Tips Mencegah Gigi Berlubang dan Masalah Gigi Lainnya

sasha pasta gigi halal bersiwak pencegah gigi berlubang


Saat ramadhan, dalam kondisi mulut kering, sangat memungkinkan terjadinya masalah dalam rongga mulut. Demikian juga setelah lebaran, bisa jadi kita kalap mengonsumsi berbagai makanan manis yang mengandung gula tinggi.

Selain itu, terkadang kita terlalu banyak melampiaskan keinginan makan di siang hari yang sebelumnya tak bisa dilakukan saat puasa. Tentunya, hal ini juga bisa menimbulkan masalah baru, terlebih jika tidak rajin membersihkan gigi.

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut di Rumah

Kebersihan gigi dan mulut keluarga adalah hal yang sangat krusial. Ketika gigi tidak sehat, misalnya berlubang atau karies gigi, bisa berakibat pada masalah lain seperti malnutrisi karena asupan gizi terganggu. Masalah gigi juga akan berpengaruh ke saraf-saraf lain, sehingga kita tidak boleh menyepelekannya.

Sejak anak masih kecil, saya sudah mengajarkan dan menekankan urusan kebersihan gigi dan mulut kepada mereka, meskipun hasilnya berbeda di anak pertama dan kedua. Anak pertama relatif lebih mudah ketika diajarkan untuk menyikat gigi. Sedangkan anak kedua, meski sudah dicoba dengan berbagai metode yang menyenangkan, harus melalui ‘drama’ dulu untuk membersihkan giginya.

Saat saya periksakan ke dokter pun, beliau tak memberikan banyak solusi karena si anak masih berusia 2 tahun. Beliau tetap menyarankan untuk (memaksa) membersihkan giginya baik dengan kain kasa maupun sikat gigi jadi dari silikon.

 

sasha pilihan keluarga muslim

Pengalaman Buruk Gigi Berlubang saat Masa Kecil

Jujur, saya punya pengalaman buruk berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut saat masa kecil dulu. Selain gigi saya berlubang, warnanya juga buluk, kuning banyak karang gigi. Ah, dulu saya diejek punya gigi seperti jagung bulukan.

Penyebabnya jelas, karena keluarga saya adalah keluarga dengan ekonomi lemah, yang terkadang tidak bisa membeli pasta gigi. Sikat gigi yang kami punya pun hanya 2 biji, 1 untuk bapak dan mamak, 1 lagi untuk saya dan adik. Duh, tolong jangan muntah membaca ini. Maklum, kami ini orang desa yang dulunya kurang paham masalah kebersihan gigi dan mulut. Malah kadang membersihkan gigi dengan tumbukan arang atau batu bata.

Kelas 5 SD, ada tim KKN dari UGM yang datang ke desa kami. Saat itu, saya mendapat tugas untuk mengikuti lomba dokter kecil di kecamatan. Setiap hari kami harus belajar di rumah kepala desa, yang difungsikan sebagai basecamp KKN. Seorang mahasiswi fakultas kedokteran gigi yang mengajari kami itu berjanji akan membersihkan gigi saya yang kotor.

Alhamdulillah, berkat jasa beliau gigi saya bisa bersih kembali. Beliau pun menghadiahi sebuah sikat gigi sambil berpesan untuk rajin sikat gigi. Sejak saat itu, saya berjanji untuk rajin merawat gigi. Saya pun membeli sikat gigi sendiri dari hasil menabung uang saku ketika mamak tidak bisa membelikannya.

Saya tak ingin keluarga saya terutama anak-anak mengalami hal yang sama sehingga harus esktra memerhatikan kesehatan gigi dan mulut mereka. Meskipun saya sendiri kadang masih mengalami masalah termasuk gigi berlubang dan karang gigi.

