Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Mengikuti Tes Minat Bakat bagi Siswa

manfaat mengikuti test minat bakat bagi siswa

Seiring maju dan modernnya dunia pendidikan, kebutuhan seorang siswa untuk mengetahui jurusan kuliah yang tepat baginya semakin meningkat. Hal tersebut menjadi modal dasar siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi jenjang kuliah. 

Namun demikian, masih banyak siswa yang masih belum yakin atau bahkan belum tahu jurusan kuliah apa yang akan ditekuninya nanti. Ada begitu banyak pilihan, namun seringkali pilihan yang banyak itu justru membuat siswa menjadi tambah bingung dan bimbang dengan jurusan yang akan dia pilih.

Yang menjadi problematika mendasar saat ini, mengapa banyak siswa yang masih bingung memilih jurusan kuliah? Apa yang membuat mereka bingung dan bimbang?

Jawabannya sangat simpel, yaitu karena para siswa belum mengetahui secara pasti bakat dan minatnya. Bakat bisa diartikan sebagai keahlian alami yang dimiliki setiap orang, bakat juga sering disebut sebagai talenta. 

Sedangkan minat berarti ketertarikan dan keinginan seseorang untuk memiliki atau mempelajari sesuatu yang disukai.  Terkadang bakat dan minat tidak sejalan. Ada orang yang berbakat disuatu bidang, tapi dia tidak minat. Begitu juga sebaliknya.

Faktor Salah Memilih Jurusan Kuliah

Banyak anak remaja sekarang seringkali merasa kesusahan untuk mengetahui bakat dan minat yang dia miliki karena banyaknya bidang kesukaan yang mereka senangi. Kebanyakan siswa bahkan salah dalam memilih jurusan kuliah di karenakan banyaknya faktor seperti:

1. Memilih jurusan berdasarkan keinginan orang tua

Ini nih hal yang sering bikin galau para siswa, sebagai contohnya saat siswa ingin masuk ke jurusan peternakan, tetapi orang tua dikarenakan gengsi dan prospek kerja menyuruh anak mereka untuk memilih jurusan kedokteran yang dimana anak mereka sama sekali tidak memiliki minat dalam bidang tersebut. Mereka juga belum memiliki pandangan kedepannya tentang ilmu yang akan mereka dapatkan. 

2. Memilih jurusan ikut-ikutan teman pergaulannya

Kecenderungan siswa dalam bergaul dengan teman-temannya memberikan pengaruh besar dalam memilih jurusan pendidikan lanjutan, hal ini bisa menjadi hal yang fatal kedepannya apabila jurusan yang diikuti dari temannya tidak sesuai dengan minat dan bakat yang dia miliki

3. Memilih jurusan berdasarkan trend yang saat itu

Sebagian besar siswa memilih jurusan dikarenakan melihat potensi di bidang tersebut pada masa itu alias hanya bersifat sementara. 

Salah satu cara yang paling akurat untuk mengetahui bakat dan minatnya adalah melalui tes bakat dan minat. Mengetahui bakat dan minat dapat menjadi modal dasar untuk menentukan pilihan jurusan kuliah yang tepat. 

Berikut adalah beberapa manfaat dari mengikuti tes minat bakat

1. Menemukan pekerjaan yang tepat

Hasil dari Tes Minat & Bakat akan menjelaskan bidang kerja apa yang paling cocok buat siswa. Dengan begitu siswa akan lebih yakin menentukan bidang kerja nantinya. Bekerja di bidang yang siswa memiliki minat dan bakat di dalamnnya  akan membuat siswa nyaman dan bahagia menjalaninya.

2. Lebih mudah mengembangkan keahlian

Saat hasil tes minat dan bakat sudah keluar, siswa bisa fokus mengembangkan keahlian sesuai bidang yang menjadi potensi siswa. Tanpa belajar dan berlatih, kemampuan siswa hanya akan terus terpendam, jadi ikuti beragam pelatihan untuk mempertajam keahlian dan kompetensi guna bekal di dunia kerja nanti.

3. Kepercayaan diri dalam berkarir

Ketika sudah tau dan fokus di satu bidang yang menjadi minat bakat siswa dan berhasil mengembangkannya, siswa akan punya kepercayaan diri yang lebih besar dalam berkarir.

Semoga bermanfaat, 

Salam

1 komentar untuk " Pentingnya Mengikuti Tes Minat Bakat bagi Siswa"

  1. Nah, ini bener banget penting mengetahui minat dan bakat jangan sampai sudah memilih jurusan baru bilang kayaknya aku salah jurusan.

    BalasHapus