dan bisa kembali digunakan dengan optimal.
Meski begitu, biasanya performanya tetap berbeda dengan kondisi saat gunting tersebut masih baru. Tapi, jika gunting tumpul lalu begitu saja membuangnya dan membeli gunting baru, sungguh sayang karena sebenarnya masih bisa dilakukan perawatan untuk mengembalikan performanya.
Perawatan gunting yang cukup mudah dan praktis dilakukan ini, tidak menjadi alasan bagi kita untuk sering mengganti gunting. Iya sih, meskipun gunting tersedia di semua toko ATK (Alat Tulis dan Kantor) terdekat, di warung-warung, maupun di situs belanja online terpercaya.
Anggap saja melakukan perawatan gunting adalah aktivitas ‘luar biasa’ diantara kegiatan kita yang monoton dan berputar setiap harinya selama sekian minggu. Semacam refreshing gratis sambil menikmati hidup, selonjoran di rumah sambil ‘main-main’ dengan gunting.
Selamat mencoba, Temans
Semoga bermanfaat
Salam,


6 comments:

  1. Whuahahaa..aku banget niy, paling sebel kalo dah mau pake gunting buat motong kain trus tumpul, jadinya bete deh. Trus suka langsung beli lagi *emak2 malas
    Makasih Mak sharingnya, ntar aku cobain ahh di rumah tipsnya

    ReplyDelete
  2. Oh..bisa pke serai trnyta. Makasih mba tipsnya..

    ReplyDelete
  3. Waaah, keren Mbak. Bisa pakai daun sereh. Boleh dicoba tuh nanti. Biasanya kami cuman pake batu

    ReplyDelete
  4. Aku mau langsung coba, ini banyak stok gunting tumpul di rumah :D

    ReplyDelete
  5. Seriusan pake daun sereh? mau cobain, kalo pake botol kaca malahan ngilu bayanginnya juga. Hihi

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam