Saturday, 31 August 2019

Lebih Praktis! 5 Alat Pembuat Kopi Sederhana Ini Bisa Dipakai Sendiri di Rumah


Lebih Praktis! 5 Alat Pembuat Kopi Sederhana Ini Bisa Dipakai Sendiri di Rumah
Source: Pinterest
Assalamu’alaikum, Temans!
Sekarang ini, kebiasaan ngopi menjadi gaya hidup hampir setiap orang. Kafe hingga kedai kaki lima yang menyediakan aneka kopi mekain menjamur. Sebagian orang seperti saya merasa belum ‘hidup’ ketika belum mencium aroma kopi dan menyeruput pahit dengan paduan manisnya.
Buat Temans yang suka ngopi, pastinya tahu dong berbagai macam varian rasa kopi atau mungkin kamu punya salah satu rasa kopi favorit yang bikin kamu ketagihan minum kopi? Yup, mencicipi secangkir kopi sambil berdiskusi memang paling oke untuk dilakukan. Apalagi buat yang lagi galau, minum kopi memang yang paling pas untuk mengembalikan mood kita agar  lebih bagus.

Menikmati secangkir kopi sesering mungkin (apalagi di kafe) pastinya bikin pengeluaran kita jadi lebih boros bukan? Nah, yang perlu kita tahu, sebenarnya ada lho, alat mesin kopi atau alat penyeduh kopi yang bisa dipakai sendiri di rumah.  Pastinya gak bakal bikin kita pergi jauh-jauh lagi deh untuk menikmati secangkir kopi. Tentunya bikin pengeluaran juga jauh lebih hemat. Langsung saja yuk, dibawah ini ada beberapa rekomendasi alat-alat pembuat kopi praktis yang bisa dicari dan beli sendiri untuk di rumah.

1. Alat Pembuat Kopi V60

Alat V60. source: Pinterest

Alat mesin kopi V60 ini merupakan alat yang dirancang khusus dengan metode pour over dan mempunyai bentuk desain yang unik seperti motif spiral. Penggunaan bahan materialnya juga menggunakan keramik, plastik, metal, kaca, hingga tembaga. Jika dilihat-lihat lagi, alat pembuat kopi ini memang seperti cangkir kopi biasa, tetapi alat ini dilengkapi dengan ujung lubang, yang berfungsi untuk mengatur proses ekstrak, potongan kopi, hingga mengatur suhu air.
Bagi Temans yang sering mampir ke kedai kopi, pastinya sudah sering menemukan menu “V60” di kedai-kedai kopi sekitar, kan? Walaupun banyak sekali kafe kopi yang menggunakan alat ini, namun tidak ada salahnya bukan untuk membeli alat V60 untuk kebutuhan membuat kopi yang lebih praktis di rumah.
Btw saya ingin sekali punya alat penyeduh kopi ini, apalagi kalau ngomongin kopi pasti saya jadi inget dengan mamak saya yang suka bikin kopi dari hasil panen kebun sendiri. Simak ceritanya di sini ya! 

2. Alat Pembuat Kopi Espresso 
source: Pinterest

Alat yang satu ini mempunyai berbagai macam model,  ukuran, dan fitur yang berbeda-beda. Alat pembuat kopi ini dapat bekerja untuk mengolah biji kopi yang ingin digiling maupun kopi yang sudah digiling. Penggunaannya juga sangat mudah, dengan waktu singkat pun kita sudah bisa mencicipi kopi espresso favorit.
Sebelum membeli alat pembuat kopi espresso ini, kita harus memperhatikan ukuran dan kegunaannya. Buat Temans yang ingin menggunakannya di rumah, pilihlah ukuran yang lebih ringkas dan mudah untuk digunakan. Tetapi jika membutuhkannya untuk di kedai kopi, disarankan memilih alat pembuat kopi dengan ukuran yang cukup besar agar dapat melayani para konsumen dengan cepat.

3. Alat Pembuat Kopi Vietnam Drip
Source: Pinterest

Pasti tidak asing lagi kan dengan yang namanya Vietnam Drip? Yup, Vietnam Drip, alat pembuat kopi yang berasal dari Vietnam. Pada zaman dahulu, rakyat Vietnam sering membuat es kopi dengan menggunakan filter besi kecil yakni Vietnam Drip.  Bahkan hingga sekarang pun metode tradisional Vietnam  ini masih dipakai untuk membuat kopi, dan pastinya banyak digemari oleh para pecinta kopi.
Desain yang terdapat pada alat ini juga cukup sederhana dan mudah digunakan. Vietnam Drip ini dilengkapi dengan saringan bawah cangkir, tamper, lalu penutup.  Tak hanya itu, proses pembuatan kopinya juga  bisa dibilang cukup cepat dan singkat , sehingga kopi yang dihasilkannya juga lumayan padat. Nah, sekarang Temans bisa menikmati secangkir kopi ala Vietnam dirumah. Alat ini bisa dicari di toko-toko online langganan.

4. Alat Pembuat Kopi Bialetti Moka Pot
Source: Pinterst

Bialetti Moka Pot
ini bisa jadi referensi kamu selanjutnya. Alat penyeduh kopi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1930-an di negara bagian Eropa. Hingga sekarang pun alat pembuat kopi  ini masih banyak digandrungi oleh para pecinta kopi, bahkan banyak negara Eropa yang kini menggunakan alat penyeduh kopi ini.
Tak ketinggalan, di Indonesia sendiri pun kini sudah banyak kedai kopi yang memiliki Bialetti Moka Pot. Penyeduhan kopinya juga cukup mudah. Kita hanya tinggal menyeduh air dan menekan ground coffee yang berada di tengah container, setelah itu, kopi siap untuk dituangkan. Nah, apakah kamu tertarik untuk membeli alat pembuat kopi yang satu ini?

5. Alat Pembuat Kopi Pod
Source: Pinterest

Buat Temans yang ingin membeli alat pembuat kopi dengan cara yang lebih simpel yaitu menyeduh kopi, alat coffee pod ini bisa jadi pilihan. Coffee pod ini dapat bekerja secara otomatis, kita hanya tinggal memasukkan kapsul kopi pada mesin, setelah itu kopi akan menetes ke dalam cangkir yang sudah disediakan. Kini, tersedia berbagai varian rasa kapsul yang bisa dipilih, seperti cappuccino, matcha latte, red velvet latte, hingga latte non-kafein lainnya.
Nah, itulah tadi beberapa alat pembuat kopi yang bisa kita pakai untuk dirumah. Namun, rasa dan aroma yang dihasilkan pastinya akan berbeda dengan produk kafe. So, kita harus memeprtimbangkan antara keinginan dan kebutuhan ya, untuk membeli alat-alat tersebut supaya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dan tidak menjadi barang yang terbengkalai di rumah. Dari rekomendasi alat pembuat kopi diatas ini mana yang jadi pilihanmu, Temans?
Semoga bermanfaat,
Salam,




No comments:

Post a Comment

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam