Perhatikan 3 Hal Ini Jika Ingin Fitness Kamu Berhasil

3 tips sukses fitness

Setiap orang mendambakan tubuh yang sehat dan ideal. Namun untuk mencapai impian itu membutuhkan effort yang besar. Tidak hanya tentang diet, namun yang lebih penting adalah menjaga pola hidup sehat termasuk di dalamnya adalah kegiatan olah raga. 

di.et /diét/

n Dok aturan makanan khusus untuk kesehatan dan sebagainya (biasanya atas petunjuk dokter) 

sebenarnya, jika merujuk pada kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), diet adalah mengatur makanan. Tak hanya dikhususkan untuk mereka yang ingin mengurangi berat badan, kata ‘diet’ juga berlaku untuk mereka yang mengatur asupan makanan supaya lebih proporsional dari kondisi terlalu kurus atau terlalu gemuk. 

Salah satu sarana yang bisa dilakukan untuk menjaga dan merawat bentuk tubuh adalah dengan fitness. Namun, perhatikan 3 hal berikut sebelum kamu memulai fitness:

1. Kondisi Tubuh

Kondisi tubuh setiap orang berbeda. Oleh karena itu, sebelum memulai memilih latihan yang tepat untuk tubuh, perhatikan benar-benar kondisi tubuh  kita. Jangan karena alasan ingin segera mengurangi BB dalam waktu singkat lalu tubuh dipaksa untuk work out tanpa aturan. 

Jika perlu, kita bisa konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum memulai fitness. Jika sudah mendapat advis dari dokter kita bisa memilih latihan mana yang tepat dan apa saja yang perlu disiapkan. 

2. Personal trainer

Selanjutnya, akan lebih ideal ketika kita menggunakan jasa personal trainer. Meskipun harus merogoh kocek lebih dalam untuk sewa personal trainer (PT) dan studio, tapi hasilnya akan jauh lebih baik dibanding fitness sendiri atau hanya mengandalkan trainer yang tersedia di fitness center

Bersama personal trainer, kita akan lebih intens mendapatkan program yang sesuai dengan kondisi tubuh atau berdasarkan saran dokter. Biasanya seorang personal trainer akan merancang program yang sesuai, memotivasi, merancang program nutrisi, dan membantu mengoptimalkan tiap sesi latihan supaya lebih optimal mencapai tujuan yang diinginkan. 

Seorang personal trainer tersertifikasi juga akan melatih kita dengan tepat. Setiap gerakan yang dilakukan saat latihan terus terpantau, sehingga kecil kemungkinan kita mengalami cedera saat latihan. Ya, cedera saat latihan adalah salah satu hal yang menjadi momok untuk memulai fitness. 

Lalu ia juga akan memperhatikan tahapan-tahapan latihan kita. Cara ini akan membuat tubuh menyesuaikan diri dalam setiap sesi latihan. Jika tidak melalui tahapan-tahapan penyesuaian, tubuh akan ‘kaget’ dengan aktivitas tidak biasa. Lebih-lebih jika tidak rutin fitness, hanya mengandalkan adanya waktu luang.  

Ada kalanya kita juga mengalami kejenuhan atau kurang motivasi latihan. Biasanya personal trainer akan memotivasi kita supaya terus berlatih. Jika ingin mencapai mimpi, tentu kita harus berjuang dengan keras bukan? Demikian juga untuk mendapatkan tubuh yang ideal seperti keinginan.


creatine suplemen untuk fitness
sumber: web SFIDN

3. Asupan Nutrisi dan Suplemen

Personal trainer biasanya akan memberikan saran mengenai asupan gizi yang kita butuhkan untuk membantu mencapai tujuan badan sehat dan ideal kita. Bagi temans yang tidak hanya ingin memiliki  BB ideal namun juga ingin membentuk massa otot, biasanya disarankan juga untuk mengonsumsi suplemen. 

Salah satu suplemen yang dibutuhkan untuk membentuk massa otot adalah creatine. Creatine adalah asam amino yang secara alami terdapat di dalam sel otot. Creatine sudah sangat populer di kalangan atlet dan binaragawan dengan tujuan untuk meningkatkan massa otot, kekuatan dan performa dalam berolahraga.

Sebenarnya, tak hanya untuk membentuk massa otot, creatine juga membantu meningkatkan performa latihan, membantu membentuk sel otot baru, meningkatkan hormon anabolik, meningkatkan hidrasi sel otot, mengurangi terjadinya pemecahan protein di dalam otot, dan mengurangi Kadar Myostatin. (sumber: web SFIDN).

Kita bisa mendapatkan creatine melalui website SFIDN. Situs ini menyediakan berbagai suplemen yang dibutuhkan oleh tubuh terutama mereka yang menginginkan hasil terbaik dalam fitness. Produk yang tersedia adalah produk original dan sudah mendapat nomor sertifikasi dari BPOM sehingga relatif aman untuk tubuh kita. 

Menghitung indeks massa tubuh
Sumber: SFIDN

Tak hanya menawarkan produk untuk dijual, SFIDN juga menyediakan berbagai artikel menarik seputar dunia kesehatan khususnya yang berkaitan dengan fitness. Tentunya, artikel tersebut sangat bermanfaat terutama bagi pemula atau yang baru memiliki keinginan untuk melakukan training rutin. 

Bagi saya, yang menarik di situs tersebut adalah adanya kalkulator untuk menghitung perkiraan kalori yang dibutuhkan tubuh kita dan kalkulator BMI. Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) adalah angka yang menentukan apakah berat badan kita ideal, kurang, atau berlebih. Saya pun mencoba kedua kalkulator tersebut. Hasilnya, asupan kalori saya setiap hari berlebih, meskipun BMI saya masih normal. Artinya saya harus memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat dan merutinkan olah raga.

Nah, bagi temans yang penasaran dengan berbagai suplemen penunjang fitness, silakan di-kepo ya situs tersebut. 

Semoga 3 hal di atas bisa dijadikan pertimbangan khususnya bagi temans yang baru akan memulai memilih sesi latihan fitness

Semoga bermanfaat, 

Salam,

31 comments for " Perhatikan 3 Hal Ini Jika Ingin Fitness Kamu Berhasil "

  1. Wah cocok nih webnya bisa buat ceki2 BMI. Selama pandemi perutnya nggak bisa bohong nih. 🙈🙈🙈

    ReplyDelete
  2. Kalau ada personal trainernya jadi enak, kemampuan & kebutuhan kita fitness bisa terukur dengan sesuai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya nih..ini salah satu hasil evaluasi dr kurang berhasilnya fitness ku dulu..gak pakai PT jadi nggak terarah deh..hihi..

      Delete
  3. Nah iya nih mbak, kondisi tiap tubuh orang berbeda jadi jangan dipaksakan untuk fitnes yang terlalu berat apalagi untuk pemula. Kalau rajin fitnes plus pake suplemen makin jadi aja ya badannya 😁

    ReplyDelete
  4. Q pernah fitnes. Tp yang ada justru porsi makan bertambah 🤣🤣🤣

    ReplyDelete
  5. penting banget persiapan sebelum fitness ya agar tubuh gak kaget dan hasilnya maksimal

    ReplyDelete
  6. Asupan nutrisi memang kudu dijaga, baik kualitas maupun kuantitas.
    karena emang tidak dipungkiri, pas pandemi gini sering losssss segala rupa makanan main emplok ajaaahhh :D

    ReplyDelete
  7. Diet sebenarnya artinya adalah aturan makanan khusus untuk kesehatan dan sebagainya (biasanya atas petunjuk dokter) ya namun orang banyak mengartikan DIET itu INGIN KURUS hehe. Nah kalo mau diet yang benar, hal-hal dalam artikel ini harus diperhatikan.

    ReplyDelete
  8. Sejak zaman masih single dulu sebenarnya udah kepo ama fitness, tapi saya tuh tipe orang yang malu kalau olahraga dilihat orang *lebay hahaha.

    Tapi setuju banget, tergantung dengan pelatihnya serta asupan nutrisinya :)

    ReplyDelete
  9. Nah, ini penting banget. 3 hal yang wajib diperhatikan. Soalnya ga bisa sembarangan untuk mendapatkan tubuh yang wow dengan fitness.
    Pendampingan Trainer, yang utama.

    ReplyDelete
  10. Jadi ingat pengalaman dulu..fitnes2 saja tanpa terprogram ternyata hasilnya kurang. Trims tips2nya, Rin..

    ReplyDelete
  11. Ilmu baru untuk saya terkait dunia senam dan olahraga nih. Terimakasih informasinya. Secara di kampung mana ada tempat fitness hehehe...

    ReplyDelete
  12. Web SFIDN lengkap, ya. Selain menyediakan artikel menarik seputar dunia kesehatan khususnya yang berkaitan dengan fitness juga ada kalkulator penghitung kalori. Komplit!

    ReplyDelete
  13. Tips sukses sebelum fitness emang betul banget mbak apalagi masalah personal jadi tahu kan kebutuhannya apa aja.

    ReplyDelete
  14. udah lamaaa ngga fitness mba..I mean hanya yoga dan sepedaan aja di rumah huhuhu. Tapi memang harus perhatikan 3 hal ini ya

    ReplyDelete
  15. Dulu waktu masih gadis aku ikut fitness di gym mbak, salah satu yang dilakukan adalah mencari PT yang terbaik. Hal ini dikarenakan salah satu motivasi kalau pt nya cocok jadi bisa semangat olahraganya mbak.

    ReplyDelete
  16. Personal trainer tuh emang berperan banget yaa mbak..biar kitanya fokus, latihannya juga lebih terarah, dan yang pasti..ada yang memotivasi kita.

    ReplyDelete
  17. Penting banget ni. Kadang juga angot angotan ya komitmen buat fitness tu hihihi.... Kadang semangaaaaaat kadang drop hihihi. Thanks insightnya mbaaa!

    ReplyDelete
  18. Aku setuju banget siih..
    Sering kepo sama latiannya orang-orang fitness dan ternyata...rahasianya di supplemen. Nyaris gak mungkin, badan bagus (kebentuk) tapi gak konsumsi makanan yang sehat plus supplemen.

    ReplyDelete
  19. Pengen banget fitnes tapi di deket rumahku ga ada yang murah huhu rata-rata 500 K lebih gitu. Btw personal trainer itu emang perlu sih ya buat pemula jadi terarah gt kitanya.

    ReplyDelete
  20. emang harus ada personal trainer ya mbak. paling tidak ada yang mantau kita untuk mkomnsosten.

    *Noorma*

    ReplyDelete
  21. Dulu jaman masih ngantor, sepulang kerja bisa langsung fitness karena tempatnya di depan kantor. Sekarang mau fitness kok aras-arasen, jauuuhh soalnya. Kayaknya perlu direncanakan untuk fitness lagi nih agar tubuh tetap bugar.

    ReplyDelete
  22. Nanti kalo bayiku udah gede dan udah ga corona, aq pingin ikutan fitnes pakai personal trainer ah semoga bisa ideal lagi BBku

    ReplyDelete
  23. semenjak pandemi, berat badanku juga naik drastis.. perlu banyak olahraga agar menjaga kesehatan tubuh dan ramping kembali nih :') celana udah pada gak muat hiks

    ReplyDelete
  24. Wah, aku baru tahu ada website kalkulator gitu. Dulu pernah ngitung pas ada yang demo di PKK hehehe

    ReplyDelete
  25. Wah makasih infonya, fitness jadi terarah kalau mempertimbangkan point point yang mbak sampaikan

    ReplyDelete
  26. 3 hal itu penting banget untung memulai fitness dan konsisten. Aku sudah mencoba namun memang butuh tekad baja karena kalau tidak rutin hasilnya tidak akan maksimal ya.

    ReplyDelete
  27. Wah, banyak info keren, nih. Jadi tahu banyak hal baru. Sebelum pandemi aku sudah berencana ke dokter spesialis gizi di RSND, Mbak. Kebetulan beliau ortu murid DNA. Pengen cek massa otot, asupan makanan, treatment, dll pokoknya pengen konsultasi karena aku merasa terlalu kurus. Cita-cita berat badan bisa ideal. Masak gendutnya pas hamil Dzaky doank. Setelah itu kembali ke berat semula. Hihi. Akhirnya sampai sekarang belum terlaksana. Untuk saat ini, yang penting tiap hari makan makanan bergizi, asupan air putih cukup, olahraga ringan tiap hari, istirahat cukup, ikhtiar untuk selalu sehat dan bakoh. Saling mendoakan ya Mbak. Semoga sehat selaluuu. I miss youuuuu...

    ReplyDelete
  28. Di kantorku disediakan alat treadmill dan juga sepeda statis tapi nggak ada personal trainernya kan lumayan ya biar tau berapa kalori yang bisa dibakar masing-masing orang

    ReplyDelete
  29. Kalo ada personal trainer ada yg kasih semangat dan ngumpulin mungkin tu juga yg bikin sukses ya. Selama ni olahraga si rumah ga ada temen jd lebih banyak mager nya hehhe

    ReplyDelete
  30. Aku dulu pernah ikut fitnes mbak. Cuma nggak bertahan lama sih karena menurutku olahraga ini berat gitu dan dulu blm banyak personal trainer di Purwodadi

    ReplyDelete

Post a comment

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam