Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan

Amalan 10 hari terakhir ramadhan

Jangan Biarkan Ia Berlalu Sia-sia

Tak terasa, kita akan memasuki 10 hari terakhir di bulan ramadhan 1444 H. Banyak pengingat dari ceramah-ceramah agar kita memanfaatkan momen hari terakhir ramadhan ini dengan amalan-amalan dan semakin memperkuat ibadah kita.

Kita tak pernah tahu apakah ini ramadhan terakhir kita atau masih punya rezeki umur panjang untuk berjumpa kembali dengan bulan suci ini. Selain itu, ada malam istimewa yakni Lailatul qadar, malam yang lebih baik dari 1000 bulan, yang menurut berbagai riwayat berada di salah satu malam ganjil 10 hari terakhir ramadhan. MasyaAllah.

Belajar dari teladan terbaik, Rasulullah SAW, begitu memasuki 10 hari terakhir ramadhan, beliau akan melebihkan porsi ibadahnya dibanding hari-hari sebelumnya.

Dari Aisyah ra, Rasulullah saw sangat bersungguh-sungguh beribadah pada 10 hari terakhir Ramadhan melebihi kesungguhan beribadah di selain malam tsb (HR Muslim)

Kudu gaspol, Bestie! Kurang lebih begitu. Menjelang akhir ramadhan jangan kasih kendor. Jika biasanya masjid-masjid semakin sepi di akhir ramadhan, kita ramaikan dengan i'tikaf. 

Amalan dan Aktivitas 10 Hari Terakhir Ramadhan:

1. Meningkatkan kualitas ibadah

Bukan hanya meningkatkan kuantitas ibadah, di 10 hari terakhir lebih ditekankan untuk meningkatkan kualitasnya. Misalnya, jika hari-hari sebelumnya qiyamullail dengan surat pendek, maka usahakan untuk memperpanjang bacaan suratnya. 

2. I'tikaf/berdiam diri di masjid

Salah satu keistimewaan ramadhan yang tidak dimiliki oleh 11 bulan hijriah lainnya adalah adanya malam Lailatul Qadar. Untuk mendapatkan malam tersebut, salah satunya adalah dengan i'tikaf di masjid. Bisa mencontoh kebiasaan Rasulullah yang terus di masjid sampai ramadhan usai, atau sesuaikan dengan kondisi masing-masing misalnya masih harus bekerja, harus menjaga keluarga, dll

3. Tilawah Qur'an dan tadabbur

Bulan Ramadhan juga sebagai Syahrul Qur'an, atau bulannya Al-Qur'an karena pada bulan ini Al-Qur'an diturunkan. Maka, segala hal yang berkaitan dengan Al-Qur'an di bulan ini adalah istimewa. Bahkan, Rasullullah selalu Tadabbur Al-Qur'an, dipandu langsung oleh malaikat jibril.

Mengambil ibroh dari beliau, maka kita juga hendaknya tidak hanya membaca Al-Qur'an tetapi juga mentadaburinya.

4. Memperbanyak dzikir dan doa

Salah satu doa yang diajarkan dan menjadi dzikir di 10 hari terakhir adalah

"allahumma innaka 'afuwwun. Tuhibbul 'afwa fa'fu'annii."

"Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan suka mengampuni. Karena itu, ampunilah aku."

Tips dan Trik 10 Hari Terakhir Ramadhan:

1. Libatkan keluarga

Dari Aisyah ra, Rasulullah ketika memasuki 10 hari terakhir, beliau mengencangkan ikat pinggangnya, menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istri beliau untuk beribadah (HR Bukhori dan Muslim)

2. Memperbanyak porsi ibadah malam

Tentunya lagi-lagi karena untuk mendapatkan malam yang lebih baik dari 1000 bulan, Lailatul qadar.

3. Prioritaskan Malam Ganjil

Bukan berarti di malam-malam yang lain kita tidak full power untuk beribadah, tetapi malam ganjil adalah salah satu isyarat adanya Lailatul qadar. Sehingga disarankan untuk memprioritaskan dengan menghidupkan malam-malam tersebut.

4. Sedekah walau dengan 1 kurma

“Tidaklah seseorang bersedekah dengan sebutir kurma dari hasil kerjanya yang halal melainkan Allah akan mengambil sedekah tersebut dengan tangan kanan-Nya lalu Dia membesarkannya sebagaimana ia membesarkan anak kuda atau anak unta betinanya hingga sampai semisal gunung atau lebih besar dari itu.” (HR. Muslim, no. 1014).

Amalan Ibadah 10 Hari Terakhir Bagi Wanita Haid

Bagaimana jika saat 10 hari muslimah sedang datang bulan/haid? Ternyata di luar ibadah wajib maupun sunnah yang tidak diperbolehkan untuk dilakukan saat sedang haid, masih banyak peluang ibadah yang bisa dilakukan.

Di antaranya, memperbanyak doa, dzikir, mendengarkan murottal Al-Qur'an, Tadabbur Al-Qur'an (bisa dengan membaca tafsir, mendengarkan ceramah tentang tafsir, dll), Membaca terjemah Al-Qur'an, bersedekah, memberi makan orang berbuka, terlibat dalam aktivitas dakwah, dll. MasyaAllah, tak kurang-kurang aktivitas yang bisa dilakukan meskipun saat sedang tidak berpuasa dan tidak bisa mengikuti i'tikaf di masjid karena haid.

Bagaimana jika kita masih harus menyiapkan segala hal untuk idulfitri dan mudik, misalnya?

Tetap dengan memperbanyak ibadah seperti berdoa dan berdzikir selama perjalanan, dan jika harus belanja dan sebagainya jangan berlebihan dan jangan terlena, secukupnya saja.


Semoga bermanfaat, 

Salam


Tulisan ini disarikan dari ceramah Ustadz Romzy Mujtahid Dakwah, Lc, MA pada NgoFi (Ngobrol Bareng FLP Bali) edisi special ramadhan. Video bisa disimak di Instagram @flpbali

1 komentar untuk "Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan"

  1. Sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan memang spesial, tapi kalau boleh jujur cepet banget ya bulan ini. Momen ini memang sakral, walau awalnya terasa berat pada akhirnya terasa singkat juga. Di sepuluh bulan terakhir ini juga mengharap mendapatkan lailatul qadar dengan baik, harus semangat melakukan amalan-amalan ini. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus