Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 5 Tips Membuat Nama Pena yang Unik

Inspirasi membuat nama pena unik
source: Canva

Assalamu'alaikum, Temans.

Ingin membuat nama pena, tapi kesulitan menemukan ide nama yang tepat? Coba gunakan 5 tips di bawah ini, ya!

1. Sesuaikan dengan Target Market

Siapa yang akan menjadi target tulisan-tulisan kita? Apakah anak-anak, remaja, dewasa, umum, fiksi, non fiksi, dst? Meski tidak selalu berpengaruh, tapi cara ini bisa diterapkan untuk meninggalkan kesan yang baik dan menarik pembaca. 

Misalnya ingin menulis fiksi, bisa menggunakan nama pena yang terkesan misterius, santai, dan simpel. Nama lengkap sekaligus gelar, atau nama pena yang diambil dari nama lengkap untuk penulisan non fiksi/ilmiah, dll. 

Sekali lagi, ini bukan hal yang baku ya, Temans. pada intinya kita bisa menggunakan nama pena seperti apapun yang kita suka, baik nama yang terkesan formal maupun kasual. 

2. Ambil Inspirasi dari Tokoh/Idola

Tak jarang orang memberi nama anak dengan nama tokoh idolanya. Cara ini juga bisa digunakan juga untuk menyusun nama pena. Contoh sederhananya, saya dulu pernah memakai nama “Khadija” sebagai nama pena, karena saya sangat terinspirasi dari Ibunda Khadijah, istri Rasulullah SAW. Demikian juga teman saya yang menggunakan nama “Aisyah”, karena terinspirasi dari istri termuda Rasulullah yang terkenal dengan kecerdasannya dan banyak meriwayatkan hadist. 

Punya idola yang lain? Siapapun tokoh idola, sangat bisa dijadikan sebagai inspirasi nama pena. Cobalah untuk mengambil salah satu suku kata atau kata dari namanya, dan gabungkan dengan nama pilihan yang lain. 

3. Gunakan Sinonim dalam Bahasa Lain

Kita yang menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama, tentu bisa mengambil sinonim dari bahasa lain. Misalnya kita bisa menggunakan nama pena dalam Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Sanskerta, Jawa, atau bahasa daerah lain. 

Contohnya, menggunakan bahasa sanskerta yang saat ini sering dibicarakan orang, Arunika (cahaya matahari saat terbit/fajar), dan Swastamita (cahaya matahari saat terbenam/senja). Indah bukan? 

4. Menggunakan Akronim untuk Nama Pena yang Unik

Lekat dalam ingatan, bapak saya bercerita tentang seorang penulis asal Wonosobo dengan nama "Robinson". Menurut cerita bapak, nama ini adalah akronim dari "Rosim Bin Muhson". Hingga saat ini saya belum pernah bertemu dengan sosok penulis bernama seperti tokoh fiksi termasyhur, Robinson Crusoe itu. Namun saya masih mengingat nama penanya yang menurut kepala anak-anak (saya pada waktu itu) adalah nama yang unik, dan pemilihan cerdas. Seseorang dengan nama "Rosim" berubah menjadi "Robinson". Menakjubkan!

Kita pun bisa menggunakan cara ini untuk membuat nama pena. Misalnya, JOHAN, Jodoh di tangan Tuhan, eh! Ahahaha! Guyonan basi, ya. Ups!

Nah, silakan berkreasi dengan akronim-akronim yang unik dan menggambarkan siapa diri kita ingin dikenal, ya Temans! 

5. Mengambil kata-kata dari Kitab Suci

Lagi-lagi, semuanya kembali ke masing-masing orang. Jika sudah nyaman menggunakan nama asli, tak masalah tidak memakai nama pena. Seperti saya, dulu senang merangkai nama pena untuk diri-sendiri. lama kelamaan saya merasa lebih nyaman menggunakan nama sendiri karena masih jarang orang menggunakan nama “Mabruroh”, namun kata ini popoler terutama saat disandingkan dengan ibadah haji, “haji yang mabrur”.

Banyak kata indah di dalam kitab suci agama, misalnya Al-Qur’an. Ada 114 insprasi dari nama surat, belum lagi kata-kata yang tertuang di dalamnya. Saya pernah menggunakan nama “Salsabiila”_yang saat ini menjadi nama anak saya_ sebagai nama pena. Kata ini tertulis sekali di dalam Al-Qur’an, yaitu dalam Surat Al Insan ayat 18, yaitu nama mata air di surga. 

Mari, buka dan pelajari kitab suci masing-masing jika masih bingung menentukan nama pena yang menarik dan unik.

Semoga 5 tips di atas berguna dan Temans bisa mengambil inspirasinya, menemukan nama pena yang indah sesuai keinginan. Barangkali ada Temans yang mau share bagaimana proses kreatifnya menemukan nama pena, silakan berbagi di kolom komentar. Thank you in advance

Semoga bermanfaat,

Salam,

Posting Komentar untuk "Inilah 5 Tips Membuat Nama Pena yang Unik"