Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 5 Alasan Orang Menyukai Drakor, Nomor 3 Bikin Ngakak

alasan orang menyukai drama korea

Nonton Drakor (Drama Korea) bagi sebagian orang Indonesia sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap hari atau kegiatan rutin pekanan. Mereka biasanya menyesuaikan dengan jadwal rilis seri terbaru Drakor yang tengah tayang di TV Korea dan disiarkan juga di negara lain melalui sambungan TV kabel. 

Survei JakPat menemukan penggemar drama Korea Selatan (drakor) di Indonesia menonton film drakor rata-rata sebanyak 4 kali dalam seminggu. Setiap menonton, mereka menghabiskan waktu rata-rata 2 jam 45 menit. Sebagian besar penggemar atau 46% penggemar drakor menonton selama 1,5-3 jam per sekali duduk (tontonan). Lalu, 22% menonton drakor di bawah 1,5 jam. Kemudian, 21% responden yang menonton drakor 3-5 jam dalam sekali duduk. Terakhir, ada 11% responden yang kuat menonton drakor hingga lebih dari 5 jam.

Adapun genre favorit penonton drakor di Indonesia adalah komedi romantis yang digemari 79% responden. Selanjutnya 70% responden menyukai drama romantis, 61% menyukai aksi, 55% menyukai thriller kriminal, dan 48% menyukai fantasi. Melodrama disukai oleh 47% responden, sejarah disukai oleh 40% responden, dan horor disukai oleh 33% responden. Komedi memiliki penggemar terendah dengan hanya 26%.

Survei JakPat ini melibatkan 2.474 responden dari seluruh Indonesia yang disaring menjadi 1.025 responden, dengan kriteria pernah menonton drama Korea dalam 6 bulan terakhir. Pengumpulan data dilakukan pada 24 Juni-4 Juli 2022. 

sumber: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/25/survei-penonton-drama-korea-paling-suka-genre-komedi-romantis

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/24/studi-jakpat-demam-k-pop-orang-indonesia-habiskan-15-3-jam-nonton-drakor

Inilah Alasan Orang Indonesia Suka Nonton Drakor 

1. Cerita Menarik, Out of The Box dan Banyak Genre

Ide cerita yang unik, out of the box, juga alur cerita yang sering mengejutkan dan tidak mudah ditebak; menjadi alasan banyak orang menyukai drakor. Tak jarang drakor yang mengusung tema surealis tetapi animo penonton cukup tinggi. Bahkan tema-tema sederhana yang kadang relate dengan kehidupan sehari-hari pun terasa sangat menarik untuk ditonton. 

Selain itu, banyaknya genre di drakor juga memungkinkan penonton untuk mengikuti berbagai judul drakor sesuai kesukaannya. Ada yang suka romantic comedy, thriller, dll. 

2. Suka KPOP Lalu Suka Drakor atau sebaliknya

Generasi tahun 2000-an, lebih banyak yang mulai menyukai drakor karena berawal dari menyukai KPOP. Berhubung idol mereka main drakor, mereka pun setia mengikuti idolnya itu saat berperan di kayar kaca. 

Ada pula sebaliknya yang menyukai drakor karena drakor lawas everlasting seperti endless love, Dae Jang Geum, Dong Yi, dll. 

Lia, seorang teman kuliah saya mengaku menyukai drakor dan berlanjut menyukai KPOP karena tertarik dengan salah satu judul drakor yang ia tonton saat masih duduk di bangku SMA. 

Dulu saat SMA aku nonton drakor di Indosi*r, Memories Of Bali. Terus suka sama cerita dan aktornya. Dari situ mulai nonton drakor-drakor lain. 
Pas kuliah, dapat info drakor/perkoreaan  dari beberapa majalah. Majalahnya sering ada bonus VCD, isinya ada  musik Kpop gitu. Terus ada satu video klip boyband Dong Bang Shin Ki (DBSK/TVXQ) yang bikin aku kagum. Ini kenapa suaranya bagus semua dan ganteng semua?!  Lagunya bagus, pas dance juga bagus, pokoknya beneran talented bukan cuma modal cakep. Terus mulai Suka DBSK dan KPOP. Sejak saat itu jadi lebih ngikuti KPop daripada drakor. Sekarang masih suka Kpop, tapi artis favoritnya selama bertahun-tahun itu ganti-ganti. Dan walaupun suka Kpop, aku nggak ngikuti semuanya. Lebih ke ngikuti artis/group favorit aku aja gitu. Drakor juga tetap suka meskipun sekarang yang ditonton terbatas, paling nonton 1 judul series sampai selesai, nggak nonton drakor on going tiap hari. 

3.Lokasi Syuting Menarik dan Memanjakan Mata

Siapa nih yang jadi pengen ke Pulau Jeju, Menara Seoul/Namsan Tower, Desa-desa tradisional Korea, Sungai Han, dan berbagai tempat lainnya gara-gara nonton drakor? Kamu salah satunya? Tenang, banyak temannya ko. 

Artinya, cara mereka untuk promosi wisata melalui film sudah berhasil. Buktinya, para pencinta drakor banyak yang menjadikan Korea Selatan sebagai wishlist tujuan wisata mereka. Lokasi syuting yang memanjakan mata memang bikin penonton betah.

"Nggak pernah nemu lokasi syuting yang sama seperti sinetron Indonesia, hahaha!" kata seorang teman.

4. Episode Tidak Terlalu Panjang dalam 1 Seri Drama

Ada yang malas nonton sinetron Indonesia karena episodenya yang sampai ribuan nggak habis-habis? Agaknya, kecuali kaum ibu yang memang suka sinetron, lebih memilih untuk nonton drakor dibanding di-PHP dengan cerita yang mbulet tak jelas ujungnya. 

Rata-rata drama seri Korea hanya 16 episode, terkadang sampai 20, dan hanya judul tertentu yang biasanya cerita kolosan berkaitan dengan zaman Joseon yang sampai lebih dari 20 episode. Beberapa judul seperti "Anna" bahkan hanya 6 episode, "Birthcare Center" hanya 8 episode, dll. 

5. Pemain yang Good Looking

Tak bisa dipungkiri, alasan pemainnya yang good looking menjadi alasan yang paling sering dijumpai khususnya oleh kaum hawa. Setuju, bukan? Apalagi para aktor dan aktris Korsel memang umumnya terlihat jauh lebih muda dari usianya. Kalau wajah pemainnya bening, aktingnya memukau, sinematografinya juga keren, siapa yang tak ingin terus menonton?

Nah, kalian masuk ke poin yang mana, Temans? 

Ngerasa nggak sih, kalau drakor yang keren tuh macam kejar-kejaran. Satu judul on going selesai, disusul judul lainnya dari berbagai genre. Kalau diturutin bisa habis waktu buat nonton drakor tiap hari, gonta-ganti channel. 

Sekarang yang sedang happening ada Little Woman yang sudah hampir selesai, The Goleden Spoon, The Law Cafe, May I Help You, Bad Prosecutor, Love in Contract, Love is For Suckers, Cheer Up, Mental Coach Jegal, Three Bold Siblings, The Queen’s Umbrella, The Empire, One Dollar Lawyer, Blind, dan Gaus Electronics. 

Hm... banyak juga ya, yang tayang dan selesai sekitar bulan Oktober ini. Temans sedang menonton drakor yang mana? 

Semoga bermanfaat,

Salam, 

1 komentar untuk " Inilah 5 Alasan Orang Menyukai Drakor, Nomor 3 Bikin Ngakak"

  1. Bener banget kalau soal visual memang Korea juga menang banyak, tapi aku lebih suka dari segi akting mereka, adegannya antimainstream, dan konflik yang diangkat menarik. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus