Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 3 Cara Sederhana Bonding Time Berkualitas

cara membangun bonding orang tua dengan bayi

Halo, Moms! Pasti Moms sudah paham ya, bahwa membangun kedekatan/bonding time berkualitas dengan anak itu sangat penting baik di masa 1000 hari pertama tumbuh kembang anak maupun saat anak makin besar. Bonding adalah proses untuk membangun ikatan emosional antara dua orang, misalnya antara ibu dan bayi/anak. Ikatan emosional ini tidak serta merta menjadi berkualitas jika tidak rutin dilakukan. 

Manfaat Bonding Time Berkualitas dengan Anak 

Dengan bonding time berkualitas, ibu dan bayi akan merasakan hubungan yang penuh cinta, kasih sayang, kehangatan, serta rasa aman. Perasaan positif ini tentu akan berpengaruh dalam proses tumbuh kembang bayi sehari-hari.

Di periode emas 1000 hari pertama kehidupan bayi terjadi perkembangan emosi, kecerdasan, dan bahasa yang sangat pesat, sehingga perlu dilakukan stimulasi, salah satunya melalui bonding.

Rasa aman dan percaya kepada kedua orang tuanya akan menjadikan si Kecil menjadi pribadi yang penuh percaya diri. Berbeda dengan anak-anak yang bonding dengan orang tua terutama ibunya kurang, dia akan tumbuh menjadi anak yang agresif dengan kecerdasan emosional rendah dan bisa jadi tumbuh menjadi anak insecure karena di rumah sering merasa terabaikan. 

3 Cara Sederhana Bonding Time Berkualitas 

tiga cara sederhana membangun bonding berkualitas
ilustrasi, source: Canva

1. Menggendong Bayi

Sebagaimana dilansir dari situs klikdokter, menurut beberapa penelitian, menggendong bayi bisa membantu perkembangan otak dan tubuh yang lebih baik bagi bayi. Selain itu, bayi yang sering digendong dan diajak berbicara oleh orang tuanya, akan mengalami perkembangan bicara yang jauh lebih baik ketimbang bayi yang jarang digendong.

Jadi, jika orang tua kita dulu menyarankan agar bayi jangan sering digendong supaya tidak “bau tangan” alias maunya nempel ke ibunya terus, itu kurang tepat ya, Moms. Bayi merasa nyaman saat berada di gendongan ibunya karena dia bisa mendekap dan mendengar detak jantung ibunda. 

Menggendong juga terbukti mengurangi stres pada ibu, membantu bayi mengatur suhu tubuh (apalagi dengan skin to skin saat si Bayi sedang demam), membantu ibu lebih lancar menyusui, dan mengurangi rasa sakit pada bayi. 

Sering merasa amazed nggak sih Moms, terutama saat bayi menangis lalu seketika menjadi tenang begitu digendong ibu atau ayah. Ternyata karana bayi merasa tenang, nyaman, dan bahkan berkurang rasa sakit yang dialami. 

Saat ini, ilmu pergendongan/babywearing juga semakin berkembang. Moms tak perlu ragu untuk menggendong bayi sejak baru lahir dengan teknik yang tepat seperti posisi menggendong vertikal M-Shape. Posisi ini aman dan bayi pun nyaman karena posisinya seperti saat dia berada dalam rahim ibu. 

2. Berikan Stimulasi Sensorik 

Hal sederhana kedua yang diperlukan untuk membangun bonding time dengan anak adalah melakukan pijat/stimulasi pada indera perabanya. Stimulasi ini sebenarnya dimulai sejak bayi baru lahir dan dilakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Saat IMD, bayi diletakkan di dada ibu, naluri akan menuntunnya untuk bergerak mencari ASI.

Kegiatan sederhana yang bisa dilakukan oleh ibu setiap hari adalah pijat bayi. Memberikan stimulasi sensorik dengan memijat akan meningkatkan bonding time dan perkembangan bayi pun akan lebih sehat dibanding bayi yang tidak pernah dipijat khususnya oleh ibunya sendiri. 

