Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEO Moms Community, Wadah Blogger Perempuan Belajar SEO Basic

SEO Moms Community, tempat belajar SEO Basic
arinamabruroh.com

Kenalan dengan SEO Moms Community

Komunitas yang akrab disebut SEMOC ini adalah komunitas yang didirikan oleh pakar SEO dari Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Muhammad Sahlan, atau yang akrab disapa Qbenk. Bang Qbenk (atau kadang Bang Q), biasa kami memanggilnya, mendirikan komunitas tersebut bersama co-founder, Sari Widiarti, seorang blogger yang berdomisili di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. 

Sesuai dengan namanya, seluruh anggota komunitas ini adalah blogger perempuan meski tak semuanya menyandang status ‘mom’. Menurut Bang Qbenk, ia mendedikasikan ilmunya untuk almarhumah ibunya yang telah berpulang sejak bulan November 2019. Alfatihah untuk almarhumah. Semoga ilmu yang disampaikan oleh putranya itu menjadi amal jariyah yang pahalanya sampai kepada beliau. Aamiin. 

Kelas SEO MOMS? Apa itu? Belajar SEO itu bikin pusing! Itulah yang terjadi saat pertama kali seorang teman mengajakku bergabung dalam kelas gratis SEO.

Bismillah, akhirnya kuberanikan diri untuk mendaftar, berniat untuk upgrade ilmu karena ngeblog rasanya masih begini-begini saja. sungguh tak menyangka ternyata bisa masuk kelasnya dan tergabung di kelas SEO MOMS 2. 

Di kelas itu, Bang Q bersama Mbak Sari membimbing kami mulai dari dasar ilmu SEO. Setiap selesai materi, kami pun mengaplikasikannya ke dalam blog, khususnya seputar SEO on Page. Materi lain yang diajarkan adalah SEO off page, dan bimbingan saat praktik SEO. 

Kelihatannya sederhana, ya? “hanya” tentang dua hal tersebut, tapi nyatanya bikin rambut keriting dan kepala pusing. Belum lagi jika berbicara tentang optimasi artikel. 

Komunitas SEO Perempun Pertama di Indonesia

Sejak lama saya amati para “dedengkot” SEO didominasi oleh kaum adam. Makanya bagi saya yang lemot dengan hal-hal teknis seputar website, terperangah dan penasaran dengan SEO Moms Community. Bisa dikatakan komunitas ini adalah Komunitas SEO Perempuan pertama di Indonesia. sebelumnya belum ada komunitas serupa yang secara resmi terbentuk dengan anggota seluruhnya perempuan. 

Saya sebagai salah satu bloger perempuan di Indonesia merasa bangga tergabung di dalamnya. Terlebih bisa mengais ilmu dari pakarnya langsung. saya pun ikut bangga ketika para koordinator wilayah maupun anggota SEMOC berhasil memenangkan lomba SEO. MasyaAllah, hati ikut membuncah bahagia dengan pencapaian mereka. Sebut saja Mbak Wiwin Pratiwanggini, Mbak Rizky Ananda, Mbak Lidia Fitrian, Mbak Yuni Bint Saniro, dan sederet nama lainnya. 

Alasan bergabung dengan SEMOC
Screen capture by Rizky Ananda

Alasan Bergabung dengan SEMOC

Apa sih, yang membuat saya merasa betah di sini? Padahal ilmu SEO-nya belum nyantol-nyantol juga?

Pertama, anggotanya perempuan semua. Bagi saya, rasanya lebih nyaman berinteraksi dengan sesama perempuan meskipun tetap terbuka bergabung dengan grup/komunitas lain dengan anggota laki-laki dan perempuan. 

Kedua, Fasilitator (dalam hal ini founder dan para korwil) memberikan materi dengan cara yang mudah dipahami terutama oleh emak-emak. Ups. 

Ketiga, budaya sharing ilmunya patut diacungi jempol. Iyes! Kadang saya malu bertanya seputar hal-hal sepele atau basic yang saya belum paham. Namun di sini, pertanyaan ‘receh’ pun akan ditanggapi dan banyak sharing dari mereka yang sudah menguasai ilmu SEO. 

Keempat, sering ada acara menarik. Misalnya gathering online. Terakhir, acara online yang diadakan adalah gathering dalam rangka hari Kartini. Wah! Meriah sekali acaranya meski saya mengikuti sambil terkantuk-kantuk. 

Kelima, selalu ada pendampingan ketika anggota mengikuti kompetisi blog SEO. Sayang untuk yang satu ini saya belum punya nyali untuk mencoba. 

SEO Moms SulBalNusra (Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara)

Saat ini, saya tergabung dalam SEO MOMS Wilayah SulBaNusra dengan koordinator Mbak Rizky Ananda (untuk Bali-Nusra) dan Mbak Mugniar (Sulawesi). Sebelumnya, rencana akan dibuat grup Bali-Nusra. Sayang anggotanya terlalu sedikit sehingga digabungkan dengan grup Sulawesi. Alhamdulillah, di sini juga bertemu dengan para bloger yang sudah malang-melintang di dunia blogging. 

Kami pun belajar dari awal lagi. Aih, senangnya! Saya jadi bisa refresh materi SEO terutama off page yang masih bikin saya pusing tujuh keliling. Iya, saya paham terkait hal ini memang sesuai dengan jam terbang. Semakin banyak “nyemplung” alias praktik, akan semakin memahami pola tulisan yang mudah dilirik oleh mesin pencari dan bersaing dengan artikel lainnya dengan kata kunci yang sama.

Selain Wilayah Bali Nusra dan Sulawesi, Semoc juga ada di Wilayah Jogjakarta (Termasuk Jateng), Jawa Timur, dan Sumatera. Anggota dari wilayah lain bagaimana? Masuk wilayah mana? Nah, supaya tidak penasaran lagi, silakan yang belum bergabung dengan SEO MOMS Community bisa tanya-tanya ke Korwil atau langsung mendaftar, atau kepo website-nya dulu supaya makin penasaran. Eh!

Terima kasih sudah rela membaca curhatan ini sampai akhir. Sekian dan terima transferan.

Semoga bermanfaat,

Salam, 

Posting Komentar untuk " SEO Moms Community, Wadah Blogger Perempuan Belajar SEO Basic"