Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review ZenCore di Aplikasi Belajar Zenius untuk Tingkatkan Kemampuan Otak

Fitur Zencore aplikasi Zenius untuk membantu belajar daring

Apa kabar suasana PJJ Temans semua? Jujur, saya makin sering “bertanduk” nih sambil terus nyari solusi supaya sekolah daring tetap nyaman. Kali ini saya bakal review aplikasi Zenius, platform edukasi online yang direkomendasikan teman saya dan sangat menarik dengan fitur ZenCore untuk mencerdaskan penggunanya. 

Menghadapi PJJ yang Makin Runyam

Kebutuhan akan perangkat teknologi baik hardware maupun software semakin meningkat di masa pandemi yang berimbas pada Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Membutuhkan kreativitas dan beragam metode agar anak bisa mendapatkan hak pendidikannya dengan optimal. Tak hanya gawai, orang tua juga membutuhkan berbagai aplikasi belajar untuk meningkatkan kecerdasan anak.

Memang, PJJ sungguh melelahkan jiwa dan raga. Setelah lebih dari setahun berkutat dengan sekolah daring, pasti sebagian siswa dan orang tua sudah beradaptasi, terutama bagi yang sudah sekolah level atas. Namun bagi anak SD seusia anak saya, menjadi tantangan berat karena umumnya seusia mereka masih butuh motivasi dari teman sebayanya. Belajar di rumah sementara teman sepermainannya di lingkungan rumah belum sekolah, menjadikan motivasinya menurun drastis. Memulihkan kedisiplinan pun bukan hal yang mudah. 

“Bunda, aku bosan. Masa tiap hari disuruh nulis terus, sama Bu Guru?” kata anak pertamaku beberapa hari terakhir.

Saya sudah mendengar dia mengeluhkan kebosanan hampir setiap hari. Maklum, masih kelas 2 SD dan memang setiap hari tugas Tematik selain menyimak video/voice note, juga mencatat rangkuman materi. 

“Kakak kan sekarang kelas 2, harus banyak berlatih mencatat, persiapan sekolah yang lebih tinggi. Nanti naik kelas 3, kelas 4, dan seterusnya pelajarannya makin banyak. Kakak harus siap,” ujarku berusaha memotivasinya.

“Tapi capek juga, Bund. Tanganku pegal.” 

“Yasudah, pelan-pelan saja. yang penting Kakak bisa selesai sebelum jam mengumpulkan tugas berakhir.”

Akhirnya ketika si Kakak capek, saya perbolehkan ia main sebentar, baca buku, nonton video, read aloud, makan camilan, dll agar semangatnya muncul kembali. Besok-besok mungkin perlu saya ajak piknik di tempat terbuka agar suasana belajarnya berbeda. Siapa tahu dengan begini si Kakak lebih bersemangat. 

Keuntungan belajar daring memang bisa #mulaidarimanaaja baik tempat maupun sumber belajarnya. MasyaAllah. Salah satu hikmah pandemi. 

Oh ya, baru-baru ini seorang teman merekomendasikan aplikasi untuk belajar online yang menyenangkan, Zenius. Penasaran, saya pun mencoba download aplikasi Zenius di gawai dan mencoba beberapa fiturnya. 

Aplikasi Zenius untuk Mendukung Belajar Anak di Masa PJJ

Zenius Education, sebagai perusahaan yang menaungi aplikasi Zenius, telah berdiri sejak tahun 2004. Perusahaan ini mulai resmi terdaftar sebagai PT pada tahun 2007 dengan founder-nya Sabda PS dan Medy Suharta.

Zenius terbilang start up pendidikan yang pertama kali lahir di Indonesia. awalnya dikembangkan untuk bimbingan belajar di Jakarta. Ternyata, banyak yang cocok dengan metodenya sehingga sampai saat ini terus diminati masyarakat Indonesia terlebih saat ini kita menyesuaikan dengan pendidikan jarak jauh selama masa pandemi. 

Anak baru kelas 2 SD, namun kadang saya sudah kesulitan untuk menjelaskan kembali materi dari guru. Oleh karena itu, jika tidak ada video pengantar, saya biasa mencari materi pelajaran yang sama di YouTube. Mau tidak mau saya pun harus ikut belajar kembali agar bisa menjawab pertanyaan anak dan membantu memantau saat ia mengerjakan tugas. 

Fitur Zencore membantu meningkatkan kemampuan otak

Keunggulan Zenius

1. Bisa digunakan oleh siswa, orang tua, dan pengajar sehingga orang tua dan anak yang kesulitan dengan materi pelajaran bisa ikut belajar di sini 

2. Pelajaran sekolah yang lengkap meliputi Ilmu Sosial, Sains, Bahasa, Matematika, Sejarah, dll

3. Tersedia Materi dan panduan belajar untuk UTBK dan mandiri

4. Tersedia fitur "live class untuk melihat langsung panduan video materi dari tutor berpengalaman di bidangnya. 

5. "ZenBot "yang membantu menemukan solusi dari soal-soal yang belum dipahami oleh pengguna

6. Fitur ZenCore yang membantu meningkatkan daya ingat

Alasan Harus Menggunakan ZenCore 


Bikin Cerdas

Sesuai dengan tagline Zenius, "Bikin Cerdas Beneran", fitur ini memang meningkatkan kemampuan otak alias bikin cerdas. Saat saya mencobanya, saya langsung tertarik dengan kuis Bahasa Inggris. Maklum, untuk Matematika dan Logika, suami saya yang lebih jago. 

Saya mencoba level 1 dengan impresi yang B saja. namun begitu selesai 1 level, terus-terusan ingin melanjutkan. Beneran! Saya ketagihan! Nanti deh saya kabarin suami juga, dari pada main game online terus-terusan untuk hiburan, kan mending memecahkan tantangan soal di ZenCore. Menghibur sekaligus membuat otak jadi lebih cerdas. Ada 3 kuis yang tersedia yaitu Matematika, Verbal Logic, dan Bahasa Inggris. 

Bisa digunakan oleh Semua Usia

Tak hanya untuk anak-anak, fitur ini juga bisa digunakan oleh semua usia, termasuk orang tuanya. Saya dan suami pun keasyikan mencoba menaklukkan challenge tiap level. Selain itu, soal yang disediakan juga semakin meningkat tingkat kesulitannya seiring meningkatnya kemampuan pengguna. 

Tersedia Ribuan Kuis

Butuh berapa kuis sampai puas? Tenang, di sini kita bakal disuguhi ribuan kuis yang soal-soalnya selalu menantang dan nggak bikin bosan. Saya sudah mencoba beberapa level dan soalnya selalu berbeda. 

Push Rank

Awalnya saya kurang paham cara kerjanya push rank. Ternyata, kita bisa mengajak teman-teman kita untuk mengunduh aplikasi yang sama dan berkompetisi mengumpulkan skor tertinggi. Asyik! Anak-anak yang sedang butuh motivasi dari teman sebayanya pasti akan sangat bersemangat dengan cara ini. 

Download aplikasi Zenius di playstore dan app store

Pengalaman Menggunakan ZenCore untuk Anak Kelas 2 SD

Saat si Kakak bosan, sekarang saya bisa mengajaknya untuk bermain dengan ZenCore. Menurutnya, kegiatan ini seru dan menyenangkan. Asyik jadi selingan saat PJJ. Apalagi kalau dia berhasil mengalahkan skor ayahnya (padahal ayahnya sengaja mengalah. Hihi. Maklum, si Kakak masih belum lancar betul membaca). Dia juga senang mengerjakan latihan soal yang tersedia di Zenius. 

Seru dan Termotivasi  dengan Push Rank di Fitur Zencore

Saya yakin, fitur ini akan sangat cocok terutama bagi siswa kelas atas yang logika dan pemahamannya sudah lebih baik.  Kalau begini, PJJ pun makin lancar, belajar bisa #mulaidarimanaaja dengan bahagia. 

Nah, Temans silakan download aplikasi Zenius di gawai masing-masing, ya! tersedia di Android dan iOS. Caranya juga mudah sekali. Setelah mengunduh, lakukan registrasi dengan menggunakan email/akun Google. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah yang ada di aplikasi. Taraa! Yuk, bersiap-siap untuk Push rank di ZenCore masing-masing. 

Jangan lupa setelah menggunakan, beri penilaian juga di Play store atau App Store.

Semoga bermanfaat,

Salam, 

65 komentar untuk " Review ZenCore di Aplikasi Belajar Zenius untuk Tingkatkan Kemampuan Otak "

  1. Sejak daring orang tua yang jadi makin pusing ngajarin anak, hemm butuh aplikasi belajar online kayak gini, nih yang mudah banget digunakan dan buat anak lebih cepat paham.

    BalasHapus
  2. Bisa push rank gitu rasanya malah main game ga sih? Nggak kayak belajar konvensional gitu. Cocok buat anak kompetitif :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Say. Makanya bikin nagih pengen nyoba level atasnya terus. Bikin adrenalin naik soalnya waktu jawab soalnya terbatas

      Hapus
  3. wah aku jadi makin penasaran nih mencoba tantangan-tantangan di Zencore, banyak yg bilang asyik setelah mencobanya sih..hehe..

    BalasHapus
  4. Wow lumayan lengkap ya, tapi kalau buat anak TK masih belum cocok ya hehehe, gpp deh tahun depan anak insya Alloh masuk SD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, buat bapak ibunya dulu berarti 😁

      Hapus
  5. mantap banget lah zenius banyak fitur menariknya. nggak berasa belajar yang intimidatif tapi dibuat seru ala main game!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan banget, nggak kerasa tetep nambah pengetahuan tapi rasanya main game

      Hapus
  6. Banyak ya keunggulan aplikasi Zenius. Belajar online semakin menyenangkan ya karena ada aplikasi Zenius. Ada push rank juga di aplikasi Zenius. Keren ya.

    BalasHapus
  7. Seru amat ya Zenius dan Zencore ini fiturnya kayak main game ada banyak level soal dan bisa push rank juga kayak main Mobile Legends

    BalasHapus
  8. Jadi pengin nyobain juga nih untuk anakku, biar dia bisa belajar lainnya juga selain apa yang sudah diterima via kelas daringnya.

    BalasHapus
  9. Anak sekarang memang anak teknologi ya mbak, nggak bisa jauh2 sama teknologi, mana selalu punya segudang alasan untuk menghindari belajar. Emaknya yang kudu pinter2 menciptakan suasana belajar yang nyaman. Salah satunya ya pakai ZenCore ini L(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak. Geregetan rasane tiap hari PJJ

      Hapus
  10. Baru tau kalo zenius fitur2nya sekece itu. Pasti membantu belajar anak2 ya. Secara udah hampir 2th PJjJ jenuh pasti ada. Dengan smua pilihan fitur belajar jd makin seru dan anak2 semangat latian soal trs ya

    BalasHapus
  11. Fitur Zencore menarik nih jadi anak berasa sedang main game ya nggak sedang belajar, ada levelnya juga apa game online

    BalasHapus
  12. ZenCore ini memang andalan selama PJJ.. biar anak bisa belajar lebih menyenangkan.

    BalasHapus
  13. Menarik banget main Zencore. Seseru main game online

    BalasHapus
  14. Allhamdulilah ya Mba Rin, Anak-anak jadi makin semangat belajar. Setiap masalah ada solusi ya, delalahe Allah wes ngatur belajar PJJ ada zencore

    BalasHapus
    Balasan
    1. ALhamdulillah, begitulah, disuruh nggak banyak sambat ini keknya :D

      Hapus
  15. Alhamdulillah zaman terus berkembang ya. Sekarang pelajar sangat terbantu dengan adanya aplikasi seperti besutan Zenius ini. Keren!

    BalasHapus
  16. Kalau pakai aplikasi seperti ini bisa bikin anak gak bosen ya. Apalagi dengan menu push ranknya menarik buat anak-anak

    BalasHapus
  17. Menarik banget nih menurut saya, karena bisa digunakan oleh murid, guru bahkan orang tua sekaligus.

    Anak-anak juga jadi lebih semangat belajarnya, dan orang tua, nggak senewen Mulu nemani anak belajar, terutama di masa belajar online setiap hari ini :)

    BalasHapus
  18. Menarik banget ya ZenCore ini. Kalo materi belajarnya menyenangkan dan seseru ini, anak-anak belajarnya juga jadi lebih happy ya..

    BalasHapus
  19. Belajar daring rentan bikin darting alias darah tinggi ya Mak.
    Hamdalah, ada zencore dari Zenius.
    ini beneran mempermudah kita banget nih
    emak2 pasti demen :D

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah yaa, di masa pandemi dan anak belajar secara pjj ini banyak bermunculan aplikasi belajar yang memudahkan anak juga orang tuanya

    BalasHapus
  21. saya kira awalnya hanya untuk anak SD-SMA saja ternyata bisa digunakan untuk smeua usia ya, jadi pengen cobain deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, bisa juga ko ortunya main ZenCore, asyik malah

      Hapus
  22. Menarik sekali aplikasi Zencore ini bisa menghilangkan rasa bosan selama PJJ ini. Sudah kebayang deh bagaimana mendampingi anak belajar di usia SD. Jangankan anak SD, anak sekolah berbagai usia pun bikin emaknya geregetan saat PJJ ini, mereka sering tidak fokus menerima pelajaran. Jadi mikir bagaimana pencapaian hasil akhir nanti bila sistem belajarnya tidak maksimal seperti saat ini. Semoga pandemi segera berakhir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. AKu udah beberapa kali salah nih ngajarin anak. Mana gurunya seringnya ngasih tugas mencatat pula

      Hapus
  23. Ternyata keluhan anak2 selama PJJ, tuh, sama. Kalau ada tugas suruh nulis, cepat pegal. Tapi mainan game berjam-jam jempolnya fine-fine aja ya, mbakk. Hahaha

    Beruntung ada inovasi dari Zenius, nih. anak2 menjadi lebih semangat lagi dalam belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dia, Mbak. Nulis 1 kata, ditinggal ngobrol, lanjut lagi 1 kata, ngapain lagi, rauwis-uwis

      Hapus
  24. Kalau menggunakan aplikasi Zencore ini bisa offline atau harus selalu online, kak?
    Aku sering ada kendala internet niih...mendadak jaringan melambat, jadi kan PJJ memang bikin runya,. Heuheuu~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, kalau pakai ZenCore-nya harus online

      Hapus
  25. kuisnya ini yang bikin semangat ya mba, kalau lagi bosen main kuis page rank juga baru balik belajar lagi. Keren zencore berbeda dari yang lain

    BalasHapus
  26. wah kasihan juga ya kalo malah sering disuruh nyatet tp gimana lagi ya. Membantu bgt belajar lewat zenius biar anak ngga bosan dan mengeluh kecapekan hehe..

    BalasHapus
  27. Aku ketagihan lho main zencore inii asli dehh wkwk keren banget fiturnya zenius yaa

    BalasHapus
  28. platform ini oke bangeeet ya mba karena benar - benar membantu kita orang tua dan juga anak - anak di masa pandemi seperti ini

    BalasHapus
  29. saya jadi penasaran deh dengan Zencore dari Zenius ini, selain anak-anak, orangtua pun bisa ya uji coba ilmunya lagi pakai aplikasi ini.
    bisa tandingan score ama anak nanti :D

    BalasHapus
  30. Zenius Cocok nih buat emak kayak aku, yg kalau ditanya PR anaknya suka bingung ga bisa jawab, wkwk.

    BalasHapus
  31. Fiturnya menarik ya Mbak. Bisa bantu melatih kecerdasan otak anak. Bahkan orang dewasa juga ternyata bisa berlatih menggunakan fitur ZenCore dari Zenius ini. Jadi penasaran oengen nyoba juga fiturnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuss Donlot Aplikasi Zenius, Mbak, biar nggak penasaran lagi

      Hapus
  32. Wah aku jadi ingin download juga nie...di sana mata pelajarannya kurikulum apa saja ya, Mbak? Tapi, keknya seruh ya bs jadi tempat belajar online yang fun apalagi banyak kuis-kuisnya. Mau coba download deh ...

    BalasHapus
  33. Belajarnya makin seru jadinya ya
    Aku baru tau aplikasi ini, mbak 🤭

    BalasHapus
  34. Aku wes nyoba kuis e mbaa seru banget mayan bisa bikin anakku happy wkwkwk dia lumayan bosen juga sama pjj

    BalasHapus
  35. Cocok niih buat para orang tua. Apalagi di saat PJJ kayak sekarang :)

    BalasHapus
  36. Seru ya aplikasi belajar zaman sekarang, khususnya Zencore by Zenius ini, bikin anak betah belajar deh.

    BalasHapus
  37. Saya juga ketagihan push rank di fitur ZenCore pada aplikasi Zenius ini mbak, seru soalnya bisa jawab ribuan soal, asyik buat mengasah kemampuan otak :)

    BalasHapus
  38. Pengen buru-buru ikutan challenge dan kuis Bahasa Inggrisnya.
    Bentaran ngajakin anak bungsu ah.
    Manalagi sekolahnya masih giliran, alias seminggu hanya masuk 3 hari.
    Jadi, pengetahuan anak-anak juga tetap up date. Nggak kebanyakan main gadget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, di sini masih online semua, Bund

      Hapus
  39. Kalau ada fitur-fitur kuis ini kayaknya anak-anak pada demen ya, kaya main game soalnya.

    BalasHapus
  40. jadi penasaran pengen nyobain juga fitur-fitur di aplikasi zenius, lumayan nih sambil mengasah otak sambil push rank

    BalasHapus