Menurut beberapa sumber inilah manfaat lain memijat bayi: 

  • Menenangkan serta mengurangi frekuensi menangis pada bayi
  • Memperlancar pencernaan, serta mengurangi sakit perut, gas dan sembelit
  • Menambah berat badan harian
  • Membantu bayi lebih mudah beradaptasi dengan tidur malam, dan membantunya tidur lebih nyenyak
  • Meredakan sesak napas dan rasa tak nyaman pada saat tumbuh gigi
  • Membantu pembentukan, koordinasi serta kelenturan ototnya dengan baik.
  • Meningkatkan kesadaraan tubuhnya
  • Meningkatkan sistem kekebalan
  • Menjadikan tekstur kulitnya lebih baik
  • Membantu ibu dan bayi merasa tenang dan rileks
  • Meningkatkan rasa percaya diri ibu dalam memegang bayi

Memijat Bayi dengan Produk Berkualitas Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit

Memberikan stimulasi sensorik pada bayi seperti pijat tentunya membutuhkan produk berkualitas yang aman untuk bayi. Produk yang direkomendasikan adalah Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit. 

Produk Mama's Choice Irish Bella Baby Essential Kit untuk mendukung bonding time
Produk Mama's Choice Irish Bella Baby Essential Kit

Moms pasti sudah mengenal berbagai produk Mama’s Choice, bukan? kenapa harus memilih produk ini? Karena Mama’s Choice mengisi gap di pasar dengan menyediakan produk yang aman, natural dan halal dengan harga terjangkau secara kualitas untuk Mama dan Calon Mama. Ya kan? Sebagai ibu sering galau dengan produk harga murah tapi mengandung bahan yang berbahaya, sedangkan harga produk impor yang aman sungguh bikin dompet menjerit. Dengan Mama’s Choice, masalah itu bisa diselesaikan. 

Ssst! Siapa yang penggemar si Mama cantik Irish Bella? Saya bukan fans garis kerasnya, tapi seneng gitu lihat keharmonisan keluarga kecil Irish Bella – Ammar Zoni dan si Kecil Air Rumi yang gemesin. Nah, kita juga bisa belajar dari Mama Irish seputar tumbuh kembang anak. salah satunya pakai produk berkualitas untuk mendukung bonding time berkualitas dengan si Kecil. 

Intip yuk, Irish Bella’s Baby Essential Kit berisi:

  • 1 pcs Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash
  • 1 pcs Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil
  • 1 pcs Mama’s Choice Baby Rash Cream
  • Free 1 buku untuk anak
  • Free stiker untuk anak
Mama's Choice sebagai pilihan produk yang alami, halal, dan harga terjangkau
Mama's Choice Irish Bella Essential Kit

Keunggulan Produk Ini:

  • Bebas dari toksin dan aman untuk kulit sensitif Si Kecil. Perlu diperhatikan, Moms bahwa Sulfate (SLS/SLES) yang biasanya terdapat pada sabun dan shampo bayi pada umumnya bisa menyebabkan alergi, iritasi, dan kemerahan pada kulit bayi yang sensitif.
  • Mama’s Choice Baby Hair & Body Wash menawarkan formula Natural Bubble-Rich yang aman dan lembut di kulit bayi baru lahir. Jadinya aman, nggak perlu worry dengan berbagai bahan berbahaya yang beredar. 
  • Harga lebih hemat 
  • Gratis Buku Cerita Anak Dunia Bunbun untuk 100 pembeli pertama. Buruan, Moms!
  • Mudah dibawa ke mana-mana. Iyes! Saat bepergian sekadar keluar beberapa jam pasti kita butuh baby essential kit seperti calming tummy oil dan baby rash cream. Biar aman, persiapan harus matang kalau bawa anak. 
  • Wanginya lembut banget. Duh, cocok deh sama wangi bayi. Jadi makin gemas dan pengen nyiumin anak terus :D 
  • Yang pasti jadi makin tenang karena produknya lebih alami 
Untuk lebih jelasnya, Moms bisa mengunjungi website Mama's Choice dan Akun media sosial Mama's Choice @mamaschoicedid. 

