Camilan Sehat nan Praktis untuk Berbuka

Camilan sehat praktis untuk berbuka puasa

Assalamu'alaikum, Temans.

Camilan apa yang disuka Temans untuk berbuka? Kalau saya biasanya tak ketinggalan gorengan. Uhuk! Iya, selain ada kurma dan teh hangat, hampir selalu ada gorengan entah pisang goreng, tempe goreng/mendoan, bahwan, tahu isi, ubi goreng, dll.

Namun sejak 2 hari kemarin badan drop dan radang tenggorokan, saya jadi mulai berpikir ulang untuk membuat camilan yang digoreng.

Saya memang sering radang tenggorokan saat badan drop. Itu sinyal tubuh yang sudah saya kenal, ketika badan mulai tidak fit tanda yang pertama muncul adalah tenggorokan kering. Biasanya dengan perbanyak minum air hangat, ditambah minum wedang jahe+madu, berangsur pulih kembali.

Kali ini, mungkin karena terlalu banyak bergadang juga, sudah 2 hari tenggorokan masih tak nyaman. Semoga bisa diatasi setelah saya minim vitamin, menghindari makan gorengan dan istirahat yang cukup. Aamiin.

Nah, sekarang kita bahas seputar camilan sehat yang praktis aja, yuk! Ada 7 camilan sehat berbahan dasar buah yang saya suka, tapi belum rutin mengonsumsinya.

 

1. Buah Potong

Memakan buah sebaiknya saat belum makan nasi, karena dalam kondisi perut yang kosong, nutrisinya akan lebih mudah terserap. Buah potong jadi alternatif pertama untuk beralih mengonsumsi camilan sehat ‘teman’ berbuka puasa. Pertimbangannya adalah karena paling mudah menyiapkannya.

Kita cukup mengambil stok buah favorit yang ada di kulkas, besihkan, kupas jika ada yang perlu dikupas, potong-potong, lalu sajikan. Beberapa buah bisa kita sajikan dengan perasan jeruk nipis/lemon. Saya juga pernah membaca tapi belum pernah mencoba, supaya manfaatnya makin baik, menyajikan buah potong bisa ditambah dengan parutan jahe dan madu. Hm... terbayang hangatnya tenggorokan setelah makan, ya?

 

2. Salad Buah

Mau sedikit lebih repot tapi makin yummy hasilnya, kita bisa menyajikan salad buah. Sebenarnya cara membuatnya cukup simpel, hanya sedikit memakan waktu untuk mengupas dan memotong buah-buahannya.

Sekarang banyak orang yang berjualan dessert lezat satu ini. Bagi yang tidak ingin disibukkan dengan aktivitas memotong buah dan membuat toppingnya, alternatif salah buah homemade tersebut bisa diambil.

Ah ya, tahun kemarin saya pernah mencoba membuat salad buah dengan tambahan selai kacang. Hasilnya yummy! Tenang, tidak terasa seperti rujak buah, karena takaran selai kacangnya menyesuaikan.

Biasanya, bahan dasar saus untuk salad buah adalah mayonais, kental manis, dan yoghurt. Nah, bagi Temans yang memiliki anak kecil sebaiknya perhatikan penggunaan kental manis karena kandungan gulanya cukup banyak.

 

3. Puding Buah

Memadukan puding dengan buah, sehat dan nikmatnya sempurna. Banyak jenis buah yang bisa kita jadikan sebagai campuran puding misalnya mangga, nanas, alpukat, dll. Buah-buahan seperti melon, semangka, kelengkeng, anggur juga bisa kita jadikan sebagai tambahan puding buah.

Caranya dengan memotong buah-buahan tersebut sesuai selera, masukkan ke dalam cetakan, lalu siram dengan jelly yang telah dimasak. Tunggu hingga set, puding buah pun siap menemani berbuka puasa kita.

 

Camilan praktis berbuka puasa
Smoothies dengan topping potongan buah dan granola

4. Smoothies

Mengonsumsi smoothies setelah seharian berpuasa dan menahan haus, tentunya menjadi pilihan yang tepat. Padukan smoothies yang dibuat dengan berbagai topping yang tak kalah menyehatkan. Misalnya granola, dried nuts, dried fruits, dll.   

 

5. Cocktail Buah

Membuat cocktail buah bisa dengan buah pepaya yang belum terlalu matang, bengkoang, apel, dll. Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan merebus gula dengan air, beri tambahan beberapa biji cengkih dan potongan kayu manis. Setelah mendidih, masukkan potongan buah yang sebelumnya telah direndam sebentar dengan kapur sirih. Hasilnya menyegarkan, meskipun untuk yang satu ini, disarankan jangan terlalu banyak karena menggunakan gula pasir.

Untuk semua camilan sehat yang praktis untuk menemani berbuka puasa tersebut, sebaiknya pilih buah-buahan yang kadar asamnya rendah supaya tidak membahayakan lambung. Jika ternyata masih ingin nyamil setelahnya, bisa tambah beberapa potong biskuit atau granola.

Bagaimana? Sudah siap untuk beralih hidup sehat? Duh, sambil nulis ini saya nggak sadar malah makan tahu susu goreng yang sebenarnya goreng khusus buat suami. Hiks.

Semoga bermanfaat,

Salam,  


No comments for "Camilan Sehat nan Praktis untuk Berbuka"