Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips agar Tidak Termakan Berita Hoax

cara menangkal hoaks

Apa itu Hoax? Bagaimana supaya Bisa Menangkalnya?

Gimana sih, tips agar tidak termakan berita hoax? rasanya sudah jenuh saking banyaknya berita tidak benar yang setiap hari disebarkan terutama di whatsapp group (WAG). 

Berita bohong atau hoaks (bahasa Inggris: hoax) adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Hal ini tidak sama dengan rumor, ilmu semu, atau berita palsu, maupun April Mop. Tujuan dari berita bohong adalah membuat masyarakat merasa tidak aman, tidak nyaman, dan kebingungan. Dalam kebingungan, masyarakat akan mengambil keputusan yang lemah, tidak meyakinkan, dan bahkan salah. (sumber: wikipedia)

Di Indonesia, berita hoax sudah menyebar luas tak terbendung sejalan dengan derasnya arus informasi. Informasi terkait pseudoscience dan politik serta SARA paling banyak dijadikan bahan berita bohong. 

Lebih-lebih di masa pandemi ini. Gempuran informasi seputar covid semakin tak terkendali. Informasi mulai dari pandemi hanyalah konspirasi, covid hanya bikinan WHO dan IDI, belum lagi orang-orang yang menolak vaksin karena isu tidak benar.

Tentu, setiap orang berhak memilih jalan masing-masing, termasuk mau vaksin atau tidak. Namun sangat disayangkan jika dia juga membuat narasi-narasi yang mengajak orang lain dan makin memperkeruh suasana di saat pemerintah sedang berusaha mengatasi pandemi covid-19.

Memberikan kritik terhadap kinerja pemerintah dalam penanganan pandemi tentu sangat baik, demi kepentingan bersama dan agar kondisi yang terjadi dapat diatasi dengan efektif. Namun kritiklah dengan data-data yang valid dan sesuai dengan kondisi, bukan dengan narasi tak berdasar. 

Masyarakat Indonesia cenderung menelan mentah-mentah informasi terkait kesehatan terlebih ketika terdapat istilah-istilah kesehatan yang terkesan rumit, juga nama tokoh yang gelarnya seolah meyakinkan. Oleh karena itu, setiap ada berita hendaknya kroscek terlebih dahulu, cari informasi seputar narasumber yang dicantumkan, atau informasi lain. Kita pun harus teliti karena bisa jadi informasi yang diberikan benar, namun si pembuat berita bohong sengaja memelintis simpulannya agar mengecoh pembaca.  

cara mengenali berita hoax

Kenali Ciri-ciri Hoax

  • Hoax, baik berupa gambar maupun berita yang dipelintir keberanannya, sebenarnya bisa kita kenali kebenarannya. 
  • Menggunakan judul yang fantastis mengundang rasa penasaran (click bait)
  • Mencatut nama-nama lengkap dengan gelarnya, yang kadang ketika dicek ternyata hanya tokoh fiktif atau tidak sesuai dengan bidang keilmuannya, ada juga yang namanya sekadar dicatur oleh si pembuat berita bohong
  • Ajakan (bahkan paksaan) untuk menyebarkan berita tersebut sebanyak-banyaknya
  • Informasi yang terkadang bisa diterima nalar, tetapi sebenarnya mengacaukan logika 
  • Menggunakan gambar/foto provokatif 

Cara Menangkal Berita Hoax

Sebagai generasi muda, terlebih sudah melek literasi digital, adalah tugas kita bersama untuk menangkal hoax yang tersebar di masyarakat. Bagaimana langkah-langkah yang bisa kita lakukan? Simak tips di bawah ini. 

Perdalam Literasi Digital 

Berdasarkan data Hootsuite mengenai kondisi digital di Indonesia per Januari 2021, sebanyak 345,3 juta smartphone digunakan oleh sejumlah 274,9 juta jiwa  penduduk Indonesia. Artinya, sebagian orang memiliki ponsel lebih dari satu. Sejumlah 202,6 juta jiwa (73.7%) sebagai pengguna internet aktif dan sebanyak 170 juta jiwa (61,8%) adalah pengguna aktif media sosial. 

Tak heran jika informasi yang tersebar di media sosial sedemikian deras. Orang bisa menggiring opini para pengikutnya terutama mereka yang fanatik terhadap tokoh tersebut. Agar tidak terjebak ke dalam fenomena ini, langkah utama adalah dengan memperdalam literasi digital. Semakin cerdas kita menyikapi berbagai masalah di era digital, semakin tidak terbawa arus. 

Think before Posting

Media sosial dibuat untuk memudahkan penggunanya berinteraksi dengan orang lain tanpa terhalang geografis. Pada perkembangannya, orang semakin ingin dan terbiasa menampilkan apapun di media sosial yang dimilikinya. 

Kita memang bisa menggunakan medsos sebagai media personal branding, tetapi bisa menjadi boomerang jika tidak bijak menggunakannya. 

Hati-hati terhadap apapun yang kita sebarkan di medsos, salah-salah terkena pasal UU ITE dan berujung mendekam di hotel prodeo. Berpikirlah sebelum memosting sesuatu, karena banyak pihak bisa menginterpretasikan apapun terhadap postingan kita tersebut. Maksud A bisa diterima sebagai A oleh 1 orang, B oleh pihak lainnya, atau bahkan C oleh pihak lain lagi.  

Saring before Sharing 

Mudahnya mendapat informasi di whatsapp group (WAG) maupun dari media lain membuat seseorang ingin menjadi yang pertama dalam menyebarkan berita. Ada rasa bangga ketika bisa menyebarkan informasi dari satu WAG ke WAG lain. 

Namun tunggu dulu! Sudahkah dicek keabsahannya? Salah-salah kita ikut menjadi tertuduh penyebar info hoax. Jadi, saring informasi terlebih dahulu sebelum menyebarkannya. 

Membuat Konten Bermanfaat di Media Sosial 

Mengingat banyaknya hoax yang beredar, mari kita imbangi dengan konten-konten positif yang bermanfaat. Tak perlu ikut berkomentar atau menyebarkan konten negatif karena hanya akan menyebabkan konten tersebut makin banyak dibaca orang dalam lingkaran pertemanan kita di medsos. 

Berhenti di Kamu, jika Mendapat Info Hoaks

Jika mendapai berita yang belum jelas kebenarannya, terlebih dahulu yang harus dilakukan adalah memastikan berita tersebut valid atau tidak. Jika pasti hoaks atau ragu dengan kebenarannya, cukuplah berita tersebut terhenti di kita, tidak perlu disebarkan ke orang lain. 

Ambil Berita dan Sumber yang Valid 

Seringkali,masyarakat termakan hoaks dari sumber abal-abal. Maka pastikan sumber rujukan kita adalah sumber yang valid, yang kridibilitasnya bisa dipertanggung jawabkan. Informasi tentang pandemi, seyogianya kita dapatkan dari akun kementerian kesehatan, atau dari dokter/epidemiolog/peneliti yang ahli dan kompeten di bidangnya. Bukan mengambil informasi serampangan dari orang yang hanya mengaku berilmu tapi tidak jelas kompetensinya. 

Demikian juga jika mengambil berita terutama dari kanal online. Ambillah dari media yang sudah jelas, kredibilatasnya mumpuni, dan data-data yang disampaikan pun valid. 

Tips agar tidak termakan berita bohong
Ilustrasi. sumber: Canva

Cara Mendeteksi Gambar Hoax

Gambar atau foto menjadi alat penyebaran berita bohong  yang sering digunakan. Satu gambar asli dipelintir dengan narasi yang jauh berbeda dari asalnya. Lain lagi jika si penulis menambahkan kata “gambar ilustrasi” sehingga pembaca pun memahami bahwa gambar tersebut bukan bagian dari informasi, hanya merupakan pemanis. 

Jika mendapat kiriman gambar-gambar provokatif, sebaiknya cek sumbernya dengan cara cek pada situs Google Reverse Image, yandex.com atau tineye.com. ketiga situs ini yang populer digunakan untuk menemukan sumber asli gambar atau video. Caranya cukup dengan mengakses situsp-situs tersebut lalu ikuti langkah-langkah untuk penelusuran foto yang terdapat di dalamnya. Kita pun bisa memilih untuk menelusuri foto dengan cara unggah foto, menggunakan URL, dll. Selamat mencoba!

Hoax bisa menjadi penyebab perpecahan, kekacauan, dan adu domba. Korban hoax saling bertikai sementara pembuatnya tertawa lebar telah bisa mengadu domba banyak orang. Mari, perdalam literasi digital agar menjadi manusia yang cerdas. Jangan sampai kita menggenggam ponsel pintar tapi justru dibodohi dengan konten hoaks di dalamnya. 

Semoga bermanfaat,

Salam, 

9 komentar untuk " Tips agar Tidak Termakan Berita Hoax "

  1. Hoax sudah seperti momok di masyarakat, ini bahaya banget jadi sulit percaya sama berita sekarang kalau tidak dari halaman resmi.

    BalasHapus
  2. Serem banget sih berita hoax lagi pandemi gini. Apalagi saya hidup di kampung, mohon maaf tanpa bermaksud menjelekkan. Literasi digital masih rendah sementara sosial media sebagai media penyebaran hoaks sangat mudah diakses. Huhu

    BalasHapus
  3. Ya ampun. Aku barusan dapat wa dari bu RT di kampungku katanya ada pengusaha terkenal mau adain vaksinasi gratis. Eh ternyata hoaks padahal tetanggaudah pada mau antri daftar. Yah, kecewa jadinya. Makanya kudu ati2 ama hoaks

    BalasHapus
  4. Sedih ya, madih banyak yang gak mikir dulu sebelum sharing info, apalagi yang terkait dengan info kesehatan saat masa pandemi ini, duuhh kayak gemes gimana gitu dibuatnya.

    BalasHapus
  5. Tips lainnya supaya nggak termakan berita hoax, jangan baca berita dan kalau bisa dihindari saja deh beritanya. Apalagi yang berkaitan sama berita pandemi nihh, hehehe

    BalasHapus
  6. hoax paling mudah ditularkan memang melalui wa grup apalagi wa grup keluarga. kita juga bisa cek hoax atau bukan di turnbackhoax.

    BalasHapus
  7. Bener, gara-gara hoax yang bertebaran sampe berantem ama sodara bahkan temen. Nyebelin pokoknya hoax nih, harus diperangi.

    BalasHapus
  8. Berhenti di kita menurutku lebih gampang dari pada mencoba mengedukasi orang yang membagikannya ya.

    BalasHapus
  9. tipsnya bagus-bagus mba, dan itu memang penting banget, apalagi kita sebagai blogger, literasi digital sebelum menulis itu penting banget dan harus cek double cek dan triple cek untuk semua yang kita posting, memastikan bukan berita yang dishare bisa dipertanggungjawabkan

    BalasHapus