Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemuda ICMI Bali Hadirkan Cendekiawan untuk Bangsa dan Negara

 

Pelantikan Pengurus Pemuda ICMI Bali 2022

Pelantikan Pemuda ICMI Bali Periode 2022-2026

Dalam upaya meningkatkan kontribusi kepada Bangsa dan Negara, Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) melantik kepengurusan Pemuda ICMI Bali di Auditorium Gedung Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali, Ahad (23/10/2022).

Acara tersebut diselenggarakan dalam pembukaan Silaturahmi Kerja Wilayah (Silakwil) ICMI Orwil Bali tahun 2022.

Mengambil tema ‘Peran ICMI dalam Membangun Generasi Tangguh dan Berkarakter’, kegiatan ini dihadiri Ketua Umum ICMI Prof. Dr. Arif Satria, Ketua Umum MPP Pemuda ICMI Dr. Ismail Rumadan, SH., MH dan rektor ITB STIKOM Bali Dr. H. Dadang Hermawan.

“Sangat bersyukur, pada acara Silakwil ICMI Orwil Bali ini juga dikukuhkan Pengurus Majelis Wilayah Pemuda ICMI Bali, sehingga ICMI Orwil Bali membuat sejarah baru terbentuknya PEMUDA ICMI Bali.” ujar Prof. Dr. Arif Satria ditemui di ITB STIKOM Bali, Ahad (23/10/2022).

Ia juga menyampaikan harapan kepada Pemuda ICMI Bali agar selalu bersemangat dalam melaksanakan tugas-tugas ataupun program pemberdayaan umat khususnya di wilayah Bali.

“Harapan kami bahwa para pemuda ICMI sebagai anak muda yang memiliki energi penggerak bisa bekerja sama dgn ICMI Orwil Bali untuk melaksanakan program-program pemberdayaan ummat khususnya di Bali,” tambahnya.

Ketua Umum ICMI Orwil Bali Ir. Hj. Farida Hanum Ritonga, M.Si menyebut ada banyak harapan yang bisa diperoleh dari pelantikan Pemuda ICMI Bali terutama membangun dan memperkuat Bangsa di segala aspek yang ada.

“Harapan kita kepada Pemuda ICMI ini bisa menjadi energi penggerak kita untuk kerjasama dengan Senior ICMI Bali, melaksanakan kegiatan-kegiatan pemberdayaaan umat khususnya di Bali ini,” ujar Farida Hanum.

Sementara itu, Ketua Umum Pemuda ICMI Bali Muhammad Zainal Abidin, S.H; CCL; CLI yang resmi dilantik oleh Ketua Umum MPP Pemuda ICMI Dr. Ismail Rumadan, SH., MH menyampaikan tujuan dibentuknya Pemuda ICMI Bali ini untuk melahirkan pandangan atau gagasan terkait fenomena dimasyarakat.

“Kami ingin, meningkatan budaya berpikir yang kritis atas fenomena sosial di masyarakat dengan cara banyak melakukan kajian, riset, diskusi serta lokakarya yang bertujuan melahirkan pandangan dan/atau Gagasan terkait fenomena di masyarakat.” terang Muhammad Zainal Abidin.

Ia juga menyampaikan, harapan ke depannya Pemuda ICMI Bali bisa diterima oleh masyarakat dan melaksanakan berbagai kegiatan positif yang membangun segala aspek pandangan di masyarakat, terutama menciptakan cendekiawan muda yang peduli dengan agama dan bangsanya.

“Dengan tujuan besar menciptakan cendekiawan muda yang peduli atas agama dan bangsanya.” ungkap Zainal.

Tulisan di atas adalah rilis media yang dibuat oleh tim media Pemuda ICMI Bali yang baru dilantik. Sebelum dilantik ada yang sudah sibuk bikin rilis. MasyaAllah. 


Menjadi Bagian dari Pemuda ICMI Bali 2022-2026

Tak pernah terbayangkan saya akan menjadi bagian dari para pemuda aktivis (yang selalu saya sebut orang-orang keren nan hebat, MasyaAllah) yang berdiri di atas panggung itu.

Ahad, 23 Oktober 2022, salah satu hari bersejarah karena ini kedua kalinya dalam tahun 2022 saya menyatakan "siap" dan "bersedia" serta bersumpah janji sebagai pengurus organisasi. Kali ini bersama Pemuda ICMI Bali, dan sebelumnya di pelantikan FLP Wilayah Bali.

"Arina saya masukkan jadi pengurus Pemuda ICMI Bali, ya!" 

Suatu hari, masuk chat WA dari Bu Anis, salah seorang senior dan panutan saya dalam berorganisasi. 

"Nggih, Bu."

Tanpa pikir panjang saya langsung menjawab "ya". Beliau pasti melibatkan saya dalam kebaikan, bukan yang lain. "Hanya" atas dasar itu lah saya mengiyakan. Esoknya saya baru tersadar, apa itu Pemuda ICMI? Dan atas dasar apa saya yang seorang ibu rumah tangga ini dilibatkan di ICMI? Dan berbagai pertanyaan overthinking lainnya. Sudahlah, beliau merekomendasikan artinya ada hal yang dibutuhkan sesuai kapasitasku, begitu saya akhirnya menghibur diri-sendiri. Semoga memang benar sesuai dengan kemampuan, bukan malah mengecewakan pengurus lainnya. Aamiin. 

Beberapa pekan setelahnya, tetiba muncul notifikasi grup baru, dengan daftar nama pengurus ICMI Bali yang akan diserahkan ke Pemuda ICMI Pusat untuk dibuatkan surat keputusan (SK). Tertulis nama saya menjadi anggota Divisi Komunikasi, Informasi dan Publikasi, yang biasanya kita sederhanakan dengan menyebutnya “Divisi Humas”. Baiklah, bismillah semoga bisa memegang amanah ini sampai purna. Aamiin. 

Pengurus ICMI Bali pun mengundang seluruh (calon) pengurus Pemuda ICMI untuk hadir dalam acara perkenalan. Di sini, ketua ICMI Bali Ibu Farida Hanum dan Bapak Sigit, ketua Pemuda ICMI Bali (dulunya bernama MASIKA) menjabarkan tentang sejarah Pemuda ICMI dan berbagai hal yang berkaitan. Peserta pun dikenankan untuk memperkenalkan diri satu-persatu.

Jujurly, saya insekyur parah saat perkenalan ini, karena seluruh pengurusnya adalah akademisi dan  ‘ profesional dengan sederet gelar mentereng di belakang namanya. Saya dengan sisa-sisa rasa percaya diri maju ke depan forum dengan menggendong bayi 11 bulan, dan memperkenalkan diri sebagai seorang ibu rumah tangga. Uhuk! Jangan tanya groginya kek gimana. Kek pengen langsung ngacir aja keluar dari kelas yang digunakan untuk pertemuan. 

“Kita, Pemuda ICMI, sebagai apa pun kita, dengan profesi dan keahlian yang dimiliki. Yang dibutuhkan adalah pemua-pemuda yang memiliki kepekaan terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat dan hadir untuk memberikan solusi,” Pak Zainal, ketua Pemuda ICMI Bali memberikan pemantik semangat untuk anggotanya. 

Saya sedikit tersentak dan mulai tergugah serta lebih percaya diri untuk ikut berkontribusi di organisasi pemuda ini dengan kemampuan yang saya miliki dan segenap daya upaya. 

Berhubung saya juga mengikuti beberapa organisasi lain, maka saya juga harus pandai-pandai mengatur prioritas dan berbagi peran baik sebagai seorang ibu, istri, dan pengurus/anggota organisasi yang saya ikuti. Ada yang saya harus all out dan memikirkan banyak hal, ada pula yang cukup menunggu arahan dari pimpinan. 

pelantikan Pemuda ICMI Bali
sebagian pengurus Pemuda ICMI Bali yang baru dilantik

Kenapa Aktif Berorganisasi? 

Tak banyak alasan, hanya 2 hal ini:

“Khairunaas anfa’uhum linnaas”

The best among you are those who bring the greatest benefits to many others”

"Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain."

“Diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dan At-Tirmidzi bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Kedua kaki seorang hamba pada hari kiamat tidak akan beranjak hingga dia ditanya 4 hal: tentang umurnya untuk apa dihabiskan? Tentang jasadnya apa yang telah diperbuat? Tentang ilmunya apa yang telah diamalkan? Tentang hartanya dari mana dia peroleh dan ke mana ia habiskan?” 

Semoga segala kesibukan ini senantiasa bernilai ibadah dan menjadi ladang untuk memberikan manfaat bagi orang lain.

Barakallah atas pelantikan pengurus Pemuda ICMI Bali periode kepengurusan tahun 2022-2026. Semoga Allah memudahkan langkah kita dan istiqomah. Aamiin. 

Semoga bermanfaat, 

Salam, 

1 komentar untuk "Pemuda ICMI Bali Hadirkan Cendekiawan untuk Bangsa dan Negara"