3. Membacakan Buku dan Rajin Berkomunikasi 

“Merawat dan membacakan buku cerita merupakan aktivitas sehat yang dapat menciptakan kehangatan dan ikatan antara Mama dan sang buah hati.” (Irish Bella).
Manfaat membacakan buku untuk anak sejak dini
Si Kecil saat bergantian membaca buku dengan Bunda

Pentingkah mengenalkan buku sedini mungkin? Tentu! Mengenalkan buku pada anak sejak dini adalah tentang proses transfer informasi dan nilai positif di dalamnya. Aktivitas sehat ini akan menciptakan kehangatan dan ikatan yang kuat dalam keluarga, sehingga anak lebih tenang dan aman meski di rumah saja.

Membacakan buku cerita anak sejak dini dapat mempererat bonding, melatih fokus dan konsentrasi, meningkatkan kerja otak, baik untuk perkembangan emosi anak, dan menumbuhkan kebiasaan membaca pada Si Kecil. 

Saya pun berusaha mengenalkan buku sejak anak-anak masih bayi. Awalnya dengan menggunakan buku bantal yang aman digigit dan bisa dicuci, lalu berlaih ke board book. Saat anak makin besar dan sudah mengerti untuk menjaga buku, saya mulai membelikan buku dengan kertas glossy/kertas berwarna dengan gambar menarik. 

Kabar baiknya nih Moms, kita bisa mendapatkan Buku Cerita Anak Dunia Bunbun karya Watiek Ideo untuk si Kecil gratis dengan membeli Mama’s Choice Irish Bella’s Essential Kit. Di paket produk ini ada 2 judul buku yaitu “Bermain Bersama” dan “Ayo! Rapikan Mainanmu”. Moms akan mendapatkan salah satu seri bukunya dengan membeli produk. Banyak sekali manfaat membacakan buku untuk bayi. Cek yuk, buku bacaan yang tepat untuk bayi baru lahir. Moms juga bisa mendapatkan produk Mama's Choice Irish Bella Baby Essential Kit dengan harga lebih hemat di sini

Rekomendasi buku yang cocok untuk bayi dan anak
Buku serial Bunbun dengan gambar menarik

Keunggulan Buku Cerita Dunia Bunbun:

  • Gambar yang menarik dan tidak membosankan untuk Si Kecil. Saya memiliki beberapa buku cerita anak karya Watiek Ideo. Cerita dan ilustrasinya sudah nggak diragukan lagi, menarik dan cocok untuk anak-anak. 
  • Cerita yang ringan dengan nilai-nilai yang bisa diajarkan pada anak sedari dini. Lebih mudah bukan, mengajarkan anak lewat cerita
  • Terdapat dua seri cerita: Seri Bermain Aman dan Seri Kebiasaan Baik. Cerita di dalamnya mendidik dan biasanya setelah anak mendengar dari cerita, mereka akan lebih mudah memahami dan mengingat. 
  • Bonus sticker lucu yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas anak. stiker ini bermanfaat juga untuk melatih imajinasi dan motorik halus anak
  • Bukunya juga praktis untuk diselipkan di dalam tas ketika akan pergi. Cocok kan, untuk membiasakan anak membaca buku di mana pun. 
Membaca buku dan melatih motorik halus
Si Kecil yang mulai suka membaca buku sendiri

Saat bayi masih dalam kandungan rutin diajak berkomunikasi, lalu setelah lahir masih berlanjut komunikasi, eye contact, dibacakan cerita, diberikan stimulus sensorik seperti pijat, dll akan sangat mendukung tumbuh kembangnya. Inilah hal sederhana yang bisa kita lakukan sebagai bonding time berkualitas dengan anak-anak. 

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Yuk, gunakan produk berkualitas dan treatment yang tepat untuk mendukung tumbuh kembangnya. 

