Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencoba Menu Middle East & Mediterranean Cuisine di Restoran Abunawas Bali

 

review resto halal abunawas bali
Photo credit: Abunawas Bali

Kalau lagi nyari rekomendasi restoran halal di Bali dan cocok buat acara keluarga atau buka bersama, maka Restoran Abunawas adalah jawabannya. Kuy lah, review resto Abunawas, ya. 

Makan di Resto Abunawas Bali adalah salah satu keinginan saya sejak resto ini dibuka. Setiap melewati jalan di depannya, pasti sembari membatin, seperti apa ya rasa otentik menu-menu yang biasanya hanya kucoba dari kelas homemade itu? 

Maklum, sebelumnya hanya pernah mencoba nasi kebuli, mandhi, biryani dan menu Timur Tengah lainnya hanya dari paket-paket nasi dan bumbu yang kemudian dimasak sendiri sesuai petunjuk.

Berkat kemurahan hati seorang dermawan, kami diajak makan di resto halal khas Timur Tengah ini beramai-ramai. Saat itu kami tengah mengadakan pembubaran panitia setelah kegiatan di hotel di ruas jalan yang sama.

First Impression saat Memasuki Resto Abunawas 

Resto yang berada di Jalan Imam Bonjol Denpasar ini, sudah "sangat Middle East" mulai dari fasad bangunannya. Dari depan sudah terlihat nuansa Timur Tengah yang kental. Partisi-partisi yang digunakan sekaligus sebagai sumber sirkulasi udara makin menambah nuansa ala negeri Aladin. Di halaman depan ada area parkir yang sebenarnya cukup luas, namun ketika ada event rupanya penuh juga.

Saat memasuki resto, nuansa Timur Tenga makin terasa dari musik yang disajikan dan desain interiornya. Sofa-sofa lebar, ornamen-ornamen klasik, keramik, fountain, dan furniture yang digunakan membuat pengunjung serasa memasuki dunia yang berbeda, sementara di depan sana, hiruk-pikuk lalu lintas yang padat dan sering macet. 

rekomendasi restoran halal bali

Lantai dasar berupa tempat makan baik untuk berdua maupun keluarga. Sedangkan lantai atasnya berupa semacam saung-saung yang bisa digunakan untuk lesehan ala Sultan. Di lantai ini juga biasanya digunakan untuk event tertentu seperti pernikahan. Naik ke lantai atasnya lagi, ada mushola yang luas dengan balkon semi terbuka. Dari balkon ini kita bisa menikmati pemandangan sawah membentang tepat di belakang resto. Meskipun view-nya nggak mendukung tema resto, tapi cakep banget deh! Kalau malam juga bisa lihat langit dari atas sini. 

Oh ya, musholanya nyaman, luas, bersih. Area wudhu laki-laki dan perempuan terpisah. Untuk area shalat, dalam satu ruangan tetapi dipisahkan oleh tirai tebal dan tinggi sehingga masih bisa mendengar suara imam shalat tanpa terlihat dari area sebelahnya. Mukena dan sajadah juga disediakan, dan yang pasti tetap wangi. Terasa nyaman sekali shalat di mushola ini. Sebelum turun kembali ke lantai bawah, kita bisa menikmati pemandangan dari balkon di depan mushala.

Menu Family Package Resto Abunawas

Saat itu kami memesan menu family package sesuai saran sang Bapak Dermawan. Menu Family package ini tertulis di menu untuk 5 orang, tapi kami ber-10 pun nasinya cukup. Yup! Pesannya menu family dengan menambah daging dan side dish. Untuk Family Package Lamb, Isinya ada nasi mandi dan biryani kambing, daging kambing, roti, salad, kare, dan sambosa.

Nasinya sangat khas karena terbuat dari beras basmati. Tampilannya lebih besar dan panjang serta pera (tidak menggumpal) jika dibandingkan dengan nasi dari beras yang biasa dikonsumsi di Indonesia. Rempahnya terasa dan terlihat juga butirannya seperti lada hitam, kismis, dll. 

Rotinya masih hangat saat terhidang, dengan aroma khas keluar dari panggangan. Menikmati roti ini dengan kuah kare yang kental, dengan paduan rasa asam dan pedas. Teksturnya makin kaya karena terdapat kacang-kacangan di dalamnya.

Sambosanya juga sangat khas Timur Tengah, maksudnya bukan sambosa yang sudah dimodifikasi dengan selera lidah orang Indonesia. Kulitnya krispi dengan isian daging yang kaya rempah. Aromanya khas banget seperti bumbu kare. Isinya padat dan ndaging

Buat saya pribadi, kalau melihat harga, it's a little bit pricey, but worth to try. Kalau lihat kualitasnya memang nggak kaleng-kaleng, sesuai banget sama harganya. Beras menggunakan beras basmati sesuai resep otentik menu Timur Tengah, dan pastinya rempah-rempah yang digunakan pun berlimpah. Untuk side dish yang lain juga worth to try semua, mulai dari sambosanya yang recommended banget, kare, roti, dll. Apalagi potongan dagingnya juga nggak main-main. Daging dimasak dengan rempah khas Timur Tengah lalu dipanggang, luarnya garing tapi tidak keras. Dagingnya empuk dengan bumbu yang meresap sempurna.

Harga family Package di Abunawas Bali

Real sebagian menu Abunawas Bali 

Menikmati menu Middle East tentunya lebih afdhol dengan langsung menggunakan tangan. Tenang, buat yang nggak biasa makan pakai tangan langsung, karena resto menyediakan sepaket piring lengkap dengan sendok dan garpu sebagaimana umumnya.Kalau lesehan malah bisa makan langsung bareng-bareng ya, alias bancakan atau megibung dalam bahasa Bali.

Untuk menu minumannya, ada pilihan minuman tradisional seperti teh dan kopi, ada juga menu seperti smoothies dan squash. Berhubung penasaran, salah seorang dari kami pesan Classic Tea. Tehnya dihidangkan dalam teko cantik dilengkapi dengan gelas kecil berisi daun mint. Aromanya teh banget, dengan rasa yang cenderung pahit dan pekat. Buat pencinta teh bakalan nikmat banget, tapi terlalu pahit buat lidah saya.

Nah, jadi pengen ke Resto Abunawas lagi, nih. Menikmati menu Timur Tengah bersama keluarga. Ada juga lho paket untuk sendiri atau berdua. Dan kalau bawa anak, pesan paket yang sendiri juga bisa dinikmati berdua karena porsinya cukup besar. Yang penting harus sabar nunggu pesanan datang, ya. Apalagi saat ramai. Mereka menyajikan menu yang fresh yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mengolahnya.

So, ini salah satu restoran halal yang bisa Temans kunjungi saat jalan-jalan ke Bali. Selamat mencoba!

Semoga bermanfaat,

Salam,

2 komentar untuk "Mencoba Menu Middle East & Mediterranean Cuisine di Restoran Abunawas Bali"

  1. Bagus restorannya bernuansa Islam di Arab, jarang nemu restoran kayak gini. But, ini di Bali cantik banget kalau malam. Jadi penasaran, makanan-makanannya juga enggak kalah enak ini kelihatannya. Terima kasih reviewnya!

    BalasHapus