Cara Merawat Wajah dengan Bahan Alami dari Dapur

cara merawat wajah secara alami dari bahan yang tersedia di dapur

Pernah mengalami masalah akibat tidak cocok dengan bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik? Rasanya sungguh membuat hati ter-poteque bukan? Jadi ketika sudah menemukan kosmetik yang cocok, enggan sekali untuk mencoba produk lain apalagi yang harganya jauh lebih mahal. Solusinya, bisa dikombinasikan dengan bahan alami yang kerap tersedia di rumah. 

Terlebih sebagai seorang ibu rumah tangga yang harus berhemat, harus selektif memilih skincare supaya wajah dan dompet terawat sekaligus. Jika keduanya dalam posisi aman, niscaya hati pun akan selalu diliputi kebahagiaan. 

Membuat Masker Wajah dari Bahan-bahan di Dapur

Dana terbatas bukan alasan untuk tidak merawat wajah dan tubuh, karena kita bisa memanfaatkan barang-barang yang suah tersedia di dapur sebagai masker wajah. Tentunya tidak dalam jumlah banyak sehingga tidak terlalu memengaruhi cahflow belanja harian. 

Apa saja bahan-bahan yang bisa kita menfaatkan menjadi masker sebagai perawatan alami tersebut? Yuk kita bahan satu-persatu.

1. Masker Putih Telur 

Masker putih telur telah lama hits sebagai cara alami dan mudah mendapatkan kulit wajah yang kencang. Ternyata ada beberapa mandaat lainnya yaitu mengangkat sel kulit mati, menghilangkan komedo, menyerap kelebihan minyak pada wajah, mengurangi garis-garis halus pada wajah, dan mencegah munculnya jerawat. 

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan memisahkan putih telur dari kuningnya, lalu oleskan ke seluruh wajah. Diamkan sekitar 10 – 15 menit lalu bilas dengan air hangat. 

Jika memiliki jenis kulit tertentu misalnya berminyak, bisa dicampurkan dengan lemon atau bahan lain yang sesuai. Demikian juga untuk jenis kulit lainnya, campurkan dengan bahan yang sesuai dengan jenis kulit dengan menggunakan blender maupun dicampur manual dengan sendok/pengaduk. 

2. Masker Tomat 

Jika tersedia tomat di tempat penyimpanan, sisihkan 1 -2 potong untuk digunakan masker saat akan memasak. Gosok-gosokkan pada wajah lalu tunggu 15 – 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Cara lainnya dengan mencampurkan pasta tomat dengan yoghurt, madu, atau bahan lainnya dan aplikasikan sebagai masker.

Tomat dikenal efektif membantu mencerahkan kulit. Kandungan antioksidan tomat juga bermanfaat melawan radikal bebas sehingga mencegah penuaan dini.

Selain tomat, kita bisa melakukan cara ini dengan buah-buahan lainnya yang tersedia di lemari pendingin. 

3. Masker Kunyit

Kunyit bisa bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah, menenangkan kulit yang meradang, dan meningkatkan produksi kolagen. 

Jika di rumah tersedia bubuk kunyit, campurkan sekitar 1 sendok teh dengan madu dan susu bubuk, atau cukup dengan madu. Bisa juga dengan tepung beras, oat, atau endapan cucian beras. Jadikan sebagai masker dan tunggu hingga kering sebelum dibilas. 

4. Masker Lemon/Jeruk Nipis

Senang mengonsumsi infused water atau air minuman jeniper (jeruk nipis peras)? Manfaatkan sisa-sisa air jeruk yang berada di tangan dengan menepuk-nepukkan ke wajah. Manfaatkan juga sisa perasannya dengan cara digosokkan ke wajah. Namun perlu diperhatikan dan hati-hati bagi yang memiliki kulit sensitif dan kering. 

Cara lainnya dengan mencampurkan air lemon/jeruk nipis dengan madu supaya konsentrasi air lemonnya tidak terlalu pekat. Kandungan vitamin C bermanfaat untuk meremajakan kulit dan membantu mengatasi masalah pigmentasi. 