 

penyebab masalah gigi dan mulut yang paling umum

Penyebab Masalah Gigi dan Mulut

Sebagaimana dilansir dalam situs halodoc, banyak faktor yang menyebabkan gigi berlubang dan masalah gigi dan mulut lainnya, diantaranya:

  • Tidak menggunakan pasta gigi mengandung fluoride, yaitu senyawa yang umumnya terkandung dalam pasta gigi, yang berfungsi untuk merawat kesehatan serta mencegah kerusakan pada gigi.
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis atau asam.
  • Mulut kering.
  • Mengidap gangguan makan (misalnya, anoreksia atau bulimia) dan penyakit refluks asam lambung.
  • Pertambahan usia
  • Penggunaan rutin obat-obatan, suplemen, vitamin, atau produk herba yang mengandung gula
  • Jarang menyikat atau membersihkan gigi.

sasha pasta gigi halal dengan siwak pencegah gigi berlubang

Solusi Mengatasi Masalah Gigi dan Mulut

Berdasarkan pengalaman, setelah beberapa kali mengalami masalah gigi berlubang, saya menyimpulkan beberapa hal. Penyebab utamanya adalah karena bakteri yang merusak gigi akibat sisa-sisa makanan yang masih menempel di gigi dan gusi. lebih-lebih, sebagian gigi saya renggang sehingga makin membuat sisa makanan menempel, terlebih setelah mengonsumsi makanan berserat.

Bakteri mengubah makanan menjadi asam. Asam yang terdapat pada plak gigi inilah yang bisa merusak enamel perlindungan gigi sehingga membuat gigi berlubang. Gigi berlubang sebisa mungkin harus segera diatasi supaya tidak melebar dan menjalar ke gigi lainnya. Dulu saya menambal gigi di puskesmas, dan setelahnya menjadi lebih aware menjaga gigi dan mulut. Prinsipnya, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, usahakan melakukan hal berikut sebagai upaya pencegahan.

1)      Memerhatikan Sikat Gigi yang Digunakan

Ternyata, tidak semua sikat gigi cocok untuk rongga mulut dengan berbagai kondisi. Misalnya bagi yang  memiliki gigi sensitif, usahakan memilih sikat gigi yang lembut supaya tidak melukai gusi.

Saya yang mengalami sedikit impaksi gigi geraham, juga harus ekstra memilih sikat gigi dengan ujung lancip supaya bisa menjangkau hingga gigi bagian dalam. Demikian juga untuk anak-anak, kita harus memilih sikat gigi yang tepat sesuai kondisi dan usia anak.

2)      Memilih Pasta Gigi yang Tepat

Pasta gigi, adalah elemen penting dalam membersihkan gigi setelah sikat gigi. Memilih pasta gigi yang tepat akan membantu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Diantara kandungan penting yang harus ada dalam pasta gigi adalah flouride dan kalsium. Dulu saya gonta-ganti merek pasta gigi karena kurang cocok termasuk dengan gigi sensitif saya, sementara saya juga tidak cocok menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

cegah sakit gigi dengan pasta gigi yang tepat


Alhamdulillah sekarang saya sudah menemukan yang cocok, yaitu pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang.

Pasta Gigi Sasha Pencegah Gigi Berlubang  

Sasha Pencegah Gigi Berlubang adalah produk keluaran baru dari Sasha Indonesia di bawah lisensi PT Kino Indonesia Tbk. Sasha mengandung flouride dan kalsium yang dibutuhkan gigi. Selain itu, juga terdapat kandungan siwak asli.

Bersiwak merupakan suatu keutamaan, sebagaimana hadis Rasulullah SAW:

“Dari Hudzaifah ibnul Yaman Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata : “Adalah Rasulullah jika bangun dari malam dia mencuci dan menggosok mulutnya dengan siwak”. [Hadits riwayat Bukhari]

“Kalau bukan karena akan memberatkan umatku maka akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan wudlu”. [Hadits riwayat Bukhari dan Muslim].

Bagi kita yang kesulitan mendapatkan kayu siwak untuk bersiwak, maka cukup dengan menyikat gigi. Lebih-lebih manfaat siwak asli bisa kita dapatkan dari pasta gigi moderen. Selain itu, jika kita memaksakan diri menggunakan kayu siwak, tentunya tidak bisa persis sebagaimana yang dilakukan rasulullah. Misalnya, kayu siwak yang beliau gunakan adalah kayu yang masih basah yang manfaatnya lebih banyak dibanding siwak kering.

Manfaat Siwak:

  • Mencegah gigi berlubang dan merawat kekuatan gigi. Siwak dipercaya dapat mencegah gigi berlubang.
  • Mencegah bau mulut dan menyegarkan napas.
  • Mencegah terbentuknya plak gigi.
  • Melindungi gusi.

Selain manfaat siwak yang terdapat di Sasha pasta gigi halal bersiwak ini, juga tidak mengandung bahan yang berasal dari hewan. Kita sebagai konsumen jadi lebih tenang menggunakan produk ini, karena yakin akan kehalalannya.  Alhamdulillah, pasta gigi Sasha cocok sebagai pilihan keluarga muslim.

Harganya pun sangat terjangkau. Tersedia 2 kemasan ekonomis, yaitu tube 150gr dibanderol Rp. 10.500 dan tube 65gr dengan harga Rp. 4.500. Hanya dengan harga segini kita sudah melindungi kesehatan keluarga.

manfaat-siwak-untuk-kesehatan-gigi-dan-mulut-dalam-pasta-gigi-halal-sasha


                3). Mengonsumsi Makanan Sehat

Masalah yang terjadi di rongga mulut tak lepas dari masalah yang ada di perut/lambung. Apa yang kita konsumsi bisa menyebabkan masalah gigi dan mulut juga. Kondisi asam lambung yang tinggi juga bisa menyebabkan bau mulut. Untuk itu, disarankan mengonsumsi makanan sehat yang tidak hanya bermanfaat untuk gigi tetapi untuk seluluh tubuh. Makanan yang halal dan thayyib akan menyehatkan jiwa dan raga.

Sekali lagi, mencegah lebih baik daripada mengobati. Lebih utama kita melakukan pencegahan agar tidak mengalami sakit gigi termasuk gigi berlubang dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut serta mengonsumsi makanan yang menyehatkan.

                4). Disiplin Menyikat Gigi

Biasakan untuk menyikat gigi di pagi hari dan malam hari supaya sisa-sisa makanan yang ada di sela gigi menjadi bersih. Kondisi yang bersih akan membuat bakteri penyebab gigi berlubang enggan untuk berlama-lama nempel di gigi.

                5). Rutin Periksa Gigi  

Poin 4 dan 5 ini memang sudah seharusnya, ya Temans. untuk menjaga kesehatan gigi, selain dengan disiplin membersihkan gigi juga rutin periksa ke dokter. Dengan cara ini, kesehatan dan kondisi rongga mulut akan terpantau, jika ditemukan masalah akan segera diatasi.

Ngomong-ngomong, apakah Temans sudah mencoba Sasha Pencegah Gigi Berlubang juga? jika belum, kita bisa mendapatkan produk ini melalui online atau di toko terdekat. Sedangkan untuk informasi produk dan kegiatan lainnya, Temans bisa mendapatkannya melalui Facebook dan Instagram Sasha Indonesia.

Semoga bermanfaat,

Salam,

 

#PilihanKeluargaMuslim

#HijrahBerawaldariMulut

#SashaHalalToothpaste

60 comments for "Tips Mencegah Gigi Berlubang dan Masalah Gigi Lainnya"

  1. Gigi berlubang itu ganggu banget aseliii. Thifa td malam nih juga gabisa tidur krn giginya lubang. Untuk anak 9 tahun bisa ga ya shasha ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget, Mbak. Di kemasannya tertulis 'untuk anak usia di bawah 6 tahun gunakan sebesar biji jagung, dan diawasi orang tua'

      Delete
  2. wah, aku baru tahu soal pasta gigi ini, memang siwak sudah dipakai dari jaman dulu ya, mau nyari ah, tapi tetep beli online hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, beli onlen aja bisa langsung pakai link yang ada di artikel

      Delete
  3. wow kandungan siwak asli tentu sangat bs untuk kesehatan gigi dn mulut, jdi pengen nyobain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, alhamdulillāh kek gini tuh memudahkan kita banget ya

      Delete
  4. Gigi berlubang emang ganggu banget karena bisa bikin serangan sakit gigi sewaktu-waktu...sedih kalau pas kena serangan dadakan hehehe..alhamdulillah di rumah aku juga pakai sasha yang gold suka sama resultnya...bikin nafas segar

    ReplyDelete
  5. Gigi berlobang itu sangaaat mengganggu. Syukurlah sdh menemukan yg tepat utk pencegahannya ya..

