Kebiasaan sebelum Tidur yang Bisa Cegah GERD Tak Kambuh saat Malam Hari

kebiasaan sebelum tidur yang baik untuk penderita gerd

Halo Temans, ada yang punya masalah asam lambung seperti saya? 

Naiknya asam lambung atau biasanya dalam dunia medis lebih dikenal dengan istilah GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) seringkali mengancam penderitanya. Ada beberapa pantangan makanan yang harus dihindari oleh penderita GERD agar asam lambung tidak naik sehingga dapat menjalani aktivitas dengan lancar. 

Selain ancaman di siang hari, penyakit ini ternyata juga bisa mengganggu waktu tidur di malam hari. Untuk mengatasi kambuhnya penyakit ini di malam hari, mengatur posisi tubuh bisa cukup membantu.

Tips agar GERD Tidak Kambuh di Malam Hari

Penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Chest berkata, gangguan asam lambung menyerang sekitar 3.825 orang dari total 15.300 responden. Gangguan asam lambung juga bisa membuat penderitanya mengalami insomnia sehingga kurang tidur. Bahkan seorang penderita GERD bisa saja terbangun di tengah malam karena rasa sakit yang muncul pada perutnya. 

Padahal, jika GERD terjadi terus menerus tanpa penanganan yang tepat dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada kerongkongan. Lapisan perut yang terus terluka karena gesekan asam dapat meningkatkan risiko kanker kerongkongan. 

Agar penyakit ini tidak berlarut-larut, terutama di malam hari, yuk simak penjelasan posisi tidur yang dapat mencegah sakit GERD kambuh di malam hari.

1. Meninggikan posisi kepala

Naiknya asam lambung sering dikaitkan dengan pengaruh gravitasi. Meninggikan posisi kepala saat tidur dapat memanfaatkan pengaruh gravitasi terhadap posisi asam lambung. Hal ini dapat mencegah kambuhnya GERD pada saat kita tidur. Tidak perlu terlalu tinggi, tatakan atau bantal setinggi 10-15 cm saja sudah cukup untuk membuat tidur nyaman tanpa ancaman GERD menyerang.

2. Posisi Tidur Menghadap Kiri

Bagi penderita gangguan asam lambung, tidur menghadap kiri adalah posisi yang tepat untuk mencegah kambuhnya GERD di tengah malam. Hal ini disebabkan lambung yang berada di bagian kiri tubuh sehingga tidur dengan menghadap kiri membuat sfingter esofagus berada di atas. Kondisi ini akan meminimalisasi terjadinya kenaikan asam lambung.

Itulah beberapa tips selain posisi tidur agar GERD tidak kambuh di malam hari. Jika sudah terlanjur kambuh kamu bisa mengkonsumsi obat penetral asam lambung seperti promag herbal untuk mengantisipasinya. Pastikan stok selalu agar kamu bisa tetap melanjutkan aktivitas kala GERD menyerang. 


obat herbal untuk mengatasi gerd
ilustrasi


3. Mengurangi Berat Badan

Tidak hanya membuat penampakan tubuh menjadi lebih sehat, menurunkan berat badan ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengurangi tingkat keparahan GERD yang seringkali menyerang tubuh. Penelitian membuktikan bahwa penurunan berat badan sebanyak 1 kg dapat mengurangi refluks asam lambung pada tubuh. Sebaliknya, semakin bertambah berat badan, risiko refluks asam lambung pun meningkat.

4. Menggunakan Pakaian Longgar

Pakaian juga mempengaruhi kualitas saat sedang tidur. Itulah mengapa pakaian tidur biasanya didesain longgar dan dibuat dengan bahan yang nyaman. Pakaian yang ketat saat tidur dapat meningkatkan risiko kambuhnya asam lambung, terutama jika pakaian tersebut memiliki karet ketat di bagian pinggangnya.

5. Mengurangi Kebiasaan Makan Larut Malam

Di tengah malam perut sering terasa lapar sehingga membuat sulit tidur karena terganggu oleh rasa laparnya. Di kondisi ini, biasanya seseorang akan mengkonsumsi makanan meskipun sudah mendekati waktu tidur. Padahal, kebiasaan ini justru akan memicu naiknya asam lambung. Untuk mencegah kelaparan di malam hari, biasakan makan teratur minimal 3-4 jam sebelum tidur.

Semoga tips mengenai posisi tidur di atas bisa bermanfaat buat Temans yang punya masalah asam lambung atau gerd.

Salam sehat selalu! 

No comments for " Kebiasaan sebelum Tidur yang Bisa Cegah GERD Tak Kambuh saat Malam Hari"