Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aktualisasi Diri IRT Bersama ASUS Vivobook 14 Pro OLED (M3400)

Review ASUS Vivobook 14 Pro OLED M3400

Aktualisasi Diri IRT bersama ASUS Vivobook 14 Pro OLED (M3400)

Seseorang pernah bertanya, apa yang membuatku ikhlas menjalani kehidupan sebagai seorang ibu rumah tangga sementara dulu sebelum menikah adalah seorang perempuan yang bekerja. Saya katakan bahwa ada hal-hal yang menjadi prinsip kami hingga memutuskan hal tersebut. Selain itu, saya juga bersyukur suami tetap mengizinkan saya mengaktualisasikan diri. Saya didukung untuk menulis, berkarya, berorganisasi, dll meskipun tetap dalam batasan tertentu yang menjadi kesepakatan dan disesuaikan dengan kondisi kami.

Sekarang ini, banyak cara bagi ibu rumah tangga untuk berkarya di luar tugas utamanya sebagai pendidik utama bagi anak-anaknya. Terlebih, teknologi yang semakin berkembang dan arus informasi yang semakin luas. IRT pun semakin dimudahkan untuk berperan lebih banyak di luar aktivitas rutinnya. Contohnya, jika memiliki perangkat misalnya laptop yang mumpuni seperti ASUS Vivobook 14 Pro OLED (M3400), tentunya makin luas aktivitas dan jangkauan pemberdayaan dirinya.

Apa saja sih yang memungkinkan dilakukan bersama si ASUS Vivobook 14 Pro OLED ini? Yuk, intip bersama-sama sesuai perspektif saya, seorang ibu rumah tangga yang mencoba untuk terus membenahi diri dan berproses menjadi lebih baik.  

Upgrade Kompetensi

Berkembangnya dunia digital dan arus informasi menuntut kita untuk terus upgrade kompetensi. Beruntungnya, sekarang banyak kursus, pelatihan, webinar, dan sarana untuk mencari ilmu lainnya secara daring. Kelas-kelas online tersebar luas dengan narasumber yang andal di bidangnya. Berbagai aktivitas daring ini akan semakin lancar jika didukung dengan perangkat yang mumpuni.

Berdasarkan data yang dihimpun Hootsuite per Februari 2022, pengguna internet di Indonesia mencapai  204,7 juta. Pengguna media sosial aktif mencapai 191,4 juta dari seluruh penduduk Indonesia yang berjumlah 277,7 juta jiwa. Ponsel yang terhubung dengan internet sebanyak  370,1 juta. Rata-rata akses internet mencapai 8 jam, 36 menit/hari. Situs yang paling banyak dikunjungi adalah Google, YouTube, kanal berita, Facebook, media sosial lain, dan situs belanja. 

Alasan menggunakan internet: 

Sebanyak 80,1% menggunakan internet untuk menemukan informasi.

Sebanyak 72,9% menggunakan internet untuk menemukan ide-ide baru dan inspirasi.

Sebanyak 68,2% menggunakan internet untuk berhubungan dengan teman dan keluarga.

Sebanyak 63,4% menggunakan internet untuk mengisi waktu luang.

Sebanyak 61,4% menggunakan internet untuk mengikuti berita dan kejadian terkini.

Sebanyak 58,8% menggunakan internet untuk menonton video, tv dan film.

dan lain sebagainya.

(sumber data: https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/)

Dari data di atas, setelah Google, pengguna internet terbanyak mengakses platform audio visual YouTube. Untuk itu, saya pun ingin bisa membuat konten-konten menarik di YouTube baik yang berkaitan dengan aktivitas menulis dan blogging, traveling, maupun konten positif lainnya. Kegiatan menyunting video membutuhkan laptop yang prima dengan kapasitas yang cukup untuk menyimpan berbagai draft video dan footage, juga aplikasi-aplikasi yang mendukung penyuntingan video. 

Dengan performa powerful yang dimiliki oleh ASUS Vivobook 14 Pro OLED, tentu saya tidak khawatir lagi dengan masalah-masalah seperti laptop lambat aksesnya, peyimpanannya kurang, panas, dll. 

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) juga telah hadir dengan HD webcam terintegrasi agar penggunanya selalu siap untuk video conference kapan saja. Mendukung banget buat IRT yang mau menambah kompetensi dengan mengikuti berbagai kelas online.  

IRT keratif bersama ASUS Vivobook 14 Pro OLED

Aktivitas Blogging semakin Prima

Blogging menggunakan ponsel memang sangat bisa dilakukan dengan segala daya dan upaya. Namun, menggunakan laptop akan jauh lebih nyaman, lebih aman untuk kesehatan mata dan postur tubuh. Saat di depan laptop kita cenderung untuk duduk lebih tegak terlebih jika tempat duduknya mendukung. 

Lebih utamanya, ASUS Vivobook 14 Pro (M3400) sudah dilengkapi dengan fitur yang dapat mencegah kerusakan mata dan tidak membuat mata cepat lelah meskipun cukup lama beraktivitas di depan layar. Keyboard-nya didesain ergonomis dan tampilan layarnya lebar dengan menggunakan rasio aspek 16:10  supaya penggunanya lebih nyaman. 

Mendukung Belajar Anak dengan Aplikasi Windows Terbaru

Si Kakak saat ini kelas 3 SD. Dia mulai mendapatkan pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Saat me-review pelajaran sekolah, saya harus tersenyum kecut karena yang diajarkan di sekolah adalah teknologi terbaru, sementara laptop kami di rumah tidak kompatibel untuk aplikasi-aplikasi terbaru. Alhasil ia hanya belajar mengandalkan praktik di sekolah dan review teorinya. Saat penilaian tengah semester (PTS), dia mengaku kesulitan mengerjakan soal. 

Seandainya punya laptop dengan teknologi terbaru dari ASUS, pasti si Kakak bisa juga praktik TIK di rumah dengan ditemani ayah/bundanya karena sudah dilengkapi dengan aplikasi Windows 11, gesit dan responsif, keyboard yang dilengkapi dengan lampu sehingga memudahkan saat kondisi kurang cahaya, dll. 

Tak hanya itu, layar yang cukup lebar yaitu laptop 14 inchi dengan menggunakan rasio aspek 16:10 yang memungkinkan untuk tampilan lebih banyak di layar. laptop ini juga memiliki kualitas suara yang jernih karena sistem audio khusus dengan teknologi AI Noise Cancelling. Ini memungkinkan untuk mendukung belajar online, mengerjakan tugas sekolah, mengikuti kursus online, dll. 

Aktivitas di beberapa Komunitas makin Lancar 

“Hanya” seorang ibu rumah tangga bukan berarti saya hanya berdiam diri di rumah setiap saat. Atas izin suami, saya memiliki agenda rutin pekanan yang idealnya menggunakan laptop di setiap pertemuannya. Namun karena kendala saat ini, saya hanya menggunakan ponsel. Selain itu, di komunitas penulis dan peran saya sebagai relawan literasi menuntut saya untuk selalu siap sedia di depan laptop khususnya ketika pertemuan rutin dan kegiatan.

Saya membutuhkan laptop yang ringan dan mudah dibawa ke mana-mana. Bobot ASUS Vivobook 14 Pro OLED (M3400) yang hanya 1,4 kg sangat memungkinkan untuk saya bawa ke berbagai kegiatan komunitas sembari saya juga menggendong bayi. 

Selain itu, saya juga senang traveling dan ingin tetap produktif saat bepergian. Jadi, membawa laptop yang ringan sangat mendukung aktivitas ini. Berbagai hal menarik yang didapatkan selama perjalanan bisa langsung dituangkan ke dalam tulisan di laptop untuk dibagikan di blog niche traveling. Foto-foto terpilih pun bisa langsung ditransfer guna mengurangi beban memori ponsel dan atau kamera. Sangat menarik!

Spesifikasi Lengkap ASUS Vivobook 14 pro OLED (M3400)

Spesifikasi Lengkap ASUS Vivobook 14 pro OLED (M3400)

Laptop Powerful nan Gesit

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) menggunakan AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang biasanya digunakan di laptop gaming sehingga memastikan kinerja yang lebih kencang dibandingkan laptop sekelasnya. Keren banget nggak sih, laptop dengan harga di bawah 13 jutaan tapi kualitas prosesornya sudah sekelas laptop gaming yang tangguh nggak main-main. 

“Hadir dengan ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang memiliki full powerful performance core untuk multitasking bahkan video editing. Selain powerful, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian semakin maksimal. Dilengkapi dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming yang tanpa lag. Produktivitas harian dimanapun dan kapanpun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini.”

Varian tertinggi Vivobook Pro 14 OLED (M3400) akan ditenagai oleh AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor. Prosesor tersebut menggunakan konfigurasi 8-core dan 16-thread serta mampu berjalan di frekuensi hingga 4,4GHz. Vivobook Pro 14 OLED (M3400) juga dibekali dengan memori berkapasitas hingga 16GB serta penyimpanan PCIe SSD berkapasitas 512GB, membuatnya selalu andal untuk berbagai aktivitas termasuk multitasking.

Agar performa yang dihadirkan selalu optimal, ASUS membekali Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dengan system pendingin IceCool Plus terbaru. Sistem pendingin tersebut ditenagai oleh dua kipas khusus berbahan Liquid Crystal Epoxy Polymer (SCP) sehingga dapat hadir dengan 86 bilah di setiap kipasnya. Sistem pendingin ASUS IceCool Plus mampu menghadirkan aliran udara 16% lebih baik serta memastikan Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dapat selalu bekerja secara optimal.

No drama-drama laptop panas, overheat saat dipakai zoom meeting atau aktivitas yang memakan waktu lama. 

Layar Berteknologi ASUS OLED yang Menghadirkan Pengalaman Visual Menarik serta Aman bagi Kesehatan Mata

Sesuai namanya, laptop ini juga menawarkan layar yang sangat berkualitas dengan panel ASUS OLED resolusi 2,8K dengan 90Hz refresh rate dan 100% DCI-P3. Untuk mendukung kreativitas yang lebih tinggi, panelnya menggunakan rasio aspek 16:10 sehingga lebih banyak konten dapat ditampilkan di layar. Teknologi OLED pun jauh lebih canggih dibanding teknologi layar IPS. 

Selain itu, ASUS OLED juga hadir dengan fitur yang dapat membantu mencegah kerusakan pada kesehatan mata dalam jangka waktu yang panjang sekaligus tidak membuat mata cepat lelah. Kenapa bisa seperti ini? Yuk kita bahas. 

Salah satu keunggulan utama ASUS OLED, yaitu layar ASUS OLED telah dikalibrasi sejak awal sehingga memastikan setiap warna dapat ditampilkan sebagaimana mestinya. Tak kalah amazed, layar ASUS OLED bahkan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display sehingga tingkat akurasi reproduksi warnanya tidak perlu diragukan lagi. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh ASUS OLED adalah konsiten dalam menghadirkan kualitas visual sehingga warna yang ditampilkan sangat identik dengan aslinya. Kualitas reproduksi warna yang sangat tinggi dan akurat, serta konsistensi warna pada tingkat kecerahan yang rendah membuat pengguna lebih nyaman.

Hal lain yang biasanya menjadi kendala bagi pengguna laptop adalah adanya radiasi blue light atau cahaya biru yang bisa berakibat buruk pada kesehatan mata. Untuk itu, ASUS OLED juga telah dilengkapi dengan teknologi anti-flicker yang dapat membuat mata tidak mudah lelah, serta telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk teknologi anti-flicker dan low blue light agar pengguna makin nyaman, tidak membahayakan kesehatan, dan mata tidak cepat lelah meskipun cukup lama di depan layar. 

Asyik juga ya kalau begini. Saat weekend saya sering maraton dari Zoom room satu ke Zoom room lainnya atau berlanjut mengikuti YouTube streaming tentu sangat melelahkan mata dan badan. Kalau dengan teknologi yang membuat mata tidak cepat lelah saat di depan laptop, badan pun nggak sedemikian parah terkena zoomfatigue

Aktivitas Sehari-hari (bekerja) dengan Lebih Produktif

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) merupakan laptop yang dirancang sebagai perangkat penunjang aktivitas sehari-hari sehingga penggunanya dapat menjadi lebih produktif. Dilengkapi dengan touchpad dengan ukuran yang lebih luas serta keyboard ASUS ErgoSense. Keyboard tersebut hadir dengan jarak tombol, kedalaman tekan, serta stabilitas yang telah dirancang khusus serta presisi agar penggunanya nyaman saat mengetik. Dan seperti Vivobook seri yang lain, keyboard juga dilengkapi dengan lampu sehingga memungkinkan untuk tetap nyaman menggunakan laptop dalam kondisi kurang cahaya. 

Selain keyboard dan touchpad, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) juga dibekali sistem audio khusus dengan teknologi AI Noise Cancelling. Teknologi tersebut dapat meredam suara bising di sekitar pengguna sehingga Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dapat selalu diandalkan untuk melakukan conference call atau online meeting di berbagai kondisi. Cocok sekali digunakan di area perumahan di mana banyak anak-anak main dan bergerombol sepanjang hari, atau yang memiliki kantor di pinggir jalan raya padat kendaraan. 

Baterai yang digunakan adalah Lithium-ion 3-cell berkapasitas 50WHrs sehingga Vivobook Pro 14 OLED sanggup memasok daya hingga 8 jam lebih. Nah kan, makin mantabs deh untuk mendukung berbagai aktivitas.

Ringan sehingga Mudah Dibawa

Bagi yang memiliki mobilitas tinggi, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dapat menjadi perangkat andalan. Vivobook Pro 14 OLED (M3400) didesain ringkas dan ringan dengan bobot hanya 1,4Kg serta ketebalan bodi hanya 18,9mm sehingga sangat mudah untuk dibawa bepergian dan membuat penggunanya selalu produktif di mana saja dan kapan saja.

Buat traveller, pekerja remote yang nomad, IRT banyak gaya acara, mahasiswa yang sudah mulai kuliah offline tetapi juga tetap harus stay online, pasti membutuhkan perangkat yang ringan dan mudah dibawa agar tidak makin berat beban yang dibawa.

Keterangan Spec ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)


Main Spec.

Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

CPU

AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.4 GHz max boost)

AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor (6-core/12-thread, 19MB cache, up to 4.2 GHz max boost)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB DDR4

8GB DDR4

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

Display

14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 600nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black

Graphics

AMD Radeon™ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader

Connectivity

Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5

Camera

720p HD camera with privacy shutter

Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified audio

Battery

50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension

31.58 x 22.63 x 1.89 ~ 1.92 cm

Weight

1.4 Kg

Colors

Solar Silver, Cosmos Blue

Price

Rp11.299.000 (Ryzen 5 / 8GB RAM / 512GB SSD)

Rp11.799.000 (Ryzen 5 / 16GB RAM / 512GB SSD)

Rp12.799.000 (Ryzen 7 / 16GB RAM / 512GB SSD)

Warranty

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

“Yah, lihat deh spec-nya ASUS Vivobook 14 Pro OLED (M3400) ini,” kataku pada suami

“Wow! Ini sih laptop sehari-hari yang sekelas laptop gaming. Keren banget! Nggak main-main ini mah,” jawabnya antusias.

“Kalau punya ini mantabs, ya! Petjah banget deh, cocok buat jadi laptop impian yang bisa kupakai aktivitas sehari-hari mulai dari nemenin anak belajar, ngeblog, ikut Zoom meeting, webinar, streaming, belajar desain, edit video buat YouTube, menunjang aktivitas di organisasi dan komunitas...” 

“Lha... ko mengkhayal...” protesnya.

“Hihi. Boleh dong berharap...”

“Iya, boleh, aku juga bisa main games online lagi jadinya. Hahaha!” ujarnya sembari tertawa renyah. 

Begitulah, kalau sudah jatuh hati, jodoh tak ke mana. Eh, maksudnya? Ya maksudnya untuk ASUS Vivobook 14 Pro OLED (M3400) yang powerful nan tangguh ini, dong!

ASUS merupakan perusahaan multinasional sekaligus produsen motherboard, PC, monitor, kartu grafis, dan router terbaik di dunia dengan visi sebagai perusahaan teknologi terdepan dan paling inovatif di dunia. Kredibilitasnya sudah tidak diragukan lagi, bahkan sejak tahun 2021 ASUS telah memenangkan 61.520 penghargaan dari organisasi teknologi terpandang dan media IT dari seluruh dunia. Jadi, apakah masih ragu untuk meminang si Tangguh Vivobook 14 Pro OLED?


Semoga bermanfaat,

Salam, 

14 komentar untuk " Aktualisasi Diri IRT Bersama ASUS Vivobook 14 Pro OLED (M3400)"

  1. emang keren banget ya Asus satu ini..asli akupun jadi makin ingin memilikinya niih.. duh..semoga berjodoh dgnya. begitupun dirimu, kudoakan semoga berjodoh dg Asus keren yg satu ini. aamiin..

    BalasHapus
  2. Asus memang idola ya, duh makin makin deh keinginannya utk pny lepi yg keren abis macam Asus. Kencengin doa trs nih semoga Alloh wujudkan, tidak ad yg tidak mgkn kalau masih di dunia, hihihi. Aamiin. Terimakasih penjelasan komplit ttg Asus'nya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, ASUS memang keren2 laptopnya. Suamiku punya udah lama banget masih bisa dipakai. Makanya jadi pengen punya laptop baru yang tetap ASUS, awetnyya dapat, teknologinya juga udah yg terbaru

      Hapus
  3. Iya, aku merasakan gegar budaya saat habis menikah, resign dan ikut ke Ungaran rasanya huhu... Alhamdulillah berbekal laptop ASUS akhirnya coba kerja jadi penulis lepas akhirnya ada jalan untuk berkarya walaupun di rumah

    BalasHapus
  4. Anakku yang kuliah di IT juga memilih Asus lho. Dan ikut senang bacanya, bagaimana ibu rumah tangga bisa tetap bahagia dan berdaya sesuai passion.

    BalasHapus
  5. Buat kita yang kerjaannya kudu mantengin layar, pas banget nih klo pake laptop ini. Mata kudu dieman2 lho.... layar OLED di laptop ASUS membantu kita agar mata tak mudah lelah. Dambaan banget nih.

    BalasHapus
  6. Aku ikut jatuh hati loh dengan ASUS Vivobook 14 Pro OLED karena fiturnya semua kece bangeeet. Apalagi Notebook ASUS milikku udah berumur 7 tahun meski masih bisa digunakan juga sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak.. tiap ada produk baru ASUS pengen ya Mbak

      Hapus
  7. Terimakasih mbak sharing dan reviewnya, aku mah IRT dan Freelancer. Suka banget ama produk"nya ASUS, masih setia pake laptop asus. Jadi mupeng pengen beli lagi huhu

    BalasHapus