Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Chopper Mitochiba CH-200


review-chopper-mitochiba-ch-200

“Mbak, udah punya anak 2 dan hidup di rantau, belum punya blender atau chopper apa nggak rempong banget?”

Uhuk! Rasanya gimana gitu saat mendapat pertanyaan ini. Tenang, nggak baper, yang tanya ini emang orangnya suka becanda dan sudah sering guyon bareng. Namun akhirnya terbersit kembali dalam hati, keinginan yang sudah lama terkubur: punya blender atau apalah namanya yang fungsinya sama. Apalagi saat itu sedang booming sekali chopper Mitochiba. Saya sudah berkali-kali melirik dan bilang ke suami mau nabung buat beli si chopper viral di kalangan emak-emak se Indonesia, tapi ada saja kebutuhan lain dan akhirnya tertunda. 

Kalau dipikir-pikir, benar juga sih, blender itu salah satu ‘alat perang’ wajib ibu rumah tangga. Gunanya banyak banget, mulai dari untuk membuat smoothies atau jus, menghaluskan bumbu, sampai urusan menghaluskan kopi dan biji-biji pun bisa. 

Selama ini sih tidak saya bikin pusing. Belum punya blender/chopper dan butuh stok bumbu siap pakai, akhirnya saya beli bumbu dasar putih dan kuning homemade dari seorang teman. Sesekali saya berdamai dengan diri sendiri, tak lagi bermusuhan dengan bumbu instan kemasan yang dijual di warung. 

Sampai akhirnya ketika tabungan sudah terkumpul kira-kira cukup untuk membeli blender impian, ternyata dolar sedang naik dan harganya sudah berubah hampir 2 kali lipat lebih mahal. Uang tak cukup, saya cari alternatif lain dan akhirnya setelah melakukan pertimbangan banyak hal, pilihan jatuh ke Mitochiba Chopper CH-200. Yes! Ini juga incaran saya setelah blender phil*ps itu. 

Awalnya niat beli di official store-nya di marketplace atau ke salah seorang ibu yang terkenal di dunia masak-memasak di IG. Sayang ongkirnya sekitar 200 ribu sampai Denpasar. Maklum, ya.. berat chopper Mito ini 4 kg. Lalu iseng mencoba searching toko di sekitar Denpasar. Alhamdulillah dapat meskipun harga sedikit lebih mahal dibandingkan harga yang disarankan Mito, 649 ribu. Kalau tidak salah ingat dijual 679 ribu, belum termasuk pengiriman dengan ojek online. Lumayan lah ya, daripada kirim dari Jakarta. 

Sebelumnya, saya tanya ke official Instagram mito electronics, jika ada pemesanan akan dikirimkan dari kantor perwakilan terdekat, dari Surabaya. Namun saya lebih memilih membeli dari penjual di Denpasar.

Spesifikasi & Kelengkapan Magic Chopper Mitochiba CH-200

Nggak sabar, begitu barang datang langsung unboxing, sekaligus checking juga selama bapak ojeknya masih di depan rumah. Ini dia yang didapat dari box:

  • 1 x jar chopper kecil  kapasitas 700 ml.
  • 1 x Jar besar kapasitas 2 L.
  • 1 x Mixer jar kecil, untuk mengaduk telur dan adonan/krim
  • 1 x Mixer jar besar, untuk mengaduk telur dan adonan/krim
  • 1 x Triple blade (6 mata pisau) untuk jar besar
  • 1 x Double blade (4 mata pisau) untuk jar kecil
  • 1 x Motor penggerak dengan 2 Speed + pulse 
  • Daya motor 300 watt
  • Garansi resmi 1 Tahun dan orginal
Kelebihan dan kekurangan chopper mitochiba ch-200
Kelebihan dan kekurangan Mitochiba CH-200

Kelebihan Chopper Mitochiba CH-200

Harga terbilang murah

Yes, ini penting buat emak-emak. Ups. Yah, pastinya yang lebih diutamakan adalah kualitasnya. Namun berdasarkan review dari banyak orang yang sudah menggunakannya, chopper Mitochiba ini terbilang sangat baik kualitasnya. Jadi meskipun harganya lebih murah dibanding harga chopper lain, kualitas boleh diadu. 

