5 Cara Menjaga Sepeda Gunung Tetap Bersih dan Siap Pakai

merawat sepeda gunung

Akhir-akhir ini, kebiasaan bersepeda menjamur di kalangan masyarakat akibat berbagai kebijakan di masa pandemi. Sepeda juga salah satu cara mengisi waktu, menghilangkan kejenuhan, sekaligus menyehatkan badan. Sepeda lipat, sepeda gunung, sepeda biasa mulai dari harga murah hingga selangit bisa menjadi pilihan. 

Memiliki sepeda gunung atau mountain bike (MTB) yang bersih dan siap pakai akan membuat kita nyaman saat menggunakannya. Tidak hanya akan memberikan kenyamanan, tetapi juga membuat kegiatan bersepeda menjadi mulus dan tanpa gangguan. 

5 Cara yang Dapat Dilakukan supaya Sepeda Tetap Bersih 

Agar sepeda tetap bersih dan siap pakai, ternyata ada beberapa hal penting yang harus dilakukan agar kita nyaman dan aman saat berkendara. Artikel ini akan akan memberikan 5 cara yang dapat dilakukan supaya sepeda tetap bersih dan siap pakai di manapun dan kapanpun kita mau. Kelima cara yang patut dicoba ini adalah:

1. Tempatkan Sepeda di Tempat yang Nyaman

Hal pertama yang dapat kita lakukan pada sepeda gunung adalah dengan menempatkannya di tempat yang nyaman. Tempat yang dianggap nyaman bagi sepeda adalah tempat yang bebas dari sinar matahari dan air hujan secara langsung yang akan membuat sepeda menjadi berkarat.

Di samping itu tempat sepeda yang nyaman adalah tempat dimana sepeda tidak diletakkan di suatu tempat dalam waktu yang lama. Hal ini menyebabkan sepeda gunung akan menjadi cepat rusak, sehingga sepeda gunung harus dikendarai dalam waktu tertentu.

Menempatkan sepeda juga harus dilakukan dengan memastikan beberapa bagian sepeda seperti hand grip, ban, dan frame harus dilindungi dari gangguan luar, supaya sepeda tetap terjaga kebersihannya dan siap pakai.

menjaga agar sepeda gunung selalu bersih terawat

2. Bersepedalah di Tempat yang Bersih

Jika di musim hujan, alangkah lebih baik bila menunda kegiatan bersepeda di luar ruangan. Jalan yang becek dan penuh lumpur dapat membuat sepeda menjadi cepat rusak dan membuat beberapa bagian sepeda menjadi penuh kotoran.

Selain itu jalan yang penuh kerikil juga membuat sepeda menjadi tidak awet dan tahan lama. Maka dari itu bersepedalah di tempat yang bersih, supaya sepeda gunung tetap awet dan tahan lama.

3. Cek Komponen Sepeda Secara Berkala

Bila ingin membuat sepeda selalu siap pakai, maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah cek komponen sepeda secara berkala. Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengecek ban, putaran roda, sistem rem, rantai, suspensi pork sepeda serta beberapa komponen lainnya.

Bila Temans sudah paham tentang komponen sepeda, maka itu sangat baik karena dapat mengetahui komponen mana yang harus diperbaiki. Sebaliknya, bila kurang paham, pergilah ke bengkel sepeda terdekat dan biarkan pekerja bengkel mengecek komponen mana yang bermasalah di sepeda.


perhatikan komponen sepeda termasuk tekanan ban

4. Pastikan Ban Berada Dalam Tekanan yang Pas

Ban sepeda merupakan salah satu komponen sepeda yang paling penting untuk dilindungi. Supaya sepeda siap pakai, hal yang paling utama dilakukan adalah mengecek tekanan yang ada pada sepeda.

Tekanan pada ban yang baik adalah ban yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu kempes. Jika ditanya soal pemeliharaan ban, maka hal yang gampang dilakukan adalah dengan cara melihat bentuk ban sepeda yang dimiliki; semakin tipis ban, maka akan semakin besar pula tekanan yang dibutuhkan.

Tekanan ban yang pas tergantung pada jenis ban, berat ban, dan gaya berkendara. Contohnya sepeda gunung yang membutuhkan tekanan 25-35 pski, sepeda balap yang membutuhkan tekanan ban sebesar 80-130  psi, dan sepeda hybrid yang membutuhkan 40-70 psi.

5. Bersihkan Sepeda dalam Waktu Tertentu

Langkah mutlak yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan sepeda dalam waktu tertentu. Ini dikarenakan debu, kotoran, keringat yang menempel lama di sepeda akan memperpendek umur sepeda yang Temans miliki.

Debu, keringat dan kotoran adalah sumber masalah yang memperpendek umur sepeda , yang salah satunya menyebabkan karat pada komponen sepeda gunung. Untuk mengatasi hal ini, bersihkan sepeda dalam waktu tertentu. Cara yang paling mudah adalah dengan membersihkan sepeda setiap 2 kali pemakaian.

Catatan:

Menjaga sepeda gunung penting untuk membuat sepeda tetap bersih dan siap pakai. Beberapa langkah lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara mengecek drivetrain tetap bersih dan terlubrikasi, memastikan rantai sepeda tetap optimal, dan tentunya melihat apakah sepeda yang dimiliki telah berfungsi sebagaimana mestinya atau tidak.

Demikian tips asyik mengenai 5 cara menjaga sepeda gunung agar tetap bersih dan siap pakai, semoga sepeda yang dimiliki tetap awet, bersih dan siap pakai dimanapun dan kapanpun Temans berada. 

Semoga bermanfaat,

Salam, 

No comments for "5 Cara Menjaga Sepeda Gunung Tetap Bersih dan Siap Pakai"