Review Kelorina Moringa Super Drink

review minuman serbuk dari daun kelor organik, kelorina moringa super drink
Serbuk daun kelor, sumber gmbar: PT MOI


Moringa Super Drink, Manfaat Daun Kelor dalam Cita Rasa Lezat

Pernah mendengar istilah ‘super food’ atau ‘makanan super’? istilah ini mengacu pada makanan yang memiliki nutrisi dan manfaat yang relatif tinggi bagi kesehatan. 

Kelor (moringa oleifera) adalah salah satu super food karena manfaatnya yang sangat beragam. Tak hanya nutrisi untuk kesehatan tubuh, tetapi bermanfaat juga untuk kesehatan wajah dan kulit/kosmetik. 

Berawal dari 'kekepoan'-ku atas status facebook seorang adik kelas semasa di kampus, jadilah kupesan Kelorina Moringa Super Drink darinya.

Jujur saya penasaran, apalagi adik kelasku ini jualnya sudah jadi milk shake. Bisa original tanpa fresh milk karena minumannya sudah mengandung krimer nabati, dan tersedia juga spesial dengan susu segar.

Waktu sedang berpuasa, 'dipamerin' minuman segar begitu, ngilerlah saya. Wkwkwkwk. Sayang jauh sekali, dia di Blora saya di Bali. Langsung tanya-tanya bisa beli sachet-nya aja nggak? Ternyata bisa! Alhamdulillah... Namanya masih percobaan, jadi nggak pesan banyak-banyak. Pesan 10 pcs aneka rasa supaya nggak sayang banget ongkirnya.

Apa sih, Moringa Super Drink itu? 

Pasti nggak asing kan, sama moringa alias daun kelor? Tanaman yang hits sejak beberapa tahun belakangan ini, salah satu super food.

Biasanya kita mengenal daun kelor sebagai sayuran atau dalam bentuk obat herbal. Ternyata sekarang ada inovasi minuman instan-nya juga yang dinamai dengan ‘super drink’ karena berasal dari kelor si super food. 

Menyandang nama 'Kelorina', produk ini dikeluarkan oleh PT MOI, produk lokal yang telah terstandarisasi di Jerman. 

Sekilas tentang PT Moringa Organik Indonesia

Moringa Super Drink diproduksi oleh PT Moringa Organik Indonesia (PT MOI), perusahaan yang terletak di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. PT MOI bergerak dari hulu ke hilir mulai dari pembibitan tanaman kelor organik hingga pengolahan hasil panen daun kelor. Berbagai produk olahan daun kelor seperti serbuk daun kelor, minyak kelor, skincare, cokelat kelor, juga biji kelor yang bisa dikonsumsi dan dimanfaatkan sebagai benih. 

Berawal dari kegiatan swadaya masyarakat tentang penanaman dan pemanfaatan daun kelor sebagai solusi malnutrisi di Indonesia, kini telah berdiri gagah Pusat Pembelajaran Moringa Organik Indonesia sebagai sarana masyarakat untuk menimba ilmu bagaimana menanam dan mengolah daun kelor. Menariknya, di sana juga terdapat resto dengan nama ‘Resto Kelorina’ yang dengan menu olahan daun kelor. 

Hm... menarik sekali mengetahui tentang hal ini. Rasanya semakin tergugah untuk ikut serta dalam ‘revolusi nutrisi’ melalui daun kelor. Bagi temans yang punya lahan, peluang untuk menanam dan mengembangkan daun kelor sangat besar. Sedangkan bagi yang saat ini belum punya lahan seperti saya, menjadi konsumen produk olahan daun kelor sudah menjadi solusi yang tepat. 

Packaging Kelorina Moringa Super Drink

Dilihat dari packagingnya, minuman ini terkesan premium. Gambar dan ukuran kemasannya mengingatkanku pada serbuk latte aneka rasa yang ‘kejepang-jepangan’. Kemasannya terbuat dari plastik yang cukup aman, tidak mudah rusak. Hanya kusut sedikit wajar lah ya, namanya juga kemasan dari plastik. 

Ukuran kemasannya sangat mungkin untuk dibawa bepergian. misalnya Temans suka menjelajah ke berbagai tempat, bisa sekali memasukkan minuman ini ke dalam list barang yang harus dibawa. Pastinya dengan cara ini bisa mendapatkan manfaat dari daun kelor di manapun dengan cara yang praktis. 

Moringa Super drink kelorina, produk lokal yang memanfaatkan daun kelor organik
Minuman dari daun kelor, foto koleksi pribadi

Varian Rasa Minuman Serbuk Daun Kelor ‘Kelorina’

Ada 6 varian rasa Moringa superdrink yaitu Moringa original, Moringa Latte, avocado, chocolate, ginger, dan coffee ginger. Saya hanya mencoba 5 variannya, skip varian original. 

Niatnya sih ya, mau dicoba saat masih Ramadan, tapi terlupa, apalagi waktu itu masih ada stok minuman jahe jadi lebih sering malam-malam minum jahe. Barulah waktu itu saat dingin setelah seharian hujan, teringat ada stok minuman dari serbuk daun kelor dan ada rasa jahe juga. 

Setelah mencoba semua varian itu, saya paling suka dengan cofee ginger dan chocolate (yup! I’m a chocolate lover). Sebelum kuseduh, sengaja banget kucium-cium aromanya. Hidung sensitifku mencium aroma langu daun kelor. Setelah dituang air panas, warnanya jadi hijau persis warna minuman matcha. Aroma daun kelornya nggak terlalu kuat sih. Nah, kata suami saya malah mirip jamu. Beliau memang kurang suka minuman sejenis jamu dan yang mengandung susu, jadi wajar jika berkomentar seperti itu.

Minum secangkir seduhan minuman dari daun kelor ini sembari duduk di depan laptop saat hujan turun dan udara terasa dingin... hm, perpaduan yang sempurna sekali!

Cara Membuat Minuman Serbuk Daun Kelor

Cara menyeduh minuman ini mudah sekali, semudah membuat kopi saset. Jika suka minuman dingin, tinggal tambahkan es. 

Buat yang suka minum fancy ala kafe, bisa banget bikin kreasi minuman sehat ini. saya pernah mencoba membuat milkshake dengan alat dan bahan seadanya. Hanya susu uht plain/full cream, 1 sachet moringa super drink, dan es batu. Berhubung saya belum punya blender, hanya saya campur semuanya lalu kocok dengan tumbler. Hasilnya, milkshake yang nikmat sekali. Bahkan anak-anak yang biasanya saya tawari minum tidak mau, kali ini berebut. Saya pakai rasa original dan hasilnya sangat mirip dengan matcha latte. 

Hm... yakin, nggak penasaran untuk mencoba juga? 

Rasanya senang dan bangga dengan berbagai inovasi pemanfaatan daun kelor ini. semoga Kang Dudi, founder-nya terus berinovasi dan menginspirasi kita semua. 

Semoga bermanfaat, 

Salam, 


Pembelian produk Kelorina bisa melalui akun IG @geraikelorinablora 

Moringa Organik Indonesia, Pusat Pembelajaran, Desa Puri Kelorina, Area Sawah & Kebun, Ngawenombo, Kunduran, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58255

Jam buka: 

Rabu 08.00–16.00

Kamis 08.00–16.00

Jumat Tutup

Sabtu 08.00–16.00

Minggu 08.00–16.00

Senin 08.00–16.00

Selasa 08.00–16.00

Telepon: 0821-4477-3089

Janji temu: ptmoi.id

11 comments for "Review Kelorina Moringa Super Drink"

  1. Mengingat banyaknya manfaat Daun Kelor, Kelorina ini bisa jadi alternatif asupan daun kelor bagi yg kesulitan mendapatkan kelor segar ya.. Keren..

    ReplyDelete
  2. Daun kelor biasanya kupetik dari pohonnya dimasak jadi sayur bening. Ternyata ada juga berupa serbuk siap saji jadi minumannya ya.

    ReplyDelete
  3. Namanya lucu ya kelorina hehehe baru tau kalau kelor termasuk super food aku taunya labu..jadi penasaran sama kelorina aku kelihatannya nikmat diminum hangat-hangat ya?

    ReplyDelete
  4. Wah, jadi penasaran juga nih pengin nyobain si kelorina. Nggak ada bayangan sama sekali sih rasa daun kelor kayak gimana... Tpi kalau kayak matcha berarti enak nih. Btw harganya berapaan mba?

    ReplyDelete
  5. Salah satu dosen saya pernah pamerin ke saya tentang apa sih namanya ya. Pusat budidaya atau apa gitu. Pokoknya di sana itu banyak banget tanaman kelor. Juga olahan berbahan dasar kelor. Lokasinya juga di Blora sih.

    Sepertinya juga ada minuman kelorina moringa. Sayangnya aku belum pernah nyoba minum.

    ReplyDelete
  6. Daun yang punya banyak banget manfaat ya mba, aku ngeliat bubuk kelor kok ingat bubuk grean tea kalau diblender kasih es enak banget ehehehe
    Ini bisa diaplikasikan make isian misalnya cincau gitu nggak sih mba, selera ya.

    ReplyDelete
  7. Baru tahu kalau kelor ada ekstraknya. Selama ini cuma tahu daun kelor dijadiin sayur bening atau lodeh kelor.

    ReplyDelete
  8. Ya allah daun kelor memang lagi jadi primadona belakangan ini. Apalagi kalau ada inovasi baru seperti ini ya mbak. Praktis dan mudah banget dikonsumsinya.

    Blora ya deket sama Purwodasi. Xixixi

    ReplyDelete
  9. Kalo kelor udah dibikin bubuk gini, manfaatnya masih tetap sama atau berkurang?
    Aku penasaran sama rasanya juga nih, karena udah ditambah rasa lain ya

    ReplyDelete
  10. Pengin nyobain nih moringa dengan kandungan daun kelor. Tapi aku ga suka loh kalau aromanya kayak matcha. Kurang berkenan kayaknya hidungku dengan aroma itu. Kalau yg rasa coklat apa ya tetep aromanya kayak matcha, Rin?

    ReplyDelete
  11. Unik banget ya produknya. Kreatif nih yang buat. Jadi penasaran sma rasanya juga resto kelorina nya kaya apaa yaa..

    ReplyDelete

Post a comment

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam