7 Alternatif Hadiah Anti Mainstream untuk Bayi



Sejak bulan Agustus kemarin, banyak sekali bayi lahir di sekitar saya. Rasanya senang sekali melihat bayi-bayi lucu menggemaskan itu. Setiap kali mengunjungi saudara, teman, atau tetangga yang melahirkan, ada beberapa hadiah yang tampaknya sudah mainstream dan selalu menumpuk di kamar si bayi. Membuat saya berpikir, apakah benda-benda itu akan digunakan semua? Ataukah akan dibuang nantinya karena tidak terpakai hingga masa expired-nya tiba?
Hm.. dua kali memiliki bayi dan mendapat kado dari mereka yang menjenguk bayi, memang benar jika banyak barang menumpuk tak terpakai dari kado-kado tersebut. Sebagian tentu saya pakai jika belum punya atau memang barang yang sangat dibutuhkan oleh saya maupun si kecil. Sebagian barang akhirnya saya buat kado juga (nah, ini sepertinya rahasia umum).
Saya berusaha mencari hadiah terbaik yang paling dibutuhkan oleh ibu atau bayi itu sendiri. Berdasarkan pengalaman, jika tidak ingin membawa hadiah yang itu-itu saja, beberapa alternatif hadiah anti mainstream untuk newborn dan ibu berikut ini bisa dicoba.
1. Bantal menyusui
Menyusui adalah kegiatan yang paling menyenangkan bagi ibu baru. Kegiatan ini mereka lakukan hampir sepanjang waktu. Walaupun cukup menyenangkan, tetap saja buat bayi (yang walaupun tidak terlalu berat) akan membuat lengan terasa pegal terutama jika ibu menyusui sambil duduk.
Agar lebih nyaman, biasanya seorang Ibu membutuhkan bantal menyusui yang bisa membantu menopang bayi dan lengan sehingga, lengan tidak mudah pegal. Tidak hanya untuk menyusui, sebenarnya bantal menyusui juga bisa digunakan oleh bayi untuk melakukan aktivitas lain seperti belajar duduk, bisa juga untuk tidur-tiduran, belajar tengkurap, dan lain-lain.

Bantal menyusui multifungsi
credit Bukalapak

2.Pompa ASI
Sangat sedikit mereka yang datang menjenguk bayi berpikir untuk membeli dan menghadiahkan pompa ASI kepada si Ibu. Padahal, ibu-ibu modern saat ini sangat membutuhkan pompa ASI mengingat tidak selamanya mereka bisa terus berada di rumah karena cuti melahirkan yang hanya berlangsung beberapa bulan saja.
Setelah cuti bersalin telah habis, bagi ibu yang tetap ingin memberikan bayi mereka ASI secara eksklusif, maka pompa ASI bisa jadi andalan untuk melakukannya.

3. Breast Pad dan Cloth Diaper (Clodi) 
Breast pad atau bantalan ASI ini adalah semacam pembalut yang berfungsi mencegah ASI rembes. Saat ibu menyusui melalui satah satu payudara (PD), biasanya PD satunya lagi ikut mengeluarkan ASI sehingga harus ditampung/diberi bantalan supaya tidak rembes membasahi baju.
Demikian juga saat produksi ASI melimpah namun bayi belum waktunya menyusui, biasanya akan keluar sendiri dan membanjiri baju ibu sekitar PD.
Hal ini sangat tidak nyaman terutama saat sedang di luar rumah/bepergian. selain basah, bau ASI yang khas akan tetap terasa meskipun sudah kering. Sebaiknya, pilih washable breastpad agar bisa dicuci dan digunakan kembali.
Membawa hadiah clodi saat menjenguk bayi baru lahir juga saah satu pilihan yang cerdas. Rata-rata ibu muda masa kini mau sedikit repot menggunakan popok kain yang bisa dicuci dan dipakai ulang. Clodi ramah lingkungan, akan lebih hemat jika dilihat dari sisi ekonomisnya, dan aman untuk bayi.

4. Baby bouncers
Hadiah yang satu ini merupakan hadiah anti mainstream untuk bayi yang bisa kamu pertimbangkan jika budget yang kamu miliki tak terbatas. Walaupun ada bouncer bayi berharga murah, namun tetap saja, jika ingin memberikan hadiah sebaiknya pilihlah yang agak bagus agar bisa digunakan dalam waktu yang lama. Dan biasanya, produk yang agak mahal memiliki kualitas yang sebanding.

5. Termometer digital bayi
Ada banyak termometer digital berharga murah yang bisa Kamu beli di toko online. Tapi sayang, termometer digital berharga murah biasanya memberikan hasil pengukuran suhu yang sangat lama. Padahal, bayi atau anak kecil pasti sangat tidak bisa tenang saat ada benda yang terselip di ketiak mereka.
Oleh sebab itu, belilah termometer yang bagus dan berkualitas walaupun harganya mungkin bisa mencapai puluhan bahkan sampai ratusan ribu rupiah. Tapi lagi-lagi, harga yang kita bayarkan sebanding dengan kualitas yang akan kita dapatkan.
Termometer sangat dibutuhkan oleh ibu ketika anak mengalami demam. Dengan mengetahui suhu tubuh anak yang sebenarnya bisa membantu ibu merasa lebih tenang jika belum melewati batasnya. Sebaliknya, tanpa termometer, biasanya Ibu sering merasa panik jika menemukan anak mereka dalam keadaan panas (demam) tinggi.

6. Buku pijat bayi
Buku pijat bayi hanyalah contoh saja. Ada banyak alternatif buku-buku yang keren dan cocok dibaca oleh ibu yang baru melahirkan untuk menambah pengetahuan, yang bisa kamu bawa sebagai hadiah. misalnya buku seputar ASI, menyusui, MPASI, parenting, tumbuh kembang anak, dll. 

7. Mothercare (Baby Grooming Set)
Karena masih berada dalam masa pertumbuhan, segala sesuatu yang ada di tubuh bayi cenderung tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan orang dewasa, terutama kuku mereka. Menggunting kuku bayi bisa jadi pekerjaan yang sangat sulit terutama jika belum punya pengalaman. Ditambah peralatan yang tidak memadai membuat kegiatan ini bisa bikin stres.
Untuk memudahkan ibu memotong kuku bayi, menyisir rambutnya, hingga membersihkan gusi dan giginya, kamu bisa memilih Mothercare - Baby Grooming Set sebagai hadiah untuk bayi baru lahir.

Jika harga barang yang akan dibuat kado terlalu mahal untuk ukuran kita, kita bisa menyesuaikan dengan anggaran. Selain itu, kita bisa membelinya bersama dengan rekan kita, patungan supaya mendapatkan barang berkualitas yang akan bermanfaat namun masing-masing mengeluarkan biaya yang terjangkau.
Kalau perlu juga nih, sebaiknya tanyakan kepada teman yang akan kita beri kado mengenai barang apa yang dia butuhkan. Jika sungkan, alternatif di atas bisa jadi pilihan.
Semoga bermanfaat,
Salam,