Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Gadon Daging Sapi, Olahan Daging Kurban untuk Keluarga

Resep gadon sapi

Bingung mengolah daging kurban yang melimpah? Bosan dengan menu yang sama? Cobalah resep gadon daging sapi.

Gadon adalah masakan yang berasal dari Jawa Tengah, dibuat dari campuran daging cincang, telur, dan santan yang dibumbui dan dibungkus dengan daun pisang.

Gadon daging juga populer sebagai alternatif menu untuk meningkatkan berat badan (BB booster) bayi yang masih konsumsi makanan pendamping ASI (MPASI) dan anak-anak.

Kandungan dobel protein dan tambahan lemak dalam gadon daging inilah yang membantu meningkatkan BB anak secara efektif. Kita juga bisa memodifikasi resep asli gadon dengan menambahkan sayuran seperti wortel supaya anak-anak juga mengonsumsi sayur.

Berikut saya share resep gadon daging yang sudah dimodifikasi oleh sahabat saya. 

Resep Gadon Daging *

*Modified by Iis Ummuhamdan

Bahan-bahan utama:

- 250gr daging sapi giling

- 100ml santan segar kental asli 

- 1 butir telur

- 1 wortel (parut)

Bumbu halus:

- 6 siung bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 2 butir kemiri

- 1 sdt ketumbar 

- 1/2 sdt jahe 

- 1/2 sdt jinten (optional)

Rempah-rempah:

- 8 Daun salam

- 2 Sereh (iris jadi 8 bagian)

Pelengkap:

- 1 sdt garam alami

- 1 sdt gula aren

- 2 sdm lemak sehat tambahan (ghee/tallow, dll)

- Daun pisang

- Tusuk Lidi

Cara Memasak Gadon Sapi:

1. Haluskan semua bumbu halus lalu tumis menggunakan 1 sdm ghee/butter/tallow untuk aroma dan rasa yang lebih lezat

2. Campurkan semua bahan utama dengan tumisan bumbu, tambahkan garam alami, 1 sdm lemak sehat (Ghee/butter/tallow) 

3. bersihkan daun pisang, alasi dengan daun salam, isi gadon daging, beri irisan sereh, sematkan lidi. Lakukan hingga semua adonan habis 

4. Kukus di dandang stainless steel kurang lebih 20-30 menit hingga tercium aroma harum.

5. Gadon daging siap dinikmati

Catatan Tambahan untuk Mencoba Resep Gadon

- upayakan untuk menambahkan lemak sehat hewani seperti (Ghee/tallow/butter, untuk memudahkan proses pencernaan daging dan mencegah sembelit.

- Sangat baik dikonsumsi utk anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui, dan dewasa pada umumnya.

Kandungan gizi dalam daging sapi giling
Kandungan gizi daging sapi giling
Sumber: fatsecret 

Pengalaman Mencoba Resep Gadon Daging Pertama Kali

Kemarin, saya mendapat kiriman daging kurban. Kebetulan daging yang dapat sebelumnya sudah diolah dan sebagian masih disimpan di lemari pendingin. 

Saya langsung teringat untuk mencoba membuat gadon daging. Sebenarnya, resepnya sudah dishare oleh sahabat saya sejak tahun kemarin. Namun karena si Bayi alergi telur, saya pun masih maju-mundur untuk mencoba memasaknya.

Alhamdulillah si Kecil sekarang sudah aman makan telur. Beberapa hari terakhir dia juga sulit makan, GTM alias gerakan tutup mulut.

Bismillah dengan penuh semangat 45 saya ke warung untuk membeli daun pisang dan bahan-bahan lain yang belum saya punya di rumah.

Setelah semuanya lengkap, daging sapi yang sudah saya bersihkan dan potong kecil-kecil, saya haluskan dengan chopper Mitochiba. Alhamdulillah, sejak kurang lebih 3 tahun terakhir chopper ini sangat bermanfaat membantu urusan dapur.

Daging tersebut saya timbang, totalnya 350 gram, maka bumbu untuk membuat gadon saya sesuaikan.

Oh ya, kebetulan di warung juga kehabisan stok kelapa untuk santan, jadi saya menggunakan santan instan.

Sebenarnya, caranya mudah dan bumbunya pun tidak sulit didapatkan. Hanya saja, karena harus membungkusnya dengan daun pisang, tentu menyita waktu mulai dari menyiapkan daun pisangnya sampai membungkus satu-persatu.

Jika Temans tidak ingin ribet dengan membungkusnya, bisa menggunakan alternatif pinggan tahan panas, cup yang terbuat dari aluminium foil, loyang kue, atau wadah apa pun yang tersedia dan aman untuk jika dikukus. Jika menggunakan daun pisang, aromanya memang lebih harum dan khas. Kita pun bisa menyiasatinya dengan menjadikan daun pisang sebagai alasnya. Lebih praktis, bukan?

Hasilnya, gadon daging sapi yang nikmat! Empuk, gurih, padat gizi. Alhamdulillah, si Kakak suka sekali, sedangkan dua adiknya hanya mau makan sedikit, tidak selahap kakaknya. Lumayan, paling tidak sudah mau makan sedikit demi sedikit.

Sebaiknya, gunakan daging sapi has dalam supaya hasilnya lebih empuk. Kemarin saya gunakan daging sapi apa adanya yang didapat dari kurban, sehingga ada sebagian yang kurang halus. Bagi orang dewasa tidak masalah, tapi anak-anak yang masih kesulitan mengunyah, harus dipisahkan dulu bagian yang kurang halus tersebut.

Gadon sapi

"Ini bothok?"

Begitu reaksi suami saya ketika saya sodorkan sesendok gadon daging sapi yang baru saya buat. Setelah saya jelaskan tentang gadon, beliau hanya manggut-manggut sambil menikmati.

"Enak, ya! Gurih dan empuk!"

Hm, sepertinya perlu menabung untuk beli pinggan tahan panas, nih! supaya pas mau bikin lagi, lebih simpel. And yes, gadon daging cocok untuk menu keluarga.

Selamat mencoba resep gadon daging kurban, Temans. Boleh juga share menu favorit olahan daging kurban Temans.


Semoga bermanfaat,


Salam, 

Posting Komentar untuk "Resep Gadon Daging Sapi, Olahan Daging Kurban untuk Keluarga"