Wednesday, 15 November 2017

Agar Ide Berkembang dan Produktif


Beberapa hari yang lalu seorang teman bercerita jika dia baru saja memenangkan kompetisi yang diadakan di kabupaten domisilinya. Menurutnya, masuknya dia dalam 3 besar adalah karena faktor bejo (Jawa, beruntung) *saya tahu dia hanya merendah karena kemampuan dan prestasinya tak diragukan lagi.
Dia mengatakan bahwa awalnya tidak berminat mengikuti lomba tersebut, namun tiba-tiba menjelang deadline sebuah ide tercetus. Cepat-cepatlah ia membuat proposal sesuai dengan ide yang ada di kepalanya. Ia pun berhasil mengumpulkan proposal tersebut di detik-detik terakhir, 2 jam menjelang penutupan.
Siapa sangka jika proposal yang dibuat dalam waktu singkat itu justru memenangkan kompetisi? Hari itu dia sukses menggondol trophi dan uang pembinaan.
Bayangkan jika dia membiarkan ide yang datang itu? Pastinya tidak akan berakhir indah, bukan? Karena dengan membiarkan ide begitu saja artinya dia tidak mengikuti lomba.
Pernahkah mengesampingkan ide brilian yang muncul di kepala? Sering?

Memang biasanya banyak faktor internal maupun eksternal yang mendorong seseorang untuk tidak menggubris ide yang muncul. Tidak percaya diri, tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri, takut dicibir orang, tidak punya modal, dll biasanya menjadi alasan untuk tidak melakukan apa-apa yang terlintas di kepalanya (baca: ide).
Lalu bagaimana agar ide bisa berubah menjadi sesuatu yang produktif dan bisa menjadi sumber pendapatan buat kita?

1. Tuliskan Ide
Ide yang tidak dituliskan dan diwujudkan adalah mimpi yang tak pernah terwujud.
Biasanya ide muncul begitu saja saat kita belum siap untuk menuangkannya. Untuk itu, menuliskan setiap ide yang muncul akan sangat bermanfaat bagi kita. Kumpulan ide-ide itu bisa kita gali lagi setelah kita siap untuk mewujudkan.
Bagi seorang blogger atau pegiat media sosial, bisa menuliskan ide-ide kreatifnya dalam konten blog maupun status/note facebook, instagram, pinterest, dll. Namun jika ide tersebut adalah hal yang rahasia dan menyangkut orisinalitas hak cipta, sebaiknya disimpan baik-baik sampai saat yang tepat untuk mempublish.

2. Kembangkan Ide
Ide yang telah ditulis jangan lupa dikaji ulang ya Temans. Diteliti benar-benar manfaatnya, plus/minusnya, apa yang bisa dilakukan setelahnya, dampak buruknya, dll yang berkaitan dengan hal tersebut.
Jika telah sesuai, kembangkan lagi dengan ide lain yang saling berkait agar sempurna dan mudah diwujudkan.

3. Wujudkan Ide
Bagaimana cara mewujudkannya? Action, dong!
Bagi seorang penulis, maka ide akan menjadi bermanfaat saat ia menuliskannya. Bagi seorang blogger, idenya akan terwujud jika dia membuat konten dan menayangkannya di blog. Bagi programmer, idenya akan terwujud saat dia mengerahkan tenaga dan segenap usaha agar menjadi aplikasi atau software yang bermanfaat, dan seterusnya.

4. Siap untuk dicibir atau dipuji
Ide yang out of the box sering disebut 'gila' oleh orang lain. Namun 'kegilaan' itulah yang menjadi nilai plusnya, karena artinya ia berpikir jauh melewati pikiran orang lain.
Kebanyakan para penemu adalah orang yang dianggap gila.
Bagaimana listrik bisa diciptakan? Bola lampu, telepon, pesawat terbang, dll berawal dari 'ide gila'. Untuk itu, seseorang harus siap untuk dicibir orang disekitarnya dengan ide tersebut. Dan bersiap untuk menerima sanjungan ketika berhasil mewujudkan idenya.
Siap menerima pujian bukan berarti siap untuk menyombongkan diri, namun siap untuk terus berkarya yang lebih baik tanpa membanggakan diri.
Jika belajar dari orang-orang di sekeliling kita, banyak dari mereka yang sukses karena ia bisa mengembangkan idenya. Dan dari sanalah ia mendapatkan pundi-pundi rupiah. Sebutlah banyak marketplace di Indonesia yang berawal dari ketekunan dan ide gila pemiliknya. Juga aneka inovasi ekonomi kreatif dan dunia marketing di era digital saat ini.

Yuk, wujudkan Idemu dengan mengikuti IWIC 11
Saat ini, hampir setiap orang memiliki gawai. Ponsel pintar menjadi barang wajib untuk dimiliki terutama generasi milenial. Dengan gawai tersebut bisa mengakses berbagai informasi yang tersebar di dunia maya, juga untuk sarana eksistensi diri melalui media sosial.
Mudahnya akses informasi sekarang juga ditunjang dengan berbagai aplikasi yang bisa diunduh secara gratis melalui ponsel pintar. Aplikasi edit foto bagi pecinta fotografi, aplikasi kehamilan dan tumbuh kembang anak untuk kaum ibu, aplikasi resep masakan, aplikasi tutorial, bahkan aplikasi untuk bertanya dan mendapat informasi dari dokter seputar kesehatan.
Jika Teman-teman memiliki ide yang berkaitan dengan teknologi dan aplikasi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti IWIC 11 yang diadakan oleh Indosat Ooreedo dan menggandeng partner yang bergerak di dunia digital.





IWIC adalah singkatan dari Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest. Yang merupakan lomba ide aplikasi untuk ponsel pintar (mobile apps). IWIC telah diadakan secara rutin setiap tahun oleh Indosat Ooredoo sejak tahun 2006, dan tahun ini adalah IWIC yang ke-11.
Tujuan IWIC ini diadakan adalah untuk memotivasi masyarakat Indonesia dari semua kalangan dan usia untuk menjadi inisiator, ideator dan pencipta aplikasi mobile, dan tidak hanya menjadi pengguna/konsumen.
Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan menciptakan ide aplikasi mobile. Bisa berguna untuk banyak orang, menyelesaikan masalah sehari-hari, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan bisa bersaing dengan produk digital dunia global.

Siapa saja yang boleh ikut lomba ini?
Siapapun boleh ikut, tidak terbatas untuk kalangan profesional saja. Ada beberapa kategori yang disediakan dalam lomba IWIC 11 ini, yaitu kategori anak-anak (kids & teen), beginner, professional,woman & girl. Jadi, mulai dari anak-anak, orangtua, karyawan, guru, dll bisa mengikuti dan menuangkan ide pembuatan mobile apps dengan mengikuti lomba ini.
Hei, Kamu kaum perempuan yang suka otak-atik gawai, ayo jangan mau kalah dengan yang lain, tuangkan ide kreatif bin brilian Kamu. Senang ya, ada kategori khusus perempuan sehingga kita kaum perempuan memiliki wadah sendiri.
Kategori peserta lomba IWIC 11
Kenapa harus ikut IWIC 11?
IWIC telah berkembang menjadi kompetisi bertaraf internasional sejak 2016, untuk menyelaraskan bakat digital Indonesia dengan pemain internasional melalui penciptaan ide-ide aplikasi.
Asyik kan, dengan cara ini peserta yang mengikuti lomba bisa mengukur kemampuan diri dalam bersaing dengan lawan dari berbagai negara. Wuih! Bisa menjadi ajang bergengsi dan menambah portofolio nih.
Dan lagi, seperti yang saya bilang di atas bahwa ide bisa mendatangkan pundi-pundi dolar (iya dolar, biar kelihatan banyak. Bukan berarti nggak cinta rupiah, ya!). salah satunya adalah dengan berusaha mengikuti lomba dan memperebutkan hadiah.
Sah-sah saja kan, mengikuti lomba dengan harapan mendapatkan hadiahnya? Yaelah hampir setiap orang seperti itu bukan? Karena hadiah itulah yang menjadi motivasi bagi setiap peserta untuk bersemangat dan serius mengikuti lombanya.
Mau dengan hadiah yang superwow ini?
Ini dia hadiah dan keuntungan yang bisa didapatkan dengan menuangkan ide di IWIC 11:
1. Total hadiah ratusan juta untuk para pemenang
2. Ide dan aplikasi kamu akan lebih dikenal masyarakat luas
3. Bimbingan dari para ahli untuk mengembangkan ide kamu
4. Bertemu dan diskusi langsung dengan founder dan penggiat startup
5. Kesempatan untuk mengunjungi berbagai perusahaan global
6. Kesempatan bertemu investor untuk pendanaan lanjutan
Asyik apa asyik? Asyik banget dong!
Dan bagi Teman-teman yang tertarik untuk mengikutinya, silakan mempersiapkan diri karena deadline tinggal sebentar lagi. Info lengkapnya silakan baca di sini ya!
Semoga bermanfaat,

Salam, 

39 comments:

  1. Tertarik banget buat ikutan. :D

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya, Mbak. Pengen ikutan daftar juga. :)

    ReplyDelete
  3. Aku lagi belajar buat nulis ide yang suka muncul tiba-tiba di atas kertas, mb. Supaya gak ilang terus semoga biar lebih terkonsep

    ReplyDelete
  4. Pengen ikutan tapi gak punya idenya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada waktu, ayo digali lagi Mba :)

      Delete
  5. Info yang sangat menarik di era milenial ini ya mbak

    ReplyDelete
  6. Makasih infonya say keknya kepikiran beberapa ide sih cuma lagi caprk ikut lomba banyak kalahnya hahahahha...

    ReplyDelete
  7. Wii.. Keren nih lombanya. Layak diikuti nih :)

    ReplyDelete
  8. cari ide dulu yaaa..seru iniii...

    ReplyDelete
  9. Hadiahnya gede banget.. Ikutan, ah.. Kali aja berjodoh dan menang. Ide sudah ada, gak jauh-jauh dari kegiatan berkebun di rumah.

    Salam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...

      Wah, keren tuh! mau dong seputar hidroponik *eh

      Delete
  10. Menarik sekali, semoga beruntung ya, mbak. Saya juga sudah ikutan meskipun lumayan dadakan juga idenya..hehe

    ReplyDelete
  11. Makasih Mbak infonya, jadi pengen ikutan.

    ReplyDelete
  12. Wah bikin ide jadi bermunculan nih

    ReplyDelete
  13. Acaranya keren ya sayang belum bisa ikutan..

    ReplyDelete
  14. Aku ada ide bikin aplikasi juga tp sayangbya udah dikompetisiin di lomba lain heheu

    ReplyDelete
  15. Perempuan kayak kita juga bisa ikutan loh

    ReplyDelete
  16. Siap di cibir/di puji. Itu biasanya hg memghalangi org ngeluarin ide. Ya karena belom siap..

    ReplyDelete
  17. Sering banget ada ide, tapi karena gak langsung dituangkan dalam tulisan, gagal ikut lomba, heheheee

    ReplyDelete
  18. Setuju...ide yg tak sgra dicatat n direalisasikan tak ada manfaatnya :)

    ReplyDelete
  19. makasih artikelnya mba arina, lengkap dan inspiratif.. yuk yuk pada ikut lombanya juga.. #cari2idedulu

    ReplyDelete
  20. Heiii, IWIC nya keren. Hadiahnya bikin ngiler. Pengen ikutan tapi.....

    ReplyDelete
  21. Loh hari ini terakhir ya, baru tahu, Mbak. Sebenarnya ada ide. Tapi, belum sempat dikaji dan diuji coba.

    ReplyDelete
  22. Waaah ideku apa ya? Pengen juga ikutan.

    ReplyDelete
  23. Deadlinenya kapan nih mbak? Pengen ikutan. Mumpung ada ide

    ReplyDelete
  24. hadiahnya menggiurkan ya. Cari pangsit dulu deh :D

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam