Thursday, 19 October 2017

Introspeksi: Cermin Bening untuk Mengoreksi Diri Sendiri



Cermin bening, introspeksi, muhasabah, urgensi muhasabah, pentingnya introspeksi diri

Assalamu'alaikum,
Hari ini masih ramai ya membahas pribumi, bikin suasana makin panas aja, padahal katanya matahari sudah banyak yang collaps harusnya nggak makin panas dong. Entahlah, mungkin yang hobi ngomongin itu adalah prilangit entah itu bidadari atau saudara kandungnya Mbak Kunti. Prihatin sih sebenarnya sama yang nggak berprikemanusiaan dan priketuhanan apa prikehewanan. Dan ini ngomongin apa sih? Dari pribumi sampai primata eh maksudnya priksamata supaya kalau melihat jadi lebih jelas. Apaan coba?!
Nahloh! Kalau emak lagi galau tuh gini, mau bahas apa malah jadinya ngomongin apa!  Jaka sembung, jek!  Eh mana Jaka-nya? 🙊
Sudahlah!  Malas ngomongin soal pribumi, prilangit, primars, privenus dan priplanet lainnya. Bukan skeptis tapi buat apa ditanggapin? Toh hanya bikin makin panas dan kacau saja.
Yuk ah, bahas tentang muhasabah aja. Kebetulan banget baru dapat pencerahan tentang hal itu.
Yup! Kita sebut dia muhasabah atau introspeksi.

Wednesday, 18 October 2017

Saya Pecinta Backpack, Kalau Kamu?


"Yah, antara tas yang ini sama yang ini bagusan mana?"
"Buat siapa?"
"Buat aku dong!  Tas slempangku udah rusak talinya, kalo kemana-mana masa pakai tas punggung terus.  Pergi ngaji pakai backpack, acara blogger juga, mau silaturrahim iya, pokoke selalu bawanya backpack termasuk kondangan" jawabku sambil manyun.
"Tapi 2 tas ini nggak cocok buat Bunda,"
"Apanya yang nggak cocok? Ini warnanya cakep, kalem. Bahannya juga lumayan. Harganya masih masuk budget lah, nggak terlalu mahal."
"Bunda itu cocoknya pakai backpack. Lagian lebih mudah, kedua tangan bisa bebas. Tahu sendiri anaknya aktif kalau diajak pergi suka lari-lari ko mau rempong beli tas selempang. Ntar malah nggak kepakai."
Dan saya makin manyun meski akhirnya (lagi-lagi) saya harus kembali ke backpack tercinta. Atau sewaktu-waktu butuh tas yang kapasitasnya besar, tinggal pinjam tas punya do'i yang maskulin banget.

Tuesday, 17 October 2017

Lakukan Cara Berikut untuk Menghemat Pulsa dan Kuota Internet


Assalamu’alaikum, Temans.
Adakah yang punya pengalaman seperti saya, pulsa sering sekali tersedot tidak jelas sehingga tahu-tahu habis?  Rasanya seperti ada pencuri misterius yang mengganyang pulsa kita. Bayangkan, baru isi pulsa di pagi hari lalu terlupa membeli paket data, tahu-tahu sampai siang hari pulsa-nya sudah berkurang cukup banyak. Itu dalam kondisi mobile data sudah dimatikan, lho!
Hal kecil seperti ini sering membuat kita jadi badmood apalagi saat kondisi genting dan sangat membutuhkan akses internet. Menyadari pulsa masih ada untuk membeli paket internet ternyata begitu mendaftar tertolak dengan alasan pulsa tidak mencukupi. Akhirnya harus kalang kabut membeli pulsa lagi untuk melengkapi sisa pulsa supaya paket bisa terbeli dan aktivitas dunia maya terus berjalan.
Jika sudah begini, niat mau berhemat pulsa tinggal impian. Yang ada justru anggaran makin membengkak karena pengeluaran bertambah untuk beban pulsa tak terduga.  
Bagaimana dong supaya bisa hemat pulsa dan internet lancar jaya? Saya menerapkan beberapa cara berikut:

Monday, 16 October 2017

[REVIEW] Alamie, Mie Instan tanpa MSG


Halo, siapa nih di sini yang golongan #AntiMicin?
Hihi. Mau pro atau anti micin sih, suka-suka ya! Itu pilihan masing-masing dan memang untuk lidah yang sejak kecil telah ‘dilatih’ untuk mengecap lezatnya micin, dia tak bisa bohong kalau makanan yang diberi bumbu tambahan itu akan muncul sensasi ‘umami’nya.
Saya termasuk anak yang dibesarkan dengan micin lho! Aduh bahasanya kok ‘dibesarkan’ ya. Hihi. Maksudnya ibu saya adalah orang desa yang terbiasa masak dengan tambahan micin. Untungnya beliau bukan orang yang berlebihan untuk memberi penyedap satu ini, secukupnya dan hanya untuk menyempurnakan rasa saja, tanpa membuat lidah eneg atau ada rasa yang tertinggal setelah menyantap makanan. kecuali rasa susah move on karena masakan ibu selalu paling enak buat anak-anak dan keluarga.

Sunday, 15 October 2017

Pejuang itu Bernama IBU


Beberapa bulan setelah menikah, seorang kenalan memberi nasihat. "Seorang perempuan yang tidak berbakti kepada ibunya, biasanya akan luluh hati saat ia hamil, melahirkan dan mengasuh anak. Ia akan merasakan betapa beratnya perjuangan ibunya."
Beliau mengatakan begitu karena saat bertemu beliau memandangi wajah saya yang pucat dan terlihat lemas. Lalu bertanya apakah saya sedang hamil? Saya jawab belum tahu karena belum periksa, dan baru beberapa hari terlambat menstruasi. Hal yang sangat biasa buat saya terlambat mens beberapa hari, karena siklus panjang dan hampir selalu mundur beberapa hari dari jadwal bulan sebelumnya.
Benar sekali apa yang beliau sampaikan. Menjalani masa-masa kehamilan yang berat adalah perjuangan panjang bagi seorang calon ibu. Bukan menafikan mereka yang belum dikaruniai momongan, mereka pun sangat bisa merasakan perjuangan ibu dengan peran-peran dalam rumah tangga yang dipegang.

Saturday, 14 October 2017

Pesona Masjid Tarbawi di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang


Payung Elektrik Raksasa yang Fenomenal
Setiap umat islam pasti memiliki impian untuk bisa melaksanakan ibadah haji, menyempurnakan rukun islam ke-5. Beribadah di Baitullah, di depan ka'bah dan di masjid Nabawi yang pertama kali dibangun oleh Rasulullah adalah kenikmatan dan kerinduan tak terkira.
Namun saat panggilan Allah itu belum tiba, kita hanya bisa memendam rindu itu dalam do'a-do'a di waktu mustajab.
Memandangi gambar ka'bah dan masjidil Haram-Masjid Nabawi seakan-akan menjadi pengobat rindu sesaat. Semoga kita yang belum mendapat panggilan, dimudahkan oleh Allah jalan menuju ibadah haji. Aamiin..
Jika melihat kedua masjid itu, apa sih yang paling menarik, Temans? Arsitekturnya bukan? Selain kenyamanan dan keberkahan untuk beribadah di dalamnya.
Kalau saya dulu excited sekali dengan payung elektrik raksana yang bisa dibuka-tutup otomatis. Membayangkan saat langit pagi mulai benderang lalu payung-payung itu terbuka perlahan, menampakkan cahaya pagi hari. Duh, syahdu sekali.

Thursday, 12 October 2017

Temukan Aneka Sabun Kecantikan Unik di Omah Herborist Semarang




Assalamu'alaikum, Temans.
Siapa yang tahu atau pengguna setia lulus khas Bali Herborist?
Kamu, kami,  dan kamu?
Sipdeh! Tahu nggak sih kalau pabriknya ada di Semarang?
Jadi bukan di Bali sono?
Bukan! Pabriknya di Semarang tapi memang banyak produksi kosmetik dengan nuansa khas Bali.
PT Victoria Care Indonesia, perusahaan yang memproduski herborist dan merk kosmetik lain ini berada di kawasan industri Candi Semarang. Masyarakat bisa melakukan kunjungan wisata ke pabrik sekaligus wisata belanja di sana yang dikenal dengan nama Omah Herborist.
Bagaimana caranya bisa datang ke sana? Syarat utamanya sih harus kolektif ya, kalau untuk warga Semarang minimal 50 orang akan dijemput di titik kumpul sekitar Kota Semarang. Dan semuanya free loh!

Wednesday, 11 October 2017

Aktivitas ini Bisa Mencegah Kamu Terserang Post Power Syndrome di Masa Tua


Post power syndrome adalah gejala yang biasanya terjadi pasa orang tua yang menjelang atau telah memasuki masa pensiun. Seseorang mengalami gejala ini saat merasa kehilangan ‘sesuatu’ dari masa lalunya. Umumnya tentang kejayaannya, keberhasilan, kecantikan, ketampanan, dll yang menjadi kebanggannya di masa lalu. Orang-orang seperti ini biasanya bangga dengan keberhasilan di masa lalunya sehingga tidak bisa menghadapai realita yang terjadi di hadapannya sekarang.
Post power syndrome juga terjadi pada mereka yang dalam masa pensiun-nya menjadi lebih pasif, karena tidak lagi disibukkan dengan urusan pekerjaan. Hidupnya menjadi kurang bersemangat dan cepat bosan karena tidak ada rutinitas sebagaimana saat tubuhnya masih kuat.
Pernah bertemu dengan orang-orang seperti ini?

Tuesday, 10 October 2017

My Hobby is Stalking


Stalking is unwanted or obsessive attention by an individual or group towards another person. Stalking behaviors are related to harassment and intimidation and may include following the victim in person or monitoring them. The term stalking is used with some differing definitions in psychiatry and psychology, as well as in some legal jurisdictions as a term for a criminal offense.
Ada yang sering menggunakan kata ‘stalking’? sebenarnya, kata ini mengacu pada kata ‘menguntit’ dalam bahasa Indonesia. Yang mana pihak yang dikuntit merasa terganggu atau dirugikan. Hm, saya jadi mikirnya malah seperti peeping tom, yang suka nguntit dan ngintip-ngintip itu.
Nah, setelah saya googling apa itu stalking (sebenarnya), saya menemukan penjelasan yang jelas seperti ini:

Monday, 9 October 2017

Atasi Biang Keringat dan Masalah Kulit Bayi dengan Lactacyd Baby


Bagi seorang ibu, apa-apa yang berkaitan dengan anak selalu menjadi perhatiannya. Bahkan kebutuhan untuk dirinya sering dikorbankan demi mencukupi apa yang dibutuhkan anak. Memang benar kasih ibu sepanjang masa.
Saat anak sakit, hati ibu mana yang tidak cemas selalu melakukan yang terbaik untuknya. Kalau bisa, bahkan ingin rasa sakit sikecil dipindahkan saja ke ibu supaya hatinya tidak menderita melihat anak yang meringis kesakitan atau rewel.
Namun banyak hal yang tidak disangka datangnya, seperti sakit. Mulai dari sakit berat sampai gejala-gejala kecil yang membuat sikecil tidak nyaman.
Biang keringat, adalah satu hal 'kecil' yang bisa menyebabkan bayi rewel berhari-hari. Terlebih bagi yang tinggal di daerah panas dan lembab sehingga rawan timbulnya biang keringat.
Orang dewasa saja mudah terkena biang keringat, apalagi bayi dan anak-anak?

Sunday, 8 October 2017

Suka Duka dan Strategi Mengikuti ODOP Blogger Muslimah Indonesia

Pemenang atau peserta terbaik ODOP Blogger Muslimah Indonesia Agustus 2017

Asslamu'alaikum,
Ceritanya kali ini mau 'bayar utang' ke Mba PiJe #ODOPBloggerMuslimah, Mba Anggarani Citra.
Waktu itu di pengumuman pemenang beliau menuliskan supaya pemenang membuat tulisan seputar suka duka ODOP bulan Agustus yang lalu. Nggak ada kata-kata 'wajib' sih tapi itu menjadi semacam beban moral buat saya jika tidak menulis. Sssst! Alasan biar ada tema nulis ODOP hari ini aja,  sih. Wkwkwkwk.
Jujur saya sangat terkejut dan tidak merasa bangga saat nama saya muncul menjadi pemenang ke-3 ODOP Blogger Muslimah bulan Agustus yang lalu. Kenapa? Karena saya sadar, saya bolos 3 hari sehingga postingan ODOP saya tidak lengkap 30.
Makin nggak nyaman juga saat membaca beberapa komentar yang mengatakan kurang lebih 'ternyata pemenangnya ODOP nggak lengkap' hehe.
Sempat ngerasa gimana gitu sih, baper dikiiiit. Hihi. Tapinya sudah dijelaskan sama Mba Angga kalau periode pertama itu yang dinilai bukan hanya jumlah tulisan yang disetor tapi juga konten-nya. Mba PJ ngasih toleransi maksimal jumlah bolosnya sehingga yang belum lengkap 30 pun bisa masuk nominasi pemenang.

Saturday, 7 October 2017

3 Langkah Mudah Membuat Invoice Blogger


Assalamu’alaikum,
Teman-teman sering mendengar kata ‘invoice’?
Tentu bagi seseorang yang bergerak di dunia perdagangan maupun bekerja di kantor bagian keuangan, tak asing dengan istilah ini.
Invoice, dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama faktur. Meskipun masyarakat sekarang lebih akrab menggunakan istilah asing-nya. Adalah surat atau dokumen tagihan yang dibuat oleh penjual atau penyedia jasa dalam suatu transaksi barang atau jasa. Umumnya faktur berisi jumlah pembayaran, potongan harga, biaya kirim dll yang terkait dengan transaksi yang dilakukan.
Saat ini, seorang blogger pun dituntut bekerja secara profesional dan menyediakan invoice saat melakukan kerjasama dengan agency atau pihak lain.
Saya sebenarnya belum lama mengenal transaksi antara blogger dengan agen pemberi jasa/job. Meskipun tarafnya masih kecil dan jarang, paling tidak saya pernah membuat sendiri faktur tagihan atas kerja saya tersebut kepada pihak lain.
Nah, yang sering membuat bingung blogger adalah pertanyaan apakah ada format baku invoice blogger dan poin-poin apa saja yang harus dimasukkan?

Friday, 6 October 2017

5 Tips Sebelum Wisata Belanja di Surganya Pecinta Kulit, MANDING Yogyakarta




Assalamu'alaikum, Temans.
Siapa yang hari ini teriak-teriak TGIF! (Thanks God It's Friday!)?
Nahloh yang senyum-senyum sendiri pasti tadi 'merayakan' datangnya hari Jumat dan besok libur yeay!  Buat yang libur maksudnya. Kalau kayak saya mah libur kapan aja *gaadaliburmaksudnya*, wiken malah sering banyak acara *ecurhat
Memang sih, hari Jumat itu hari bahagia, bagi umat islam juga adalah 'hari raya' di setiap pekan dan banyak keutamaan ibadah di hari itu. Nah, berkah sekali dan membahagiakan bukan?
Biasanya wiken gini Teman-teman merencanakan traveling atau quality time bersama keluarga kan? Nah, buat yang akan pergi ke Jogja, ada tempat asyik nih terutama buat Ibu-ibu yang doyan belanja atau buat pecinta kerajinan kulit.
Sudah tahu? Iya betul namanya Manding. Manding ini adalah sentra kerajinan kulit di Bantul, Yogyakarta.
Jika Teman-teman adalah kolektor tas kulit atau barang-barang serba kulit, cocok sekali datang ke tempat ini. Ini adalah kawasan pengrajin kulit (umumnya kulit sapi) yang sekaligus berupa toko yang menyediakan berbagai macam kreasi kulit seperti tas, sepatu, dompet, jaket, topi, ikat pinggang, dll. Banyak banget deh pokoknya! Bakalan bingung milih kalau baru pertama kali ke sana.

Thursday, 5 October 2017

Kenangan 'Manis' Tak Terlupakan di Atas Kereta


Masih seputar kereta api, kali kedua naik kereta api adalah waktu pergi ke Tegal. Kepergian kala itu bukan direncanakan dan bukan dalam rangka traveling. Suatu pagi kami sedang ada agenda kampus di sekitar kampus atas. Tiba-tiba mendapat kabar ibu seorang adik kelas yang telah lama sakit berpulang. Innalillahi wa inna ilaihi raji’un... belum lama kami membezuk beliau yang dirawat di Rumah sakit swasta di Semarang.
Selang beberapa menit, muncul pesan kedua yang mengatakan jika ingin ikut takziyah segera merapat ke stasiun Poncol, naik kereta bisnis Semarang  -  Tegal pukul 8. Subhanallah, saat itu pukul 7 lebih dan kami berlima masih di area kampus atas. Salah seorang dari kami segera menelpon taksi untuk membawa ke stasiun. Sepanjang perjalanan kami berdebar tak karuan, sembari meminta pak sopir taxi untuk ngebut.

Wednesday, 4 October 2017

Bersedekah Cerdas Lewat Lembaga Amil Zakat Terpercaya


Dari Sahl bin Sa’ad r.a berkata: “Rasulullah SAW bersabda: “Saya dan orang yang memelihara anak yatim itu dalam surga seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya serta merenggangkan keduanya.” (HR. Imam Bukhari)
Temans, pasti sudah sangat akrab dengan hadits di atas ya? Apalagi bulan Muharram ini sangat dianjurkan untuk memperbanyak berbuat baik kepada anak yatim. Meskipun sebenarnya bisa kapan saja waktunya karena mereka juga membutuhkan uluran dan kasih sayang dari sekelilingnya tidak terbatas pada satu bulan/hari tertentu saja.
MasyaAllah, bagi yang memelihara anak yatim Rasulullah menjanjikan surga dan menjadi dekat dengan beliau, siapa sih yang tidak ingin berjumpa dengan Rasulullah kelak? Dalam shalawat kita kerap merindukannya, dan berharap bisa diaukui sebagai umatnya.
Dalam hadits yang lain Rasulullah bersabda:
“Wahai Saib, perhatikanlah akhlak yang biasa kamu lakukan ketika kamu masih dalam kejahiliyahan, maka laksanakanlah pula dalam keislaman. Jamulah tamu, muliakanlah anak yatim dan berbuat baiklah kamu pada tetanggamu.” (HR. Ahmad dan Abu Daud).
Jadi, tak ada alasan lagi untuk tidak berbuat baik/menyantuni anak yatim dan orang yang membutuhkan lainnya, ya Temans.
Oia, Teman-teman biasanya jika menyalurkan infaq/sedekah melalui apa? Apakah langsung ke orang yang membutuhkan atau lewat lembaga amil zakat?

Tuesday, 3 October 2017

Kenangan yang Tertinggal di Kereta Diesel Semarang – Blora

Pengalaman Pertama Kali Naik Kereta Diesel Semarang - Blora


Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum, Temans.
#ArisanBlogGandjelRel kali ini temanya adalah ‘Tentang Yang Pertama’. Kelihatannya sih sepele dan ringan seperti kata Mba Marita Ningtyas dan Mba Dini Rahmawati waktu launching tema ini. iya sih, ada banyak ‘yang pertama’ di kisah hidup kita. Mulai dari pertama sekolah, pertama pergi ke kota, pertama kali jauh dari orangtua, pertama kali merantau, pertama jatuh cinta, pertama bertemu calon suami, pertama hamil dan melahirkan, pertama punya pengalaman hidup luar biasa, pertama kali mengalami pergolakan hati, pertama kali bisa memgambil keputusan besar dalam hidup, pertama melihat hantu *eh dan pertama lainnya.
Tapi saya malah bingung, ehehehe. Dan setelah ditelusuri, saya mau cerita kisah lama saat pertama kali naik kereta saya, karena beberapa ‘pertama’ sudah pernah diceritakan.

Monday, 2 October 2017

Jasmerah dan Kacang Lupa Kulitnya



Bismillah, mengawali postingan pertama #ODOPBloggerMuslimahOkt17 dengan tema Jangan Melupakan Sejarah. Tema yang berat menurut saya, meski bahasan 'sejarah' itu cakupannya sangat luas. Mau membahas sejarah nasional negara kita, sejarah islam, sejarah batik yang diperingati hari ini (tanggal 2 Oktober), sejarah sang mantan *eh, buku sejarah, tanggal bersejarah, situs bersejarah, baju bersejarah, eh ko malah ngelantur.

Setiap orang pasti pernah mendengar ungkapan populer 'jangan sekali-kali meninggalkan sejarah' atau 'jasmerah' yang diucapkan oleh presiden pertama Indonesia, Soekarno.
Tapi kali ini saya justru lebih tertarik untuk melihat dari sisi yang lain, sebuah peribahasa Indonesia yang juga tak kalah populer, 'kacang lupa kulitnya'.

Sunday, 1 October 2017

Secangkir Kopi dan Segenggam Cinta Mamak




1 Oktober, selain diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila, ternyata ada Hari Kopi Internasional.
Hm, dan hari ini Sang Merah Putih yang semalam terpasang setengah tiang, mesti menerima kenyataan mendapat guyuran hujan dari langit. Seakan ikut berduka dengan peristiwa puluhan tahun silam yang merenggut tak sedikit nyawa pejuang terbaik Indonesia.
Ingin hati ikut menonton film fenomenal itu, apa daya hujan deras dan kekhawatiran akan banjir lebih menggerakkan kami untuk segera membereskan barang-barang di rumah, menyelamatkan apa-apa yang tergeletak di lantai agar tak tersapu banjir (lagi).
Hari kesaktian pancasila, saya merasa tak perlu gembar-gembor mengatakan 'Aku Pancasila' dan sejenisnya, karena ia tak butuh ucapan dan janji, hanya butuh bukti.