    ReplyDelete
  6. Sekalinya gigi jelek tuh rasanya mau cryyy. Mengganggu penampilan banget. Bener nih kudu cocok2an mba pilih sikat gigi dan pasta giginya. Untuk sikat gigi aku saranin sih yg kepalanya kecil jadi bisa rata sampe geraham yg dalam. Pasta giginya sesuai permasalahan masing2 aja 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget. Gigiku sensitif agak ribet juga nyari pasta gigi yg pas. Malah ngilu kalau pakai yg khusus gigi sensitif

      Delete
  7. Aku udah dua kali sakit gigi dan kapok beneran. Makanya heran deh ada lagu mending sakit gigi daripada sakit hati, hahahaa

    Sasha ini ternyata bisa dipakai anak-anak dengan nyaman ya, mungkin karena enggak pedes banget kayak pasta gigi yang biasanya itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pas dulu sakit gigi juga mikir gitu Mbak.. hihi.


      Iya, ini pedesnya light banget jadi cocok juga buat anak2

      Delete
  8. Aku juga pakai ini arina, ada bedanya ya pakai siwak, lebih nyaman gitu semoga bisa membantu menjaga agar gigi orang rumah tidak berlubang.

    ReplyDelete
  9. Ternyata siwak juga bisa mencegah gigi berlubang ya,keren euy. Aku termasuk yg gigi sensitif juga jd kalo pake sikat gigi harus yg lembut klo ga sakit smua gusinya. Mo nyobain sasha ah keknumya seger deh sikat gigi pake sasha berasa pake siwak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, sama. Ribet sikat gigi yang pas, pasta gigi juga

      Delete
  10. Siwak aja emang udah bagus ya, apalagi ini dikemas dlm bentuk pasta lebih higienis dan juga nyaman halal buat mulut...aku mau cari ah pasta gigi shasa

    ReplyDelete
  11. Insya Allah kalau kita rajin menyikat gigi, segala masalah kayak gigi berlubang bisa dihindari ya. Terutama anak-anak nih yang hobi makan camilan manis, kudu diajarin rajin gosok gigi agar tak mengalami kejadian buruk dengan giginya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, PR nya ngajarin anak rajin sikat gigi pakai pasta gigi

      Delete
  12. kalo disemarang belinya dimana ya mbak, sepertinya rekomended y mbak sebab siwak memang sudah terkenal bermanfaat baik utuk gigi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di supermarket sudah ada ko Mbak, atau beli onlen di link di atas

      Delete
  13. Baru lihat iklannya kmrn di tv..iya mmg g nyaman ya klu skt gigi kudu rajin sikat gigi n disiplin k dokter gigi. Pingin nyoba ni sasha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, cobain deh Mbak, beli onlen aja daripada ribet

      Delete
  14. Aku belum pernah pakai Sasha yang kemasan putih merah begini. Aku pernahnya yang keemasan.. sama atau hanya rebranding ya?

    Gigiku juga nggak beres. Pengennya anak2 Punya Gigi yang lebih baik dan sehat.

    ReplyDelete
  15. Baru tahu ada pasta gigi merk Shasha. Sudah dijual di toko-toko seluruh Indonesia kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Yang varian sebelumnya itu yang warnanya gold itu loh

      Delete
  16. Alhamdulillah akhirnya menemukan juga padta gigi yg mengandung fluoride setelah seringkali membaca review tentang pasta gigi Sasha. Cuma bunda membeli yg kemasan 150gr berwarna gold. Mulut jd segar dan harum menggosok gigi dengan Sasha yg mengandung serpihan siwahdsiwah diperkaya dengan extract daun sirih. Tutup tube-nyapun lain dari pasta gigi brand lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Bunda. Yang warga gold Sasha yang keluar lebih dulu, Bund. Kalau yang ini produk baru. Sama-sama mengandung siwak

      Delete
  17. Seringkali baca reviewnya tp baru seminggu yl bunda dptkan pasta gigi anti gigi gigi berlubang ini namun yg kemasannya warna hold. Mulut terasa segar dan harum.

