Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyiapkan Baju Seragam Keluarga untuk Lebaran

Baju seragam keluarga untuk lebaran

Sebentar lagi bulan ramadhan tiba. Umumnya, masyarakat Indonesia khususnya kaum muslim sudah mulai menyiapkan baju seragam keluarga untuk lebaran. Para online shop pun sudah sejak 2 bulan yang lalu mulai promo dan membuka pre-order pakaian sarimbit lebaran.

Temans termasuk yang suka bikin baju seragam atau B aja?

Kalau saya termasuk yang B aja. Terkadang ingin kembaran, lebih sering hanya memakai baju warna senada, kadang juga baju seadanya di lemari. 

Memang, rasanya senang ketika bisa mengenakan pakaian seragam keluarga. Meskipun tidak ada aturan khusus lebaran harus pakai seragam keluarga, tapi sekarang menjadi kebiasaan yang diikuti banyak orang di Indonesia.

Terlihat lebih bagus juga untuk keperluan dokumentasi, ya kan? Karena mengabadikan momen itu juga penting.

Seragam lebaran keluarga. Source: Canva

Tips Memilih Model Baju Seragam untuk Keluarga

Saya pernah mendengar cerita lucu, ada keluarga yang memakai baju sarimbit, ternyata bajunya sama persis dengan tetangganya. Kocak, ya! Jadi berasa 2 kelurga kakak/adik yang sengaja pakaiannya kembaran.

Saya pun pernah mengalaminya. Waktu itu saya pakai gamis motif sejuta umat, yang hits banget ketika bahan katun jepang menjamur. Sadar akan banyak yang menyamai, saya tetap nekad membeli, kadung cinta sama motif dan warnanya yang kalem. Benar saja, ketika kondangan saya pakai gamis itu seragam dengan anak, ada orang yang pakai gamis sama persis. Ingin ketawa dan malu tapi tetap berusaha slay dan cuek. Aslinya dalam hati malu banget. Bahkan baru-baru ini saya juga ketemu dengan orang dengan baju yang sama ketika saya juga memakainya. Kami hanya senyum-senyum dari jauh.

Lebaran tahun kemarin pun tak jauh beda. Saya dan adik-adik lebaran di kampung. Kami sengaja mengenakan gamis warna putih. Saya padukan dengan jilbab warna peach menyesuaikan dengan outfit anak-anak, sedangkan adik saya memadukan gamis itu dengan jilbab warna cokelat, sesuai dengan seragam keluarganya. Saat silaturahim ke tetangga-tetangga dan keliling desa, kami sering dibuat senyum simpul karena bertemu rombongan keluarga lain dengan outfit senada: putih dipadu cokelat. alamak! kembaran sekampung :P

Nah, gimana supaya baju seragam keluarga nggak kembaran dengan tetangga?

1. Jahit Baju Seragam Keluarga

Jahit baju jadi solusi paling pas supaya tidak rawan sama dengan orang lain. Sayangnya, jika memilih opsi ini harus menyiapkan jauh-jauh hari sebelum para penjahit penuh dengan orderan jahitan.

Model bajunya bisa mengambil referensi dari orang lain atau membuat desain sendiri sesuai keinginan. 

2. Ikut PO Baju Seragam Custom

Jika ikut prapesan seragam, coba untuk memilih opsi yang bisa custom, sehingga modelnya bisa disesuaikan dengan keinginan kita. Biasanya jarang yang menerima orderan semacam ini, jadi harus jeli mencari.

3. Tidak Harus Memilih Warna yang sedang Tren

Produsen busana muslim umumnya memilih warna yang sedang tren agar produknya dipilih oleh pembeli. Risikonya, seragam kita akan rawan menyamai seragam orang lain. Sebaiknya, pilih warna yang disukai keluarga meskipun bukan warna yang sedang happening.

4. Pilih Senadakan Warna

Cara paling simpel agar tetap terlihat mengenakan pakaian seragam meskipun tidak "seragam banget", yaitu dengan memilih warna yang sama.

Kelebihannya, dengan cara ini pakaian tersebut bisa digunakan di kesempatan lain, tidak hanya saat bersama keluarga.

Pilih warna dan model long lasting supaya baju bisa dipakai dalam kesempatan lain dan saat warna tren sudah bergeser lagi.

5. Model Modest Fashion Keluarga

Untuk modelnya, biasanya gamis jadi pilihan utama. Lalu tunik atau setelan tunik+celana. Namun kita bisa memilih model lain yang disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing anggota keluarga. Misalnya dengan outer, tunik, gamis, dll.

Biasanya saya tidak mau dipusingkan dengan urusan baju lebaran. Namun tahun ini saya ingin menjahit baju khususnya untuk anak-anak. Jadilah saya beli kain secara online dan menjahitkan baju di kakak sepupu. Semoga bisa selesai sebelum lebaran tiba.

Sekarang ini, pilihan untuk model baju seragam keluarga untuk lebaran jauh lebih beragam. Aneka model gamis, berbagai macam bahan, aneka jenis unik, kaftan, dan busana muslim lainnya bisa menjadi pilihan. Untuk kaum pria biasanya lebih simpel, misalnya koko/kemeja lengan panjang, kemeja/koko lengan pendek, gamis panjang,  dan kurta lengan pendek/panjang.

Temans ada yang sudah menyiapkan baju untuk keluarga saat lebaran juga?

Semoga bermanfaat,

Salam,

2 komentar untuk "Menyiapkan Baju Seragam Keluarga untuk Lebaran"

  1. Aku termasuk yg ga mau pake baju seragam Mbaaa 🤣. Warna senada oke, tapi seragam ga mau 😅. Cukuplah zaman sekolah pake baju seragam hahahahah.

    Naah caraku supaya ga sama dengan orang lain juga mirip dengan mba. Pilih warna ga usah ikutan trend, dan mending jahit memang.

    Tapi sbnrnya aku jarang beli baju lebaran. Kalo memang di lemari msh ada yg bagus, ya udah pake itu. Jadi belinya memang bukan Krn momen lebaran, tapi kapanpun kalo memang butuh 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, sekarang yang kembaran persis anak-anak aja. mak bapaknya pakai warna netral atau yg senada

      Hapus