Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Madu Saheela Kapuk Randu untuk Cegah Covid-19



manfaat madu untuk meningkatkan imunitas tubuh
manfaat madu untuk meningkatkan imunitas tubuh


Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh

Assalamu’alaiakum, Temans. bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu, ya! jaga kondisi tubuh dan jiwa supaya tetap sehat dan bahagia, imunitas tubuh kuat, dan kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit khususnya covid-19 yang masih melanda.

Bagaimana nih, cara Temans menjaga kesehatan selama masa pandemi ini? kalau saya salah satu ikhtiar adalah selalu sedia suplemen seperti madu, herbal, madu, vitamin C, tablet multivitamin, dll. Yang pasti, madu selalu tersedia sebagai dopping setiap hari terlebih saat badan sedang kurang fit

Madu adalah makanan yang mulia, yang diabadikan oleh Allah melalui ayat Al-Qur’an. 

Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan." (QS. An-Nahl: 68-69).

Kandungan di dalam madu antara lain fruktosa dan glukosa sebagai sumber energi, juga vitamin dan mineral seperti kalsium, tembaga, zinc, vitamin B, dan zat besi. Berkat  berbagai zat yang terkandung dalam madu tersebut, madu memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh. 

Manfaat madu untuk tubuh kita antara lain: sebagai energy booster, mengobati batuk, membuat tidur makin nyenyak, membantu penyembuhan luka dan luka bakar, menurunkan tekanan darah, menjaga kadar kolesterol, menurunkan kadar trigliserida, dan baik untuk jantung. 

Selain itu, madu mempunyai manfaat terhadap kesehatan di antaranya sebagai immunomodulator. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh dr. Susilorini, MSiMed SpPA, dr Ulfah Dian Indriyani, M.Sc dan dr Hj Utari yang disampaikan dalam Seminar Scientific Annual Meeting Forum Kedokteran Islam Indonesia (FOKI) pada tahun 2016.

Immunomodulator adalah zat yang mempengaruhi sistem imun sehingga sesuatu yang mengandung zat tersebut mampu mengembalikan sisem imunitas atau kekebalan tubuh.

Jadi, bisa dikatakan madu adalah suplemen wajib yang harus ada di rumah terlebih saat pandemi. Setuju?

Review Madu Saheela Kapuk Randu

Baru-baru ini saya mencoba mengonsumsi madu Saheela, salah satu madu premium yang diproduksi oleh PT Demuria Agung, Tangerang. Perusahaan ini membawahi beberapa merek dagang seperti Royal Dates dan Madu Saheela. Menyediakan buah-buahan tropis, aneka produk Timur Tengah untuk oleh-oleh haji & umroh, madu ternak, Virgin Coconut Oil (VCO), hingga batik & busana muslim.

madu premium, madu saheela kapuk randu
Madu Saheela Kapuk Randu

Tentang Madu Saheela Kapuk Randu

Madu kapuk randu adalah madu yang dihasilkan oleh lebah yang diternakkan di hutan randu/kapuk. Sesuai habitatnya, madu ini berasal dari bunga pohon randu berkualitas, dari lebah apis cerana dan apis mellifera. 

Fathul Jamil, Corporate Communication Madu Saheela baru-baru ini memberikan penjelasan tentang varian madu kapuk randu. 

“Madu jenis ini memiliki banyak khasiat seperti meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas, meningkatkan nafsu makan, memperlancar fungsi kerja otak, menyembuhkan radang, menyehatkan liver, menyembuhkan demam dan menghilangkan bau mulut hingga menyembuhkan luka luar.”

Madu yang diproduksi oleh Saheela diambil langsung dari berbagai peternakan lokal berkualitas asli Indonesia. 

“Dipanen langsung secara modern dengan extractor, sekaligus pengolahan penuh cinta, alami, steril dan tanpa campuran apapun. Oleh karena itu, kualitas, manfaat dan kemurniannya 100% tetap terjaga dibanding proses panen secara manual yakni dilakukan diperas dengan tangan,” jelas Jamil.

Madu ini juga memiliki aroma yang khas, harum, sedap, dan tidak menyengat. Aroma ini tidak akan hilang meskipun pernah dibuka. Uniknya, aroma setiap kali panen tidak selalu sama 100%. 

Tekturnya sedang, tidak terlalu cair dan tidak terlalu kental dengan warna coklat kekuningan yang jernih. Menurut informasi, tektur madu juga berkaitan dengan musim. Saat musim penghujan, kadar air dalam madu lebih tinggi dibanding saat musim kemarau. 

Manfaat Madu Saheela Kapuk Randu untuk Pencegahan Covid-19

Secara umum, Madu Saheela Kapuk Randu dapat mengobati berbagai penyakit ringan dan bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas dan kekebalan tubuh, memperbaiki metabolisme tubuh, sakit perut, asam lambung, mag, pusing, luka luar, menurunkan demam, radang tenggorokan, batuk, pilek, sembelit, dll. 

Menurut penelitian dan pengalaman, madu jenis ini sangat efektif untuk mengatasi koleterol dan insomsia/susah tidur. Cukup istirahat, badan sehat, imunitas kuat, virus dan penyakit pun lewat. 

Jadi, cara ini adalah salah satu ikhtiar agar terhindar dari covid-19. Tentunya dengan kelengkapan lain yaitu menerapkan gaya hidup sehat dan terapkan protol kesehatan di manapun. Jangan lupa, yang utama adalah ikhtiar langit, dengan memohon kesehatan dan keselamatan dari Yang Maha Kuasa. 

FYI, saya pernah mengalami gejala seperti penderita covid-19. Waktu itu, saya tidak periksa karena kondisi Bali sedang zona merah dan di mana-mana rumah sakit sangat selektif menerima pasien. Saya inisiatif untuk isolasi mandiri, selalu menggunakan masker di dalam rumah, istirahat yang cukup, menghindari membuka media sosial dan berita-berita yang berpotensi membuat stres, konsumsi makanan sehat, dopping madu dan suplemen lain. 

Alhamdulillah, sekitar 3 pekan sudah benar-benar pulih. Badan tidak lagi terasa lemah dan nyeri khususnya sendi-sendi. Penciuman pun kembali normal setelah sebelumnya mengalami anosmia (kondisi hidung tidak bisa mencium bau).  

packaging madu saheela
packaging madu saheela

Packaging Madu Saheela

Packaging madu saheela kapuk randu menggunakan botol plastik dengan mulut botol yang lebar, semacam stoples kecil. Terlihat elegan dengan nuansa emas dan hijau. Di salah satu sisinya terdapat grafir ‘Saheela’ sehingga menandakan bahwa produk ini otentik milik Madu Saheela. 

Tutup kemasan yang lebar memudahkan kita untuk mengambil madu baik menggunakan pengaduk madu berbahan kayu maupun dengan sendok lain (disarankan menggunakan sendok kayu). Tutup dalamnya juga dilengkapi dengan aluminum foil dan dibalut kembali dengan platik untuk mencegah madu meleber ke luar selama pengiriman atau sebelum dibuka. 

Waktu Terbaik untuk Konsumsi Madu

Mengonsumsi madu bisa dilakukan kapan saja asalkan tidak berlebihan. Namun ada yang menyarankan waktu-waktu terbaik, yaitu:

1. mengonsumsi madu saat pagi sebelum sarapan. Sebanyak 2 sendok makan madu yang dikonsumi di pagi hari dalam kondisi perut kosong, dapat membantu pencernaan dan memberikan energi. 

2. konsumsi madu menjelang istirahat. Konsumsi 2 sdm madu di malam hari sebelum tidur akan membantu tidur lebih lelap, membuat tubuh rileks, dan menjaga sistem pencernaan. 

waktu terbaik untuk minum madu
favorit: minum madu dengan air hangat

Cara Asyik Menikmati Madu Saheela

1. Diminum Langsung

Cara paling praktis untuk konsumsi madu adalah seperti minum sirup, langsung disendok. Sayangnya, gigi sensitif saya terasa ngilu jika saya minum madu dengan cara ini sehingga sekarang jika tidak kepepet saya tidak meminum langsung. 

2. Minum dengan campuran air hangat

Cara ini favorit saya dan keluarga. Pagi hari dan malam hari apalagi saat hujan, minum madu dengan air hangat akan membuat tubuh dan perut terasa hangat pula. 

3. Campuran Minuman Herbal

Siapa yang semenjak pandemi jadi lebih rajin minum ramuan rimpang atau empon-empon? Pastikan jika menggunakan pemanis, pilih madu, ya! supaya lebih menyehatkan. 

4. Sebagai topping pancake

Sarapan dengan pancake yang dikucuri madu?! Hm... yummy! Makanan praktis nan lezat di saat perut lapar

5. Sebagai olesan roti

Anak-anak senang sekali makan roti dengan olesan madu. Saya pun terkadang menggunakan madu untuk olesan roti bakar rumahan. 

6. Untuk campuran/pemanis aneka makanan 

Selain itu, aneka makanan juga seringkali saya tambahkan pemanis madu misalnya pancake, pisang goreng, salad buah, dll. 

Lalu bagaimana cara asyik menikmati madu ala kamu, Temans? 

Cara Pemesanan Madu Saheela

Penasaran bagaimana cara memesan madu premium ini? mudah sekali, Temans bisa langsung mengunjungi akun instagram @madusaheela dan kepo sepuasnya di sana. 

Madu Saheela bisa dikirimkan ke seluruh Indonesia, ya! saya tinggal di Bali, dan pengirimannya terbilang cepat. Selain itu, pengemasannya juga rapi sekali. selain kemasan madunya sudah aman, masih dipack dengan kardus tebal, setelah itu dibalut dengan bubble wrap super tebal, Lebih menyenangkan lagi, kita bakal dapat pengaduk madu dari kayu yang imut dan unyu banget! Yaampun, emak-emak pemuja properti foto pasti demen! Ups!  cuss! nggak perlu ragu.

Semoga bermanfaat,

Salam!

30 komentar untuk "Manfaat Madu Saheela Kapuk Randu untuk Cegah Covid-19"

  1. Minum air hangat + madu juga jadi salah satu kebiasaan baik kami di masa pandemi ini Rin.. Wah aku blm pernah nyicip madu yg ini, jadi pengen juga..

    BalasHapus
  2. Aku dan keluargaku khususnya di masa pandemi ini rutin mengkonsumsi madu dan ternyata terasa ya khasiatnya

    BalasHapus
  3. Madu memang jadi salah satu item wajib buat di rumah nih Mba, madu randu yg raw juga enak ya ternyata. Pagi bisa dipake tambahan minim jeniper, bisa juga buat immune boosters anak2

    BalasHapus
  4. Madu emang jadi menu wajib di rumah. Khususnya madu kapuk randu ini, paling favorit karena manisnya pas dan ga seret di tenggorokan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata banyak yang suka madu kapuk randu 😍

      Hapus
  5. sekeluargaku penggemar madu, setiap hari pasti minum madu, sesendok, tapi belum pernah coba merek ini, coba ah

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah sudah lebih satu tahun ini aku sama keluarga rutin konsumsi madu setiap pagi mbak. biasanya kita campur pakai lemon dan batang serai. rasanya lebih enak dan segar.. dan alhamdulillah manfaatnya juga banyak

    BalasHapus
  7. Packingnya cantik ya say. Kalo aku madu harus campur air anget ga sanggup kalo langsung minum gitu soalnya ga gitu suka manis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum, Mbak. Aku dulu suka minum langsung aja, tapi karena gigiku sensitif jadi linu kalau langsung 'hap'. Jadi suka minum madu+air hangat

      Hapus
  8. Enak bgt ya mb klu makan pancake diksh topping madu...madu mmg byk manfaat nya ya..aplg di masa pandemi ini kudu jg stamina salah satunya dg minum madu

    BalasHapus
  9. Duh maduku habis baru ingat setelah baca ini. Suka kemasannya yang cantik dan aman untuk dibawa dan dikirim...Saheela keren...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, madunya habis, wadahnya bisa dipakai

      Hapus
  10. Yuni suka banget minum madu kak. Apalagi kalau dicampur dengan air dingin. Nikmatnya kebangetan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pas lagi panas banget kadang juga suka madu dingin, tapi lebih suka yang hangat

      Hapus
  11. Jadi mau juga dong nyobain madu Saheela. Minumnya apa boleh pas baru bangun tidur dan sebelum tidur malam? Buat nambahin semangat sehat dan menjauhkan covid dari keluarga nih ^^

    BalasHapus
  12. Sebagai seorang tea addict, tiada hari tanpa minum teh. Udah beberapa saat aku menambahkan madu ke tehku untuk mengurangi kebiasaan minum teh mix dengan gula putih. Nikmat banget deh dicampur madu. Lebih bagus lagi sih kalau minumnya pake air hangat aja. Biasanya kalau pagi setelah bangun tidur tuh enak banget minum air hangat plus madu gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dulu juga suka gitu, Mbak. Dulu sempat ngerasa aneh dengan rasa madu+air hangat. Lama2 jadi terasa enak juga

      Hapus
  13. Sampai sekarang aku masih belum sukses bujuk anak-anak minum madu lagi. Kata mereka kemanisan, padahal pas masih anak-anak ga papa lho

    BalasHapus
  14. Kalau di rumah kami seingnya dicampur air hangat sama buat campuran atau pemanis makanan mbak, lagi mengurangi pemakaian gula juga

    BalasHapus
  15. Habis ini mau beli madu juga buat bisa dikonsumsi tiap hari ya Mba, berguna banget emang untuk kesehatan tubuh

    BalasHapus