Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Rekomendasi Destinasi Liburan Akhir Tahun di Bali #1

Rekomendasi tempat wisata di Bali untuk liburan akhir tahun

Assalamualaikum, Temans!

Berencana menghabiskan akhir tahun sekaligus menyambut tahun baru di Bali? Bali memang pilihan yang tepat, lho Temans.  Selain tujuan wisata yang bisa dibilang tak ada habisnya, Bali masih menjadi "surga" buat pelancong lokal maupun mancanegara.

Pascapandemi yang melumpuhkan Bali, kini Bali kembali bersemi dan ramai dengan wisatawan yang menikmati keindahan alam serta pengalaman berharga di pulau dewata.

Nah, buat kamu yang baru pertama kali mengunjungi Bali, berikut destinasi wisata yang wajib kamu datangi untuk menghabiskan liburan akhir tahun.

Inilah 7 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Bali

1. Pantai Sanur dan Kuta

Pantai Sanur dan Pantai Kuta ibarat 2 sejoli tak terpisahkan. Sanur untuk menikmati keindahan matahari terbit/sunrise dan Kuta untuk yang suka menunggu panorama menjelang matahari kembali ke "peraduan". Pesona pagi dan senja yang benar-benar tak terlupakan.

So, meskipun dua pantai ini sangat mainstream dan selalu penuh pengunjung, di sini lah kamu akan menikmati Bali seperti penduduk lokal. Kenapa? Karena warga Denpasar dan sekitarnya juga senang mengunjungi kedua pantai ini untuk bermain sepeda, berenang, atau sekadar duduk di pasir pantai bersama keluarga.

2. Pantai Melasti, Dreamland, dan Seputar Jimbaran/Uluwatu

Jika di Sanur dan Kuta kita bisa asyik berenang atau main sepeda di pinggir pantai, di pantai seputar Jimbaran/Uluwatu seperti Melasti dan Dreamland kita akan lebih dimanjakan dengan panorama samudera di hadapan. Air yang jernih menampakkan warna biru kehijauan, ombak yang bergulung-gulung dan buih-buih putih yang datang dan kembali bersama ombak yang berkejaran.

Meskipun boleh beraktivitas di air seperti berenang, bermain canoe/boat, dan aktivitas air lainnya, di pantai-pantai ini harus lebih waspada dan berhati-hati terlebih ketika gelombang tinggi.

Ada juga titik -titik lokasi tempat kita bisa menikmati keindahan pantai dari ketinggian. Perpaduan warna dan ombaknya sangat memukau dilihat dari atas.

Di Uluwatu juga ada pertunjukan tari kecak di panggung di atas tebing pinggir pantai. Kita bisa menikmatinya di waktu senja. Memukau, bukan?

3. Desa Penglipuran

Desa Penglipuran, desa terbersih dan rapi di Bali.

Bukan tempat yang luas tapi di sini kita bisa belajar dan bercengkerama dengan warga lokal yang mendiami rumah-rumah di desa wisata ini. 

Kebanyakan warga menjual aneka souvenir dan oleh-oleh khas Bali di rumahnya. Di sini kita juga bisa melihat denah rumah adat Bali sesuai aturannya, meskipun umumnya sebagian rumah sudah dimodifikasi menjadi rumah limasan/modern.

Oh ya, beberapa penduduk juga menjual makanan/minuman tradisional seperti jajanan pasar dan jamu/Loloh khas Bali. Tertarik untuk mencobanya?

4. Tanah Lot

Termasuk ke dalam salah satu tujuan wisata yang sangat mainstream, tapi juga masih sangat layak untuk dikunjungi. Kita akan disuguhi pemandangan alam yang memukau dari ketinggian. 

Meskipun pasir pantainya tak seputih pantai di wilayah Bali bagian selatan, tetap tak mengurangi keindahan pesona Tanah Lot.

Sebuah pura di atas bukit (batu karang) akan memukau sesiapa yang datang ke sana. Saat tanah surut, pengunjung diperbolehkan memasuki pura. Namun saat air pasang, karang landai sebagai jalan menuju ke sana akan tertutup air laut.

Berjalan berkeliling, kita akan mendapati taman yang asri, juga titik-titik menarik untuk mengambil foto atau sekadar duduk menikmati ombak dari kejauhan.

Tanah Lot memang menjadi tujuan wisata yang masif, sehingga area parkirnya luas dan fasilitas umumnya sangat memadai. Sepanjang jalan dari dan menuju parkiran, berdiri kios-kios yang menjual aneka cinderamata khas Bali atau makanan dan minuman.

5. Danau Bedugul

Jika di pantai kita mendapatkan pemandangan indah tapi dengan hawa panas yang menyerta, maka di Danau Bedugul kita akan dimanjakan dengan warna hijau sejauh mata memandang. Udaranya pun teramat sejuk khas suasana pegunungan, bahkan tak jarang sehingga menutupi jarak pandang kita ke sekitar.

Hampir sama dengan Tanah Lot, GWK, dan tujuan umum di Bali lainnya, area parkir Danau Beratan di Baturiti, Bedugul ini cukup luas. Banyak orang yang menjual menu sederhana ala kaki lima semacam bakso, cilok, dll di sekitarnya. Jika ingin memilih makan di restoran yang lebih berkelas, bisa menuju resto yang ada di dalam lokasi danau.

Area wisata danau sangat asri, dengan taman yang dilengkapi rumput -rumput hijau dan aneka bunga khas dataran tinggi. Dilengkapi dengan playground dan aneka wisata air serta spot foto buatan/alami. Jangan lupa untuk mengambil foto di depan pura. Pura ini yang ada di uang pecahan 50 ribu. Coba cek dompet, masih ada pecahan uang edisi ini atau sudah terganti edisi baru semua?

6. GWK (Garuda Wisnu Kencana) Cultural Park 

Temans pernah terpukau dengan video Wonderland yang digagas oleh Alfi Reff? Nah, salah satu lokasi pengambilan video ada di Garuda Wisnu Kencana atau yang biasa disingkat GWK.

Terletak di Ungasan Kecamatan Kuta Selatan, GWK berasa di area yang sangat luas dengan "tokoh utama"-nya patung Dewa Wisnu dan burung garuda. Di sini pengunjung bisa menikmati berbagai pertunjukan budaya maupun pertunjukan lain seperti konser musik. Menarik, bukan? Buat fans Kahitna, Sheila on 7, dan beberapa grup band lain, akhir tahun menuju tahun baru bakal ada Countdown concert di sana.

7. Monumen Bajra Shandi Denpasar 

Asing dengan tujuan wisata satu ini? Monumen Bajra Shandi merupakan sebuah monumen yang menjulang di tengah-tengah lapangan Puputan Margarana (atau biasa dikenal masyarakat dengan "Lapangan Renon").

Di dalam monumen ini terdapat museum perjuangan rakyat Bali, dan di area basement ada museum tiga dimensi (3D) I AM Bali.

Jika tidak ingin masuk ke dalam museum, kita bisa berkeliling sekitar monumen. 

Lapangan ini merupakan pusat kegiatan masyarakat dan pemerintah kota Denpasar/Provinsi Bali. Berbagai event kerapkali diadakan di sana.

Masyarakat juga memanfaatkannya untuk berolah raga di pagi dan sore hari, atau sekadar bermain bersama keluarga. 

Tak perlu ragu untuk menggelar tikar dan menikmati makanan di sana layaknya tengah piknik di padang rumput. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan.

Tak berlebihan rasanya ketika ada yang mengambil foto di sini dan membubuhkan tulisan "Denpasar rasa Swiss". Di beberapa sisinya, terlihat sangat asri dengan pepohonan rindang dan rumput hijau tebal serta kontur tanah yang seperti berbukit-bukit. Jika duduk di sana selama beberapa saat, seperti tidak sedang berada di jantung kota Denpasar.

Itulah beberapa rekomendasi tempat yang cocok untuk menghabiskan liburan akhir tahun di Bali, khususnya buat Kamu yang baru pertama kali datang.

Semoga bermanfaat,

Salam,


Posting Komentar untuk "7 Rekomendasi Destinasi Liburan Akhir Tahun di Bali #1"