Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Upgrade Skill di Tahun 2022 dengan Kursus Online GreatNusa

Apa resolusi tahun 2022-mu, Temans? saya tak banyak punya resolusi, “hanya” seputar pengembangan diri untuk upgrade skill, manajemen waktu dan manajemen emosi. Sisanya, berkaitan dengan pencapaian materi, dan lain-lain cukup melanjutkan mimpi-mimpi di tahun 2021 yang belum berhasil kuraih. 

Pandemi membuat ritme hidup berubah drastis. Mau tak mau kita menyesuaikan dengan perubahan yang ada dan kini mulai beradaptasi, terasa nyaman dengan kegiatan-kegiatan yang dulu membuat pusing dan stres. Jika belum bisa menyesuaikan dengan berbagai perubahan itu bukan berarti tidak bisa, bukan? Yang ada adalah kita harus terus meningkatkan kemampuan yang kita miliki, melebarkan sayap supaya tidak tergerus perubahan zaman. 

Ada beberapa skill yang berkaitan dengan passion atau dekat dengan kehidupan saya yang ingin saya kembangkan, yaitu berkaitan dengan public speaking, fotografi, montessori, menulis, dan manajemen bisnis. 

Skill yang ingin Saya kembangkan di Tahun 2022 

Public Speaking

Selama pandemi, kita banyak berkutat dalam kegiatan online termasuk dalam organisasi yang saya ikuti. Mau tak mau, ketika mengadakan kegiatan, sesekali saya pun didapuk menjadi MC, moderator, atau mendapat tugas lain yang mengharuskan saya berbicara di depan audiens.

Meskipun sudah beberapa kali mendapat tugas, rasanya tetap panas dingin tak karuan dan di awal selalu grogi, membuat kata-kata yang keluar dari mulut kadang kurang sesuai dengan konsep yang sudah dibuat. Well, saya menyadari sangat membutuhkan skill ini dan berharap bisa meningkatkannya di tahun 2022.

Sebelum pandemi organisasi juga pernah mengadakan workshop public speaking, tapi sayang praktiknya masih kurang dan belum ada evaluasi yang bisa menjadi acuan untuk menilai sejauh mana progresnya.    

Belajar microteaching sebelum pandemi

Belajar public speaking saat pandemi

Fotografi

Sudah lama saya menyukai dunia fotografi. Hanya berbekal kamera smartphone, saya lebih menyukai foto landscape, abstract, dan still life. Biasanya, ide styling untuk foto produk dan makanan saya dapatkan dari instagram, di mana banyak fotografer yang membagikan behind the scene proses produksi fotonya. 

Tahun 2021 rasanya menjadi tahun termalas saya untuk menggelar properti dan eksplorasi berbagai gaya foto. Malas melanda dan saya pun merasa stuck. Itu-itu saja hasil foto saya, belum ada perkembangan berarti. Ketika ada informasi workshop fotografi, saya sering antusias mengikuti. Sayang, biasanya materi yang diberikan lagi-lagi materi basic, yang baik buat saya karena kembali me-review teori fotografi, tapi belum membuat kemampuan saya berkembang.

Paling tidak, saya harus mengikuti kelas advance khususnya belajar teknik lighting yang selama ini masih menjadi kendala utama. 

Montessori 

Diberi kesempatan untuk memiliki anak lagi di penghujung 2021, membuat ritme hidup juga berubah lagi. Jika sebelumnya sudah repot dengan aktivitas 2 anak, maka sekarang lebih repot lagi dengan kehadiran anak ketiga. 

Di anak pertama, saya merasa gagal mengajarkan berbagai hal. Anak kedua kembali trial and error, di anak ketiga saya ingin mempelajari montessori. Sebenarnya, sudah kepo montessori sejak hamil anak kedua, tapi belum serius belajar dan menerapkan untuk anak. semoga langkah ini bisa membantu perkembangan anak-anak khususnya anak kedua dan ketiga. Aamiin. 

Menulis Skenario

Pertengahan 2021, saya kembali mengikuti workshop menulis press release, me-refresh workshop yang pernah saya ikuti di tahun 2017. Bersyukur waktu itu masih dalam kondisi hamil mulai memasuki trimester ketiga, saya masih bisa bergabung dalam pelatihan selama sehari penuh itu. Sebenarnya tidak hanya berkaitan dengan press release, tapi lebih umum tentang jurnalistik (membuat berita foto dan berita narasi). Tahun ini masih terus mengasah kemampuan membuat press release dengan sesekali membantu seorang coach bisnis.  