Multifungsi

Klaimnya, chopper ini bisa digunakan sebagai serut es, jahe grinder, whisk, smoothies dan minuman, bawang grinder, pencincang daging, pencincang sayur. Sejauh ini, saya sudah membuktikannya untuk menghaluskan ikan tengiri yang akan saya pakai untuk membuat pempek, membuat bumbu dasar, mencincang bawang, menghaluskan tomat untuk masak, membuat jus/smoothies, membuat adonan pancake, dan menghaluskan daging ayam. 

Mudah Digunakan 

Sesuai dengan klaimnya, memang sangat mudah menggunakannya. Hanya butuh waktu singkat hingga semua bahan halus. Misalnya untuk mencincang bawang merah/putih, hanya butuh sekali pencet kurang lebih 10 detik dan semua bawang telah tercincang. Baiknya lagi, tak perlu memotong bawang menjadi ukuran kecil, bawang kupas utuh langsung masuk ke jar. 

Mudah Dibersihkan 

Bagian-bagian chopper Mito bisa dilepas dan sangat mudah dibersihkan sehingga tidak menyisakan bau meskipun digunakan untuk menghaluskan berbagai macam bahan makanan. 

Service Center di Berbagai Kota Besar di Indonesia

Salah satu alasan saya mantap memilih si-Mito adalah ada service center di Bali. Namun saya belum cek langsung ke lokasi apakah masih ada sampai sekarang. 

Mencoba Chopper Mitochiba untuk berbagai keperluan
dokumentasi penggunaan chopper Mitochiba
untuk berbagai keperluan

Kekurangan Chopper Mitochiba CH-200

Biar fair, nggak cuma ngomongin kelebihannya, saya bahas kekurangannya. Ini murni versi saya, ya Temans. Barangkali Temans punya pengalaman yang berbeda, boleh banget untuk sharing di kolom komentar.

Tidak bisa menghaluskan biji-bijian kecil

Tidak seperti blender yang biasanya punya fungsi untuk menghaluskan biji-bijian seperti merica, kopi, dll chopper mitochiba tidak bisa melakukannya. 

Please, jangan tertawa karena saya terkesan membandingkan yang nggak apple to apple. Fungsi  umum blender dan chopper memang berbeda, hanya saja ekspektasi saya terlalu tinggi sehingga mengira klaim multifungsi-nya si chopper bisa menggantikan sepenuhnya fungsi blender. 

Saya coba menghaluskan merica juga saat membuat bumbu dasar, dan hasilnya masih banyak merica yang utuh, meskipun sebagian tetap hancur. Hal yang sama terjadi saat menghaluskan bumbu dengan ketumbar. Butiran ketumbarnya pecah namun tidak bisa halus. 

Apakah saya kecewa dengan ini? oh tidak! lain kali saat membuat bumbu dasar saya bisa menggunakan merica bubuk atau repot sedikit untuk mengulek merica. 

Terbuat dari bahan mika, mudah tertempel warna makanan

Ini pengalaman saya waktu menghaluskan bumbu dasar kuning dan bumbu tempe kemul. Nasib, saya gunakan 2 jar bergantian. Jar besar untuk menghaluskan bumbu kuning dan jar kecil untuk bumbu tempe kemul yang semuanya menggunakan kunyit. Kedua jar menyisakan noda warna kuning yang sampai sekarang belum hilang setelah beberapa kali pemakaian. 

Sebelumnya saya juga sudah mencoba membersihkannya dengan jeruk nipis, merendam dalam air hangat, dll. Sepertinya karena bahan mika memang kurang ramah dengan makanan yang berwarna kuat seperti kunyit. 

Sulit menghaluskan bahan makanan dalam jumlah sedikit

Sebagai bahan pertimbangan, jika Temans ingin membeli chopper ini untuk digunakan sehari-hari misalnya untuk menghaluskan bumbu, perlu dilihat seberapa banyak bumbu yang biasa digunakan. Jika jumlahnya hanya sedikit, akan sulit halus.

Saya pernah membuat bumbu untuk membakar ikan, resep saya ambil dari seseibu penjual chopper yang sudah terkenal di kalangan emak-emak, namun saat saya coba haluskan dengan si-Mito, hasilnya tidak bisa halus karena jumlahnya hanya sedikit. Pengamatan saya, minimal bumbu sekitar 1/3 jar agar bisa halus sempurna. Lain lagi kalau untuk menghaluskan bawang, tomat, atau buah-buahan yang lembek, ya. 

Jadi, lebih cocok untuk yang suka nyetok bumbu dasar atau masak dengan bumbu yang banyak. 

(update: setelah saya trial and error, masalah ini bisa terselesaikan dengan menambahkan air (sebelumnya saya hanya menambahkan minyak). Dengan tambahan air secukupnya, bumbu pun akan menjadi lebih halus.


Perbedaan antara Chopper Mitochiba CH-100 dan CH-200


Apa Bedanya Chopper Mitochiba CH-200 dan CH-100

Mitochiba CH-100 merupakan generasi pendahulu CH-200. Secara kualitas, kedua produk ini sama karena motor penggeraknya pun sama. Bedanya hanya pada kapasitas jar yang lebih besar pada CH-200 yaitu 2 liter sedangkan pada CH-100 hanya 1,5 liter. Selain itu, CH-200 menggunakan 3 lapis mata pisau (triple blade) karena jar-nya lebih tinggi, dan CH-100 menggunakan 2 lapis mata pisau (double blade).

Is it worth?

Yup! Worth banget! Dengan harga sekitar 700 ribu sudah bisa dapat produk yang oke punya. Jadi pantaslah kalau emak-emak banyak banget yang pakai. Saya baca review di berbagai platform ada sebagian yang mengatakan motornya cepat panas. Namun sejauh ini saya menggunakannya dengan pemakaian normal, tak ada masalah. Nilainya 4 dari 5. 

Semoga bermanfaat, 

Salam, 

12 komentar untuk "Review Chopper Mitochiba CH-200"

  1. Terima kasih review-nya Rin, jadi pertimbangan utk menentukan pilihan nih..hehe..

    BalasHapus
  2. wah, yuni tu suka banget buat jus gitu. SAyangnya blender di rumah udah dibuat pake blender bumbu. Meski sudah dibersihkan kadang masih ada kerasa aroma bumbunya. Mungkin bisa beli chopper mitochiba ini kali ya. Multifungsi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, kalau pakai blender susah ilang bau bekas giling bumbu, ya

      Hapus
  3. wuaaa... aku setiap lihat seliweran video IG tentang masakan, selalu mbatin juga pengen punya chopper Mitochiba... nabung dulu ah.. 700 ribu harganya dan baca ulasannya mbak arina yaa..worth it bangettt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Mbak... aku lama mupeng baru kesampaian ini. Semoga segera punya si Mito ya

      Hapus
  4. Bikin makin rajin masak nih ya kalau punya Chopper begini karena nggak usah capek mengulek bumbu lagi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, jadi ga ada alasan males masak lagi. hihi

      Hapus
  5. Hahahaha kata2 pembukanya kena banget wkwkwk aku masih pake ulekan aja nih di perantauan wkwkwk. Klo buat blender2 bumbu 😬😬😬.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk. aku awal-awal dulu gitu, Mbak... lama-lama makin rempong, akhirnya mulai nyoba bumbu instan dan pesan bumbu dasar homemade di teman.

      Hapus
  6. Utk bikin donat atau roti bisa ga mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak bisa kalau buat donat/roti. Adonannya kan liat banget.

      Hapus