Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seafood Halal di Bali: Warung Ikan Bakar Pak Syukur Serangan

Review warung ikan bakar pak syukur serangan

Binatang yang hidup di laut semuanya halal. Sayangnya, seafood yang biasa kita konsumsi bisa jadi terkontaminasi barang yang tidak halal. Temukan menu seafood halal di Bali, di Warung Ikan Bakar Pak Syukur Serangan. Olahan seafood halal artinya bumbu yang digunakan adalah bumbu yang halal, dan dalam pengolahan/penyimpanannya tidak tercampur dengan barang tidak halal. Yuk, kita review warung Ikan Bakar pak Syukur Denpasar ini. 

Serangan adalah sebuah kelurahan dan pulau yang berada di wilayah Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Indonesia. Pulau yang terletak 500 meter di sebelah selatan pusat kota ini memiliki memiliki panjang maksium 2,9 km dan lebar 1 km (wikipedia).

Pulau Serangan adalah pulau kecil yang masih termasuk dalam teritori Kota Denpasar di Kecamatan Denpasar Selatan. Daya tarik wisata di sini meliputi kampung nelayan, pantai, surfing, dermaga boat, konservasi penyu, dan hutan bakau. Tak heran di sini banyak penduduk yang mata pencahariannya sebagai nelayan dan atau memiliki warung olahan seafood. Tak sulit untuk menemukan resto seafood di sini, mulai dari yang kaki lima hingga bintang lima dan menjadi tujuan wisata turis mancanegara. 

Kuliner Seafood Halal Bali: Warung Ikan Bakar Pak Syukur Serangan

Salah satu warung seafood yang cukup populer di Serangan, khususnya di kalangan warga muslim Denpasar, adalah Warung Ikan Bakar Pak Syukur. Beralamat di Jl. Tukad Bulan, Serangan warung seafood ini buka setiap hari, Senin hingga Minggu mulai pukul 09.00 – 22.00 WITA. Melayani makan di tempat dan bawa pulang, juga pesanan nasi kotak dengan minimal pemesanan. 

Sebenarnya, kami sudah sering mendengar tentang warung ini sejak awal kami pindah ke Bali pada tahun 2018. Namun belum pernah kesampaian mengunjungi Pulau Serangan. 

Baru-baru ini, ketika Warung Pak Syukur sudah pindah ke tempat yang baru, kami memiliki kesempatan ke Serangan. Maka kami pun tak melewatkan kesempatan ini untuk mencicipi menu seafood di sana. 

Ke sana waktu masih liburan sekolah, karena anak-anak nggak dapat kesempatan liburan (jadwalnya tidak cocok terus dengan jadwal ayah libur), jadi melipir ke Serangan ketika ayah masuk kerja malam. 

Skenario awalnya, kami akan pergi ke konservasi penyu, kemudian makan siang dengan menu seafood, lalu ba’da shalat ashar ke pantai sebentar. Sampai rumah kemungkinan sebelum maghrib, masih ada sedikit waktu buat ayah istirahat sejenak sebelum berangkat kerja. 

Sayang sekali, menjelang selesai berkeliling dan melihat penyu di Pusat Konservasi Penyu Pulau Serangan, hujan turun dan makin deras. Sampai waktu konservasi tutup pun, hujan belum kunjung reda. Akhirnya kami menerobos hujan deras menuju warung pak Syukur untuk memesan dan shalat ashar terlebih dahulu.

warung ikan bakar pak syukur serangan


Warung Ikan Bakar Pak Syukur ini terlihat sederhana tapi nyaman. Fasad-nya terlihat segar dan cantik karena tanaman hijau yang memenuhi teras dan pembatasnya. Memasuki warung, kita akan disambut dengan deretan meja dan kursi kayu untuk tamu yang akan makan di tempat. Kasir berada tepat di ujung setelah melewati pintu masuk. Di lantai dasar terdapat mushala dan kamar mandi. 

Temans yang memiih untuk duduk lesehan, bisa di lantai 2. Di lantai 2 dilengkapi dengan mainan anak-anak yang bisa mengalihkan perhatian mereka sambil menunggu pesanan. Lantainya pun dilapisi karpet tebal sehingga saat tidak ada pengunjung lain bisa sembari goleran nunggu pesanan. Namun teralis pembatasnya cukup lebar sehingga harus esktra hati-hati ketika membawa balita aktif ke lantai atas. Di sini juga sudah dilengkapi dengan washtafel untuk cuci tangan.

Menu favorit di Warung Ikan Bakar Pak Syukur Serangan

Berhubung kami doyan makan, jadi mau menu seafood apa pun, tak masalah. Ada beberapa seafood yang nggak terlalu kami suka, tapi bukan berarti tak mau makan. Hahaha. Emang dasar banyak doyannya. Ups. Bingung memilih menu, akhirnya kami pilih menu paket. Mau pilih paket untuk 3 orang tentu saja kurang, akhirnya kami pilih paket untuk 5-6 orang. 

menu favorit seafood denpasar
Menu paket untuk 5-6 orang

Menu paket untuk 5-6 orang ini seharga IDR. 290K terdiri dari 1 kg ikan bakar, 1 porsi sup kepala ikan (dari 1 kg ikan untuk ikan bakar), 12 pcs kerang bakar, 1 porsi cumi goreng krispi, 1 porsi udang bakar, 1 porsi sate gurita, 2 porsi plecing, nasi putih, dan 6 gelas es teh manis/teh panas manis (bisa rikues). Tak lupa, dilengkapi juga dengan 2 macam sambal, sambal ikan bakar dan sambal matah. Seafood-nya selalu segar hasil tangkapan 

Nah, padahal kami hanya berlima dengan anak di bawah dua tahun yang makannya masih tak seberapa. Tenang, untuk minumnya sudah diperkirakan tak bersisa, bahkan nambah air mineral. Sebenarnya, perut sudah bergoyang dangdut selagi masih di konservasi, yang kemudian kami ganjal dengan snack dari warung di sana. Lhap-lhep, dalam sekejap nasi putih sudah habis, menemani seporsi plecing yang akhirnya masing-masing saya dan suami menghabiskan 1 porsi, cumi goreng krispi yang menjadi rebutan anak-anak, juga udang dan kerang, menyisakan sepotong besar ikan bakar dan seporsi sup kepala ikan. Tak sanggup menghabiskan, akhirnya kami minta bungkuskan untuk dibawa pulang. 

Menu favorit kami di sini adalah ikan bakar. Plecingnya cukup enak dengan pedas sedang. Sambal ikan bakarnya pun level sedang, nikmat dimakan tapi tidak membuat perut kami melilit. Sambal matahnya wangi khas menggunakan minyak kelapa asli. Namun untuk Temans penyuka pedas sebaiknya memesan level pedas lebih tinggi supaya makin nendang. 

Rupanya, banyak teman saya yang sudah terbiasa datang ke Warung Ikan Bakar Pak Syukur. Ada beberapa yang menu favoritnya adalah ikan bakar, ada juga yang doyan sate gurita. Kalau saya, ingin ke sana lagi mencoba menu seafood saus padangnya. Hm, kapan dong, bisa ke sana lagi?

Buat Temans yang bingung nyari seafood halal di Bali, bisa ke Warung Ikan Bakar Pak Syukur di Pulau Serangan. Menikmati kelezatan seafood sekaligus eksplorasi pulau Serangan jadi kombo yang menarik. Terlebih, harga makanan di sini lebih murah dibanding olahan seafood di tempat lain, apalagi jika dibandingkan dengan seafood di sekitaran Jimbaran. 

Temans bisa kunjungi IG @wr.ikanbakarpaksyukur_serangan

Semoga bermanfaat,

Salam, 

1 komentar untuk "Seafood Halal di Bali: Warung Ikan Bakar Pak Syukur Serangan"

  1. Wah enak banget nih kelihatannya, boleh dicoba nih semisal lagi ada di Bali

    BalasHapus