Semoga bermanfaat,

Salam, 

55 komentar untuk "Inilah 3 Cara Sederhana Bonding Time Berkualitas"

  1. Wuaah.. samaan nih pake Mama's Chioce Irish Bella’s Essential Kit, aku suka bawa rash cream sama tummy oilnya, karena travel kit, jadi bisa dibawa ke mana-mana.

    Rasyiid juga suka sekali sama buku cerita dunia bunbun, ceritanya ringan penuh pelajaran, hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toosss! Kapan-kapan main bareng yuk, Rasyid

      Hapus
  2. Aku juga pake mama choice mba yg paling kuuska calming oilnya baunya enak bangey buat pijit

    BalasHapus
  3. Aku dulu juga udah sering komunikasi sejak bayi masih dalam kandungan. Kadang tak ajak curhat hahaha

    BalasHapus
  4. Wah mama's choice ada free buku cerita ya, bagus nih. Aku juga sering mijit sendiri si bungsu. Tapi ya pijit ringan aja, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, dulu pas anak pertama sih kadang ta bawa ke baby spa. Nah, yg kedua ini malah full ta pijitin sendiri. Dia nggak mau dipijat tukang pijat 😂

      Hapus
  5. Mama's Choice emang terbukti jadi teman setia di rumah ya. Selain untuk persediaan ternyata dapat fee buku cerita ya...makin keren deh produk ini.

    BalasHapus
  6. Anakku meski udah ngga bayi tetep seneng dipijet. Biasanya sambil cerita-cerita, jadi makin lekat bondingnya yaa ❤️❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, anak keduaku karena nggak pernah dipijat orang lain malah jadinya bener2 nggak mau dipijat selain sama emaknya

      Hapus
  7. Kerasa banget emang, membacakan buku sedari dini bakal lebih cepat memupuk hasilnya. Anak lebih mudah konsentrasi, suka baca, dan bisa fokus lebih lama dr rata2 anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren ya, harus lebih rajin nih bacain buku ke anak

      Hapus
  8. Btw mba aku juga pakai mamas choice untuk anakku. Mulai dari baby rush sampai yg baby bath. Baunya enaaaak dan seger bangettt. Cocok sama emaknya juga hihi

    BalasHapus
  9. bonding antara Ibu dan Anak, ortu deng emang penting banget ya karena banyak manfaat yang bisa dirasakan terutama bagi anak.
    saya juga pakai nih produk Mama's Choice tuk si Kecil tapi belum punya yang edisi special Irish Bella ini, jadi pengen ih :D

    BalasHapus
  10. Penting ya mak bonding tuh, termasuk pijat si kecil juga bondinng.Apalagi dengan produk Mama's Choice yang rerkomend begini, jadi tambah paripurna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak, enak banget juga aroma tummy oil-nya jadi emaknya pun nyaman pas mijat

      Hapus
  11. anakku juga pakai mamas choice, Mba. Cocok banget apalagi minyak telon dan baby rash cream-nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toosss! Seneng ya Mbak kalau nemu produk yang cocok

      Hapus
  12. Teman saya ada yg pakek nih produknya. Katanya bagus lho buat bayinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak yang merekomendasikan produk Mama's Choice

      Hapus
  13. Penasaran deh ama produk Mama Choice ini. Kayaknya bagus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus-bagus produknya, Mbak.. lengkap pula. Nggak cuma buat bayi tapi buat ibunya juga

      Hapus
  14. Produknya Mama's Choice memang kece semuanya deh, aku aja Emaknya sampai suka sama aromanya hahaha

    BalasHapus
  15. seru banget deh kalau udah baca bukunya, kedekatan ibu dan anak semakin dekat. Pakai Mama's Choice bikin anak juga nyaman ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak.. meskipun dibaca berulang-ulang, tetep seru

      Hapus
  16. Jadi inget nih adek barusan lahiran, cocok banget sepertinya produk Mama's Choice untuk ponakan, jadi hampers juga cocok. Udah sepaket sama bukunya lagi.

    BalasHapus
  17. setuju Rin..membacakan / mendongengkan cerita bisa jadi penguat kelekatan ortu dg anak ya.. dan tentunya bisa jadi kenangan indah juga kelak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak.. otak anak jadi lebih berkembang

      Hapus
  18. Kalau di desa kebanyakan urusan pijat memijat diserahkan ke orang lain, Kak. Padahal bisa meningkatkan bonding ibu- anak ya. Kita juga bisa memilih minyak untuk memijatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak..
      Di desa malah selama 40hari biasanya yang mandiin bayi pagi-sore tuh dukun bayinya.
      Anakku ta pijat sendiri, malah skrg nggak mau dipijat orang lain

      Hapus
  19. suka banget deh, aku udh nyobain paket ini juga dan anakku sukaa banget hihi.. seru ya ada bukunya yang kece juga, Keren nih Mama's Choice produknya kualitas banget :)

    BalasHapus
  20. Jadi teringat jaman masih punya anak bayi dan masih jadi ibu kantoran. Setiap pulang kerja bahagia banget bisa gendong dan peluk anak. Nyiumin badannya yang bau telon, trus lanjut bacain buku cerita yang udah diulang-ulang mpe puluhan kali. :)

    Sekarang udah susah mau peluk2 anak lagi. Ada yang sedang merantau, ada yg udah bujangan dan risih klo dipeluk2 huhuuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang aku harus menikmati masa2 anak manja2 ya.. biar nggak nyesel kalau ntar anak udah gede

      Hapus
  21. Anakku juga suka minta bacain buku. Tapi biasanya lompat2 ga urut minta bacanya 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditambah maunya baca sendiri nggak Mbak? Ahahaha

      Hapus
  22. Wah asik banget ada bonus bukunya yaa. Karya Mba Watiek Ideo lagi pasti kecee.

    BalasHapus
  23. Pijat bayi memang cara sederhana yang bisa bikin bonding ibu dan bayi makin erat ya mbak. Skin to skin juga. Caca aja juga masih suka kalo mau bobo dielus elus atau dipijitin dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anakku yang kedua kalau aku keloni pasti minta dipijit/dielus2 punggungnya

      Hapus
  24. Paketnya bagus banget ya buat kado nilik bayi, isinya produk berkualitas dan bahannya aman, terus ada buku cerita yang apik banget bisa buat dibaca sang kakak yaa

    BalasHapus
  25. ii gemes gemes banget ni produknya Mama's Choice nih.. cocok juga buat hampers pas lahiran. momen mijet bayi itu memang intimate sekali, bs pandang-pandangan sama bayi, aakk kangeenn.

    BalasHapus
  26. Aku suka bonding time bareng keponakan. Tapi capek ya ternyata momong anak kecil apalagi lagi tetah mba duh boyokkku. Heheheh.
    Makasih rekomendasi nya mba. Mayan ini buat persiapan nanti kalo mbak ipar lahiran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, kalau tetahan memang pegel banget, Mbak. Makanya aku nggak biasain anakku tetah 😁

      Hapus
  27. ilmu parenting memang tiada habisnya ya mba, ini ilmu banget buat saya yang bakal jadi calon ibu. mendekatkan diri dengan anak memang sangat penting ya untuk membangun bonding keduanya dan ini akan kebawa sampai kita besar nanti

    BalasHapus
  28. Kemarin aku kasih produk ini ke sepupu yang habis lahiran. Soalnya banyak yang rekomendasiin, tapi mungkin beli buat diri sendiri soalnya dah nggak punya baby wkwk. Bukunya juga kece banget. Materialnya glossy dan colorful, anak jadi betah dibacain.

    BalasHapus
  29. Aku percaya salah satu bentuk cinta kita ke anak ya dengan memberikan produk2 berkualitas mom... Seperti produk yang satu ini

    BalasHapus