Jelajah Bali, Wajib ke Pantai Melasti

pesona pantai melasti bali
Keindahan pantai Melasti menjelang senja

Berkunjung ke Bali, pastikan untuk mendatangi pantai Melasti, salah satu pantai dengan pemandangan yang memukau. Berada di kawasan pantai Pandawa, di ujung selatan Pulau Bali dan berhadapan langsung dengan samudera Hindia.

Pantai di bilangan Uluwatu memang menyajikan pemandangan yang memukau. Meskipun jaraknya cukup jauh jika dijangkau dari Denpasar. Tenang, jika Temans menggunakan jalur transportasi udara, pantai-pantai di Ujung Kuta Selatan ini bisa dijangkau dalam waktu 30 - 45 menit dengan kendaraan roda 2 atau roda 4.

Inilah 5 Alasan Harus ke Melasti

1. Pemandangan yang Indah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, hampir sama dengan pantai Pandawa, Melasti juga memiliki pemandangan yang memukau.

Tak hanya pantai dan ombaknya, jalan menuju ke sana dan tebing-tebingnya menambah kesan eksotis nan gagah. Jalannya berkelok-kelok dan sesekali melewati turunan tajam. Dari ketinggian jalan, angin kencang akan menerpa. Kita juga akan disuguhi pemandangan laut perpaduan harmonis biru hijau tosca yang memukau.

Sempatkan untuk berhenti di area gardu pandang untuk menikmati debur ombak dan keindahannya dari ketinggian.

2. Aktivitas Menarik di Pantai

Berbagai aktivitas menarik bisa kita lakukan di pantai ini. Berenang dan surfing adalah pilihan sempurna. Sekadar bermain air di karang-karang atau 'mengejar' ombak dan bermain pasir pun terasa sangat menyenangkan. Hamparan pasir putih dan laut biru sejauh mata memandang sungguh memanjakan mata.

aktivitas menarik di pantai melasti bali
Foto-foto dan main pasir

3. Banyak Tempat Foto Menarik

Hobi membagikan foto perjalanan di media sosial? Maka Melasti sangat cocok menjadi tempat tujuan. Selain view dari ketinggian, tebing-tebing yang menjadi latar, pantai biru dengan ombaknya, juga berbagai macam spot foto buatan di sekitarnya.

Kurang menyukai spot foto buatan? Percayalah, banyak hidden spot alami yang bisa kita temukan di sana.

4. Tempat yang Luas, Memungkinkan untuk Jaga Jarak

Di masa pandemi, saat kita harus melaksanakannya adaptasi kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari, kita pun harus ekstra hati-hati terutama saat berada di tempat umum.

Area yang luas di pantai Melasti memungkinkan kita untuk bisa menjaga jarak. Namun harus sangat diperhatikan terutama saat berada di tempat parkir dan saat bermain di pinggir pantai.

5. Tempat Ikonik Kegiatan Agama Umat Hindu Bali

Pantai Melasti dikenal sebagai pantai yang biasa digunakan untuk ritual agama umat Hindu. Seperti nama pantai ini, melasti. Ritual melasti adalah ritual untuk mensucikan, membuang kotoran/keburukan yang ada pada jiwa manusia.

Menjelang hari raya Nyepi, umat Hindu berbondong-bondong menuju pantai untuk melaksanakan upacara ini. Tentunya, menjadi daya tarik wisata yang menarik baik bagi wisatawan mancanegara maupun domestik.

Pantai Melasti Bali yang ikonik
Jalan menuju Melasti

Beberapa waktu yang lalu kami ke Melasti. Tak banyak pengunjung karena memang tengah pandemi dan wisatawan mancanegara tidak bisa masuk ke Bali. Hanya ada turis domestik yang sebagian berdialek Bali, sebagian lagi kemungkinan dari luar pulau.

Harga tiket masuk Melasti terbilang murah, 8 ribu/orang dewasa untuk wisatawan domestik. Sedangkan untuk layanan lainnya seperti sesi foto pre-wedding, dikenakan tarif khusus. Tentunya fasilitasnya pun disediakan khusus seperti room dan toilet untuk pre-wedding.

Fasilitas umum seperti gazebo, toilet, area parkir yang luas, toko-toko, aula, masjid, dll tersedia di sana. Namun waktu saya datang sedang tahap pembangunan beberapa area.

Jika Temans jelajah Bali dengan kendaraan umum seperti layanan taksi online, sebaiknya buatlah perjanjian untuk menunggu dengan kesepakatan harga. Lokasi Melasti hampir sama dengan Pandawa, berada di ujung pulau dengan kontur tanah sekitarnya tebing. Sinyal internet kurang menjangkau, driver taksi online pun biasanya tidak mau menjemput sampai sejauh itu.

Alternatif terbaik adalah menyewa kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 dari lokasi di dekat tempat menginap. Biasanya, banyak yang menyediakan layanan antar/jemput kendaraan ke bandara atau bisa memilih sewa sekaligus driver-nya.

Selamat berlibur ke Bali, ya! pastikan menjaga prokes selama perjalanan.

Semoga bermanfaat,

Salam,

Tidak ada komentar untuk "Jelajah Bali, Wajib ke Pantai Melasti"