5. Masker Madu

Madu merupakan hasil produksi lebah dari sari-sari bunga. Manfaatnya sudah tak diragukan lagi termasuk untuk perawatan wajah. Jika ingin wajah glowing, gunakanlah masker madu yang memiliki sifat antibakteri, antimikroba, serta antiinflamasi. 

Caranya pun sangat mudah, dengan menyiapkan madu lalu mengoleskannya ke seluruh wajah kecuali area hidung dan mata. Biarkan selama 10-15 menit sebelum kemudian dibersihkan dengan air hangat.

6. Masker Timun

Menggunakan irisan timun untuk menenangkan mata dan area mata sudah mainstream sekali, bukan? Manfaatnya memang sudah terbukti. Selain itu, bisa digunakan sebagai masker dengan cara memarut timun lalu mengoleskannya secara merata ke seluruh wajah. Gunakan tambahan madu untuk manfaat yang lebih banyak. Selain menenangkan, timun juga membantu mengatasi masalah iritasi akibat sinar matahari.

7. Masker Endapan Air Cucian Beras 

Saat mencuci beras, gunakan sedikit air untuk cucian pertama lalu sisihkan airnya. Biarkan sampai muncul endapan lalu perlahan buang airnya sampai endapan tersebut berbentuk pasta dan bisa digunakan sebagai masker. 

Campurkan endapan dengan kunyit secukupnya lalu oleskan menyeluruh ke wajah. Kandungan yang terdapat dalam endapan ini membuat kulit wajah lebih glowing

cara membuat masker dan scrub untuk menghilangkan komedo dari bahan di dapur

DIY Scrub untuk Menghilangkan Komedo 

Masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang adalah komedo. Kelihatannya hanya sepele, tapi cukup mengganggu. Apalagi ketika bermake-up membuat bagian yang berkomedo menjadi kurang rata. 

Komedo disebabkan oleh minyak berlebih pada kulit wajah sehingga rawan muncul pada wajah dengan kulit berminyak atau kombinasi daerah T. 

Ternyata kita bisa juga menghilangkan komedo dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah, lho! Harap diperhatikan untuk tidak memencet komedo dengan kuku apalagi saat kondisi tangan kotor karena akan berpotensi menimbukan masalah lain seperti jerawat di wajah. 

Cara Membuat Masker atau Scrub untuk Menghilangkan Komedo

1. Cara paling praktis dengan menggunakan pasta gigi. Saat mandi, oleskan sekitar 1cm pasta gigi ke hidung dan area yang berkomedo. Diamkan sekitar 5 – 10 menit, lalu gosong perlahan dengan ujung jari dengan gerakan memutar. Terakhir, bilas hingga bersih. Komedo pun akan lenyap.

2. Dengan cara yang sama, gunakan 1 sendok teh baking soda. Buat pasta terlebih dahulu dengan beberapa tetes air, lalu oleskan ke hidung dan area yang berkomedo.

3. Suka makan pisang? Jangan buang begitu saja kulitnya karena bisa untuk mengatasi komedo. Caranya pun mudah, gosokkan kulit pisang bagian dalam ke area berkomedo. Tunggu hingga mengering lalu bilas dengan air atau sabun pembersih wajah.

4. Senang minum kopi hitam? Manfaatkan ampasnya untuk membuat masker sekaligus scrub wajah sebagai penghilang komedo. Campurkan ampas/bubuk kopi dengan susu bubuk dan madu sampai menjadi pasta dan bisa digunakan untuk masker. Oleskan ke seluruh wajah, tunggu setengah kering lalu gosok perlahan dan bilas dengan air.

5. Selain bahan di atas, kita bisa menggunakan oats sebagai masker dan scrub. Campurkan oats dengan madu hingga berbentuk pasta. Lakukan cara yang sama dengan adonan kopi. 

Bagaimana? Mudah sekali bukan? Bahan-bahannya pun sangat mudah didapatkan dan hampir selalu ada di dapur kita. 

Namun jika komedo dan masalah wajah lainnya belum kunjung teratasi, ada baiknya juga melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit. Untuk menambah wawasan, sertai dengan membaca artikel terkait masalah wajah kita dari sumber yang terpercaya. Misalnya artikel tentang cara menghilangkan komedo di Halodoc. 

Website dan aplikasi halodoc tidak hanya menyediakan info seputar dokter, informasi terkait rumah sakit, layanan konsultasi dokter dan pemesanan obat tetapi juga informasi kesehatan yang lengkap dan bisa dipertanggungjawabkan. Sering membutuhkan informasi semacam itu? Pasang saja aplikasinya di smartphone supaya saat membutuhkan tinggal klik aplikasi tanpa perlu mencari dengan browser. 

Merawat dan mengatasi masalah kesehatan terutama kesehatan wajah tidak hanya mengandalkan perawatan dari luar saja melainkan juga harus memperhatikan perawatan dari dalam. Bukan berkaitan dengan suplemen saja, asupan makanan yang sehat dan tidak mengandung minyak berlebih juga penting bagi wajah. Pola makan dan hidup sehat ditunjang dengan perawatan dari luar, hasilnya tentu akan memuaskan. 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. 

Salam, 

10 comments for "Cara Merawat Wajah dengan Bahan Alami dari Dapur"

  1. Walah.. Ngomong-ngomong masalah komedo, saya bermasalah banget nih.

    Di hidung saya ada banyak komedo. Dan ya, kalau bedak an jadi nggak rata. Itulah mengapa, saya malas sekali pakai bedak. Paling cuma pelembab doangan.

    Jadi, pasta gigi dan kulit pisang bisa mengangkat komedo. Bisa dicoba nih.

    ReplyDelete
  2. Yang jeruk nipis dan timun saya sering melakukannya tapi yg lain blm pernah..hehe.. Trims infonya, Rin..pengen coba juga ntar kapan2..

    ReplyDelete
  3. Ternyata banyak bahn sederhana yg biasa ada di dapur bisa untuk mempercantik kulit wajah yaa. Kayaknya dulu pernah coba masker putih telur, sekarang malah pakainya masker beli aja, duh pemalasnya akuu. Padahal pakai bahan alami itu ya simpel cara pakainya yaa..

    ReplyDelete
  4. Bahan2nya gampang banget dan hampir selalu siap di dapur ya say . Cobain ah thanks for sharing

    ReplyDelete
  5. Aku paling sering pakai jeruk nipis/lemon, kopi dan kulit pisang. Apalagi kalau habis dapet kiriman dari mertua hihihi

    ReplyDelete
  6. Wah aku belum pernah nyoba masker pakai kunyit. Coba deh besok bikin, pas ada kunyit bubuk juga di rumah. Kalo bersihkan komedo pakai kopi baru sekali gara-gara anakku ngopi. Sayang kalo gak digunakan ampasnya

    ReplyDelete
  7. Aku paling sebel di daerah T-ku ya komedo ini mba Rin
    Mesti tanganku gatel utak utik ngilangin. Tapi dengan cara alami di atas dan bahannya gampang mudah prakteknya yo. Kapan-kapan coba ah

    ReplyDelete
  8. Ternyata bikin masker sendiri pun enggak susah ya Rin. Aku kok pengin praktekkan yang masker kunyit. Pengin merangsang pertumbuhan kolagen dalam kulit.

    ReplyDelete
  9. Bahan herbal memang bagus untuk perawatan wajah ya. Udah turun temurun untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah. Tapi tetep harus hati-hati. Harus bersih dan hiegenis

    ReplyDelete
  10. Aku dulu pernah rajin maskeran pakai endapan beras sama kopi, tapi gitu deh nggak konsisten. Padahal hasilnya memang oke lo di wajah. Bikinnya juga gampang, tapi selalu kalah sama malas. Duh aduh.

    ReplyDelete

Post a comment

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam