Monday, 29 May 2017

JNE Usung Tren Millenial “I Love Monday”

Assalamu’alaikum, Temans.
Hari ini Senin pertama di Bulan Ramadhan, ya. Gimana nih aktivitasnya di hari Senin? Puasa baru masuk tiga hari langsung dihadapkan dengan seabrek pekerjaan. Hm... yang penting tetap optimis dan positif thinking, kerjaan lancar puasanya berkah dan ibadahnya bisa full. Aamiin..
Terkadang masih ada orang yang merasa malas untuk memulai hari Senin setelah bersantai di akhir pekan. Kamu termasuk yang mana nih Temans, yang selalu semangat mengawali Senin atau yang angot-angotan masih belum move on dari week end?
Nah, ternyata hal ini terjadi di banyak perusahaan lho, dimana karyawannya merasa belum ‘in’ lagi dengan pekerjaan di hari Senin. Untuk itu, banyak perusahaan yang melakukan berbagai inovasi untuk membawa spirit ‘I Love Monday’. Salah satunya adalah JNE.


Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1990 ini , merupakan perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian. JNE juga memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/money remittance. Di akhir tahun 2012, JNE memisahkan divisi Logistik, menjadi unit usaha tersendiri terpisah dari unit kurir ekspres. Di tahun 2013, JNE siap berekspansi di bidang logistik, dengan berfokus pada layanan yang mencakup pergudangan, cargo, pengiriman jalur darat, sea freight, dan air freight. Di tahun 2014, mempersiapkan JNE E-Commerce, dan optimalisasi Mobile Applications, membangun 250 kantor operasional dan jaringan outlet menjadi 5000 outlet di seluruh Indonesia dan menghadapi persiapan daya saing Asia Free Trade Area tahun 2015.

JNE menjalankan program khusus ‘I Love Monday’ dengan penerapan busana kasual/cassual dress code untuk karyawan back office-nya. Program ini dilandasi oleh banyaknya generasi millenial yang bekerja di JNE dan secara tidak langsung mengubah pola dan budaya karyawannya.
Banyak perusahaan yang sudah menerapkan cassual dress code, tapi bagi JNE yang sudah 26 tahun berdedikasi di Indonesia, hal ini menjadi hal baru yang menyenangkan. Mengingat diantara 40 ribu karyawan JNE yang tersebar di seluruh Indonesia, sebagian besar berusia 20 - 35 tahun dan merupakan generasi Y atau dikenal dengan ‘generasi millenial’.


Mengenai penerapan “I Love Monday” ini, Presiden Direktur JNE M. Feriadi mengatakan, “Mulai bulan April 2017, setiap hari Senin karyawan back office bebas mengenakan pakaian casual dan mengekspresikan karakter diri masing-masing dalam penampilannya, tentunya tetap dalam etika maupun norma perusahaan. Hal ini menjadi langkah sederhana namun efektif dalam menambah keceriaan suasana kantor dan kenyamanan dalam aktifitas bekerja, terutama di hari Senin. Saat ini diawali dengan penerapan bagi karyawan di kantor pusat, selanjutnya casual dress code setiap hari Senin akan dijalankan juga oleh karyawan back office JNE di seluruh Indonesia”.

Tren millenial tidak hanya dirasakan dalam budaya kerja saja, namun juga dalam cakupan kerja JNE dalam bidang ekspedisi. Saat ini dengan berkembangnya e-commerce individu semakin mudah untuk melakukan transaksi online dan melakukan transaksi pengiriman barang lewat ekspedisi. Untuk itu JNE pun berkembang dan berinoivasi mengikuti perkembangan teknologi.


Program ‘I Love Monday’ adalah salah satu hal kecil yang diharapkan bisa membawa perubahan besar. Dengan adanya peubahan suasana kerja terutama di hari Senin menjadi ceria dan bersemangat, harapannya setiap karyawan bisa menularkan energi positifnya dan berkembang untuk memunculkan ide-ide kreatif dan inovasi lain.

Program yang baru berjalan di JNE pusat ini sudah dinantikan oleh karyawan yang berada di cabang. Tentunya dengan kepercayaan diri yang bertambah, maka akan menstimulasi kreatifitas yang berdampak pada peningkatan produktifitas dan performa kinerja. 

1 comment:

  1. Semoga program dari JNE ini semakin menambah kinerja dan lebih baik lagi . Aamiin

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam