Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ultah Ke-8 Komunitas Blogger Gandjel Rel

 

Perayaan ultah ke 8 Gandjel Rel

Bergabung dalam komunitas blogger Gandjel Rel adalah salah satu hal yang sangat saya syukuri. Bertemu dengan orang-orang sefrekuensi dalam dunia kepenulisan memberi dampak besar dalam hidup. Sudah 8 tahun Gandjel Rel (GR) eksis sebagai wadah para blogger perempuan di Semarang dan sekitarnya.

MasyaAllah... Meskipun setelah GR ulang tahun ke tiga saya pindah ke Bali mengikuti suami, saya tetap diizinkan untuk menjadi anggota. Iya sih, KTP saya masih Kota Semarang, numpang tinggal aja di Denpasar, hehe.

Tanggal 22 Februari 2023, Gandjel Rel genap berusia 8 tahun. Ada perayaan sekaligus workshop public speaking di Resto Kopi Alam, Semarang pada tanggal 25 Februari. Saya hanya bisa menyimak dari jauh keseruan selama acara. MasyaAllah, melihat foto-foto dan video yang dibagikan di grup sedikit mengobati rasa kangen kodpar dengan GRes.

Ngomong-ngomong soal Public speaking, memang penting juga bagi blogger terutama untuk berbagi ilmu kepada orang lain. Seneng deh para founder mengadakan kegiatan ini, setidaknya kami yang tidak ikut datang ke acara, bisa ikut memeriahkan lomba blog tentang public speaking, Menulis Vs Bicara, tema yang diangkat dalam lomba. 

Karena menulis untuk lomba, saya pun harus mencari referensi tentang public speaking. Alhamdulillah, jadi nambah ilmu lagi, tinggal praktiknya yang masih sering terkendala. Memang harus sering-sering dilatih ya. Semangat!


Sumber: WAG Gandjel Rel

Hal-hal yang Didapat Selama 8 Tahun Menjadi Anggota Gandjel Rel

1. Ilmu Blogging

Jelas banget, banyak ilmu yang saya dapatkan setelah bergabung di komunitas Gandjel Rel. Saya yang nyemplung jadi blogger modal nekat, pelan-pelan dan sedikit demi sedikit memahami seluk-beluk blogging. Meskipun yang kupahami masih basic-nya saja terutama masalah teknis website, itu sudah jauh lebih baik dibandingkan dulu.

Pertama kali belajar food fotografi dan styling, juga karena menjadi anggota GR dan dapat kesempatan mengikuti workshop di Bogasari bersama Bunda Didi, food blogger Semarang. Belajar ngedit video, dan berbagai hal yang berkaitan dengan kepenulisan. Beruntung banget kan, bisa di sini?

2. Teman Baik

Rasa kekeluargaan di Gandjel Rel itu kental banget. Mungkin karena komunitas khusus perempuan, ya. Jadi lebih mudah untuk saling memahami dan berempati dengan sesama anggota.

3. Kesempatan

Ada kesempatan untuk mengikuti berbagai event, kesempatan menjadi pembaca buku pertama karya teman-teman Gandjel Rel, kesempatan mengikuti lomba blog khusus anggota, mengikuti pelatihan, seminar, dan banyak lagi. MasyaAllah.. udah nggak kurang-kurang pokoknya kesempatan yang didapat dari menjadi anggota GR.

4. Powerbank Semangat

Nggak berlebihan kalau saya bilang Gandjel Rel adalah komunitas yang jadi "powerbank" semangat ngeblog. Para founder yang sering ngomporin untuk rajin ngeblog, program-program yang mendukung, juga teman-teman yang saling menyemangati.

Sepertinya sudah beberapa kali kesempatan saya bercerita awal mula saya ngeblog dengan langkah tertatih dan ragu, tidak percaya diri, selalu minder dan overthinking tentang tulisan, dan sederet alasan lainnya. Lambat laun saya mulai percaya diri dan tak risau lagi bagaimana nasib tulisan yang sudah saya publikasikan di blog. Setiap tulisan akan menemukan pembacanya sendiri, dan saya percaya itu.

Iya, berada di sini, salah satu yang membuatku masih bertahan untuk terus ngeblog, ben rak ngganjel, seperti tagline-nya Gandjel Rel.

Masih banyak lagi sih yang kudapat dari komunitas ini, tapi 4 poin di atas yang paling mewakili.

Selamat ulang tahun ke-8, Gandjel Rel. Semoga makin sukses, makin banyak memberi manfaat, makin erat persaudaraan kita, dan sederet doa baik lainnya. Terima kasih banyak atas semua hal.

Semoga bermanfaat,

Salam,


Posting Komentar untuk "Ultah Ke-8 Komunitas Blogger Gandjel Rel"