Tahun 2022 saya ingin sekali belajar menulis skenario. Berawal dari sebuah pelatihan content creator, di mana disebutkan bahwa saat ini kebanyakan audiens (baca: netizen) memilih media audio visual, saya pun ingin terjun ke ranah saya. Tahu diri sangat kesulitan untuk editing video dan semacamnya, maka saya ingin mengambil bagian yang tetap sesuai dengan kompetensi yang dimiliki saat ini, menulis.

Manajemen Bisnis

“Bundaku jualan gendongan dan kerja di depan HP/laptop.”

Itulah jawaban anak pertama saya ketika ditanya oleh seseorang, apa pekerjaan bundanya. Dia tahu saya jualan gendongan bayi karena saya pernah memberitahunya. Saya juga sering mengatakan, “Bunda mau kerja” ketika saya berkutat dengan tulisan atau aktivitas lainnya di Hp dan laptop. 

Sebelum pindah ke Bali, saya memiliki toko online bernama Cha-Cha Shop. Saya menyediakan aneka clodi, buku bantal (softbook) untuk bayi, gendongan bayi yang ergonomis dan aneka perlengkapan bayi lainnya. Saat itu saya menjadi reseller dari toko perlengkapan bayi. Saya juga menjual gamis dewasa yang saya ambil dari berbagai produsen dan punya stok barang di rumah.   

Saat pindah ke Bali, saya kehabisan modal untuk stok barang lagi, sehingga saya memutuskan untuk menjadi dropshipper/marketer dengan potongan harga yang lebih sedikit dibanding saat menjadi reseller (potongan untuk marketer rata-rata 5-10% dari harga barang). Oleh karena itu saya ingin mengembangkan lagi online shop ini.

Kursus Manajemen Bisnis di GreatNusa 

Baru-baru ini saya mendapat rekomendasi kursus manajemen bisnis di GreatNusa. GreatNusa merupakan portal pembelajaran daring dengan visi membina & memberdayakan pemimpin masa depan Indonesia (empower Indonesia' future leaders) melalui akses belajar di mana saja, kapan saja bagi pembelajar seumur hidup (lifelong learners).

GreatNusa menghadirkan beragam materi pembelajaran praktis, berkualitas, terpilih dari para ahli, praktisi profesional berpengalaman, serta institusi pendidikan terkemuka sebagai upaya mendukung pemerintah Indonesia dalam mencapai SDM Unggul Indonesia Maju.

Platform kursus online dengan tagline digital life long learning platform for Indonesia's future leader ini bisa diakses juga secara gratis. Kita bisa mendaftar sebagai anggota pembelajar dengan email atau akun Google untuk mengakses kursusnya. 

Alasan Memilih Kursus Online GreatNusa 

Semenjak pandemi, platform edukasi online menjamur, menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat akan kehidupan yang serba daring. kita pun harus pandai-pandai memilih platform mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kita. 

Topik Relevan & Berkualitas

GreatNusa menyediakan berbagai kursus praktis berkualitas. Kursus Bisnis Dasar, Bisnis Digital, Kewirausahaan, Komunikasi. Sistem Komputer, AI & Machine Learning, Programming, Language. Sistem Informasi, dan Website Development tersedia di platform ini. 

GreatNusa juga bekerja sama dengan para ahli, praktisi maupun institusi pendidikan unggulan dan menyesuaikan dengan kebutuhan industri 4.0. 

Pembelajaran Fleksibel & Adaptif

Dengan mengikuti kursus online pengembangan diri di GreatNusa, kita dapat belajar kapan pun, dimana pun serta bisa memanfaatkan fitur auto-tracking untuk memantau materi pembelajaran yang sesuai dengan minat & kebutuhan kita. 

Kolaborasi 

Di GreatNusa, kita juga bisa berkolaborasi dengan komunitas pembelajar & berbagai mitra yang berkolaborasi dengan GreatNusa. Keren, bukan?

Itu dia pengembangan soft skill yang ingin saya lakukan khususnya melalui kursus online pengembangan diri di GreatNusa. Semoga bisa meningkatkan kualitas hidup dan terus berproses menjadi lebih baik. 

Buat Temans yang penasaran dengan GreatNusa bisa langsung kepoin website-nya, ya! lebih baik lagi jika langsung mendaftar dan mengikuti kursusnya, biar resolusi tahun 2022 bisa tercapai. Semangat! 

Semoga bermanfaat,

Salam, 

1 komentar untuk " Upgrade Skill di Tahun 2022 dengan Kursus Online GreatNusa"

  1. Kursus online gini emang cocok banget nih buat ibu ibu kek aku gini

    BalasHapus