Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelajah Wisata Edukasi Bali Butterfly Park Tabanan

wisata edukasi Bali

Mengisi liburan sekolah atau liburan akhir tahun bersama anak-anak atau keluarga paling tepat dengan berbagai kegiatan bermanfaat atau wisata edukasi. Destinasi wisata edukasi di Bali pun tak kalah beragam, salah satunya adalah Bali Butterfly Park di Tabanan. 

Lokasi Butterfly Park Tabanan berada di Banjar Sondan Lebah, Jl. Batukaru, Sedandan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Kurang lebih 21 KM dari Kota Denpasar, atau 30 KM dari bandara I Gusti Ngurah Rai di Tuban Kabupaten Badung. 

Waktu itu kami menuju Butterfly Park dengan menumpang teman Bus sampai halte sekitaran Kota Tabanan, lalu menlanjutkan perjalanan dengan sepeda motor. Lokasinya berada di perdesaan dengan udara yang masih sejuk dan pemandangan hijau yang segar dipandang. Sepanjang jalan pun kita akan disuguhi pemandangan sawah dan kebun. Cukup memanjakan mata khususnya bagi yang pemadangan setiap hari adalah tembok rumah atau gedung tinggi.

Aktivitas Seru di Bali Butterfly Park

Apa saja yang bisa dilakukan jika mengunjungi Butterfly Park Tabanan ini? Lets check it out!

1. Jelajah Kebun dan Kandang Serangga 

Jika berkunjung ke sini, kita akan didampingi oleh tour guide yang juga merupakan karyawan yang setiap hari merawat kupu-kupu dan binatang lainnya yang dipelihara di taman kupu-kupu. Sebelum pandemi, setiap harinya bisa mengirim ribuan kepompong ke berbagai tempat, tetapi saat pandemi jauh berkurang. Jumlah kupu-kupu pun berkurang karena biaya operasional yang tidak sesuai dengan pendapatan. Akibatnya, saat kami ke sana tidak seperti yang dibayangkan, akan mendapati kupu-kupu yang beterbangan di mana-mana. Hanya sedikit kupu-kupu yang terlihat. Spesiesnya pun kurang beragam. 

Nah, karena saat ini sudah mulai pulih dari pandemi, Bali butterfly park kembali ramai terutama sebagai tempat tujuan outing class anak sekolah, spesies kupu-kupu yang dipelihara pun semakin banyak. Menarik bukan, ketika kita melewati kebun lalu kupu-kupu dengan kepakan sayapnya yang indah dan mencolok berseliweran di sekitar. 

Selain kupu-kupu, juga terdapat serangga dan kumbang berbagai jenis. Untuk serangga yang jinak dan tidak membahayakan, kita diizinkan untuk memegangnya. Namun untuk serangga yang berbisa seperti tarantula beraneka jenis dan kumbang dengan capit, kita bisa mengamatinya dari luar kotak (kandang) kaca.

2. Mengenal Aneka Tanaman di Kebun

Tanaman yang ditanam di kebun kupu-kupu tentunya tidak sekadarnya dan asal tanam. Semuanya ditanam berdasarkan kebutuhan serangga dan kupu-kupu yang dipelihara. Selebihnya, dipilih karena alasan estetika. 

Beberapa ulat yang menghasilkan kupu-kupu hanya bisa tumbuh di pohon tertentu, yang disebut pohon inang. Jadi, jika ada jenis kupu-kupu seperti ini dalam penangkaran, harus disiapkan juga tanaman sebagai tempat hidup ulatnya. 

wisata ke bali butterfly park
Mengamati metamorfosis kupu-kupu

3. Melihat Penangkaran Kupu-Kupu 

Mau mengamati metamotfosis sempurna kupu-kupu secara langsung? Di sini tempatnya. Ada kandang khusus untuk penangkaran kupu-kupu. Pengunjung pun diperbolehkan masuk dan melihat langsung kepompong-kepompong yang sedang berproses menjadi kupu-kupu, juga kupu-kupu muda yang baru menetas dan masih belajar terbang. 

Kupu-kupu yang baru belajar terbang itu akan merayap perlahan di sekitar jaring kandang, sebagian menempel sembari menunggu sayapnya semakin membesar. Saat sudah siap terbang, keeper di Bali butterfly park akan membantunya keluar menuju habitat aslinya yaitu di kebun. 

Pengunjung juga bisa memegang kupu-kupu yang sedang belajar terbang tersebut. Sayangnya, seperti halnya makhluk hidup yang lain, ada kupu-kupu yang cacat, tidak bisa terbang sehingga menghabiskan masa hidup singkatnya di dalam kandang penangkaran. 

museum kupu-kupu

4. Museum Kupu-Kupu dan Serangga

Selain bisa melihat langsung proses metamotfosis kupu-kupu, kita juga bisa melihat ratusan spesies kupu-kupu dan serangga di dalam museum kupu-kupu dan serangga. Waktu itu, anak-anak berteriak kegirangan karena melihat kecantikan aneka kupu-kupu dalam preparat. Tersusun rapi dan memperlihatkan keelokan corak sayap-sayapnya. Foto-foto dan penjelasan tentang spesies kupu-kupu tersebut juga bisa dibaca dengan jelas. 

5. Berinteraksi dengan Serangga yang Aman

Selain serangga dan kumbang di dalam kandang (goa), ada juga serangga yang aman/jinak, tidak beracun. Kita bisa berinteraksi langsung bahkan diizinkan untuk memegang serangga tersebut. Saah satunya adalah serangga unik yang sangat identik dengan daun.

Serangga merupakan makhluk hidup yang memiliki kemampuan ilusi sehingga pengecoh makhluk lain yang melihatnya. Salah satunya adalah serangga daun Phyllium bioculatum (Phasmatodea, Phylliidae). Kemampuannya sebagai peniru daun terlihat dari bentuk dan warna tubuhnya. Serangga ini memiliki bentuk tubuh yang khas seperti daun berwarna hijau. terdapat garis berwarna coklat pada tepi tubuhnya untuk mensimulasikan pinggiran daun. Pola sayap dan abdomen serangga ini memiliki garis garis yang serupa dengan vena daun. Spesies ini memiliki dua titik pada bagian abdomen, sehingga diberi nama bioculatum (bermata dua) oleh George Robert Gray pada tahun 1832 di Pulau kalimantan (Bragg, 2007) (source: https://hpt.faperta.ugm.ac.id/phyllium-bioculatum-sang-peniru-daun/)

serangga daun

Serangga tersebut makan daun seperti daun jambu, bentuknya pun sangat identik dengan jambu biji sehingga ketika melihatnya saat menempel di daun jambu, pemangsa (bahkan manusia pun) akan kesulitan mengenalinya. 

Pengalalaman yang menarik untuk anak-anak dan keluarga, bisa mengamati metamorfosis kupu-kupu, melihat langsung berbagai jenis kupu-kupu, serangga, dan kumbang, serta mengamati berbagai macam tanaman bunga dan buah-buahan. Liburan akhir tahun di Bali pun menjadi makin berkesan. 

Bali Butterfly Park di Tabanan memang cocok sebagai destinasi wisata edukasi baik untuk keluarga maupun sekolah. So, jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat menarik ini saat ke Bali dan simak Tips Kunjungi Butterfly Park sebelum ke sana. 

Semoga bermanfaat,

Salam, 

1 komentar untuk " Jelajah Wisata Edukasi Bali Butterfly Park Tabanan"

  1. Masya allah ciptaan Allah. terimakasih kakak sudah berbagi informasi yang keren ini... kunjung balik dan komen d blogku, dengan klik nama ya jazakallah..

    BalasHapus