    ReplyDelete
  18. Aku dan keluarga juga pakai sasha pencegah gigi berlubang, nyaman karena ada ekstrak siwaknya

    ReplyDelete
  19. Aku juga punya pengalaman yang enggak mengenakkan saat masih kecil mbak dengan gigi yang berlubang dan kalau sudah sakit rasanya luar biasa. Maka dari sekarang berusaha menjaga dan merawat gigi si kecil. Kalau pasta gigi belum pernah pakai Sasha dan mau coba juga mbak untuk keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, semoga nggak kejadian di anak-anak

      Delete
  20. Wah baru tau nih kalo Sasha ada yang untuk gigi berlubang. Selama ini di rumah aku pake Sasha yang kemasannya warna gold.

    ReplyDelete
  21. Memang bener deh, gigi harus dirawat sejak kecil. Jangan sampe males sikat gigi dan males ke dokter gigi.
    kalau udah tua baru deh nyesel, mengobati kerusakan itu bisa berjuta-juta... T>T

    ReplyDelete
  22. Wah bagus nih kayaknya jadi pengen nyoba varian yang ini kalau yang lama aku sudah nyoba..

    ReplyDelete
  23. Saya sejak gadis langganan sakit gigi karena gigi berlubang mba. Makanya sekarang lebih rajin merawat gigi terutama dari lubang. Baru kenal nih dengan pasta gigi Sasha ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah lama ada ko Mba,di TV iklannya Shireen Sungkar.

      Iya nih, aku takut anak keduaku juga masalah giginya lumayan parah ini

      Delete
  24. saya juga pernah mbak, giginya berlubang dan sakitnya luar biasa, ngilu sampe ga bisa ngomong hahaha apalagi pas makan dingin huhuhuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener... kalau kena yang dingin langsung ngilu sampai ke ujung kepala

      Delete
  25. Jadi ingat, saya juga punya pengalaman buruk sakit gigi saat masih kecil dan itu traumatik banget. Saya sudah bernajnji waktu itu nggak mau dan nggak bakal sakit gigi lagi. Alhamdulillah sekarang sudah sangat hati-hati menjaga gigi.

    ReplyDelete
  26. Jangan sampai deh sakit gigi yaaa untuk anak-anak kita. Aku juga udah merasakan ga enaknya ada masalah di gigi. Mendingan dari awal dibiasakan rutin sikat gigi demi menghindari permasalahan di kemudian hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, ini si Salsa jadinya aku paksa sikat gigi, meskipun dia ngamuk :(

      Delete
  27. Saya tuh yakin banget sama Sasha buat jadi pilihan ya krn kandungan siwak ini mbak. MasyaaAllah ya 😍

    ReplyDelete
  28. hahahhaha.. samaaa... anak pertamaku giginya bangusnyaaa.. eh anak kedua gigis hikz.. padahal tiap masnya gosok gigi dia liat, gemes, susah banget heran hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gitu deh Mbak... hiks. sekarang aku paksa meskipun dia nangis :(

      Delete
  29. Rutin ke dokter gigi ini juga perlu banget supaya tahu kondisi gigi terkini
    Jika ada tanda akan berlubang, segera cegah sejak dini

    ReplyDelete
  30. Mencegah gigi berlubang itu sangat penting ya ka. Karena sakit banget kalau uda gigi yang berlubang :(
    Aku proibadi belum pernah cobain ini nih :)

    ReplyDelete
  31. PR banget nih buatku. Lagi berusaha bikin Kenzie ma adeknya suka sikat gigi. Biar giginya sehat. Dia blm rajin sikat gigi soalnya. Kalaupun sikat gigi, blm mau pakai pasta gigi. Kyknya perlu beli Sasha nih, biar ga dobel2 beli pasta gigi untuk anak ama ortu.

    ReplyDelete
  32. Nah poin terakhir itu, mbak. Yang terus terang jarang sekarang ini dilakukan. Thanks infonya ya. Sukses selalu mbak Rina

    ReplyDelete

Post a comment

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam