Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chopper Mitochiba CH-200 untuk Mengolah Daging Kurban

chopper mitochiba untuk mengolah daging kurban

Ide Olahan Daging Kurban Menggunakan Chopper Mitochiba CH-200

Setiap datang idul adha, biasanya kaum ibu dan yang hobi memasak, mengumpulkan berbagai ide olahan masakan daging kurban baik daging sapi maupun daging kambing. Semua resep ingin dicoba, meskipun akhirnya harus memilih mana yang paling disukai seluruh anggota keluarga. Kali ini, saya mencoba mengolah daging sapi kurban dengan menggunakan Chopper Mitochiba CH-200 yang saya beli tahun lalu.

sebelumnya, saya mengandalkan bumbu dasar beli dari seorang teman terutama ketika menjelang hari raya atau saya harus masak dalam jumlah cukup besar. Kali ini, saya sudah berhasil membuat bumbu dasar sendiri dengan Chopper Mitochiba. 

Oh ya, saya pertama kali mengolah daging baik sapi maupun kambing, setelah saya tinggal merantau di Bali dengan keluarga kecil saya. Awalnya mencoba mengolah daging dengan cara praktis seperti menu asam-asam daging, lapis daging, atau menu mudah lainnya. Lalu ketika mendapat daging kurban berupa daging kambing, saya coba mengolah menjadi menu khas timur tengah, nasi kabuli. Namun waktu itu saya tidak mau ambil risiko membuat bumbu sendiri, sehingga saya memesan bumbu instan kebuli dari seorang teman keturunan Arab. Hasilnya cukup memuaskan, sehingga menambah rasa percaya diri saya untuk mengolah daging dengan bumbu racikan sendiri. 

Menggiling Daging Kurban untuk Bakso 

Salah satu alasan suami mengizinkan saya membeli food processor adalah, beliau berharap saya bisa membuat bakso sendiri. Maklum, keluarga kami pencinta bakso, termasuk si Kecil bahkan sejak umur belum genap 2 tahun. ini lantaran ayah dan kakeknya memang mania menu olahan daging sapi satu ini. 

Berbekal resep dari instagram yang menurut saya paling simpel untuk diekseskusi dan review chopper mitochiba untuk digunakan menggiling daging, kemarin saya beranikan diri untuk mencobanya. 

Resep Membuat Bakso (diambil dari IG @tinakitchen.c)

Bahan:

  1. 500 gram daging sapi fresh, potong kecil (saya pakai daging yang sudah telanjur dicuci dan masuk freezer, baru setengah beku). Saya gunakan mug besar, dengan kapasitas 2 liter tetapi disarankan maskimal 500 gram untuk menggiling daging). 
  2. 1 butir putih telur ukuran kecil (saya pakai size sedang karena stok tinggal 2 butir ukuran sedang, kondisi dingin dari lemari es)
  3. 5 sdm tepung tapioka/sagu (saya pakai tapioka Cap Tani)
  4. 100 gram es batu (ditimbang) (oke, saya timbang, eh tepatnya dibantu suami nimbangnya :D)
  5. 1 sdm bawang merah goreng
  6. 4 siung bawang putih goreng (nggak sempat goreng, saya nekat pakai bawang putih utuh)
  7. ½ sdt baking powder
  8. Garam, gula pasir, penyedap, merica bubuk, secukupnya (saya skip gula pasir)

Cara membuat:

  1. Haluskan daging sapi dengan es batu sampai halus dan tercampur rata. Saya menggunakan chopper kurang lebih 5-7 kali pencet sampai halus dan semua merata
  2. Masukkan putih telur, bawang merah dan putih, haluskan lagi sampai tercampur rata (kurang lebih 3x pencet)
  3. Tambahkan garam, gula pasir, penyedap, merica bubuk, campur lagi hingga merata (kurang lebih 3x pencet juga)
  4. Terakhir masukkan tepung tapioka/sagu dan baking powder, campur lagi sampai merata (kurang lebih 2x pencet)
  5. Bentuk bakso, masukkan ke dalam air mendidih, lakukan sampai adonan habis. (Saya didihkan air sembari menggiling daging). Sisa air rebusan bisa digunakan untuk kuah bakso.
  6. Kemudian masak kembali sampai matang, jangan sampai air mendidih. Angkat bakso, masukkan ke dalam air es sebentar, lalu tiriskan dan simpan/sajikan bakso. (Saya skip bagian memasukkan bakso ke dalam es, karena bakso langsung dicomot ayah dan anak :D, sebagian saya masukkan freezer dan chiller untuk dimakan besok)
Menggiling daging kurban untuk bakso dengan chopper mitochiba Ch-200
step by step menggiling daging
dengan chopper Mitochiba CH-200

Nah, “pencet” di sini maksudnya saya menekan motor si-chopper, ya. disarankan sekali pencet, kurang lebih 10 detik. 

Di sini saya juga ingin ngetes, apakah motornya terasa panas dan tiba-tiba mati atau dalam kondisi normal? Dari awal penggilingan hingga selesai menjadi adonan, kurang lebih 15x pencet dengan jeda sebentar termasuk untuk membuka/menutup dan memasukkan bahan. Sekitar 10x pencet, motor terasa hangat tetapi tidak over. Sampai selesai digunakan untuk menggiling pun kondisinya tak jauh berbeda. Panas tetapi masih wajar dan dalam kondisi normal, tidak overheat lalu mati. Alhamdulillah. 

“Yes! Lain kali bisa bikin bakso lagi!” teriak suami kegirangan setelah mencoba bakso dan katanya “mantabs”, sesuai seleranya meskipun bentuknya masih belum halus. 

Oh ya, bentuknya yang kurang halus itu ada kemungkinan akibat saya menggunakan bawang putih utuh (seharusnya goreng). Kondisi penggunaan tanpa daging, bawang putih bisa hancur lebih halus namun kemungkinan karena tekstur daging yang lengket, bawang putihnya masih ada yang bergerindil. 

Oke, lain kali saya akan mencoba kembali resep ini. Rasanya bahagia sekali pertama kali berhasil membuat bakso sendiri dan membuat suami dan anak-anak senang kegirangan. Meski setelahnya badan nggak karuan. Maklum, bumil kali ini gampang lelah :D 

bakso homemade dengan chopper mitochiba
Hasil membuat bakso sendiri

Membuat Beef Patty untuk Burger 

Ide olahan daging sapi yang kedua adalah beef patty. Kali ini sebenarnya rikues dari si kakak yang senang sekali masak-masak. Sayang jadinya belum dieksekusi karena bunda dan ayahnya telanjur ngiler dengan beef steak. Akhirnya, daging yang sudah disisihkan itu pun berakhir di grill pan dijadikan steak ala kadarnya.

Sebenarnya masih ada sisa daging di freezer tetapi sudah dikemas untuk masak menu lain (rencananya akan masak Soto Betawi, entah kapan). Untunglah si Kakak tetap senang setelah merasakan steak-nya enak. 

Tetap saya share ke sini, ya, inspirasi resep membuat beef patty dari IG @masakan.simple

Bahan:

  1. 250 gram daging segar
  2. 7 sdm tepung panir/tepung roti (jika ukurannya besar, haluskan terlebih dahulu)
  3. ½ bombay, cincang
  4. 2 siung bawang putih, cincang
  5. 1 sdm lada bubuk dan kaldu jamur
  6. 1 sdt garam
  7. 1 butir telur, kocok

Cara membuat:

  1. Haluskan daging dengan food processor, tambahkan sedikit es batu supaya lebih mudah halus dan tidak lembek
  2. Setelah halus, masukkan bombay dan bawang putih cincang, garam, kaldu jamur, lada bubuk, tepung panir/roti, dan telur kocok, aduk dengan tangan sampai tercampur rata 
  3. Cetak ke dalam cetakan bulat yang sudah dialasi plastik. Buat sedang, jangan telalu tebal/terlalu tipis
  4. Bungkus dengan plastik yang sebelumnya dijadikan sebagai alas, lakukan hingga adonan habis. 
  5. Simpan di dalam lemari es hingga mengeras
  6. Panggang dalam panci hingga kecoklatan
  7. Patty siap dihidangkan bersama burger dan bahan pelengkap lainnya. 

Hm.. sebenarnya saya sudah ngiler juga membayangkan daging burger homemade ini. Namun belum mood lagi untuk menggiling daging. Oh ya, jika hanya 250 gram, bisa menggunakan mug kecil yang kapasitasnya 700 ml.

Bola-bola Daging (Kreni) khas Jogja 

Siapa nih, yang doyan banget sambal goreng bola-bola daging? Konon orang Jogja menyebutnya “Kreni”. Saya sendiri mengenal menu ini sebagai menu istimewa saat kondangan. Jika ada bola-bola daging, rasanya langsung bersemangat.

Umumnya, dimasak sambal goreng dengan campuran krecek, telur puyuh, tahu, kacang kapri, dll. Hm... membayangkan saja sudah membuat perut lapar. 

Kali ini saya sontek resep Bola-bola Daging/Kreni dari bunda idola saya, Diah Didi @bunda_didi

Bahan:

  1. 300 gram daging giling (300 gram daging segar, giling menggunakan chopper mitochiba CH-200 mug kecil)
  2. ½ putih telur
  3. ¼ sdt garam

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan hingga merata, lalu buat bola-bola kecil. Olesi tangan dengan minyak atau gunakan sarung tangan plastik supaya adonan tidak terlalu menempel.
  2. Didihkan air, masukkan bola-bola daging ke dalam air, rebus hingga matang, angkat, tiriskan. 
  3. Setelah itu, masak si Kreni ini menjadi olahan yang diinginkan, misalnya sambal goreng atau menu lainnya. resep sambal goreng Kreni khas Jogja-nya bisa diintip langsung di IG bunda Didi, ya. 
ide olahan daging kurban sapi
Daging kurban jadi steak yummy

Masih banyak sekali ide menu olahan daging kurban yang bisa dijadikan inspirasi. Saya ceritakan 3 menu di atas karena saat ini yang paling ingin saya coba. Yuk, sharing juga apa menu Temans di idul adha kali ini. 

Tidak ingin menggiling daging kurban? Gunakan Chopper Mitochiba CH-200 untuk menghaluskan bumbu atau membuat smoothies dan dessert lainnya untuk mengimbangi kolesterol yang mungkin berlebih setelah mengonsumsi daging kurban. 

Semoga bermanfaat, 

Salam, 

3 komentar untuk " Chopper Mitochiba CH-200 untuk Mengolah Daging Kurban"

  1. Wah, jadi ngiler pingin nyoba juga mbak. Gimana serunya memasak daging dengan Chopper Mitochiba CH-200 . Karena selama ini masih ngandalin tukang giling daging aja. Hahaha

    BalasHapus
  2. Wah praktis banget kalau mau mengolah daging dengan ini, apalagi suka bosan sama olahan daging yang cuma itu-itu aja, hemm dengan ini bisa bervariasi apalagi dibuat bakso wow suka banget.

    BalasHapus
  3. Enak ya kalo.pake choper mba langsunh alus aku kmrn pake blender suwii banget huhuhuhu

    BalasHapus